Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Apa Aja Sih Penyebab AC Mobil Tidak Dingin? Temukan Jawabannya Disini!

AC mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan dan kesegaran bagi pengemudi dan penumpang. Namun sayangnya, sistem AC mobil ini sendiri merupakan bagian yang sangat rentan untuk mengalami masalah. Entah itu karena adanya komponen yang rusak, usia AC yang telah mencapai batasnya hingga pada kebiasaan buruk saat menggunakan AC mobil itu sendiri.

Salah satu masalah pada AC mobil yang sering ditemui adalah masalah AC mobil tidak dingin. Penyebabnya sendiri berbagai macam, bahkan tidak jarang penyebab AC mobil tidak dingin ini tidak bisa langsung terdeteksi. Hal ini tentu sangat menyebalkan karena sangat mengganggu kenyamanan dalam berkendara.

Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan yang cerdas, Anda perlu untuk memahami berbagai penyebab dari AC mobil tidak dingin. Faktor-faktor apa saja yang dapat menjadi penyebab AC mobil tidak dingin? Itulah yang menjadi pembahasan utama dalam artikel kali ini. Simak terus sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar AC Mobil Tidak Dingin

Jika AC mobil Anda tidak dingin, pertama-tama periksa level refrigeran. Jika rendah, tambahkan refrigeran sesuai petunjuk pabrik. Jika masih tidak dingin, sebaiknya periksakan ke bengkel untuk evaluasi lebih lanjut.
Ya, rendahnya level freon adalah salah satu penyebab umum AC mobil tidak dingin. Ini bisa disebabkan oleh kebocoran atau penggunaan yang tidak efisien.
Biasanya, bengkel menggunakan pewarna khusus dalam sistem pendingin yang dapat membantu mendeteksi kebocoran. Selain itu, dapat dilakukan tekanan tes untuk menentukan lokasi kebocoran.
Untuk mencegah AC mobil dari tidak dingin, lakukan pemeliharaan rutin seperti penggantian filter kabin, periksa level refrigeran secara teratur, dan lakukan pemeriksaan berkala pada sistem pendingin.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

penyebab ac mobil tidak dingin

Sistem AC mobil terdiri dari berbagai komponen yang saling terhubung antar satu sama lainnya, sehingga tidaklah mengherankan bila terdapat beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab AC mobil tidak dingin yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kekurangan Freon

Penyebab AC mobil tidak dingin yang pertama adalah kekurangan freon. Freon adalah zat cair yang berfungsi sebagai pendingin dalam sistem AC mobil. Simplenya, freon AC mobil ini merupakan komponen utama yang dibutuhkan sistem AC mobil untuk nantinya diolah menjadi udara dingin.

Pada dasarnya, freon ini tidak akan pernah bisa berkurang habis kecuali ada kebocoran yang diakibatkan kerusakan pada komponen AC mobil. Tanpa adanya freon yang berfungsi optimal, maka tentu AC tidak bisa menghasilkan udara dingin.

2. Tekanan Freon AC Mobil Yang Salah

Selain itu, tekanan freon yang tidak sesuai juga dapat menjadi penyebab AC mobil yang tidak dingin. Freon AC mobil bukan hanya tidak boleh bocor, tapi tekanannya juga tidak boleh salah. Jika tekanannya terlalu rendah atau terlalu tinggi, kinerja pendinginan akan terganggu. Pemeriksaan rutin pada tingkat freon dan penyesuaian yang diperlukan dapat membantu menjaga agar tekanan freon tetap optimal untuk operasi AC mobil yang efisien.

3. Kotoran pada Evaporator

Kemudian, penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya adalah kotoran pada evaporator. Evaporator adalah komponen AC mobil yang berfungsi untuk mengubah freon cair menjadi gas dan mendinginkan udara.

Evaporator AC mobil bisa menjadi kotor karena debu, kotoran, atau jamur yang menempel pada permukaannya. Hal ini bisa menghambat aliran udara dan mengurangi efisiensi pendinginan. Penyebab AC mobil tidak dingin akibat kotoran tentu dapat dihindari dengan melakukan pembersihan secara rutin pada AC mobil Anda.

4. Kerusakan pada Kompresor

Lalu, penyebab AC mobil tidak dingin adalah kerusakan pada kompresor. Kompresor AC mobil adalah komponen AC mobil yang berfungsi untuk memompa dan menekan freon agar bisa berubah menjadi gas dan cair.

Kompresor bisa mengalami kerusakan karena aus, korsleting, atau kegagalan listrik. Jika kompresor rusak, maka AC mobil tidak akan bisa menghasilkan udara dingin. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan atau penggantian kompresor jika diperlukan.

5. Masalah pada Kipas

Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya adalah masalah pada kipas. Kipas adalah komponen AC mobil yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin dari evaporator ke dalam kabin. Kipas bisa mengalami masalah karena kotor, macet, atau putus. Jika kipas bermasalah, maka AC mobil tidak akan bisa menyalurkan udara dingin dengan baik.

6. Filter AC Mobil Kotor

Faktor yang menjadi penyebab AC mobil tidak dingin juga dapat berasal dari filter AC mobil yang kotor. Filter yang tidak terawat dengan baik dapat menyebabkan penyumbatan, menghambat aliran udara dan membuat performa pendinginan berkurang. Oleh karena itu, sangat penting untuk secara berkala membersihkan atau mengganti filter AC mobil agar tetap berfungsi dengan optimal.

7. Kerusakan Pada Thermostat AC Mobil

Penyebab AC mobil tidak dingin berikutnya adalah kerusakan pada thermostat AC mobil. Thermostat memainkan peran penting dalam mengatur suhu pendinginan di dalam mobil. Jika terdapat kerusakan pada thermostat, sistem pendinginan tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya dan menjadi penyebab dari bermasalahnya AC mobil, termasuk penyebab AC mobil tidak dingin. Kerusakan ini bisa berupa kegagalan sensor atau kesalahan pengaturan suhu.

8. Terputusnya Fan Belt AC Mobil

Selanjutnya, terputusnya fan belt AC mobil juga dapat menjadi penyebab AC yang tidak dingin. Fan belt menggerakkan kipas yang membantu membuang panas dari kondensor AC. Jika fan belt putus atau longgar, aliran udara yang diperlukan untuk proses pendinginan akan terhambat. Perawatan rutin dan pemeriksaan terhadap keadaan fan belt dapat memastikan bahwa bagian ini berfungsi dengan baik untuk mendukung kinerja AC mobil.

9. Pengisian Oli Kompresor yang Berlebihan

Terakhir, pengisian oli kompresor yang berlebihan juga dapat menjadi faktor yang memengaruhi kinerja AC mobil. Oli kompresor berperan penting dalam melumasi komponen-komponen dalam sistem AC. Namun, jika terlalu banyak oli ditambahkan, dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada kompresor AC mobil. Akibatnya, kompresor AC mobil menjadi lebih cepat panas lalu akhirnya mengganggu sistem pendinginan mobil.

Baca Juga : Sudah Waktunya Service Mobil? Ini Daftar Bengkel Mobil Terbaru 2024

Cara Mencegah AC Mobil Tidak Dingin

penyebab ac mobil tidak dingin

Anda tentu tidak ingin seluruh penyebab AC mobil tidak dingin tersebut timbul dan mengganggu kenyamanan Anda, bukan? Maka dari itu, lakukanlah tindakan pencegahan karena mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Lalu apa aja sih tindakan pencegahan AC mobil tidak dingin yang dapat dilakukan? Dalam hal ini, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Gunakan AC Mobil Secara Bijak

Salah satu cara mencegah AC mobil tidak dingin adalah menggunakan AC mobil secara bijak. Artinya, Anda harus mengatur suhu dan kecepatan AC mobil sesuai dengan kebutuhan dan kondisi cuaca.

Jangan terlalu sering menyalakan dan mematikan AC mobil, karena hal ini bisa membuat kompresor AC bekerja lebih keras dan aus. Juga, jangan terlalu sering membuka dan menutup jendela mobil, karena hal ini bisa membuat udara panas masuk dan mengganggu pendinginan AC mobil.

2. Bersihkan Filter AC Mobil

Cara lain mencegah AC mobil tidak dingin adalah membersihkan filter AC mobil. Filter AC mobil adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam sistem AC mobil. Filter AC mobil bisa menjadi kotor karena debu, kotoran, atau serangga yang terjebak di dalamnya.

Hal ini bisa menghambat aliran udara dan mengurangi kualitas udara yang keluar dari AC mobil. Oleh karena itu, perlu dilakukan pembersihan filter AC mobil secara rutin, setidaknya setiap 3 bulan sekali.

4. Periksa Tekanan Freon

Cara selanjutnya mencegah AC mobil tidak dingin adalah memeriksa tekanan freon. Tekanan freon adalah ukuran yang menunjukkan jumlah freon yang ada dalam sistem AC mobil. Tekanan freon yang terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa menyebabkan AC mobil tidak dingin.

Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan tekanan freon secara berkala, setidaknya setiap 6 bulan sekali. Jika tekanan freon tidak sesuai dengan standar, maka perlu dilakukan pengisian atau pengurangan freon sesuai dengan kebutuhan.

5. Lakukan Service AC Mobil

Cara terakhir sekaligus cara paling ampuh dalam mencegah AC mobil tidak dingin adalah dengan melakukan service AC mobil. Service AC mobil bisa meliputi pembersihan, penggantian, penyetelan, atau pengecekan komponen AC mobil seperti evaporator, kompresor, kipas, filter, selang, katup, atau relay. Service AC mobil perlu dilakukan secara rutin, setidaknya setiap 12 bulan sekali, atau sesuai dengan kondisi pada AC mobil Anda.

Lakukan Service AC Mobil Secara Rutin Hanya Di Rotary Auto!

Seperti yang baru saja dibahas, service AC mobil secara rutin menjadi langkah pencegahan timbulnya penyebab AC mobil tidak dingin yang paling ampuh. Namun, pastikan Anda melakukan service AC mobil hanya di bengkel yang terpercaya ya! Pertanyaannya adalah dimana bengkel mobil yang dapat dipercaya?

Salah satu bengkel mobil yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto! Mengapa harus Rotary Auto? Rotary Auto adalah bengkel  mobil yang sudah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun. Dengan tingginya jam terbang yang dimiliki, membuat Rotary Auto dapat melayani berbagai jenis service AC mobil, mulai dari pembersihan, pengisian, penggantian, hingga perbaikan komponen AC mobil. Rotary Auto juga melayani berbagai jenis mobil dari merek mobil, baik itu mobil Asia maupun Eropa mulai dari   Toyota, Honda, Suzuki, Daihatsu, Mitsubishi, hingga BMW, Mercedes, Audi, dan lain sebagainya.

Sebagai bengkel terpercaya selama lebih dari 20 tahun, Rotary Auto tentunya memiliki mekanik handal, alat yang canggih hingga fasilitas yang lengkap untuk memaksimalkan kenyamanan Anda dalam melakukan service mobil disana. Anda juga tidak perlu khawatir terkait lokasi karena Rotary Auto telah tersebar di berbagai wilayah mulai dari Jakarta, Depok, Tangerang hingga Bekasi.

Lebih kerennya lagi, Rotary Auto juga menyediakan layanan konsultasi GRATIS lho! Sebelum melakukan service, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk menemukan dimana letak masalahnya, separah apa masalahnya, apa solusi yang dapat diambil dan bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya. Ini membuat harga di Rotary Auto jauh lebih jelas dan transparan dibandingkan bengkel mobil lainnya.

Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...