Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Sistem Pengereman Mobil: Panduan Lengkap untuk Pemeliharaan

Anda tahu pentingnya sistem pengereman mobil untuk keselamatan berkendara? Sistem pengereman yang bermasalah bisa jadi berbahaya dan merusak komponen lain. Dalam situasi seperti ini anda perlu segera mengatasinya, tapi bagaimana cara mengatasi sistem pengereman mobil yang bermasalah?

Sistem pengereman mobil sangat penting karena membantu kendaraan berhenti dan mencegah kecelakaan.1 Karena terus digunakan, kampas rem yang di gesek pada rotor lama kelamaan akan habis. Maka, perawatan dan pengecekan pada sistem pengereman mobil sangat penting.1 Lalu, kapan sebaiknya kita merawat komponen rem mobil di bengkel?

Pengecekan dan perawatan dianjurkan dilakukan setiap 10.000 kilometer atau enam bulan sekali di bengkel servis rem mobil terdekat.1Ini penting untuk menjaga rem tetap berfungsi dengan baik.

Pertanyaan Seputar Sistem Pengereman Mobil

Sistem pengereman pada mobil adalah mekanisme yang digunakan untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Sistem ini terdiri dari beberapa komponen seperti pedal rem, kaliper, cakram, drum, serta cairan rem.
-Rem Cakram: Menggunakan cakram yang berputar dengan roda dan kaliper yang menjepit cakram untuk memperlambat kendaraan. Rem cakram biasanya lebih efisien dalam pendinginan dan lebih efektif dalam pengereman. -Rem Drum: Menggunakan drum yang berputar dengan roda dan sepatu rem yang menekan drum dari dalam untuk memperlambat kendaraan. Rem drum umumnya lebih murah dan lebih tahan lama, tetapi kurang efektif dalam disipasi panas.
ABS adalah sistem pengereman yang mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Sistem ini memungkinkan pengemudi untuk tetap mengendalikan arah kendaraan dan mengurangi risiko tergelincir.
Pengereman regeneratif adalah teknologi yang digunakan pada kendaraan listrik dan hibrida di mana energi kinetik yang biasanya terbuang saat pengereman diubah menjadi energi listrik dan disimpan dalam baterai kendaraan.

Memahami Sistem Pengereman Mobil

sistem pengereman mobil 2

2 Rem mobil sangat penting untuk keselamatan kendaraan. Ia berfungsi menghentikan kendaraan kita. Kadang, saat kita menginjak rem, terdengar suara dari ban. Itu disebabkan ban menggosok jalan saat mobil berhenti.

3 Saat rem dipakai, adanya gesekan antara ban dan jalan menunjukkan adanya gaya gravitasi. Gaya ini berguna saat mobil kita harus berhenti.

Komponen Utama Sistem Pengereman Mobil

2 Sistem rem memanfaatkan energi kinetik. Energi ini berubah jadi panas saat rem bekerja. Rem mobil terdapat beberapa komponen penting, seperti Disc Brake dan Drum Brake.

Master Rem dan Proportioning Valve juga krusial. Mereka membantu distribusi tekanan pengereman secara merata.

Mekanisme Kerja Pengereman

3 Ada 4 jenis sistem pengereman mobil yang harus kita kenal. Misalnya Rem Cakram dan Rem Tromol. Rem Darurat dan Rem ABS juga tidak kalah penting.

Rem Tromol digunakan di roda belakang. Mobil baru sering pakai rem cakram depan dan tromol belakang. Ini untuk pengereman yang lebih baik.

Sistem pengereman mobil ABS sangat berguna. Ia mencegah roda terkunci saat kita pengereman tiba-tiba. Hal ini juga bantu kita kontrol mobil saat darurat.

Pentingnya Sistem Pengereman Mobil yang Baik

4 Rem cakram lebih baik daripada rem tromol. Kecepatan tinggi atau beban berat, mobil sering pakai rem cakram. Karena itu, rem cakram wajib kita perhatikan.

4 Rem tromol lebih sederhana dan lebih murah. Tapi, mereka tidak sebaik rem cakram. Kita gunakan rem tangan untuk kendaraan parkir. Ia juga cadangan jika sistem pengereman mobil utama rusak.

4 ABS biasa di mobil-mobil modern. Rem ABS mampu mengurangi risiko kecelakaan. EBD membantu salurkan tekanan pengereman dengan tepat. Brake booster dan Proportioning valve juga penting. Mereka lebih efisienkan pengereman dan pastikan mobil berhenti dengan aman.

Baca Juga : Pengertian Rem ABS Mobil – Sistem Pengereman Anti-Kunci

Perawatan Sistem Pengereman Mobil Yang Optimal

sistem pengereman mobil 3

Kampas rem mesti dilihat tiap waktu. Pastikan masih tebal dan bagus.5 Menipisnya kampas rem sering tak bisa dilihat tanpa lepas kaliper. Maka, jaga dengan cek rutin.5 Ganti minyak rem tiap 40.000 km atau 3 tahun. Ini mencegah vapor lock terjadi.5

Pembersihan dan Pelumasan Komponen Rem

Komponen rem perlu sering dibersihkan dan dilumasi. Ini penting untuk fungsi yang baik.6 Flushing minyak rem setiap 20.000 km itu penting.5 Awas, hindari rem mendadak. Ini bikin kampas rem cepat habis.5 Sebelum perjalanan jauh, pastikan cek kampas rem. Khususnya jika mobilnya sering lama parkir. Debu atau pasir bisa bikin rem kurang maksimal.5

Perawatan Berkala untuk Kinerja Pengereman yang Aman

Untuk menjaga kinerja pengereman tetap aman, diperlukan perawatan rutin. Salah satunya adalah mengganti minyak rem tiap 40.000 km atau 3 tahun7. Penggantian ini penting karena minyak rem lama bisa membuat uap air di sistem. Uap air ini bisa menghambat fungsi pengereman.

Penggantian Minyak Rem secara Teratur

Menurut anjuran, pelumas atau minyak rem harus diganti tiap 20.000 km atau maksimal dua bulan8. Pemeriksaan kondisinya sebaiknya dilakukan 1 bulan sekali7. Minyak rem kualitas tinggi, contohnya TOP 1 Brake Fluid, punya titik didih sampai 270 derajat celsius8. Ini memastikan pengereman mobil tetap maksimal.

Bubut Ulang Piringan Rem

Perawatan juga termasuk bubut ulang piringan rem di bengkel bubut terdekat. Sangat penting untuk meratakan kampas atau piringan cakram agar permukaannya rata8.Jika piringan rem sudah pekat, lepaskan dan ganti segera8. Rajin membersihkan piringan rem bermanfaat untuk merawatnya8.

Dengan merawat minyak rem dan memperbaiki piringan rem sesuai jadwal yang ditentukan, Anda pastikan sistem pengereman mobil selalu dalam kondisi terbaik. Ini sangat penting untuk keselamatan berkendara.

Tanda-Tanda Masalah pada Sistem Pengereman Mobil

Sebagai pemilik mobil, Anda harus memperhatikan jika ada keanehan yang dirasakan ketika berkendara. Berhati-hati terhadap gejala masalah pengereman. Beberapa gejala yang bisa dirasakan saat ada masalah pada sistem pengereman mobil diantaranya terasa getaran saat pengereman dan terdengar bunyi pada rem mobil anda.

  • Getaran saat Pengereman

Getaran mungkin terjadi ketika mengerem. Ini disebabkan oleh piringan rem yang tak rata. Piringan rem mungkin aus tak merata atau cekung.

Aus tak merata atau cekung pada piringan rem bisa menyebabkan getaran. Itulah sebabnya Anda mungkin merasa mobil bergetar saat memperlambat kecepatan.

  • Bunyi Aneh saat Menginjak Rem

Kaki kaki mobil bunyi cit cit atau gemeretak saat rem sering menandakan rem sudah mulai aus. Atau, mungkin ada komponen rem yang kendur.9 Bunyi ini juga bisa disebabkan oleh gesekan kampas dan cakram rem.10Periksa ke bengkel spesialis kaki kaki mobil jika mendengar bunyi aneh saat rem. Penanganan dini mencegah kerusakan lebih lanjut.9 Mengatasi masalah rem dengan cepat sangat penting untuk keselamatan di jalan.

Baca Juga : Cegah Sebelum Parah! Ini Penyebab Rem Tidak Pakem Pada Mobil Yang Perlu Anda Hindari

Tips Berkendara untuk Memperpanjang Umur Sistem Pengereman Mobil

sistem pengereman mobil 4

Perawatan rutin sangat penting untuk mobil Anda. Tapi, ada lagi tips berharga untuk sistem pengereman mobil. Kebiasaan baik dalam berkendara membantu kinerja sistem pengereman mobil lebih baik.

Hindari Pengereman Mendadak

Jangan sering melakukan pengereman mendadak. Ini bisa membuat bagian rem cepat aus.11 Jaga jarak aman dengan mobil di depanmu untuk menghindari ini.

Jaga Tekanan Angin Ban

Cek tekanan angin ban secara berkala di setiap ban. Usahakan tetap sesuai dengan yang dianjurkan pabrikan. Ini penting supaya rem bekerja dengan baik.12

Hindari Penggunaan Rem Berlebihan

Jangan terlalu sering gunakan rem, terutama saat turunan. Pilih gigi transmisi yang sesuai untuk mengurangi beban rem.13 Jika sering pakai rem turunan, sistem pengereman mobil bisa cepat rusak.

Layanan Profesional untuk Perawatan Rem Mobil

Jika sistem pengereman mobil anda perlu servis profesional, datanglah ke Rotary Auto. Mereka ahli dalam perawatan sistem pengereman untuk mobil Anda.14 Ada berbagai opsi, dari maintenance rem sampai servis rem mobil asia dan eropa.14 Biaya ganti kampas rem mulai dari Rp215 ribuan.14

Merawat sistem pengereman mobil secara teratur super penting. Ini untuk keamanan dan performa mobil.15Servis rem dianjurkan tiap 40 ribu kilometer atau dua tahun sekali.14Rotary Auto punya teknisi handal untuk servis rem, dari ganti minyak rem, bersihin komponen, dan servis piringan rem.

Rotary Auto juga punya promo dan diskon khusus di setiap bulannya, mau dapet promonya? silahkan kunjungi website resmi RotaryAuto pada halaman promo atau reservasi langsung dengan customer service kami klik disini.14 Tim ahli di Rotary Auto siap membantu, memberikan servis rem mobil pro dan hemat.

Link Sumber

  1. https://pemilu.kompas.com/read/2021/07/09/190200315/begini-cara-merawat-sistem-pengereman-pada-mobil
  2. https://www.suzuki.co.id/tips-trik/ketahui-ini-prinsip-kerja-dari-rem-mobil-komponennya?pages=all
  3. https://suzuki.rmk.co.id/berita/memahami-sistem-rem-mobil-jenis-dan-fungsi?page=all
  4. https://bengkelly.co.id/sistem-pengereman-mobil/
  5. https://ruangbibir.com/otomotive/pastikan-sistem-rem-mobil-optimal/
  6. https://garasi.id/artikel/informasi-seputar-fungsi-dan-jenis-rem-mobil-yang-wajib-dipahami/630ed144c5adf1097a0e6d24
  7. https://dishub.acehprov.go.id/jangan-sepelekan-perawatan-rem-mobil/
  8. https://www.top1.co.id/berita/detail/5-Cara-Perawatan-Rem-Mobil-yang-Benar-dan-Mudah
  9. https://www.top1.co.id/berita/detail/7-Masalah-yang-Terjadi-Pada-Rem-Mobil-dan-Penyebabnya
  10. https://www.liputan6.com/otomotif/read/5598362/waspada-tanda-tanda-masalah-pada-rem-mobil-cek-kapan-saatnya-ganti-kampas
  11. https://www.idntimes.com/automotive/car/johan-710/tips-berkendara-agar-rem-mobil-awet-c1c2
  12. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/cara-menghentikan-mobil-saat-rem-blong-tips
  13. https://www.hondajember.com/berita/detil/517
  14. https://otoklix.com/blog/bengkel-rem-mobil/
  15. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/servis-rem

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...