Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Apa Sih Arti Lampu Indikator Mobil? Simak Jawabannya Disini!

Mobil modern dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih yang dirancang untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan pengendara. Salah satu teknologi penting yang sering kali diabaikan oleh pengemudi adalah lampu indikator pada dashboard mobil. Fungsi lampu indikator mobil ini adalah untuk memberikan informasi penting mengenai kondisi mobil dan bisa menjadi tanda awal dari masalah yang lebih serius jika diabaikan. (1)

Lampu indikator mobil memiliki berbagai warna dan simbol yang masing-masing dengan arti dan peringatannya tersendiri. Sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami arti lampu indikator mobil ini. Padahal, dengan memahami arti lampu indikator mobil dapat membantu Anda mengambil tindakan yang tepat dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada mobil Anda.

Di artikel ini, kami akan membahas secara mendalam tentang arti lampu indikator mobi baik itu dari segi warna maupun simbolnya. Kita juga akan bahas penyebab umum mengapa lampu indikator bisa menyala, serta langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan memahami informasi ini, Anda akan lebih siap menghadapi situasi yang mungkin terjadi dan menjaga kendaraan Anda dalam kondisi optimal. Mari kita mulai dengan mengenal lebih jauh tentang fungsi dan arti lampu indikator mobil.

Pertanyaan Seputar Arti Lampu Indikator Mobil

Jika lampu indikator mesin (check engine) menyala saat Anda sedang berkendara, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan perhatikan apakah ada perubahan pada performa mobil. Jika mobil masih bisa dikemudikan dengan normal, segera cari bengkel terdekat untuk memeriksakan masalahnya. Namun, jika ada tanda-tanda kerusakan serius seperti suara aneh atau getaran, segera hentikan mobil di tempat yang aman dan minta bantuan profesional.
Tidak, sangat tidak aman untuk terus berkendara jika lampu indikator oli menyala. Lampu ini menandakan bahwa tekanan oli dalam mesin rendah atau ada masalah dengan sistem pelumasan. Mengabaikan lampu indikator oli dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin. Segera hentikan mobil dan periksa tingkat oli. Jika diperlukan, tambahkan oli dan pastikan untuk memeriksakan kendaraan ke bengkel secepatnya.
Lampu indikator bahan bakar biasanya menyala ketika bahan bakar dalam tangki berada pada level rendah. Namun, jika lampu ini menyala padahal masih ada cukup bahan bakar, bisa jadi ada masalah dengan sensor level bahan bakar atau wiring harness yang terhubung ke indikator tersebut. Sebaiknya periksakan ke bengkel untuk memastikan sensor berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah dengan sistem kelistrikan.
Untuk mereset lampu indikator setelah masalah diperbaiki, Anda biasanya memerlukan alat pemindai diagnostik (OBD-II scanner). Alat ini dapat menghapus kode kesalahan dan mematikan lampu indikator. Namun, beberapa masalah mungkin memerlukan prosedur khusus yang hanya dapat dilakukan oleh teknisi profesional. Selalu pastikan masalah sudah benar-benar diperbaiki sebelum mereset lampu indikator untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Arti Lampu Indikator Mobil Berdasarkan Warna

Arti Lampu Indikator Mobil

Pertama, mari kita bahas pembahasan soal arti lampu indikator mobil dari sisi warnanya terlebih dahulu. Warna lampu indikator mobil memiliki makna yang penting untuk dipahami. Setiap warna lampu indikator memiliki arti khusus terkait dengan kondisi kendaraan Anda. Berikut ini adalah arti lampu indikator mobil berdasarkan warnanya :

1. Warna Merah

Arti lampu indikator mobil berwarna merah biasanya merupakan tanda peringatan yang serius dan membutuhkan perhatian segera. Jika lampu ini menyala, sebaiknya Anda segera berhenti dan memeriksa kondisi mobil (2). Beberapa contoh lampu indikator merah termasuk lampu peringatan tekanan oli, lampu peringatan suhu mesin, dan lampu peringatan rem. Mengabaikan arti lampu indikator merah yang serius ini dapat berakibat pada kerusakan serius pada mesin atau sistem lain dalam mobil Anda.

2. Warna Kuning / Oren

Arti lampu indikator mobil berwarna kuning atau oranye biasanya menandakan peringatan yang tidak terlalu mendesak, tetapi tetap membutuhkan perhatian. Arti lampu indikator mobil berwarna kuning atau oranye ini sering kali memberikan peringatan tentang kondisi yang perlu diperiksa atau diservis dalam waktu dekat (2). Contohnya adalah lampu peringatan mesin (check engine), lampu peringatan sistem anti-lock braking system (ABS), dan lampu peringatan tekanan ban. Jika lampu kuning menyala, sebaiknya jadwalkan pemeriksaan atau servis sesegera mungkin untuk mencegah masalah lebih lanjut.

3. Warna Hijau

Arti lampu indikator mobil berwarna hijau umumnya bersifat informatif dan tidak menandakan masalah. Arti lampu indikator mobil berwarna hijau ini digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu sistem atau fitur pada mobil sedang aktif (2). Misalnya, lampu indikator lampu depan, lampu indikator lampu sein, atau lampu indikator cruise control. Tidak perlu khawatir jika lampu hijau menyala, tetapi pastikan Anda memahami fungsinya agar dapat menggunakan fitur-fitur mobil Anda dengan benar.

Simbol pada Dashboard dan Maknanya

Arti Lampu Indikator Mobil

Selain warna, arti lampu indikator mobil juga ditandai dengan simbol-simbol tertentu pada dashboard. Setiap simbol memiliki makna yang berbeda-beda terkait dengan berbagai aspek kendaraan. Simbol-simbol ini membantu Anda dalam mengidentifikasi dan memahami kondisi kendaraan Anda saat sedang berkendara.

1. Simbol Oli

Arti lampu indikator mobil berupa simbol oli yang digambarkan dengan gambar seperti keran dan tetesan diujungnya berarti ada masalah dengan tingkat oli mesin. Jika lampu ini menyala atau berkedip saat Anda sedang mengemudi, segera periksa tingkat oli mesin dan tambahkan oli jika diperlukan. Jangan mengabaikan lampu indikator oli karena kekurangan atau kerusakan oli mesin dapat menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan Anda.

2. Simbol Baterai

Arti lampu indikator mobil dengan simbol baterai disertai dengan tanda positif dan negatif menunjukkan masalah dengan sistem pengisian atau daya listrik. Jika lampu ini menyala saat mesin mobil sedang berjalan, kemungkinan besar ada masalah dengan pengisian daya baterai. Periksa kabel aki dan alternator untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau koneksi yang longgar.

3. Simbol Rem

Arti lampu indikator mobil dengan simbol rem (dilambangkan dengan tanda seru) memberi tahu Anda bahwa ada masalah dengan sistem rem kendaraan. Jika lampu ini menyala atau berkedip saat Anda menekan pedal rem, segera periksa tingkat cairan rem. Jika tingkat cairan rendah, periksa juga sistem rem kendaraan Anda karena ada kemungkinan adanya kebocoran atau aus pada komponen rem.

4. Simbol Suhu Mesin

Arti lampu indikator mobil dengan simbol suhu mesin (dilambangkan seperti gambar termometer suhu) pada lampu indikator mobil menunjukkan bahwa mesin kendaraan Anda terlalu panas. Jika lampu ini menyala atau berkedip, hentikan kendaraan dan biarkan mesin mendingin sebelum melanjutkan perjalanan. Penyebab umum lampu indikator suhu mesin menyala adalah kurangnya cairan pendingin atau kerusakan pada sistem pendingin mesin.

Itulah beberapa contoh simbol pada lampu indikator mobil beserta maknanya. Memahami arti dari setiap simbol ini akan membantu Anda mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi pada kendaraan Anda. Jika Anda melihat salah satu dari lampu indikator tersebut menyala atau berkedip, penting untuk segera melakukan tindakan yang tepat untuk menjaga keamanan dan kinerja kendaraan Anda.

Baca Juga : Mengenal Komponen Sistem Kemudi Pada Mobil Anda

Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala

Arti Lampu Indikator Mobil

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, lampu indikator mobil menunjukan bagaimana kondisi mobil kesayangan Anda. Ketika lampu indikator mobil menyala, maka ini dapat menjadi tanda adanya masalah pada mobil Anda. Lampu indikator mobil menyala bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, tergantung dari simbol dan warna yang ditampilkan pada dashboard. Setiap lampu indikator memberikan informasi spesifik tentang kondisi kendaraan tertentu. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa lampu periksa mesin menyala.

Salah satu contohnya lampu indikator check engine mobil yang menyala menunjukkan adanya masalah pada mesin mobil Anda. Misalnya, lampu check mesin berwarna kuning atau oranye dapat menyala jika sensor mesin mendeteksi masalah pada komponen seperti sensor oksigen, konverter katalitik, atau sistem pengapian. Ketika sistem manajemen mesin mendeteksi ada sesuatu yang tidak berfungsi dengan baik, lampu ini akan menyala untuk memperingatkan pengemudi bahwa diperlukan pemeriksaan lebih lanjut.

Lampu indikator mobil juga bisa menyala jika ada masalah pada sistem kelistrikan. Misalnya jika ada masalah saat mengisi daya baterai, maka indikator baterai berwarna merah akan menyala. Hal ini dapat disebabkan oleh alternator yang rusak, kabel yang longgar, atau baterai yang aus sehingga tidak dapat menyimpan daya dengan baik. Jika masalah ini tidak teratasi, kendaraan mungkin tidak berfungsi karena daya baterai tidak mencukupi. Sistem rem yang rusak juga merupakan penyebab umum lampu indikator menyala.

Jika lampu rem Anda (simbol tanda seru) menyala, ini mungkin menandakan cairan rem rendah, ada kebocoran pada sistem rem Anda, atau bantalan rem aus. Mengabaikan kondisi ini sangatlah berbahaya karena akan mempengaruhi kinerja pengereman kendaraan dan meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

Terakhir, lampu indikator mobil menyala juga bisa berasal dari suhu mesin terlalu tinggi. Indikator suhu mesin (simbol pengukur suhu) biasanya menyala ketika sistem pendingin tidak berfungsi dengan baik. Kemungkinan penyebabnya antara lain kurangnya cairan pendingin, kipas radiator yang tidak berfungsi, atau kebocoran pada sistem pendingin.

Mengabaikan lampu indikator mobil ini dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu panas dan menyebabkan kerusakan permanen pada komponen mesin. Memahami berbagai alasan mengapa lampu periksa mesin mobil Anda menyala akan membantu Anda mengambil langkah yang tepat untuk memperbaiki masalah tersebut. Untuk menjaga mobil Anda dalam kondisi optimal dan berkendara dengan aman, harap segera melakukan pemeriksaan dan perawatan yang diperlukan.

Pentingnya Perawatan Mobil untuk Mencegah Lampu Indikator Mobil Menyala

Arti Lampu Indikator Mobil

Perawatan rutin mobil sangat penting untuk mencegah lampu indikator menyala dan memastikan kendaraan Anda berfungsi dengan baik. Melakukan perawatan berkala seperti mengganti oli, memeriksa dan mengganti filter udara, serta mengecek kondisi aki dapat membantu mendeteksi masalah sejak dini sebelum menjadi lebih serius. Misalnya, dengan menjaga agar oli mesin selalu pada tingkat yang tepat, Anda dapat mencegah kerusakan pada mesin yang seringkali ditandai dengan menyala lampu indikator oli.

Selain itu, memeriksa sistem kelistrikan secara rutin juga sangat penting. Pastikan kabel-kabel aki terhubung dengan baik dan tidak ada kerusakan pada alternator. Baterai yang dalam kondisi baik akan memastikan bahwa semua sistem elektronik dalam mobil, termasuk sistem pengisian daya, berfungsi dengan optimal. Dengan melakukan pengecekan rutin, Anda dapat mencegah lampu indikator baterai menyala yang menandakan adanya masalah pada sistem kelistrikan.

Terakhir, menjaga sistem pendingin dan rem dalam kondisi optimal juga sangat krusial. Pastikan cairan pendingin selalu cukup dan sistem pendingin tidak mengalami kebocoran. Begitu pula dengan sistem rem, periksa secara berkala kondisi kampas rem dan cairan rem untuk memastikan tidak ada kebocoran atau keausan yang berlebihan.

Perawatan yang baik pada kedua sistem ini akan mencegah lampu indikator suhu mesin dan lampu indikator rem menyala, sehingga Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Perawatan yang konsisten tidak hanya membantu mencegah kerusakan serius pada kendaraan, tetapi juga memperpanjang umur mobil Anda dan menjaga performa optimal.

Pertanyaannya terakhirnya adalah di bengkel mobil mana sih yang dapat diandalkan untuk melakukan service mobil secara rutin? Satu bengkel mobil yang sangat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto! Bengkel mobil yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Auto tentu membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi berbagai masalah pada mobil kesayangan Anda. Mulai dari AC, sistem kemudi, kaki kaki, rem hingga mesin mobil dapat diselesaikan di Rotary Auto!

Jadi, apapun masalah pada mobil kesayangan Anda, jangan pernah ragu untuk langsung mendatangi Rotary Auto ya! Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

Link Sumber :

  • https://blog.acv.astra.co.id/detail/jenis-dan-arti-lampu-indikator-mobil
  • https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/24/084200215/sudah-tahu-arti-warna-lampu-pada-indikator-mobil-

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...