Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Cegah Sebelum Parah! Ini Penyebab Rem Tidak Pakem Pada Mobil Yang Perlu Anda Hindari

Saat Anda mengendarai mobil, ada satu hal yang sangat penting untuk dipastikan: rem mobil Anda berfungsi dengan baik. Namun, kadang-kadang Anda mungkin mengalami situasi di mana rem tidak sekuat yang seharusnya, membuat Anda merasa khawatir dan takut akan kehilangan kendali yang tentunya dapat membahayakan diri Anda serta pengendara lainnya.

Anda mungkin pernah mengalami momen yang membuat detak jantung Anda berdegup kencang saat Anda mengerem dengan sekuat tenaga, namun mobil Anda tetap tidak berhenti dengan sempurna. Rasanya seperti tidak ada daya pakem yang tersisa, dan perasaan itu benar-benar menakutkan, bukan?

Jika Anda pernah atau mungkin baru saja mengalaminya, maka Anda masuk ke artikel yang tepat. Dalam pembahasan kali ini, kita akan bahas terkait rem mobil tidak pakem ini, mulai dari bahaya apa saja yang akan ditimbulkan dari rem tidak pakem, faktor apa saja yang bisa menjadi penyebab rem tidak pakem pada mobil hingga bagaimana caranya untuk mengatasi rem mobil tidak pakem ini. Seperti apa kira-kira? Mari kita bahas dan pahami bersama!

Pertanyaan Seputar Penyebab Rem Tidak Pakem

Cairan rem memiliki peran penting dalam menggerakkan piston rem pada kaliper atau silinder rem, sehingga jika ada kekurangan cairan rem, sistem pengereman tidak akan berfungsi secara optimal.
Untuk mencegah rem mobil menjadi tidak pakem, lakukan pemeliharaan rutin seperti mengganti kampas rem secara teratur, memeriksa dan mengganti cairan rem sesuai jadwal, dan memastikan tidak ada kebocoran pada sistem rem.
Disarankan untuk memeriksa rem secara teratur setiap 6 bulan atau setiap 10.000 kilometer, meskipun jika Anda mendeteksi tanda-tanda rem tidak pakem, segera periksakan ke bengkel untuk pengecekan dan perbaikan lebih lanjut.
Jika Anda mengalami rem tidak pakem saat mengemudi, pertama-tama tetap tenang dan hindari panik. Gunakan rem darurat (handbrake) dengan hati-hati untuk menghentikan kendaraan secara perlahan. Segera bawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki. Jangan mengemudi lebih jauh dengan rem yang tidak berfungsi dengan baik karena hal ini dapat mengancam keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

Bahaya Rem Mobil Tidak Pakem

penyebab rem tidak pakem

Pertama, kita bahas terlebih dahulu bahaya apa saja yang akan ditimbulkan dari masalah rem mobil tidak pakem ini. Jika rem mobil Anda tidak pakem, hal ini bisa menimbulkan bahaya yang serius bagi keselamatan Anda saat berkendara. Bahaya tersebut meliputi:

1. Peningkatan Risiko Kecelakaan

Bahaya paling utama dari rem mobil tidak pakem adalah peningkatan risiko kecelakaan. Ketika rem tidak mampu menghentikan mobil dengan baik, Anda akan menghadapi kesulitan dalam mengendalikan kecepatan dan memperlambat kendaraan Anda. Hal ini dapat mengakibatkan tabrakan dan kecelakaan yang serius.

2. Kesulitan dalam Mengendarai

Jika rem mobil tidak pakem, Anda akan menghadapi kesulitan saat melakukan manuver seperti belokan dan pengereman mendadak. Anda tidak dapat mengendalikan mobil dengan presisi yang diperlukan, membuatnya sulit untuk menghindari rintangan atau bereaksi dengan cepat dalam situasi darurat.

4. Kerusakan pada Komponen Rem

Rem mobil yang tidak pakem dapat menyebabkan kerusakan pada komponen rem seperti kampas rem, cakram rem, atau sistem hidrolik. Jika masalah tidak segera ditangani, penggantian komponen rem dapat menjadi mahal dan mengganggu keuangan Anda.

5. Penurunan Umur Pada Komponen Rem

Ketika rem tidak bekerja dengan baik, akan terjadi peningkatan gesekan yang berlebihan pada komponen rem. Hal ini dapat menyebabkan keausan lebih cepat dan mempersingkat umur komponen rem, yang pada akhirnya memerlukan penggantian lebih sering.

Jadi, penting bagi Anda untuk mengatasi masalah rem mobil yang tidak pakem secepat mungkin. Jangan mengabaikan tanda-tanda rem yang tidak berfungsi dengan baik dan pastikan untuk melakukan perawatan rutin pada sistem rem mobil Anda. Dengan begitu, Anda dapat menjaga keselamatan Anda dan memastikan kendaraan tetap dalam kondisi optimal.

Baca Juga : Kenali Komponen, Jenis, Ciri Kerusakan Hingga Tips Perawatan Suspensi Mobil Disini!

 

Faktor Penyebab Rem Tidak Pakem Pada Mobil

penyebab rem tidak pakem

 

Setelah membahas soal bahaya apa saja yang akan ditimbulkan, maka pembahasan berikutnya adalah terkait penyebab rem tidak pakem pada mobil. Terdapat berbagai macam faktor yang dapat menjadi penyebab rem tidak pakem pada mobil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Efek Keausan Kampas Rem Mobil

Salah satu penyebab rem tidak pakem pada mobil adalah keausan kampas rem. Kampas rem yang sudah aus bisa menyebabkan gesekan langsung antara plat metal kampas dengan cakram atau drum, dan inilah yang dapat mengurangi daya pakem rem mobil, meningkatkan jarak pengereman, dan mempengaruhi stabilitas kendaraan. Bahkan, lebih dari itu, kampas rem yang menipis ini bisa menyebabkan rem mobil benar-benar mati atau blong.

2. Kualitas Minyak Rem Mobil Yang Buruk

Penyebab rem tidak pakem pada mobil yang kedua adalah kualitas minyak rem mobil yang buruk, ini biasa terjadi ketika mobil Anda jarang dicek atau tidak pernah diganti minyak rem mobilnya. Perlu Anda pahami bahwa minyak rem mobil yang kualitasnya sudah menurun akan membuat kandungan uap air dalam sistem rem mobil Anda menjadi sangat tinggi. Hal inilah yang  kemudian menjadi penyebab rem tidak pakem pada mobil Anda.

3. Booster Rem Yang Rusak

Penyebab rem tidak pakem pada mobil yang ketiga dapat berasal dari booster rem. Sedikit informasi, booster rem ini merupakan komponen rem mobil yang akan memberikan tekanan lebih untuk membuat pedal rem menjadi lebih ringan, halus, lancar dan cepat dalam merespon ketika diinjak. Nah, ketika booster rem mobil ini bermasalah, maka salah satu akibatnya adalah masalah rem mobil tidak pakem.

4. Cakram Atau Piringan Rem Yang Bermasalah

Berikutnya, cakram ataupun piringan rem yang bermasalah juga dapat menjadi penyebab rem tidak pakem pada mobil. Hal ini biasa bersumber dari suhu ataupun tekanan tinggi yang ini diterima oleh cakram rem selama melakukan proses pengereman. Seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaannya secara terus menerus, cakram atau piringan rem mobil ini akan membuatnya menjadi bergelombang lalu berubah menjadi penyebab rem tidak pakem pada mobil Anda.

5. Kebocoran pada Sistem Hidrolik

Selain itu penyebab rem tidak pakem pada mobil juga dapat berasal dari adanya kebocoran pada sistem hidrolik. Bagaimana bisa? Ini dikarenakan sistem hidrolik pada rem mobil mengandalkan cairan rem untuk menghasilkan tekanan yang dibutuhkan untuk mengaktifkan rem.

Jika terjadi kebocoran pada sistem hidrolik, cairan rem dapat berkurang dan menjadi penyebab rem tidak pakem pada mobil. Maka dari itu, pastikan selalu memeriksa dan memperbaiki kebocoran pada sistem hidrolik agar rem mobil tetap berfungsi dengan baik.

6. Kotoran dan Debu pada Rem

Penumpukan kotoran, debu, atau partikel kecil lainnya pada komponen rem juga dapat menjadi penyebab bunyi rem tidak pakem pada mobil. Saat rem digunakan, gesekan antara kampas rem dengan cakram atau drum dapat menyebabkan gesekan dengan partikel-partikel tersebut yang lama kelamaan akan mengurangi daya pakem pada rem mobil Anda.

7. Rem yang Tidak Terpasang dengan Baik

Selain itu, rem yang tidak terpasang dengan baik juga dapat menjadi penyebab rem tidak pakem pada mobil Anda. Misalnya, terdapat celah antara komponen rem atau terdapat bagian yang longgar atau kendur. Hal ini dapat mengakibatkan gesekan atau getaran ketika rem digunakan, menyebabkan bunyi yang tidak diinginkan lalu menurunkan daya pakem pada rem mobil Anda.

8. Gaya Mengemudi Yang Buruk

Terakhir, kesalahan pengendara saat menggunakan rem juga dapat menjadi penyebab rem tidak pakem pada mobil Anda. Terlalu sering atau terlalu keras menginjak pedal rem, atau rem mendadak saat sedang dalam kecepatan tinggi dapat membuat rem menjadi tidak pakem. Pengendara perlu menggunakan rem dengan bijak, menginjak pedal rem secara perlahan dan proporsional sesuai dengan situasi dan kondisi jalan.

Selain soal penyebab rem tidak pakem pada mobil di atas, terdapat beberapa tanda rem mobil bermasalah yang tidak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan. Beberapa tanda-tanda bahwa rem mobil mengalami gangguan dan tidak bekerja dengan baik adalah:

  • Rem mobil terasa lebih lambat merespon saat Anda menginjak pedal rem
  • Rem mengeluarkan bunyi yang aneh, seperti berderit atau berdecit
  • Rem mobil terasa tidak bekerja secara seragam, mungkin hanya menggerakkan satu sisi mobil
  • Pedal rem terasa lebih berat atau lebih ringan daripada biasanya
  • Mobil terasa goyang atau tidak stabil saat pengereman

Cara Mengatasi Gangguan Rem Mobil Tidak Pakem

penyebab rem tidak pakem

Anda tentu tidak ingin keselamatan Anda dalam berkendara menjadi terancam karena kondisi rem mobil tidak pakem bukan? Maka dari itu, bila Anda menemui masalah rem mobil tidak pakem, ini, Anda perlu untuk segera melakukan tindakan penanganan untuk mengatasinya. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Cek komponen rem secara visual untuk melihat apakah ada keausan atau kerusakan yang terlihat.
  2. Periksa kondisi kampas rem, apakah sudah aus atau perlu penggantian.
  3. Periksa sistem hidrolik rem untuk memastikan tidak ada kebocoran pada pipa atau selang rem.
  4. Bersihkan atau ganti cairan rem jika diperlukan.
  5. Periksa perangkat elektronik yang terkait dengan sistem pengereman seperti ABS atau sensor rem, apakah ada kerusakan atau masalah yang perlu diperbaiki.
  6. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan atau kemampuan untuk memperbaiki rem mobil sendiri, segeralah membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki oleh mekanik yang ahli dalam pengereman mobil.

Membawa mobil Anda ke bengkel mobil terpercaya merupakan langkah paling ampuh untuk mengatasi bahkan juga mencegah masalah dan penyebab rem tidak pakem pada mobil terjadi di kemudian hari. Salah satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto.

Bengkel mobil yang satu ini merupakan bengkel yang telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya, tingginya pengalaman yang dimiliki oleh Rotary Auto tentunya memiliki berbagai pengetahuan dan skill dalam mengatasi berbagai masalah pada rem mobil Anda termasuk masalah rem tidak pakem pada mobil Anda.

Bahkan, tidak hanya sekedar masalah pada rem, tapi juga suspensi, kaki kaki, sistem AC, hingga mesin mampu untuk dilakukan di Rotary Auto lho! Kemampuan Rotary Auto dalam menangani berbagai masalah pada mobil ini menjadikan Rotary Auto mendapatkan reputasi positif yang begitu tinggi dari masyarakat. Hal ini dapat Anda lihat dari banyaknya komentar positif yang diberikan oleh para pelanggan setianya. Ini merupakan tentang kualitas yang dimiliki Rotary Auto.

Tingginya reputasi positif tersebut juga tentunya berhasil didapatkan Rotary Auto karena ditopang oleh banyaknya mekanik handal, alat yang canggih, fasilitas yang lengkap hingga cabang yang tersebar luas di berbagai wilayah yang dapat memudahkan dan memuaskan pelanggannya ketika melakukan service disana.

Lebih kerennya lagi, Anda juga tidak perlu khawatir masalah harga karena Rotary Auto menyediakan layanan konsultasi GRATIS lho! Sebelum melakukan service, Anda dapat terlebih dahulu melakukan konsultasi untuk menemukan dimana masalahnya, apa solusinya, serta bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya. Ini membuat Anda terhindar dari biaya tidak pasti yang biasa Anda temui di bengkel pada umumnya.

Bagaimana? Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...