Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Gejala Awal Mesin Mobil Overheat Dan Cara Mengatasi

Mesin mobil overheat merupakan kondisi kritis yang sering dialami pengendara mobil. Ini terjadi ketika suhu mesin naik di atas batas normalnya, yang dapat mengakibatkan kerusakan serius jika tidak segera diatasi. Mesin mobil bekerja optimal pada suhu tertentu, dibantu oleh sistem pendingin yang efisien untuk menjaga suhu tetap stabil. Namun, berbagai faktor seperti kebocoran pada sistem pendingin, kurangnya cairan radiator, atau kerusakan komponen-komponen kunci seperti thermostat atau radiator dapat menyebabkan mobil mengalami overheat.

Banyak pengemudi mungkin mengenali gejala umum seperti indikator mesin menyala merah di dashboard, kehilangan tenaga pada mesin, atau bahkan matinya sistem pendinginan seperti AC mobil. Namun, tidak semua paham mengenai penyebab pasti terjadinya overheat dan langkah-langkah yang harus segera dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara mendalam mengenai apa yang menyebabkan mesin mobil overheat, gejalanya, serta langkah-langkah yang bisa diambil untuk mengatasi dan mencegah terjadinya overheat pada mesin mobil. Mengetahui ini semua penting bagi setiap pengemudi agar dapat mengambil tindakan yang tepat saat dihadapkan dengan kondisi mesin mobil overheat pada perjalanan mereka.

Pertanyaan Seputar Mesin Mobil Overheat

Tidak disarankan, karena air biasa tidak memiliki sifat pendingin dan pelindung seperti coolant.
Tunggu minimal 30 menit atau lebih sampai mesin benar-benar dingin sebelum mencoba menghidupkannya kembali.
Ya, meskipun beberapa model mobil lebih cenderung stabil dalam mengatur suhu mesin.
Gunakan dongkrak untuk membuka tutup radiator dengan hati-hati saat mesin dingin untuk memeriksa level coolant.

Apa itu Mesin Mobil Overheat?

mesin mobil overheat 1

Mesin mobil overheat terjadi ketika mesin mobil sangat panas atau suhu mesin naik sangat tinggi sehingga melebihi batas normal.2 Mesin mobil bekerja baik pada suhu ideal dengan bantuan komponen lainnya yang bisa mendinginkan mesin mobil. Namun, jika terlalu panas, bisa merusak mesin. Banyak pengemudi tahu ciri-ciri mesin mobil overheat tapi tidak semuanya paham kenapa mesin mobil bisa sampai overheat dan bagaimana mengatasinya.

Gejala Mesin Mobil Overheat

Anda bisa tahu mobil mengalami mesin mobil overheat melalui tanda-tanda tertentu. Seperti indikator suhu merah di dashboard mobil. Ini menandakan suhu mesin terlalu tinggi. Kemudian ada mesin yang jadi kurang bertenaga dan AC mobil yang mati. Baik itu karena suhu mesin mobil yang panas atau ada kerusakan lain yang terjadi pada mesin mobil atau ac mobil.

  1. Indikator Suhu Merah

Ketika indikator suhu di dashboard menyala merah, itu tanda mesin mobil overheat. Penyebabnya mesin mobil overheat bisa macam-macam. Mulai dari kekurangan cairan radiator coolant24, kerusakan radiator234, hingga thermostat rusak23.

  1. Mesin Mobil Kehilangan Tenaga

Salah satu tanda lain mesin mobil overheat adalah mesin yang lemah. Ini karena mesin dipaksa bekerja dengan suhu panas yang tinggi atau melawan suhu tinggi.4

  1. AC Mobil Tidak Dingin

Bila anda merasakan AC mobil tidak dingin pada kendaraan anda, anda perlu mengecek indikator suhu mesin mobil anda apakah ada kemungkinan mesin lagi overheat. Ada beberapa penyebab ac mobil tidak dingin namun salah satunya adalah mesin mobil yang sedang overheat.

  1. Mobil Mogok

Mesin mobil overheat bisa bikin mobil anda mogok atau tidak menyala. Ini karena sistem pendingin gagal mendinginkan suhu mesin mobil yang panas.4

Pengetahuan tentang gejala mesin mobil overheat sangat penting. Bila anda mengalami situasi seperti ini anda tidak perlu panik, hal yang bisa anda lakukan untuk cara mengatasi mobil overheat yang pertama adalah segera melipirkan kendaraan anda dan matikan mesin mobil. Untuk membantu mesin mobil yang sedang overheat agar cepat dingin anda bisa membuka kap mesin mobil anda. Ini merupakan tindakan pertama yang harus anda lakukan ketika mengalami masalah mesin mobil overheat selama perjalanan.

Baca Juga : Mesin Mobil Tiba Tiba Mati? Ini Penyebab, Akibat, dan Pencegahannya

Penyebab Mesin Mobil Overheat

Ada beberapa faktor utama yang bisa jadi penyebab mesin mobil overheat ketika sedang melakukan perjalanan, yaitu:

  1. Cairan Radiator Coolant Habis

Penyebab utama mesin mobil overheat adalah cairan radiator coolant yang habis. Cairan radiator coolant ini berfungsi menyerap panas dari mesin.5 Jika habis, mesin tidak dapat mendinginkan diri dengan baik. Jadi, mesin bisa cepat panas.

  1. Radiator Rusak

Kerusakan pada radiator bisa jadi penyebab mobil overheat.5 Kondisi radiator kotor atau bocor karena karat dan sedimen merupakan faktor utamanya. Kunjungi spesialis radiator mobil untuk mengecek kondisi radiator mobil anda segera.

  1. Thermostat Rusak

Thermostat rusak bisa menyebabkan masalah mesin mobil overheat.6 Kondisi ini membuat saluran coolant terhalang, sehingga mesin sulit dingin.

  1. Kipas Pendingin Rusak

6 Kipas radiator rusak juga sering jadi alasan mesin mobil overheating. Kipas ac mobil  membantu mengeluarkan udara panas yang terjebak didalam kap mesin. Jika kipas ac mobil rusak, maka udara dingin terjebak didalam tidak ada yang membantunya untuk keluar.

  1. Salah Pilih Oli Mesin Mobil

6 Oli palsu atau berkualitas buruk dapat meningkatkan suhu mesin.5 Oli rendahan kualitasnya tak tahan lama dan mudah menguap. Pilih oli mesin mobil terbaik jangan membiarkan ini bisa menjadi penyebab mesin mobil anda overheat. Selain ini penggunaan bahan bakar yang tdk sesuai, seperti oktan rendah, bisa jadi penyebab knocking yang mengakibatkan overheat.

Baca Juga : Hati-Hati! Ini Penyebab Bensin Mobil Boros!

Cara Mengatasi Mesin Mobil Overheat

Apa yang harus dilakukan ketika mesin mobil overheat? Ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti. Ini cara mengatasinya:

  1. Berhentikan Mobil dan Matikan Mesin

Saat mobil menunjukkan tanda overheat, segera matikan mesinnya.1 Biasanya, pada layar Multi-Information Display (MID) akan muncul tanda suhu tinggi.1 Matikan mesin supaya suhu mobil cepat turun dan atasi masalah overheat.

  1. Buka Kap Mesin

Buka kap mesin untuk membiarkan panas keluar dari ruang mesin.7 Membuka kap mesin mobil setelah anda mematikan mesin mobil untuk membantu udara panas yang terjebak pada mesin mobil.7

  1. Periksa Cadangan Air Radiator

1 Persediaan air di radiator sering jadi penyebab overheat.17 Saat mesin sudah dingin, pastikan air di radiator cukup.7 Cek juga tangki cadangan untuk lihat air cadangan radiator mobil.

  1. Cari Kebocoran

1 Kebocoran pada radiator bisa bikin mobil overheat.17 Periksa apakah ada bocor di radiator atau kepala silinder.7 Ini langkah penting untuk hindari mobil overheating.

  1. Panggil Bantuan Jika Perlu

8 Biaya perbaikan untuk masalah overheat yang serius bisa mahal. Ini termasuk ganti komponen mesin, sistem pendingin, atau mesin keseluruhan.8 Jika Anda tidak bisa atasi overheat sendiri, panggil bantuan ahli. Ini agar kerusakan lebih berat bisa dihindari.

Pencegahan Mesin Mobil Overheat

Cara terbaik untuk mengatasi mobil overheat adalah dengan servis rutin di bengkel resmi atau bengkel berpengalaman. Ini penting untuk memeriksa kondisi radiator, thermostat, dan komponen penting lainnya. Sehingga, jika ada kerusakan, bisa diperbaiki segera.

Jika anda mengalami gejala-gejala mesin mobil overheat diatas, segera mengunjungi bengkel terdekat Rotary Auto untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada kendaraan anda. Perawatan rutin pada mobil adalah langkah penting yang perlu dilakukan untuk setiap kendaraan. Jangan sampai anda terlewat masa perawatan dan perbaikan pada kendaraan anda.

Reservasikan kendaraan (klik disini) anda di bengkel terdekat Rotary Auto untuk melakukan perawatan rutin pada mobil anda. Tidak hanya mesin mobil tapi di Rotary Auto anda bisa mendapatkan pelayanan perawatan dan perbaikan pada AC mobil dan kaki kaki mobil. Tunggu apa lagi, kunjungi website resmi kami RotaryAuto untuk informasi menarik lainnya.

Link Sumber

  1. https://www.mpm-rent.com/id/news-detail/cara-mengatasi-mesin-mobil-overheat
  2. https://otoklix.com/blog/mobil-overheat/
  3. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/apa-yang-terjadi-jika-mobil-overheat
  4. https://tugu.com/artikel/inilah-4-langkah-mengatasi-mobil-overheat-dan-pahami-tanda-tandanya
  5. https://www.mgmotor.id/news/7-penyebab-mobil-overheating-dan-cara-mengatasinya
  6. https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/6-penyebab-mesin-mobil-overheat-dan-cara-mengatasinya/
  7. https://www.cnnindonesia.com/otomotif/20230511125404-584-948215/7-cara-mengatasi-mobil-overheat-atau-mesin-panas-berlebih
  8. https://www.hondajember.com/berita/detil/511

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...