Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Kapan Sih Waktu Yang Tepat Ganti Minyak Rem Mobil?

Dilansir dari CNBC Indonesia, Budi Setyadi selaku Dirjen Perhubungan Darat menjelaskan bahwa  61% kecelakaan terjadi karena faktor manusia, 30% faktor sarana prasarana, dan 9% faktor pemenuhan persyaratan laik jalan. Lebih lanjut lagi, beliau juga mengungkapkan bahwa kegagalan pengereman (rem blong) berkonstribusi besar pada tingginya angka kecelakaan, baik pada kendaraan umum, penumpang, maupun barang (1).

Hal ini membuat sistem rem mobil menjadi salah satu faktor yang begitu penting dalam menciptakan sekaligus menjaga keselamatan Anda ketika berkendara. Sistem rem mobil ini sendiri terdiri dari berbagai komponen penting, salah satunya adalah minyak rem mobil. Seiring dengan pemakaiannya, minyak rem mobil ini dapat habis sehingga perlu dilakukan ganti minyak rem mobil secara rutin.

Namun sayangnya, masih banyak yang belum memahami terkait ganti minyak rem mobil secara rutin ini sehingga lalai dalam melakukannya. Memangnya apa sih pentingnya ganti minyak rem mobil secara rutin ini? Kapan waktu yang tepat untuk melakukannnya? Lalu bagaimana caranya? Itulah yang akan menjadi pembahasan utama kita dalam artikel kali ini. Simak terus sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar Ganti Minyak Rem Mobil

Ya, minyak rem harus diganti secara berkala. Penggantian minyak rem direkomendasikan oleh produsen mobil biasanya setiap 2 tahun atau setiap 20.000-40.000 km, tergantung pada kondisi penggunaan. Minyak rem yang sudah lama digunakan bisa terkontaminasi oleh air dan kotoran, yang dapat mengurangi efektivitasnya.
- Penurunan Kinerja Pengereman: Minyak rem yang kotor atau terkontaminasi air bisa mengurangi kemampuan sistem rem untuk bekerja dengan efektif. - Kerusakan Komponen Rem: Komponen sistem rem, seperti silinder rem, caliper, dan master silinder, bisa mengalami korosi dan kerusakan akibat minyak rem yang terkontaminasi. - Kegagalan Sistem Rem: Dalam kasus yang ekstrim, kegagalan sistem rem bisa terjadi, yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan.
Jika minyak rem berkurang, beberapa gejala yang mungkin muncul antara lain: - Lampu Peringatan Rem Menyala: Indikator pada dashboard akan menyala untuk memperingatkan adanya masalah pada sistem rem. - Pedal Rem Terasa Lebih Lunak: Pedal rem mungkin terasa lebih lunak atau lebih dalam saat diinjak, menunjukkan adanya penurunan tekanan pada sistem rem. - Penurunan Performa Pengereman: Mobil membutuhkan jarak lebih panjang untuk berhenti atau pengereman terasa kurang responsif.
Ya, minyak rem mobil bisa berkurang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, antara lain: - Kebocoran pada Sistem Rem: Kebocoran pada pipa, selang, atau komponen lain pada sistem rem bisa menyebabkan minyak rem berkurang. - Konsumsi oleh Sistem: Seiring penggunaan, minyak rem bisa terserap atau menguap dalam jumlah kecil. - Penggunaan Sistem Rem yang Intensif: Penggunaan rem yang berlebihan, seperti pada mobil yang sering dikendarai di daerah pegunungan atau dalam kondisi lalu lintas yang macet, bisa menyebabkan minyak rem berkurang lebih cepat. - Penggantian dan pengecekan rutin minyak rem adalah bagian penting dari perawatan mobil untuk memastikan keselamatan dan performa optimal sistem pengereman.

Pentingnya Ganti Minyak Rem Mobil secara Berkala

ganti minyak rem mobil

Untuk menjaga kinerja rem mobil Anda tetap optimal dan menghindari risiko kecelakaan, ganti minyak rem mobil secara berkala sangatlah penting. Minyak rem berperan penting dalam menjaga sistem pengereman mobil agar berfungsi dengan baik.

Ketika Anda menggunakan rem mobil, terjadi gesekan antara kampas rem dengan cakram atau tromol. Gesekan ini menghasilkan panas yang dapat menyebabkan minyak rem mengalami degradasi atau kehilangan kemampuan untuk melumasi dan menjaga suhu rem tetap stabil. Jika minyak rem tidak diganti secara berkala, performa pengereman mobil bisa menurun dan risiko terjadinya kecelakaan menjadi lebih tinggi.

Ganti minyak rem mobil secara berkala juga membantu mencegah terjadinya kerusakan pada komponen-komponen sistem pengereman, seperti master rem, kaliper, atau silinder rem. Jika minyak rem tidak bekerja dengan baik, tekanan yang dihasilkan pada saat pengereman dapat mengakibatkan keausan pada komponen tersebut.

Manfaat penggantian minyak rem mobil secara berkala:

  • Menjaga performa pengereman mobil
  • Mengurangi risiko kecelakaan akibat pengereman yang tidak optimal
  • Melindungi komponen-komponen sistem pengereman dari kerusakan
  • Memperpanjang umur pakai sistem pengereman

Penting untuk mengikuti panduan dari produsen mobil dan bengkel resmi mengenai jadwal penggantian minyak rem. Umumnya, penggantian minyak rem direkomendasikan setiap 20.000 hingga 40.000 kilometer atau dua tahun sekali, tergantung pada kondisi penggunaan mobil Anda (2)

Jangan ragu untuk menghubungi bengkel resmi seperti Bengkel Kaki Kaki Mobil Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pentingnya penggantian minyak rem mobil secara berkala. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menjaga keselamatan dan performa pengereman mobil Anda.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti Minyak Rem Mobil?

ganti minyak rem mobil

Agar rem mobil Anda berfungsi dengan baik dan Anda dapat merasakan keamanan saat berkendara, penting untuk melakukan dengan rutin ganti minyak rem mobil. Namun, yang menjadi pertanyaannya adalah kapan waktu yang tepat untuk ganti minyak rem mobil?

Umumnya, disarankan untuk ganti minyak rem mobil setidaknya setiap 2 tahun atau setiap 20.000-40.000 kilometer, tergantung pada mana yang tercapai terlebih dahulu. Namun, perlu dicatat bahwa setiap mobil memiliki spesifikasinya sendiri, jadi disarankan untuk mengacu pada manual pengguna atau berkonsultasi dengan mekanik terpercaya untuk mendapatkan jadwal yang lebih akurat.

Selain itu, terdapat beberapa tanda yang menunjukkan bahwa rem mobil Anda membutuhkan untuk ganti minyak rem mobil lebih cepat. Misalnya, jika Anda merasakan pedal rem menjadi lebih empuk atau lebih keras dari biasanya, bunyi berdecit ketika menginjak pedal rem, atau ada tanda-tanda kebocoran di sekitar sistem rem.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi jalan yang sering Anda lalui. Jika Anda sering berkendara di jalan dengan medan yang berat atau sering menggunakan rem secara intens, maka ganti minyak rem mobil mungkin perlu dilakukan lebih sering.

Jadi, kesimpulannya, waktu yang tepat untuk ganti minyak rem mobil adalah setidaknya setiap 2 tahun atau setiap 20.000 hingga 40.000 kilometer, namun pemeriksaan secara berkala dan pengamatan terhadap kondisi rem Anda serta kondisi jalan yang sering Anda lalui juga sangat diperlukan. Biasakan untuk selalu memeriksa minyak rem secara berkala dan tidak ragu untuk melakukan penggantian jika diperlukan demi keselamatan Anda saat berkendara.

Cara Melakukan Ganti Minyak Rem Sendiri

ganti minyak rem mobil

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana sih cara ganti minyak rem mobil itu? Ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Parkir mobil Anda di area yang aman dan rata.
  2. Keluarkan roda cadangan dan gunakan obeng untuk mengendurkan baut pada roda yang ingin diganti minyak remnya.
  3. Angkat mobil dengan krik dan pasang penyangga di bawah bodi mobil untuk keamanan ekstra.
  4. Lepaskan ban yang ingin diganti minyak remnya dengan menggunakan kunci roda.
  5. Buka tutup reservoir minyak rem dan gunakan kunci pas untuk membuka pembuangan minyak rem bekas.
  6. Letakkan wadah di bawah area pembuangan minyak rem untuk menampung minyak lama yang akan dibuang.
  7. Ganti filter minyak rem dengan mengencangkan baut penyangga, membersihkannya, dan memasang filter yang baru.
  8. Isi lagi reservoir minyak rem dengan minyak rem baru sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil Anda.
  9. Pasang kembali ban dan periksa kekencangan baut roda sebelum menurunkan mobil dari krik.
  10. Coba rem mobil Anda di tempat yang aman untuk memastikan kinerjanya.

Setelah Anda selesai melakukan penggantian minyak rem sendiri, pastikan untuk mencuci tangan Anda agar terbebas dari minyak dan kotoran. Jika Anda merasa tidak yakin atau tidak memiliki peralatan yang diperlukan, lebih baik membawa mobil Anda ke bengkel yang terpercaya untuk melakukan penggantian minyak rem secara profesional.

Baca Juga : Atasi Sebelum Terlanjur Parah! Ini Cara Mengatasi Rem Mobil Keras Yang Dapat Anda Lakukan!

Harga Ganti Minyak Rem Mobil

ganti minyak rem mobil

Pembahasan berikutnya adalah mengenai perkiraan harga untuk penggantian minyak rem mobil di bengkel. Meskipun harga sebenarnya bisa bervariasi tergantung pada lokasi dan jenis mobil Anda, ada beberapa kisaran harga yang dapat Anda gunakan sebagai acuan. Berikut adalah perkiraan harga untuk ganti minyak rem mobil :

  • Jenis Mobil Sedan: Mulai dari Rp150.000 hingga Rp300.000
  • Jenis Mobil SUV: Mulai dari Rp250.000 hingga Rp500.000
  • Jenis Mobil Sport: Mulai dari Rp300.000 hingga Rp600.000

Namun, perlu Anda ingat bahwa harga tersebut dapat berbeda antara satu bengkel dengan bengkel lainnya. Pastikan untuk melakukan pengecekan harga di bengkel terdekat sebelum memutuskan untuk melakukan penggantian minyak rem. Ini akan membantu Anda mendapatkan perkiraan harga yang lebih akurat.

Penyedia Jasa Ganti Minyak Rem

Jika Anda tidak ingin repot melakukan penggantian minyak rem sendiri, berikut adalah beberapa penyedia jasa ganti minyak rem yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Bengkel Resmi: Bengkel resmi dari merek mobil Anda biasanya menawarkan jasa ganti minyak rem dengan harga yang kompetitif dan menggunakan suku cadang asli. Anda juga akan mendapatkan layanan yang lebih terjamin.
  2. Bengkel Independen: Bengkel independen sering kali menawarkan harga yang lebih terjangkau daripada bengkel resmi. Namun, pastikan untuk memilih bengkel dengan reputasi baik dan meyakinkan bahwa mereka menggunakan suku cadang berkualitas.
  3. Layanan Online: Ada juga beberapa platform online yang menawarkan jasa ganti minyak rem. Anda bisa memesan layanan tersebut secara online dan teknisi akan datang langsung ke lokasi Anda. Pastikan untuk memilih layanan yang terpercaya dan dengan ulasan positif.

Dengan membandingkan harga dan reputasi penyedia jasa yang berbeda, Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Lakukan Service Rem Mobil Secara Rutin Hanya Di Rotary Auto!

ganti minyak rem mobil

Tidak hanya pada minyak rem mobil, tapi service rem mobil secara menyeluruh perlu Anda lakukan demi memaksimalkan keamanan Anda disepanjang perjalanan. Pertanyaan terakhirnya adalah dimana sih bengkel mobil yang dapat diandalkan? Satu bengkel mobil yang sangat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto.

Bengkel mobil yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Auto jelas membuatnya memiliki berbagai mekanik handal, alat yang canggih hingga fasilitas yang lengkap untuk memuaskan para pelanggannya, baik kepuasan dari segi pelayanan maupun hasil pengerjaan.

Ingin coba tapi takut mahal? Jangan khawatir! Rotary Auto menyediakan layanan konsultasi GRATIS lho! Sebelum melakukan pengerjaan, Anda dapat terlebih dahulu melakukan konsultasi untuk menemukan dimana masalahnya, apa solusinya serta bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya. Ini membuat Anda terhindar dari biaya tidak pasti karena seluruh biayanya telah dijelaskan dan disetujui di awal.

Bagaimana? Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya. Punya pertanyaan lebih lanjut? Silahkan ajukan hal tersebut melalui Customer Service dari Rotary Auto dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

Sumber Link :

  • https://www.cnbcindonesia.com/news/20210421084324-4-239452/tingkat-kecelakaan-di-ri-melesat-terbanyak-kasus-rem-blong
  • https://www.astra-daihatsu.id/berita-dan-tips/kapan-harus-ganti-minyak-rem

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...