Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Pemilik Mobil Wajib Tahu! Arti Lampu Indikator pada Mobil, Bisa Langsung Waspada!

Mengapa pemilik mobil wajib tahu arti lampu indikator pada mobil? Karena hal itu berkaitan dengan keselamatan. Untuk informasi lebih jelasanya, baca terus ulasan ini hingga selesai, agar tidak kebingungan.

Seperti yang kita tahu, mobil merupakan suatu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat. Mobil memiliki berbagai komponen dan sistem yang bekerja secara terintegrasi untuk menghasilkan kinerja yang optimal.

Arti lampu indikator pada mobil sangat penting untuk dipahami oleh pengemudi, karena dengan begitu mereka bisa mengantisipasi atau menangani masalah yang terjadi pada mobil.

Jika lampu indikator menyala, pengemudi harus segera mengecek sistem atau komponen yang bermasalah dan melakukan perbaikan atau perawatan yang sesuai. Jika dibiarkan terus menerus, masalah yang terjadi pada mobil bisa semakin parah dan berbahaya.

Pertanyaan Seputar Lampu Indikator Pada Mobil

Salah satu alasan mengapa lampu indikator mesin terus menyala adalah mungkin karena tutup bensin kendaraan yang kendur atau rusak. Kondisi kendur atau rusaknya tutup bensin dapat mengakibatkan kebocoran vakum, yang pada gilirannya akan membuat lampu indikator mesin menyala secara terus-menerus.
Lampu indikator berperan sebagai alat visual untuk memberikan informasi tentang status atau keadaan tertentu. Fungsinya adalah memberikan pemberitahuan kepada pengguna atau operator agar mereka dapat segera merespons informasi yang disampaikan tentang apa yang sedang terjadi.
Ketika lampu indikator mesin menyala, itu menunjukkan adanya masalah pada kendaraan Anda. Penting untuk tidak meneruskan perjalanan dengan lampu mesin menyala, karena hal tersebut dapat membahayakan Anda.
Lampu pilot, atau dikenal juga sebagai lampu indikator, berfungsi untuk memberikan informasi tentang jalannya proses koneksi yang terjadi. Lampu pilot digunakan sebagai indikator dalam rangkaian sebuah alat atau mesin.

Arti Lampu Indikator pada Mobil

arti lampu indikator pada mobil 1

Ada beberapa arti lampu indikator pada mobil yang perlu Anda ketahui, seperti:

  1. Arti Lampu Indikator Rem Parkir Menyala

Arti lampu indikator pada mobil pertama adalah Jika lampu indikator rem parkir menyala terus menerus, akibatnya adalah komponen rem atau kaki-kaki mobil bisa mengalami kerusakan. Rem tangan atau rem parkir yang masih aktif akan membuat roda mobil terhambat saat bergerak, sehingga akan menimbulkan gesekan dan panas yang berlebihan.

Hal ini bisa merusak kampas rem, tromol rem, atau ban mobil. Selain itu, rem tangan atau rem parkir yang masih aktif juga bisa membuat mesin mobil bekerja lebih berat, sehingga akan mengurangi performa dan efisiensi bahan bakar mobil.

  1. Arti Lampu Indikator Pengisian Aki Menyala

Arti lampu indikator pada mobil yang kedua adalah jika lampu indikator pengisian aki menyala terus menerus, akibatnya adalah aki mobil bisa habis atau rusak. Aki mobil yang habis atau rusak akan membuat daya listrik pada mobil menurun, sehingga akan mengganggu kinerja mesin, lampu, dan sistem elektronik lainnya pada mobil.

Dan hal ini bisa menyebabkan mobil susah dihidupkan, mogok, atau mati total. Selain itu, aki mobil yang habis atau rusak juga bisa mempengaruhi sistem pengapian dan pengisian mobil, sehingga akan mengurangi performa dan efisiensi mesin mobil.

  1. Arti Lampu Indikator Temperatur Mesin Menyala

Arti lampu indikator pada mobil ke tiga adalah jika lampu indikator temperatur mesin menyala terus menerus, akibatnya adalah mesin mobil bisa mengalami overheat atau panas berlebihan. Mesin mobil yang overheat akan membuat komponen-komponen mesin menjadi aus, rusak, atau bahkan meleleh.

Hal ini bisa menyebabkan mobil mogok, berasap, atau bahkan terbakar. Selain itu, mesin mobil yang overheat juga bisa mempengaruhi sistem pendingin dan pelumasan mesin, sehingga akan mengurangi performa dan efisiensi mesin mobil.

  1. Arti Lampu Indikator Check Engine Menyala

Jika lampu indikator check engine menyala terus menerus, akibatnya adalah sistem mesin atau ECU mobil bisa mengalami kerusakan. Sistem mesin atau ECU mobil yang rusak akan membuat mesin mobil tidak bekerja dengan baik, sehingga akan mengurangi performa dan efisiensi mesin mobil.

Dan hal ini bisa menyebabkan mobil bergetar, brebet, atau bahkan mati mendadak. Selain itu, sistem mesin atau ECU mobil yang rusak juga bisa mempengaruhi sistem bahan bakar dan emisi mobil, sehingga akan meningkatkan konsumsi bahan bakar dan polusi udara.

  1. Arti Lampu Indikator Sabuk Pengaman Menyala

Arti lampu indikator pada mobil yang berbentuk sabuk pengaman dimobil anda merupakan tanda indikator pada sabuk pengaman yang terletak dibagian driver atau samping driver. Jika lampu indikator sabuk menyala terus menerus, akibatnya adalah pengemudi atau penumpang depan harus mengenakan sabuk pengaman tujuannya adalah untuk keselamatan selama berkendara.

  1. Arti Lampu Indikator Rem

Lampu indikator rem berbentuk lingkaran dengan huruf P di tengahnya atau lingkaran dengan tanda seru (!) di dalamnya. Lampu indikator ini menyala ketika rem tangan atau rem parkir masih aktif.

Rem tangan atau rem parkir berfungsi untuk mengunci roda mobil agar tidak bergerak saat diparkir atau berhenti di tanjakan. Jika lampu indikator ini menyala, pengemudi harus segera melepaskan rem tangan atau rem parkir sebelum melanjutkan perjalanan, agar tidak merusak komponen rem atau kaki-kaki mobil.

Lampu indikator rem juga bisa menyala ketika ada masalah pada sistem rem mobil, seperti kebocoran cairan rem, ausnya kampas rem, atau kerusakan pada sensor ABS (Anti-lock Braking System). Sistem rem mobil berfungsi untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan mobil saat diperlukan.

Jika lampu indikator ini menyala, pengemudi harus segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan dan perbaikan. Jika tidak, rem mobil bisa tidak berfungsi dengan baik atau bahkan gagal, sehingga akan membahayakan keselamatan berkendara.

  1. Lampu Indikator Baterai

Lampu indikator baterai berbentuk gambar baterai berwarna kuning. Lampu indikator ini menyala ketika baterai mobil mengalami masalah, seperti kekurangan cairan, ngedrop, atau rusak. Baterai mobil berfungsi sebagai sumber daya listrik untuk menghidupkan mesin, menyalakan lampu, dan mengoperasikan sistem elektronik lainnya pada mobil.

Jika lampu indikator ini menyala, pengemudi harus segera mengisi ulang air baterai untuk baterai basah atau mengganti baterai untuk baterai kering. Jika tidak, mobil bisa susah dihidupkan atau mogok di tengah jalan. Lampu indikator baterai juga bisa menyala ketika ada masalah pada sistem pengisian atau pengapian mobil, seperti kabel yang kendor, alternator yang rusak, atau busi yang aus.

Sistem pengisian atau pengapian mobil berfungsi untuk menghasilkan dan mendistribusikan arus listrik ke baterai dan mesin mobil. Jika lampu indikator ini menyala, pengemudi harus segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan dan perbaikan. Jika tidak, baterai mobil bisa habis atau rusak, sehingga akan mengurangi performa dan efisiensi mesin mobil.

Baca Juga : Cara Memilih Bengkel Mobil Terdekat  di Kota Anda

Cara Merawat Lampu Indikator pada Mobil

lampu indikator pada mobil 2

Selain mengetahui arti lampu indikator pada mobil, pengemudi juga harus mengetahui cara merawat lampu indikator pada mobil agar tetap berfungsi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan:

  • Membersihkan panel instrumen dasbor mobil secara rutin dengan kain lembut dan cairan pembersih khusus. Hal ini berguna untuk mencegah debu, kotoran, atau lembab yang bisa mengganggu kinerja lampu indikator.
  • Memeriksa kabel-kabel kelistrikan yang terhubung dengan lampu indikator secara berkala. Pastikan kabel-kabel tersebut tidak kendor, putus, atau terbakar. Jika ada yang bermasalah, segera ganti dengan yang baru atau perbaiki dengan bantuan teknisi.
  • Mengganti lampu indikator yang mati atau redup dengan yang baru. Jika lampu indikator tidak menyala, pengemudi tidak akan mendapatkan informasi tentang kondisi mobil. Jika lampu indikator redup, pengemudi tidak akan melihatnya dengan jelas, terutama saat berkendara di malam hari atau cuaca buruk.
  • Melakukan servis mobil secara teratur ke bengkel terpercaya, seperti Rotary Auto. Dengan melakukan servis mobil, pengemudi bisa mendapatkan pemeriksaan dan perawatan menyeluruh untuk sistem dan komponen mobil, termasuk lampu indikator. Selain itu, pengemudi juga bisa mendapatkan saran dan rekomendasi dari teknisi yang berpengalaman dan profesional.

Demikianlah penjelasan tentang arti lampu indikator pada mobil dan cara merawatnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah seputar lampu indikator mobil, Anda bisa menghubungi Rotary Auto, bengkel spesialis kaki-kaki mobil & AC mobil di Indonesia.

Rotary Auto menyediakan layanan perbaikan dan perawatan mobil dengan teknologi canggih, teknisi handal, dan harga bersaing. Anda bisa melakukan reservasi online melalui website Rotaryauto atau menghubungi nomor 0878-3344-5550 atau whatsapp klik disini. Rotary Auto juga memberikan promo menarik untuk setiap pelanggan. Jangan lewatkan kesempatan ini dan segera kunjungi Rotary Auto!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...