Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Rem Belakang Tidak Pakem? Waspada! Ini Penyebabnya!

Pernahkah jantung Anda seolah berhenti karena masalah rem belakang tidak pakem yang terjadi di tengah perjalanan? Hal tersebut tentu sangatlah menakutkan bukan? Masalah rem belakang tidak pakem yang terjadi pada mobil merupakan masalah yang cukup sering terjadi dan telah memakan begitu banyak korban jiwa.

Sistem rem mobil khususnya rem belakang mobil memang pada dasarnya cukup rentan mengalami masalah. Maka dari itu, diperlukan perawatan dan perhatian khusus untuk menjaga rem belakang mobil tetap berfungsi dengan maksimal. Tidak hanya sekedar untuk merawat, tindakan service rutin pada rem belakang mobil ini dapat menjaga terjadinya berbagai masalah termasuk masalah pada rem belakang tidak pakem.

Permasalahannya adalah penyebab rem belakang tidak pakem pada mobil ini dapat berasal dari berbagai macam faktor, dimana berbeda penyebab maka tentu berbeda solusi. Memangnya apa aja sih faktor yang dapat menjadi penyebab rem tidak pakem pada mobil? Lalu, bagaimana sih cara mengatasi rem tidak pakem pada mobil ini? Itulah pembahasan utama kita dalam artikel kali ini. Simak sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar Rem Belakang Tidak Pakem Pada Mobil

Tidak selalu. Kadang-kadang, gejala rem belakang tidak pakem dapat berkembang secara bertahap. Misalnya, pedal rem bisa menjadi lebih empuk dari waktu ke waktu atau Anda mungkin mendengar suara gesekan saat mengerem. Penting untuk memperhatikan perubahan-perubahan ini dan melakukan pemeriksaan secara teratur.
Ya, rem belakang yang tidak berfungsi dengan baik dapat mempengaruhi performa keseluruhan mobil, terutama dalam hal kemampuan pengereman dan stabilitas saat mengemudi. Ini dapat meningkatkan risiko kecelakaan, terutama dalam kondisi jalan basah atau saat berbelok.
Anda dapat mulai dengan memeriksa pedal rem untuk melihat apakah terasa empuk atau turun lebih dalam dari biasanya. Selain itu, perhatikan apakah ada bunyi aneh saat mengerem atau apakah lampu peringatan sistem rem menyala di panel instrumen. Jika Anda merasa tidak yakin, sebaiknya minta bantuan dari teknisi terlatih.
Ya, rem belakang yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan kerusakan pada bagian lain dari sistem rem, seperti piringan rem atau sistem hidrolik. Selain itu, jika mobil tidak dapat berhenti dengan tepat, ini dapat menyebabkan keausan berlebihan pada ban atau komponen suspensi.
Biaya perbaikan rem belakang akan bervariasi tergantung pada sumber masalah dan jenis mobil. Biaya dapat mencakup biaya suku cadang seperti kampas rem dan silinder rem, biaya tenaga kerja, dan biaya tambahan untuk pemeriksaan atau penggantian komponen tambahan yang diperlukan.

Penyebab Rem Belakang Tidak Pakem

rem belakang tidak pakem

Masalah rem belakang tidak pakem pada mobil dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Berikut ini adalah beberapa penyebab rem belakang tidak pakem pada mobil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Minyak Rem Mobil Habis

Minyak rem merupakan komponen vital dalam sistem pengereman mobil, termasuk rem belakang. Minyak rem bertanggung jawab untuk mentransmisikan tekanan dari pedal rem ke kaliper dan piston di dalamnya. Ketika minyak rem habis, sistem pengereman akan kehilangan tekanan yang cukup untuk menggerakkan piston secara efektif, sehingga rem belakang menjadi tidak pakem.

Penyebab kehabisan minyak rem bisa bervariasi, mulai dari kebocoran di sistem rem, penguapan yang berlebihan, atau kurangnya perawatan berkala. Penting untuk memeriksa dan mengganti minyak rem secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk memastikan kinerja pengereman yang optimal.

2. Tersumbatnya Selang Minyak Rem Mobil

Selang minyak rem adalah saluran yang menghubungkan tangki minyak rem dengan kaliper rem. Jika selang ini tersumbat, aliran minyak rem akan terhambat, mengurangi tekanan yang diperlukan untuk memampatkan bantalan rem ke cakram atau drum.

Penyumbatan bisa terjadi karena kotoran, korosi, atau bahkan kerusakan fisik pada selang. Akibatnya, rem belakang akan kehilangan daya pakemnya secara bertahap atau bahkan mendadak. Penting untuk memeriksa selang minyak rem secara berkala dan membersihkannya jika diperlukan, serta menggantinya jika terdapat tanda-tanda kerusakan atau penyumbatan.

3. Kaliper Rem Mobil Yang Kotor

Kaliper rem adalah bagian dari sistem pengereman yang menekan bantalan rem ke cakram atau drum ketika pedal rem ditekan. Jika kaliper rem kotor, piston di dalamnya mungkin tidak dapat bergerak dengan bebas atau secara optimal, mengakibatkan rem belakang menjadi tidak pakem.

Kotoran, debu, dan kerak rem yang menumpuk di sekitar kaliper dapat mengganggu pergerakan piston, sehingga mempengaruhi kinerja pengereman. Perawatan teratur yang mencakup pembersihan dan pelumasan kaliper rem dapat membantu menjaga agar rem belakang tetap berfungsi secara optimal.

4. Adanya Kebocoran Pada Sistem Rem Mobil

Kebocoran dalam sistem rem mobil adalah masalah serius yang dapat mengakibatkan berkurangnya tekanan hidrolik yang diperlukan untuk menggerakkan piston dalam kaliper rem. Kebocoran dapat terjadi di berbagai bagian sistem rem, termasuk pada selang, silinder roda, atau master silinder. Ketika ada kebocoran, minyak rem akan bocor keluar dan menyebabkan tekanan yang tidak mencukupi untuk memampatkan bantalan rem.

Kebocoran ini dapat disebabkan oleh ausnya komponen, korosi, atau kerusakan fisik. Penting untuk memeriksa sistem rem secara rutin dan memperbaiki kebocoran segera setelah terdeteksi untuk mencegah kegagalan sistem pengereman yang serius.

5. Kurangnya Perawatan

Kurangnya perawatan secara umum dapat menyebabkan berbagai masalah pada sistem pengereman, termasuk rem belakang yang tidak pakem. Perawatan yang teratur, termasuk pemeriksaan rutin, penggantian komponen yang aus, dan pengisian ulang minyak rem secara berkala, penting untuk menjaga kinerja pengereman yang optimal.

Tanpa perawatan yang memadai, komponen-komponen dalam sistem rem dapat mengalami kerusakan atau keausan yang mengakibatkan penurunan kinerja atau bahkan kegagalan sistem secara keseluruhan. Dengan menjaga perawatan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa rem belakang mobil tetap berfungsi dengan baik dan aman untuk digunakan dalam perjalanan sehari-hari.

Baca Juga : Kenali Komponen, Jenis, Ciri Kerusakan Hingga Tips Perawatan Suspensi Mobil Disini!

Cara Mengatasi Rem Mobil Tidak Pakem

rem belakang tidak pakem

Untuk mengatasi rem belakang tidak pakem, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Pertama, Lakukanlah pemeriksaan pada bagian minyak rem. Jika telah menipis, maka tambahkanlah minyak rem mobil sesuai dengan spesifikasi, jenis dan grade yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil Anda. Ini dilakukan demi memastikan kinerja sistem rem mobil Anda.

Kedua, untuk mengatasi rem belakang tidak pakem pada mobil kesayangan Anda, perlu juga untuk melakukan pengecekan pada bagian selang minyak rem. Ada dua masalah yang biasa terjadi pada selang minyak rem, pertama adalah tersumbat, kedua adalah kebocoran. Jika masalah yang ditemukan adalah penyumbatan, maka bersihkanlah dengan segera, namun jika masalah yang ditemukan adalah kebocoran, maka lakukanlah pergantian dengan yang baru.

Selanjutnya penting bagi Anda untuk memperhatikan gejala kerusakan pada rem belakang mobil Anda, seperti suara berdecit atau getaran saat menginjak pedal rem. Jika Anda mengalami masalah-masalah ini, segera konsultasikan dengan mekanik terpercaya agar memperoleh solusi yang tepat. Jangan menunda perbaikan atau penggantian bagian rem jika diperlukan.

Lebih dari itu, dalam mengatasi rem belakang tidak pakem pada mobil, penting bagi Anda untuk memastikan kondisi kaliper mobil untuk selalu bersih dan terhindar dari berbagai masalah lainnya agar piston mobil dapat bergerak dengan lancar. Jika diperlukan, lakukanlah pelumasan pada bagian kaliper dan piston mobil tersebut.

Berikutnya, untuk mengatasi rem belakang tidak pakem, penting bagi Anda untuk memperbaiki kebocoran pada sistem rem mobil Anda. Perbaikan kebocoran pada selang, silinder roda, atau master silinder sangat penting untuk memastikan tekanan hidrolik yang cukup dalam sistem pengereman. Pastikan untuk menggunakan suku cadang yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi mobil Anda untuk menghindari masalah yang lebih serius di masa depan.

Lebih dari itu, untuk mengatasi rem belakang tidak pakem, terkadang perbaikan saja tidak cukup, Anda perlu untuk melakukan pergantian pada komponen sistem rem mobil yang aus ataupun rusak seperti pada cakram, kampas hingga kaliper rem mobil.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda bisa mengatasi masalah rem belakang tidak pakem pada mobil sekaligus juga meningkatkan keamanan saat berkendara. Perlu diingat bahwa perawatan rutin dan tindakan pencegahan merupakan kuncinya agar rem mobil selalu berfungsi dengan baik.

Atasi Masalah Rem Belakang Tidak Pakem Pada Mobil Hanya Di Rotary Auto

rem belakang tidak pakem

 

Masalah rem belakang tidak pakem pada mobil perlu Anda atasi dengan segera, jika tidak, maka nyawa Anda dan orang lain akan menjadi ancamannya. Pertanyaannya adalah di bengkel mana yang dapat dipercaya untuk mengatasi masalah rem belakang tidak pakem ini? Satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto!

Bengkel mobil yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya sehingga tentu memiliki berbagai pengetahuan dan skill dalam mengatasi berbagai masalah pada sistem rem mobil, termasuk masalah rem belakang tidak pakem.

Ketika melakukan pengecekan dan perawatan rem mobil di Rotary Auto, seluruh masalah pada komponen rem mobil dapat dianalisa, mulai dari pemeriksaan pada kampas, kaliper, cakram, sistem hidrolik, minyak rem hingga komponen tambahan seperti booster rem, pompa vakum bahkan ABS (Anti-Lock Braking Sistem). Lebih dari itu, Rotary Auto juga tentunya dapat melakukan uji kinerja, perbaikan, pergantian hingga penyetelan ulang untuk memberikan kesegaran pada sistem rem mobil Anda.

Bahkan, lebih dari sekedar permasalahan pada rem mobil, sebagai bengkel dengan sepak terjabang lebih dari 20 tahun, Rotary Auto juga mampu untuk mengatasi berbagai masalah lainnya mulai dari sistem AC, mesin hingga seluruh komponen kaki kaki mobil lainnya lho!

Anda juga tidak perlu khawatir terkait harga, karena Rotary Auto menyediakan layanan konsultasi secara GRATIS lho! Sebelum melakukan service, Anda dapat terlebih dahulu melakukan konsultasi untuk menemukan dimana masalahnya, apa solusinya dan bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya. Ini membuat Anda terhindar dari biaya tidak pasti yang justru hanya membuang uang Anda semata, karena seluruh rincian biaya di Rotary Auto telah dijelaskan dan disetujui lebih dulu di awal.

Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...