Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Ini Arti Dari Macam Macam Lampu Indikator Mobil Yang Jarang Diketahui!

Peforma mobil yang berjalan dengan maksimal tentu ditopang oleh berbagai macam bagian di dalamnya. AC mobil bertanggung jawab dalam kenyamanan berkendara, mesin mobil bertanggung jawab dalam laju disepanjang jalan lalu kaki kaki mobil bertanggung jawab dalam memastikan keamanan ketika mobil bergerak.

Terbayang bukan bagaimana jika bagian bagian mobil tersebut bermasalah? Tidak hanya sekedar kenyamanan, tapi keamanan Anda dalam berkendara akan terganggu. Pertanyaannya adalah bagaimana cara kita bisa mengetahui kondisi dari berbagai bagian mobil tersebut? Macam macam lampu indikator mobil adalah kuncinya! Macam macam lampu indikator mobil inilah yang akan memberikan informasi terhadap kondisi dari berbagai bagian dalam mobil kesayangan Anda.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara membaca macam macam lampu indikator mobil ini. Akhirnya, mobilnya pun mengalami kerusakan tanpa disadari. Maka dari itu, sebagai pemilik mobil yang cerdas, Anda perlu untuk memahami macam macam lampu indikator mobil ini beserta fungsinya agar Anda dapat melakukan tindakan penanganan secepat mungkin bilamana bagian dalam mobil Anda mengalami kerusakan. Apa aja ya macam macam lampu indikator mobil ini? Yuk kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar Macam Macam Lampu Indikator Mobil

Lampu indikator mobil adalah lampu-lampu yang terdapat di dashboard mobil yang memberikan informasi kepada pengemudi tentang kondisi mobil, seperti peringatan masalah mesin, status pengisian bahan bakar, dan sistem lainnya.
Lampu indikator penting karena membantu pengemudi mengetahui kondisi mobil secara real-time. Mereka dapat memberikan peringatan dini tentang potensi masalah yang memerlukan perhatian segera, sehingga mencegah kerusakan lebih lanjut atau situasi berbahaya.
Tidak semua lampu indikator memerlukan tindakan segera. Beberapa lampu, seperti lampu check engine atau lampu oli, perlu segera diperiksa, sementara lampu lainnya mungkin hanya memerlukan perhatian saat berikutnya Anda melakukan perawatan rutin.
Jika lampu indikator menyala saat Anda sedang berkendara, perhatikan jenis lampunya. Untuk lampu indikator yang kritis, seperti lampu suhu mesin atau lampu oli, segera hentikan mobil di tempat yang aman dan periksa masalahnya. Untuk lampu indikator lainnya, Anda bisa memeriksanya setelah sampai di tujuan atau ke bengkel.

Macam Macam Lampu Indikator Mobil Beserta Fungsinya

Macam Macam Lampu Indikator Mobil

Seperti yang baru saja dijelaskan, terdapat macam macam lampu indikator mobil yang dapat perlu Anda pahami untuk melihat bagaimana kondisi mobil Anda. Berikut ini adalah macam macam lampu indikator mobil yang perlu Anda pahami :

1. Lampu Indikator Baterai

Macam macam lampu indikator mobil yang pertama kita bahas adalah lampu indikator baterai. Lampu indikator mobil ini sangat penting untuk memberikan informasi tentang kondisi baterai kendaraan Anda. Lampu ini akan menyala saat baterai mobil Anda sedang dalam keadaan low atau tidak terisi dengan baik. Penggunaan lampu indikator baterai yang benar dapat membantu Anda menghindari masalah baterai yang tidak terduga saat sedang berkendara.

Apabila lampu indikator baterai menyala saat mesin kendaraan Anda dinyalakan, itu dapat mengindikasikan bahwa baterai kendaraan Anda sedang dalam keadaan lemah dan perlu diisi atau diganti. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena baterai yang lemah dapat menyebabkan masalah saat Anda ingin menyalakan kendaraan pada kondisi mesin yang dingin. Jika lampu indikator ini selalu menyala saat mesin menyala, mungkin ada masalah dengan sistem pengisian baterai kendaraan Anda yang perlu diperiksa dan diperbaiki.

Sedangkan jika lampu indikator baterai menyala saat mesin kendaraan Anda sedang berjalan, itu dapat menunjukkan bahwa sistem pengisian baterai kendaraan Anda tidak berfungsi dengan baik atau ada masalah dengan alternator. Alternator adalah bagian yang bertanggung jawab mengisi ulang baterai selama kendaraan sedang berjalan. Jika lampu indikator baterai sering menyala saat sedang berkendara, sangat disarankan untuk segera memeriksakan kendaraan Anda ke bengkel untuk mengetahui penyebab masalah ini.

Dalam beberapa kasus, lampu indikator baterai juga dapat berkedip. Jika Anda melihat lampu indikator baterai berkedip saat mesin kendaraan menyala, itu bisa menjadi pertanda adanya masalah dengan regulator tegangan. Regulator tegangan adalah komponen yang mengatur seberapa banyak energi yang dikirim ke baterai kendaraan Anda saat mesin berjalan. Jika regulator tegangan tidak berfungsi dengan baik, itu dapat menyebabkan baterai kendaraan Anda terisi tidak cukup atau terlalu banyak.

Tips Mengatasi Masalah Lampu Indikator Baterai

  • Periksa kondisi baterai kendaraan secara berkala, termasuk level air aki jika terdapat
  • Perhatikan tegangan yang diberikan oleh alternator dengan menggunakan multimeter atau voltmeter
  • Jika lampu indikator baterai terus menyala, segera kunjungi bengkel terpercaya untuk diagnosa dan perbaikan lebih lanjut
  • Pastikan semua kabel dan koneksi pada sistem pengisian baterai kendaraan terpasang dengan baik dan tidak rusak

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang lampu indikator baterai pada mobil, Anda dapat dengan cepat mengetahui kondisi baterai kendaraan Anda. Jika lampu indikator baterai menyala atau berkedip secara teratur, itu bisa menjadi sinyal untuk melakukan tindakan yang diperlukan agar Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan aman dan menjaga kesehatan sistem pengisian baterai kendaraan Anda.

2. Lampu Indikator Rem

Macam macam lampu indikator mobil yang kedua adalah lampu indikator rem. Lampu indikator mobil yang satu ini memiliki fungsi penting untuk memberikan tanda ketika rem kendaraan Anda sedang ditekan atau saat ada masalah dengan sistem rem mobil Anda.

Lampu indikator rem pada mobil dirancang untuk memberikan tanda kepada pengemudi bahwa rem kendaraan telah ditekan. Saat Anda menginjak pedal rem, lampu indikator ini akan menyala, memberi tahu pengemudi bahwa rem sedang bekerja.

Selain itu, lampu indikator rem juga dapat menjadi peringatan ketika ada masalah dengan sistem rem mobil Anda. Jika lampu ini tetap menyala atau berkedip saat Anda tidak menginjak pedal rem, hal tersebut bisa menunjukkan adanya kerusakan pada sistem rem, seperti keausan kampas rem atau kebocoran cairan rem.

Pengertian Warna Lampu Indikator Rem

Warna lampu indikator rem pada mobil biasanya merah. Ini bertujuan untuk menarik perhatian pengemudi dan kendaraan di belakang Anda, agar mereka tahu bahwa Anda sedang melakukan pengereman. Warna merah yang terang dan terlihat jelas dapat meningkatkan keamanan lalu lintas.

Adapun beberapa mobil mungkin juga menggunakan lampu indikator rem berwarna kuning sebagai tambahan untuk memberikan informasi tambahan tentang keadaan sistem rem. Namun, warna merah cenderung menjadi standar dalam lampu indikator rem pada kebanyakan mobil.

Tindakan yang Perlu Dilakukan Jika Lampu Indikator Rem Menyala

Jika lampu indikator rem pada mobil menyala, ada beberapa tindakan yang perlu Anda lakukan:

  1. Periksa apakah pedal rem terlepas dengan sempurna saat pedal dilepaskan. Jika tidak, bisa jadi ada masalah dengan kampas rem atau pegas pedal.
  2. Periksa apakah ada kebocoran cairan rem di sekitar roda atau di bawah mobil. Jika ada cairan rem yang bocor, segera periksakan mobil ke bengkel untuk diperbaiki.
  3. Perhatikan apakah ada perubahan pada kualitas pengereman. Jika mobil terasa tidak responsif atau membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang dari biasanya, bisa jadi ada masalah dengan sistem rem.

Jika Anda mengalami masalah atau keraguan terkait lampu indikator rem atau sistem rem mobil Anda, sebaiknya konsultasikan dengan mekanik atau ahli otomotif terkait untuk mendapatkan perbaikan dan pengecekan yang tepat.

3. Lampu Indikator Suhu Mesin

Macam macam lampu indikator mobil yang ketiga adalah lampu indikator suhu mesin. Lampu indikator ini sangat penting untuk memberikan informasi mengenai kondisi suhu mesin kendaraan Anda. Lampu ini akan menyala saat mesin kendaraan Anda mengalami overheat atau terlalu panas. Menggunakan lampu indikator suhu mesin dengan benar dapat membantu Anda menghindari kerusakan serius pada mesin kendaraan.

Apabila lampu indikator suhu mesin menyala saat kendaraan Anda sedang berjalan, itu menandakan bahwa suhu mesin telah mencapai tingkat yang berbahaya. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurangnya cairan pendingin, kerusakan pada termostat, atau masalah pada kipas radiator. Jika lampu ini menyala, segera hentikan kendaraan Anda di tempat yang aman dan matikan mesin. Tunggu beberapa saat hingga mesin mendingin sebelum memeriksa atau menambah cairan pendingin.

Jika lampu indikator suhu mesin terus menyala, sangat disarankan untuk segera membawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk diperiksa. Mengabaikan masalah ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mesin yang memerlukan biaya perbaikan yang sangat mahal.

Baca Juga : Ini Bahaya Mobil Bergetar Saat RPM Rendah! Kenali Cara Mengatasinya Disini!

4. Lampu Indikator Check Engine

Macam macam lampu indikator mobil berikutnya adalah lampu indikator check engine. Lampu indikator check engine pada mobil berfungsi untuk memberikan informasi mengenai kondisi umum mesin dan sistem kontrol emisi. Lampu ini akan menyala jika terdapat masalah yang terdeteksi oleh sistem diagnostik kendaraan.

Apabila lampu indikator check engine menyala, itu bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari tutup bensin yang tidak tertutup rapat, sensor oksigen yang rusak, hingga masalah serius pada mesin atau sistem transmisi. Jika lampu ini menyala terus-menerus, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan menggunakan alat scan diagnostik atau bawa kendaraan Anda ke bengkel untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

Mengabaikan lampu indikator check engine bisa berisiko menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada kendaraan Anda. Oleh karena itu, selalu perhatikan kondisi lampu ini dan segera tindak lanjuti jika lampu menyala.

5. Lampu Indikator Minyak Rem

Macam macam lampu indikator mobil selanjutnya ada lampu indikator minyak rem. Lampu indikator minyak rem pada mobil memiliki fungsi penting untuk memberikan tanda ketika ada masalah dengan sistem minyak rem kendaraan Anda. Lampu ini biasanya menyala jika tingkat minyak rem rendah atau ada kebocoran dalam sistem.

Jika lampu indikator minyak rem menyala, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa level minyak rem pada reservoir. Jika levelnya rendah, tambahkan minyak rem sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan Anda. Namun, jika lampu terus menyala setelah minyak rem ditambahkan, kemungkinan ada kebocoran atau masalah lain pada sistem rem yang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut di bengkel.

Mengabaikan lampu indikator minyak rem bisa sangat berbahaya karena rem adalah komponen vital untuk keselamatan Anda saat berkendara.

6. Lampu Indikator Oli

Macam macam lampu indikator mobil yang terakhir adalah lampu indikator oli mobil. Lampu indikator oli pada mobil berfungsi untuk memberikan informasi mengenai tekanan dan level oli mesin. Lampu ini akan menyala jika tekanan oli rendah atau level oli kurang dari yang diperlukan.

Apabila lampu indikator oli menyala saat kendaraan Anda berjalan, itu menandakan bahwa ada masalah dengan sistem pelumasan mesin. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa level oli menggunakan tongkat ukur (dipstick). Jika level oli rendah, tambahkan oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Namun, jika lampu tetap menyala setelah penambahan oli, kemungkinan ada masalah dengan pompa oli atau kebocoran yang perlu diperiksa lebih lanjut oleh mekanik.

Mengabaikan lampu indikator oli dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin karena oli adalah komponen penting untuk pelumasan dan mencegah gesekan antar komponen mesin.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang macam macam lampu indikator mobil, Anda dapat dengan cepat mengetahui kondisi kendaraan Anda dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga keselamatan serta kesehatan sistem kendaraan Anda.

Pastikan Kondisi Tetap Prima Bersama Rotary Auto!

Macam Macam Lampu Indikator Mobil

Dari penjelasan soal macam macam lampu indikator mobil di atas, kita dapat memahami bahwa macam macam lampu indikator mobil tersebut sangatlah menunjukan bagaimana kondisi mobil Anda secara keseluruhan. Ada satu saja dari macam macam lampu indikator mobil yang menyala ataupun bermasalah, maka ini menjadi pertanda bahwa mobil Anda perlu dibawa ke bengkel mobil dengan segera.

Pertanyaannya adalah dimana sih bengkel mobil yang dapat dipercaya untuk melakukan service mobil secara rutin? Satu bengkel mobil yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto! Bengkel mobil yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Auto jelas membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan berbagai jenis service mobil, mulai dari AC, mesin hingga kaki kaki mobil.

Apapun masalah pada mobil kesayangan Anda, Rotary Auto adalah jawabannya! Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...