Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Perawatan Rem Mobil yang Tepat untuk Meningkatkan Keamanan

Rem mobil yang rusak bisa membahayakan keselamatan Anda saat berkendara. Rem adalah bagian penting yang mengendalikan kecepatan mobil. Penting untuk melakukan perawatan rem mobil agar kinerja rem tetap baik.1

Kondisi rem yang sehat sangat meningkatkan keamanan saat Anda menyetir. Pemilik mobil harus rajin melakukan perawatan rem mobil. Ini membantu mendeteksi masalah cepat dan mencegah rem blong. Merawat rem juga menjaga mobil agar tahan lama.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk merawat rem mobil. Ini termasuk membersihkan cakram dan kanvas rem. Ganti cairan rem secara rutin. Lakukan juga pengecekan kaliper. Ini akan memastikan rem Anda selalu dalam kondisi terbaik.

Ingat, merawat rem mobil bukan hanya tentang keamanan. Tapi juga menjaga agar mobil Anda berfungsi lebih lama. Dengan memeriksa dan melakukan perawatan rem mobil Anda ikut menjaga keselamatan di jalan raya.

Pertanyaan Seputar Perawatan Rem Mobil

Rem mobil sebaiknya diperiksa setiap 10.000 km atau setiap 6 bulan, mana yang lebih dulu.
Jika rem mobil berdecit, segera periksa kampas rem dan pastikan tidak ada yang aus atau kotor. Ganti kampas rem jika diperlukan.
Umur kampas rem bervariasi tergantung pada kebiasaan mengemudi, namun umumnya berkisar antara 30.000 hingga 70.000 km.
Tanda-tanda rem mobil rusak meliputi suara berdecit, pedal rem terasa lembut atau keras, getaran saat mengerem, dan penurunan performa pengereman.

Pentingnya Perawatan Rem Mobil

perawatan rem mobil 1

Rem mobil amat penting untuk mengendalikan kecepatan.2 Rem yang baik menjaga keselamatan Anda di jalan. Pemilik mobil harus rajin melakukan perawatan rem mobil. Ini membantu mendeteksi kerusakan sejak awal.

Ada tiga jenis rem yang umum digunakan, yaitu rem cakram, tromol, dan ABS.2 Pengertian rem ABS mobil menjelaskan bahwa keunggulan rem ABS yaitu berguna saat anda berhenti tiba-tiba, bahkan di jalan basah, atau pada kecepatan tinggi.

Minyak rem perlu diganti tiap 20.000 km atau setelah dua bulan.2 Gejala rem rusak antara lain getaran, pengereman kurang efektif, dan suara berdecit.2 Kocok rem membantu mencegah rem overheat, terutama jika mobil tidak punya ABS.

3 Bengkel kaki kaki terdekat merekomendasikan servis rem setiap 20.000 km.3 Periksa minyak rem seminggu sekali untuk keamanan.3 Ganti minyak rem mobil setiap 40.000 km.3 Selalu gunakan suku cadang original untuk perawatan yang terbaik.

Tanda-Tanda Rem Mobil Perlu Perawatan

Ketika rem mobil anda membutuhkan perawatan atau perbaikan, biasanya ditandai dengan beberapa tanda seperti dibawah ini :

  • Suara Berdecit atau Berderit

Salah satu tanda paling umum bahwa rem mobil memerlukan perawatan adalah suara berdecit atau berderit saat mengerem. Ini bisa menunjukkan bahwa kampas rem sudah aus dan perlu diganti dan membutuhkan perawatan rem mobil segera.

  • Pedal Rem Terasa Lembut atau Keras

Jika pedal rem terasa terlalu lembut atau keras, ini bisa menjadi indikasi masalah pada sistem hidrolik atau keausan pada komponen rem dan membutuhkan perawatan rem mobil di bengkel terdekat.

  • Getaran Saat Mengerem

Getaran saat mengerem sering kali disebabkan oleh cakram rem yang tidak rata atau masalah dengan kaliper rem. Hal ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengidentifikasi penyebab pastinya. Cakram rem mobil yang tidak rata biasanya membutuhkan pembubutan, lakukan pembubutan rem di bengkel bubut disc brake yang bisa anda kunjungi.

Jenis-Jenis Rem Mobil

  • Rem Cakram

Rem cakram menggunakan cakram yang dipasang pada roda dan kampas rem yang menjepit cakram tersebut untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Jenis rem ini umumnya lebih efektif dan tahan lama dibandingkan rem tromol.

  • Rem Tromol

Rem tromol bekerja dengan memanfaatkan sepatu rem yang menekan bagian dalam tromol untuk menghasilkan gesekan. Rem tromol biasanya digunakan pada roda belakang kendaraan.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih Bengkel Servis Rem Mobil Terdekat! Ini Tips And Trick Yang Dapat Anda Lakukan

Tips Perawatan Rem Mobil

perawatan rem mobil 2

Menjaga rem mobil dalam keadaan baik sangat penting. Ini demi keamanan kita saat berkendara. Beberapa hal harus diperhatikan untuk rem mobil, seperti:

  1. Bersihkan Cakram & Kanvas Rem

Cakram dan kanvas rem adalah bagian penting dari rem. Mereka sering kotor dengan debu jalan. Kita harus rutin membersihkannya agar rem tetap baik.4

  1. Rutin Mengganti Cairan Rem

Rem butuh cairan yang bersih supaya berfungsi dengan baik. Kita harus cek dan ganti cairan rem secara teratur.45 Pakai minyak rem TOP 1 Brake Fluid untuk rem maksimal.5

  1. Membubut Piringan Rem Mobil

Jika kanvas rem sudah tipis, kita bisa dengar suara decit. Untuk mengatasi itu, lakukan pembubutan pada piringan rem.4

  1. Memeriksa Kaliper

Kaliper rem juga penting untuk cek. Itu yang menekan kanvas saat rem ditekan. Pemeriksaan rutin kaliper, plus ganti minyak rem tiap 20.000 km, menjaga rem tetap baik.45

Baca Juga : Apa Saja Bagian Rem Cakram Mobil? Temukan Jawabannya Disini!

Perawatan Rem Mobil Secara Berkala

Perawatan rem mobil itu penting. Lakukan setiap 6 bulan atau setiap 20.000 km. Saat perawatan, teknisi akan cek seluruh kompone pada rem mobil disetiap ban mobil.5

  1. Cek Ketebalan Kampas Rem dan Kualitas Minyak Rem

Lihat ketebalan kampas rem melalui lubang inspeksi pada kaliper rem atau lepas kaliper jika diperlukan. Kampas rem yang baik biasanya memiliki ketebalan minimal 3-4 mm. Jika lebih tipis dari itu, segera ganti kampas rem.

Minyak rem yang baik biasanya berwarna kuning terang atau bening. Jika warnanya cokelat tua atau hitam, minyak rem perlu diganti. Pastikan minyak rem berada pada level yang tepat. Ada tanda “MIN” dan “MAX” pada reservoir. Tambahkan minyak rem jika perlu, tetapi jangan terlalu penuh.

  1. Bersihkan serta Beri Pelumas pada Kampas Rem dan Kaliper

Kampas rem dan kaliper rem harus dibersihkan. Lalu, teknisi memberi pelumas. Ini untuk hindari panas berlebih dan suara saat rem dipakai.4

Rem cakram bekerja lewat tekanan cairan. Maka, minyak rem mesti diganti tiap 3 tahun atau 60.000 km.5

  1. Lakukan Bubut Piringan Rem

Jika rem terasa bergetar, artinya piringan rem perlu dibubut. Ini agar rata lagi.4

  1. Pengecekan Sistem Pengereman Anti-Blokir (ABS)

Jika mobil dilengkapi ABS, pastikan fungsinya bekerja. Tes sistem ABS saat menyalakan mobil6. Bila perlu, periksakan komponen rem mobil ke bengkel resmi dengan peralatan khusus.

Tips Tambahan untuk Merawat Rem Mobil

Salah satu cara menjaga rem mobil adalah dengan mengurangi pengereman mendadak. Ini menghindari cepatnya kampas rem aus4 dan merusak sistem rem. Pastikan ada jarak aman dengan kendaraan di depan, ini mengurangi tekanan pada rem mobil.

Rutin servis rem di bengkel terpercaya sangat disarankan4. Ini membantu temukan masalah sejak dini. Mencegah kerusakan serius pada rem mobil.

Perhatikan tanda-tanda perlunya servis rem. Misalnya, suara decit, getaran, atau pedal rem lemah8. Jika perawatan dilakukan dengan baik, keamanan berkendara terjaga. Komponen rem juga akan tahan lama.

Link Sumber

  1. https://baturajamotor.com/tips-perawatan-rem-mobil-yang-penting-untuk-diperhatikan/
  2. https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/kenali-lebih-jauh-fungsi-jenis-dan-pentingnya-merawat-rem-mobil/
  3. https://www.mitsubishi-motors.co.id/news-events/jangan-sepelekan-perawatan-rem-mobil-fungsinya-vital
  4. https://www.suzuki.co.id/tips-trik/4-tips-merawat-rem-mobil-agar-semakin-awet?pages=all
  5. https://www.top1.co.id/berita/detail/5-Cara-Perawatan-Rem-Mobil-yang-Benar-dan-Mudah
  6. https://www.speedwork.id/bagaimana_prosedur_pemeriksaan_rem_pada_mobil_anda.html
  7. https://wuling.id/id/blog/autotips/kapan-dan-bagaimana-servis-rem-mobil-yang-tepat
  8. https://primaac.co.id/tips-merawat-rem-mobil/

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...