Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Panduan Lengkap Perawatan Mobil Bekas untuk Performa Maksimal

Membeli mobil bekas bisa jadi alternatif menarik terutama yang punya bujet pas-pasan. Mobil bekas mungkin tidak sebagus mobil baru. Tapi, dengan perawatan mobil bekas yang tepat, mobil bekas bisa berkinerja dengan baik dan tak kalah dengan mobil baru.

Apakah Anda ingin tahu bagaimana perawatan mobil bekas agar tetap maksimal? Kami siap memberikan panduan perawatan yang lengkap. Ini mencakup perawatan mesin, bagian luar, bagian dalam, hingga biaya perawatan.

Dengan panduan ini, diharapkan mobil Anda bisa beroperasi dengan performa terbaik dan gak kalah seperti mobil baru. Dan, tentu saja, umur pakai mobil jadi lebih panjang.

Pertanyaan Seputar Perawatan Mobil Bekas

Penggantian oli umumnya dilakukan setiap 5.000 hingga 10.000 km atau setiap 6 bulan sekali, tergantung mana yang lebih dahulu tercapai. Namun, selalu ikuti rekomendasi dari pabrikan mobil Anda.
1. Lihat lampu indikator di dashboard: Pastikan tidak ada lampu peringatan yang menyala. 2. Periksa suara mesin: Dengarkan suara mesin saat dihidupkan, pastikan tidak ada suara aneh atau kasar. 3. Cek asap knalpot: Asap berwarna hitam atau biru dapat menandakan masalah pada mesin. 4. Periksa kebocoran: Pastikan tidak ada kebocoran oli atau cairan lain di bawah mobil.
Pemeriksaan sistem rem sebaiknya dilakukan setiap 10.000 km atau setidaknya sekali dalam setahun. Jika Anda mendengar suara berdecit atau rem terasa kurang responsif, segera periksa dan servis sistem rem.
1. Oli mesin dan filter oli 2. Filter udara dan bahan bakar 3. Sistem rem dan cairan rem 4. Ban dan tekanan udara 5. Sistem pendingin dan radiator 6. Busi dan sistem pengapian 7. Suspensi dan sistem kemudi

Pentingnya Melakukan Perawatan Mobil Bekas

perawatan mobil bekas 1

Bukan hanya mobil baru, perawatan mobil bekas juga sangat penting dilakukan. Meski mobil bekas sudah cukup baik, tapi harus dijaga. Jika tidak, mobil itu bisa cepat rusak dan tidak tahan lama. Para mekanik mobil menyarankan untuk sering melakukan servis mesin. Ini sangat penting agar mobil bekas tetap berjalan baik, tapi semua mobil butuh perawatan, tak peduli berapa usianya.

Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut

Perawatan mobil bekas itu sangat penting untuk cegah kerusakan parah. Servis mobil bekas secara rutin bisa jauhkan dari masalah besar. Jangan lupakan perawatan komponen listrik seperti aki dan altenator. Ini penting agar mobil selalu optimal. Servis reguler untuk rangka dan suspensinya membantu mobil tetap nyaman dan aman.

Menjaga Performa Mobil

Rutin merawat mobil bekas juga menjaga performanya tetap bagus. Untuk servis rutin, ganti oli tiap 10.000 km. Atau setara dengan pemakaian enam bulan. Selain itu, ganti air radiator mobil, tiap 20.000 km. Atau ganti ketika air radiatornya sudah kotor, untuk performa terbaik.

Menghemat Biaya Perawatan Jangka Panjang

Perawatan mobil bekas secara rutin bisa hemat biaya besar di masa depan. Mobil akan lebih lama dan jarang rusak dengan perawatan mobil bekas yang baik. Pastikan sistem pengereman mobil selalu dicek. Cek rem, cairan rem, seal kaliper, dan posisi rem tangan. Hal ini penting untuk keselamatan berkendara. Bersihkan mobil, di luar dan di dalam, secara teratur. Ini membuat mobil terlihat bagus dan tahan lama.

Perawatan Mobil Bekas Pada Mesin

Memanaskan mesin dan pemeriksaan rutin sangat penting untuk mobil bekas. Pertama, panaskan mesin selama 1-5 menit sebelum pergi. Ini membuat mesin tetap cekatan dan kurangi risiko rusak5.

  • Memanaskan Mesin Setiap Hari

Untuk kendaraan ber mesin, panaskan mesin setelah lama tidak digunakan sangat penting. Disarankan panaskan pagi hari. Ini untuk menjaga kondisi mesin tetap bagus2.

Panasin mesin sekitar 15-2o menit. Ini untuk memastikan bahwa oli sudah melumasi bagian dalam mesin. Mesin harus dalam posisi parkir. Ini agar tidak terjadi kesalahan saat panasin mobil matic2.

  • Memeriksa Tekanan Angin Ban

Cek tekanan angin ban secara rutin. Tekanan ban yang pas membuat perjalanan anda menjadi enak dan aman. Tekanan yang berlebihan atau kurang bisa memperlambat pergerakan mobil sehingga membuat mesin mobil bekerja lebih keras1.

  • Memeriksa Kondisi Oli Mesin

Ganti oli mobil secara rutin sangatlah penting. Kesalahan dalam pemilihan oli bisa berakibat buruk pada mesin mobil. Pilih juga bahan bakar yang sesuai kebutuhan kendaraan anda. Bahan bakar yang tidak sesuai bisa mengurangi tenaga mesin dan merusak sistem bahan bakar1.

  • Memeriksa Kondisi Aki

Selalu cek aki mobil anda, rutin melakukan pengecekan di bengkel mobil terdekat. Anda disarankan untuk mengecek komponen mobil lain, seperti lampu mobil, rem mobil, ac mobil. Anda bisa mengetahui masalah pada komponen mobil berdasarkan lampu indikator, maka dari itu penting mengetahui arti lampu indikator pada mobil ini penting untuk mobil tetap sehat1.

Baca Juga : Daftar Rekomendasi Service Mobil Terdekat di Kota Anda

Perawatan Mobil Bekas Bagian Eksterior dan Interior

Selain mesin mobil, kaki kaki mobil, dan sistem pendingin yang memang penting untuk dirawat. Namun, eksterior dan interior juga perlu anda rawat. Mencuci mobil itu penting, minimal sekali seminggu. Cuci mobil menjaga cat bodi tetap bersih dan mulus.4

  • Mencuci Mobil Secara Rutin

Bersihkan interior mobil juga perlu diperhatikan. Baik itu jok, karpet, atau dashboard. Lindungi mobil dari sinar matahari agar catnya tidak cepat pudar.4 Parkir di tempat teduh atau gunakan cover mobil khusus eksterior mobil.

  • Membersihkan Interior Mobil

Menggunakan pembersih untuk kaca mobil yang tepat meningkatkan visibilitas. Faktor yang bisa membuat interior mobil jadi tidak nyaman, termasuk asap rokok dan pembersih yang salah. Rutinlah bersih-bersih untuk mengusir debu dan kotoran.5

  • Melindungi Bodi Mobil dari Sinar Matahari

Ada beberapa cara untuk melindungi bodi mobil dari sinar matahari. Dengan cairan khusus yang bisa anda temukan di bengkel mobil yang lengkap. Cairan tersebut bertujuan untuk membuat bodi mobil terus mengkilap dan halus seperti baru. Cara pemakaiannya biasanya dengan langsung di aplikasikan pada bodi mobil lalu di poles menggunakan mesin.

Perawatan Mobil Bekas Untuk Pertama Kali

Ketika anda ini membeli mobil bekas, pastikan anda mengetahui tips beli mobil bekas untuk pemula. Anda perlu melakukan perawatan menyeluruh untuk pertama kali setelah membeli mobil bekas tersebut. Perawatan mobil bekas melibatkan servis harian dan servis berkala di bengkel mobil tepercaya. Lakukan servis rutin pada mesin, seperti mengganti oli, filter udara, dan komponen lain. Periksa sistem kelistrikan mobil juga. Ini termasuk aki, alternator, dan kabel-kabelnya.

  • Servis Besar Pada Mesin

Perawatan mobil bekas bisa anda lakukan melakukan servis besar-besaran pada mesin mobil. Mengganti komponen atau part yang sudah usang dan bila perlu anda bisa membongkar mesin mobil anda agar mengetahui kondisi mesin anda.

  • Memeriksa Sistem Kelistrikan

Periksa kondisi sistem kelistrikan mobil, seperti aki dan alternator,kabel-kabel yang berhubungan dengan sistem lampu mobil,lampu sein,lampu rem, sensor, spion, dan lampu indikator. Ini penting agar mobil tetap berjalan lancar.

  • Servis Kaki kaki Mobil

Komponen kaki-kaki mobil yang baik sangat membantu perjalanan anda agar selamat sampai tujuan. Servis kaki kaki di bengkel suspensi mobil terdekat yang memberikan perawatan pada komponen kaki mobil seperti ball joint, tie rod, rack steer, sistem kemudi, shock breakear, shock absrober, bushing, lower arm, trailing arm dan komponen lainnya secara berkala.

  • Memeriksa Kondisi Rem

Kondisi rem mobil pada mobil bekas sangat perlu diperhatikan. Periksa kampas rem mobil, minyak rem, dan sistem pengereman secara menyeluruh secara teratur.

  • Memeriksa Sistem Pendingin

Anda bisa mengetahui kondisi ac mobil anda masih bagus atau tidak cukup dengan merasakan udara ac mobil yang keluar masih dingin atau tidak, bunyi berisik pada ac mobil, ac mobil bau tidak sedap. Jika mobil bekas yang anda punya mengalami masalah seperti ini. Anda bisa membawa mobil anda ke bengkel spesialis ac mobil agar masalah ac mobil anda bisa teratasi dengan tepat.

Baca Juga : Cara Memilih Bengkel Mobil Terdekat  di Kota Anda

Penggantian Komponen Penting

Penting untuk mengganti komponen krusial mobil bekas secara teratur. Misalnya, ganti oli mesin setiap 10.000 km atau 6 bulan8. Oli sintetis tahan hingga 10.000 km. Sementara oli biasa harus diganti setiap 5.000 km8.

  • Mengganti Filter Udara dan Filter Oli

Ganti juga filter udara dan filter oli untuk mesin yang bagus. Menggunakan oli yang bagus bisa melindungi mesin mobil menjadi awet. Penggantian filter oli secara teratur juga sangat penting untuk mesin mobil anda6.

  • Mengganti Ban Jika Diperlukan

Cek ban mobil Anda dan ganti jika sudah usang. Ban perlu dirotasi setiap 10.000 km. Umumnya, ban bisa digunakan 30.000 sampai 40.000 km8. Ini penting untuk keamanan dan kenyamanan berkendara.

Biaya Perawatan Mobil Bekas

Perawatan mobil bekas butuh biaya yang lumayan besar. Biaya utama termasuk ganti oli, filter, dan cairan bisa sekitar Rp500.000 – Rp1.500.000. Anda juga perlu siapkan uang untuk perbaikan. Biaya perbaikan bisa naik sampai Rp3.000.000, tergantung kerusakan mobil.

  • Biaya Perawatan Umum

Ganti oli mobil lama bisa mencapai Rp600 ribu dengan jasa7. Sementara, biaya perawatan sistem pengereman diperkirakan sekitar Rp250 ribu7.

  • Biaya Perbaikan

Untuk ganti set kampas rem depan, Anda butuh keluaran sekitar Rp350 ribu7. Pelayanan servis kaki-kaki mobil depan dibandrol sekitar Rp4-5 juta termasuk ongkos jasa7. Jika mesin mengalami masalah ringan hingga besar, perbaikannya bisa menelan biaya mulai dari Rp1,5 juta hingga Rp10 juta8.

Jasa tune up dan servis ringan mesin rata-rata sekitar Rp1,5 juta8. Ganti part tertentu mobil, seperti kaki-kaki, membutuhkan dana antara Rp3 jutaan hingga Rp5 jutaan beberapa tergantung kebutuhan8.

  • Biaya Perawatan Eksterior

Untuk menjaga tampilan luar mobil, Anda bisa merogoh Rp500.000 – Rp1.500.000 per kali cuci, poles, atau cat ulang. Cek dan servis radiator biasanya sekitar Rp300 ribu7. Paket isi freon AC mobil harganya sekitar Rp300 ribu juga7.

  • Biaya Kebutuhan Mobil

Kebutuhan mobil lainnya, seperti ban baru dan aksesoris, bisa mencapai Rp2.000.000 – Rp5.000.000. Untuk aki baru, Anda harus sediakan sekitar Rp800 – 1juta termasuk pemasangan7.

Jika dihitung secara total, persiapkan dana mulai dari Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000 untuk melakukan perawatan mobil bekas dengan baik.

Servis di Bengkel Terpercaya Seperti Rotary Auto

Melakukan servis mobil bekas di bengkel terpercaya sangat penting. Mereka punya teknisi handal dan alat canggih. Dengan demikian, mobil Anda akan diperiksa dan diperbaiki dengan baik. Bengkel terbaik juga memberikan saran perawatan yang tepat. Ini sangat membantu untuk menjaga mobil tetap dalam kondisi baik.

Rotary Auto adalah pilihan bagus untuk perawatan mobil bekas. Mereka menawarkan harga yang ramah di kantong. Juga, menggunakan suku cadang terbaik untuk keandalan mobil. Kunjungi website Rotaryauto.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lengkap atau anda bisa langsung menghubungi customer service kami untuk melakukan reservasi dengan cara klik disini.

Link Sumber

    1. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/cara-merawat-mobil-untuk-pemula-tips
    2. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/cara-memanaskan-mobil-matic
    3. https://www.autofun.co.id/berita/5-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-memanaskan-mesin-mobil-biar-gak-buangbuang-bensin-27903
    4. https://garasi.id/artikel/tips-perawatan-eksterior-interior-mobil/5ccae071e2ca56026c05838c
    5. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/perawatan-interior-mobil-tips
    6. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/komponen-mobil-yang-sering-diganti-tips
    7. https://www.seva.id/blog/usai-beli-mobil-bekas-bukan-cuma-ganti-oli-ini-biaya-dan-perawatannya-012023-tr/
    8. https://otomotif.kompas.com/read/2019/10/18/133100915/kisaran-biaya-perbaikan-awal-usai-beli-mobil-bekas

 

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...