Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

13 Tips Beli Mobil Bekas yang Harus Diperhatikan

Apakah Anda kepikiran mau beli mobil bekas tapi ragu dengan risikonya? Apakah anda sudah tahu tips beli mobil bekas yang harus diperhatikan? Membeli mobil bekas bukanlah hal yang sembarangan. Anda harus berhati-hati dan melalui proses yang benar, karna jika anda asal beli mobil bekas tanpa mengetahui tips beli mobil bekas tersebut, Anda bisa salah dan lalu menyesal.

Keunggulan membeli mobil bekas yaitu anda bisa langsung mengendarai mobil tersebut. Selain itu, harganya lebih terjangkau dibanding mobil baru. Namun, beli mobil bekas tanpa pertimbangan bisa membuat Anda rugi. Oleh karena itu, beberapa tips beli mobil bekas penting harus diperhatikan sebelum memutuskan beli mobil bekas.

Pertanyaan Seputar Tips Beli Mobil Bekas

Selain harga mobil, perhatikan biaya balik nama, biaya administrasi, pajak, dan asuransi. Hitung semua biaya ini agar tidak ada kejutan setelah pembelian.
Sangat penting. Pastikan semua dokumen seperti STNK, BPKB, dan faktur pembelian asli dan sesuai dengan identitas mobil. Periksa juga apakah pajak kendaraan masih berlaku.
Saat melakukan test drive, perhatikan respons mesin, transmisi, sistem pengereman, dan kenyamanan berkendara. Dengarkan juga suara-suara aneh yang mungkin muncul.
Periksa kebocoran oli, kondisi kabel-kabel, serta suara mesin saat dinyalakan. Pastikan juga untuk memeriksa riwayat servis mobil tersebut. Bawa ke mekanik terpercaya jika perlu pemeriksaan lebih detail.

Jangan Sampai Keliru! Ini Tips Beli Mobil Bekas

tips beli mobil bekas 1

Proses tips beli mobil bekas membutuhkan ketelitian dan perhatian agar Anda tidak mengalami kerugian di kemudian hari. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa tips penting sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas.

  1. Tentukan Budget dan Pertimbangkan Opsi Pembiayaan

Tips beli mobil bekas yang pertama adalah mulai dengan menentukan berapa uang yang akan Anda keluarkan untuk beli mobil bekas tersebut. Ini membantu Anda merencanakan cara membayarnya. Harga mobil bekas lebih terjangkau dibanding mobil baru karena nilai harganya menurun setelah digunakan.

Anda bisa menemukan banyak pilihan untuk beli mobil bekas dari berbagai merek mobil dan kondisi. Proses beli mobil bekas lebih mudah dibanding baru. Anda tidak perlu mengurus berkas yang ribet.

  1. Tetapkan Kisaran Harga yang Terjangkau

Tips beli mobil bekas yang kedua adalah jika anda memilih kredit, sebaiknya cek bunga kredit untuk beli mobil bekas. Biasanya, mobil bekas memiliki bunga lebih tinggi dari mobil baru. Untuk mengurangi cicilan bulanan, pilih uang muka besar atau cicilan panjang. Fakta bahwa harga jual mobil bekas turun seiring waktu, penting untuk Anda pertimbangkan.

  1. Waspadai Over Kredit Mobil Bekas

Hati-hati saat ingin melakukan over kredit pada mobil bekas. Hal ini memerlukan perhatian dan harus direncanakan matang. Mobil bekas sering tanpa garansi resmi, hanya garansi dari pemilik sebelumnya.

Anda mungkin terkena biaya besar jika mobil bekas butuh banyak perbaikan. Jadi, pastikan over kredit lewat lembaga keuangan sah.

Baca Juga : Daftar Bengkel Service Mobil Terpercaya di Indonesia 2024

  1. Lakukan Survei Tempat Jual Beli Mobil Bekas

Tips beli mobil bekas selanjutnya adalah melakukan survei tempat jual beli mobil bekas, baik secara offline maupun online. Mencari mobil offline akan memudahkan Anda temukan yang bagus. Sementara itu, risiko penipuan lebih tinggi kalau cuma cari online. Jadi, penting cek baik online dan offline untuk pastikan kondisi mobil.

  1. Periksa Dealer Offline dan Online

Tips beli mobil bekas selanjutnya adalah survei tempat jual beli mobil bekas offline atau online itu perlu. Ketika offline, Anda bisa lihat langsung mobilnya dan mengecek kondisi mobil dari dealer tersebut. Sementara online, Anda bisa menggali informasi tentang ketersediaan mobil lebih mudah diraih.

  1. Verifikasi Ketersediaan dan Kondisi Mobil

Jangan lupa, periksa lagi ketersediaan dan kondisi mobil yang mau Anda beli. Jangan cuma percaya informasi online dari iklan atau website. Pastikan lihat sendiri mobilnya di dealer, ini cara terbaik supaya selaras dengan yang diiklankan.

  1. Periksa Kelengkapan Dokumen Mobil

Tips beli mobil bekas selanjutnya yaitu sebelum membeli mobil bekas, pastikan dokumen mobilnya lengkap.1 Ini bisa mencegah masalah di masa depan. Anda harus memeriksa pajak dan BPKB mobil. Pastikan semua datanya cocok dengan mobil yang ingin Anda beli.

  1. Cek Fisik Mobil dan Garansi Resmi

Tips beli mobil bekas selanjutnya, periksa fisik mobil dengan cermat.1 Lihat usia mobil dan jarak tempuhnya. Jarak tempuh besar bisa berarti mobil sudah lama dipakai. Tanyakan juga tentang garansi resmi. Jika masih ada garansi servis, itu adalah keuntungan. Anda bisa minta buku servis untuk melihat perawatannya.

  1. Inspeksi Interior dan Eksterior Mobil

Lakukan inspeksi interior dan eksterior mobil.1 Cek sistem kelistrikan, sistem kemudi, dan sistem transmisi mobil. Periksa juga adanya modifikasi yang berlebihan. Pastikan mesin, aki, suspensi mobil, ban, dan rem mobil dalam kondisi bagus.

  1. Pertimbangkan Riwayat Perawatan dan Servis Mobil

Sebelum Anda membeli mobil bekas, selalu minta catatan servis. Ini penting karena Anda jadi tahu apakah mobil itu pernah dirawat secara teratur. Dengan catatan servis ini, bisa ditebak risiko dan biaya servis yang nantinya mungkin akan Anda keluarkan.

Baca Juga : Kenali Fungsi Tune Up Mobil untuk Performa Optimal

  1. Minta Catatan Servis Mobil

Tips beli mobil bekas selanjutnya periksa bagian riwayat servis mobil agar yakin mobil itu dijaga dengan baik sebelum Anda beli. Info dari catatan servis juga membantu memprediksi biaya servis ke depan. Selain itu, lebih meminimalkan masalah yang mungkin timbul dari mobil bekas tersebut.

  1. Perhatikan Kilometer Tempuh dan Usia Mobil

Catatan servis tidak cukup, Anda juga harus lihat jumlah kilometer dan umur mobil. Jumlah kilometer yang terlalu banyak mungkin tandanya mobil sudah lelah dan perlu perawatan lebih sering. Umur mobil juga penting karena akan berpengaruh pada biaya servis dan perawatan di kemudian hari.

  1. Lakukan Test Drive dan Hindari Harga Murah

Sebelum membeli mobil bekas, test drive sangat penting. Test drive membantu memastikan mobil yang dipilih aman dan layak. Cek mesin, kemudi, dan fitur lainnya saat berkendara. Perlu diingat, hindari mobil bekas dengan harga terlalu murah. Harga murah bisa jadi tanda mobil tua atau berbahaya. Pilih mobil dengan harga yang sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Saat anda melakukan test drive, perhatikan detail teknis mobil. Lihat kinerja mesin dan sistem kemudi. Pastikan rem dan komponen lain berfungsi dengan baik. Jika harga mobil sangat rendah, perlu waspada. Kemungkinannya, mobil bekas banjir atau sudah bolak balik bengkel.

Membeli mobil bekas bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda yang menginginkan kendaraan dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan mengikuti tips-tips beli mobil bekas yang telah disebutkan, Anda dapat meminimalisir risiko dan mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Ingatlah untuk selalu menetapkan anggaran yang sesuai, mempertimbangkan opsi pembiayaan, melakukan survei tempat jual beli, serta memeriksa kelengkapan dokumen dan kondisi fisik mobil. Jangan lupa untuk selalu melakukan test drive dan menghindari harga yang terlalu murah. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda bisa menemukan mobil bekas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, serta menikmati pengalaman berkendara yang nyaman dan aman.

Untuk menjaga mobil bekas Anda tetap dalam kondisi prima, sangat penting untuk melakukan perawatan rutin. Kami merekomendasikan Anda untuk melakukan service mobil secara rutin di bengkel mobil Rotary Auto. Di Rotary Auto, kami menyediakan layanan perawatan dan perbaikan mobil dengan standar tinggi, sehingga Anda dapat berkendara dengan tenang dan nyaman.

Kunjungi website Rotaryauto.co.id untuk reservasi di bengkel kami atau dengan menghubungi customer service kami, klik disini dan rasakan perbedaan layanan profesional yang kami tawarkan. Jangan tunda lagi, rawat mobil Anda di Rotary Auto sekarang juga!

Link Sumber

  1. https://www.carmudi.co.id/journal/8-trik-membelimobil-bekas-yang-belum-banyak-diketahui/

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...