Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Ini Bahaya Mobil Bergetar Saat RPM Rendah! Kenali Cara Mengatasinya Disini!

Mesin mobil tentu merupakan bagian penting yang perlu dijaga peformanya. Tanpa adanya mesin yang berfungsi dengan baik, maka tentu mobil tidak akan bisa berjalan dengan baik. Namun sayangnya, peforma dari mesin mobil juga sering dilanda berbagai masalah yang sangat menjengkelkan.

Salah satu masalah yang sering ditemui oleh para pemilik kendaraan adalah masalah mobil bergetar saat RPM rendah. Bergetar berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan komponen-komponen mobil, terutama yang berkaitan dengan mesin, transmisi, atau roda. Apalagi jika getaran rendah tersebut terjadi pada kondisi RPM yang rendah, ini jelas menunjukan adanya masalah yang perlu untuk segera Anda tangani.

Jika dibiarkan terus-menerus, masalah mobil bergetar saat rpm rendah bisa menimbulkan bahaya bagi keselamatan dan kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja bahaya, penyebab, dan cara mengatasi mobil bergetar saat rpm rendah. Itulah yang akan jadi pembahasan dalam artikel kita kali ini. Simak terus sampai habis ya!

Dampak Buruk Mobil Bergetar Saat RPM Rendah

Mobil bergetar saat RPM rendah

Seperti yang baru saja kita bahas, masalah mobil bergetar saat RPM rendah merupakan masalah wajib untuk Anda tangani sesegera mungkin. Jika tidak, maka nantinya masalah ini akan membawa berbagai dampak negatif bagi diri Anda. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kerusakan pada Komponen Mobil

Pada dasarnya sebuah mobil tersusun atas berbagai macam bagian yang saling terhubung, mulai dari bagian AC, kaki kaki hingga bagian mesin mobil. Setiap bagian tersebut tersusun lagi dengan berbagai macam komponen. Nah, masalah mobil bergetar saat RPM rendah akan membuat kerusakan pada berbagai komponen mobil, diantaranya adalah :

  • Busi

Busi adalah komponen yang berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang membakar bahan bakar di dalam ruang bakar mesin. Jika busi kotor, aus, atau tidak berfungsi dengan baik, maka pembakaran bahan bakar akan tidak sempurna, sehingga mesin akan bergetar saat rpm rendah.

  • Filter Udara

Filter udara adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar mesin. Jika filter udara kotor, tersumbat, atau rusak, maka aliran udara akan terganggu, sehingga campuran udara dan bahan bakar akan tidak ideal, dan menyebabkan mesin bergetar saat rpm rendah.

  • Injektor

Injektor adalah komponen yang berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin. Jika injektor kotor, buntu, atau bocor, maka dosis bahan bakar yang disemprotkan akan tidak sesuai, sehingga mesin akan bergetar saat rpm rendah.

  • Kopling

Kopling adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin dengan transmisi. Jika kopling aus, kendor, atau rusak, maka kopling akan tidak mampu menghantarkan putaran mesin dengan baik, sehingga mobil akan bergetar saat rpm rendah.

  • Roda

Roda adalah komponen yang berfungsi untuk menggerakkan mobil di atas permukaan jalan. Jika roda bengkok, tidak seimbang, atau tidak terpasang dengan benar, maka roda akan tidak berputar dengan lancar, sehingga mobil akan bergetar saat rpm rendah.

Kerusakan pada komponen-komponen mobil tersebut bisa menyebabkan performa mobil menurun, konsumsi bahan bakar meningkat, emisi gas buang berlebih, hingga biaya perawatan mobil membengkak akibat harus mengganti berbagai komponen yang rusak tersebut.

Baca Juga : Apa Manfaat Tune Up Mobil Dan Kapan Harus Tune Up?

2. Gangguan pada Kenyamana dan Keamanan Berkendara

Ketika masalah mobil bergetar ini mampu untuk merusak komponen, maka secara otomatis, kenyamanan bahkan keamanan Anda berkendara juga dapat ikut dirusak. Rusaknya kenyamanan dan keamanan berkendara tersebut terjadi dalam bentuk berikut :

  • Suara Bising dan Getaran yang Mengganggu

Dari segi kenyamanan, mobil bergetar saat rpm rendah bisa menghasilkan suara bising dan getaran yang mengganggu, baik bagi pengemudi maupun penumpang. Hal ini bisa mengurangi konsentrasi, kenyamanan, dan kepuasan berkendara di sepanjang perjalanan.

  • Kendali Mobil Menjadi Kurang Stabil

Lalu dari segi keamanan, mobil bergetar saat rpm rendah bisa membuat kendali mobil menjadi kurang stabil, terutama saat berakselerasi, berbelok, atau berhenti. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan, terutama jika kondisi jalan licin, berlubang, atau ramai. Tidak hanya sekedar mengancam keselamatan berkendara diri sendiri, tapi keselamatan berkendara orang lain pun juga dapat menjadi terancam akibat adanya masalah ini.

Penyebab Mobil Bergetar Saat RPM Rendah

Mobil bergetar saat RPM rendah

 

Pertanyaan berikutnya adalah apa faktor yang menjadi penyebab dari masalah mobil bergetar saat RPM rendah ini? Masalah ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor. Berikut ini adalah faktor yang dapat menjadi penyebab dari masalah mobil bergetar saat RPM buruk, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kondisi Jalan yang Buruk

Salah satu penyebab mobil bergetar saat rpm rendah adalah kondisi jalan yang buruk untuk kendaraan melaju. Jalan buruk tersebut contohnya adalah jalan berlubang. Hal ini bisa membuat mobil bergetar saat rpm rendah, karena suspensi mobil akan bekerja lebih keras untuk menyerap goncangan dari jalan. Jika suspensi mobil lemah atau rusak, maka goncangan tersebut akan terasa lebih kuat, dan membuat mobil bergetar.

Selain itu, jalan licin juga bisa membuat mobil bergetar saat rpm rendah, karena ban mobil akan sulit mendapatkan traksi yang baik dengan permukaan jalan. Jika ban mobil aus, tekanan angin kurang, atau tidak cocok dengan kondisi jalan, maka traksi tersebut akan semakin berkurang, dan membuat mobil bergetar.

2. Kebiasaan Berkendara yang Buruk

Penyebab lain mobil bergetar saat rpm rendah adalah kebiasaan berkendara yang buruk baik yang disengaja maupun tidak. Kebiasaan buruk ini perlu untuk ditinggalkan demi kondisi mesin yang selalu terjaga. Kebiasaan buruk yang dapat membuat mobil bergetar saat RPM rendah diantaranya adalah :

  • Menginjak Gas atau Rem secara Mendadak

Menginjak gas atau rem secara mendadak bisa membuat mobil bergetar saat rpm rendah, karena mesin atau transmisi mobil akan mengalami lonjakan atau penurunan torsi yang tiba-tiba. Hal ini bisa membuat komponen-komponen mobil menjadi tegang atau kendor, dan menyebabkan getaran.

  • Menggunakan Gigi yang Tidak Sesuai

Menggunakan gigi yang tidak sesuai bisa membuat mobil bergetar saat rpm rendah, karena mesin mobil akan bekerja di luar rentang rpm yang optimal. Hal ini bisa membuat mesin mobil menjadi boros bahan bakar, panas, atau mogok, dan menyebabkan getaran.

3. Salah Setting Komponen Internal Mesin Mobil

Lebih lanjut lagi, mesin mobil bergetar pada saat rpm rendah juga dapat disebabkan karena kesalahan penyetingan ataupun pengaturan pada komponen internal mesin mobil. Hal ini biasa terjadi di bengkel yang tidak memiliki keahlian khusus dalam menangani masalah pada mesin mobil.

Tidak jarang, para mekaniknya tidak teliti ataupun lupa bahwa ada kesalahan penyetingan, misalnya baut yang masih kendur atau bahkan komponen lainnya yang hilang entah kemana. Kondisi ini membuat bagian-bagian silinder dalam mesin mobil kehilangan kompresinya atau bahkan mengalami kebocoran sehingga timbulah masalah mesin mobil bergetar pada saat rpm rendah.

4. Ketidakseimbangan Propeller Shaft

Propeller shaft yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan mesin mobil bergetar saat rpm rendah. Sedikit informasi, propeller shaft merupakan komponen yang diciptakan untuk membuat pergerakan roda belakang menjadi lebih fleksibel. Komponen ini jugalah yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mesin dari bagian transmisi ke bagian differential.

Kondisi propeller shaft yang baru tentu saja seimbang dengan putaran yang nyaman, namun seiring dengan berjalannya waktu dan intensitas penggunaannya, keseimbangan pada propeller shaft ini dapat berubah lalu menyebabkan mobil bergetar saat rpm rendah.

5. Ban Mobil Tidak Merata

Mobil yang bergetar saat rpm rendah juga dapat disebabkan oleh kondisi ban mobil mobil yang tidak merata ataupun bergelombang. Ini biasa terjadi bila Anda sudah lama tidak mengganti ban mobil sehingga ban mobil menjadi aus dan kehilangan daya cakramnya secara tidak merata. Kondisi ini membuat beban yang diterima juga cakramnya ketika menempel dijalan menjadi tidak seimbang sehingga membuat mobil Anda bergetar saat rpm rendah.

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan spooring dan balancing pada mobil Anda. Spooring ban mobil dilakukan agar sudut pada ban mobil Anda dapat kembali lurus dan sesuai seperti semula, sementara balancing ban mobil dilakukan untuk menyeimbangkan berat pada keempat ban mobil Anda.

Baca Juga : Cara Memilih Bengkel Mobil Terdekat  di Kota Anda

Cegah Masalah Mobil Bergetar Saat RPM Rendah Dengan Perawatan Dan Service Rutin Di Rotary Bintaro

Mobil bergetar saat RPM rendah

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi mobil bergetar saat rpm rendah adalah rutin service ke Rotary Auto. Rotary Auto adalah bengkel spesialis mobil yang telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya. Rotary Auto menawarkan berbagai layanan perawatan dan perbaikan mobil, seperti:

1. Tune Up Mesin

Tune up mesin adalah layanan yang berfungsi untuk meningkatkan performa mesin mobil dengan cara menyetel ulang komponen-komponen mesin yang vital, seperti busi, filter udara, injektor, dan lain-lain. Tune up mesin bisa membuat mesin mobil menjadi lebih bertenaga, irit, dan halus, dan mengatasi mobil bergetar saat rpm rendah.

2. Ganti Oli

Ganti oli adalah layanan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mesin mobil dengan cara mengganti oli mesin yang sudah kotor, kental, atau habis dengan oli mesin yang baru. Oli mesin adalah cairan yang berfungsi untuk melumasi, mendinginkan, dan membersihkan mesin mobil dari kotoran atau karbon. Ganti oli bisa membuat mesin mobil menjadi lebih awet, bersih, dan dingin, dan mengatasi mobil bergetar saat rpm rendah.

3. Engine Overhaul

Engine overhaul merupakan layanan untuk merupakan bentuk service mesin mobil dalam skala besar dengan melakukan pembongkaran untuk memeriksa, memperbaiki sekaligus juga mengganti seluruh komponen mesin mobil yang telah rusak. Layanan engine overhaul ini dapat mengembalikan peforma mobil Anda menjadi jauh lebih nyaman, aman serta bertenaga.

Dengan memanfaatkan berbagai macam layanan service mobil dari Rotary Auto ini, tentu mesin mobil Anda dapat kembali optimal. Sebagai bengkel dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Rotary Auto memiliki tim mekanik yang profesional, berpengalaman, dan bersertifikat, serta peralatan dan fasilitas yang canggih, lengkap, dan terstandar.

Anda juga tidak perlu khawatir masalah harga karena Rotary Auto juga memberikan layanan konsultasi GRATIS untuk setiap layanan yang diberikan. Iya… GRATIS! Sebelum melakukan service mobil, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu untuk menentukan dimana letak masalahnya, apa solusinya hingga bagaimana kisaran harga yang akan Anda bayarkan nantinya.

Hal ini tentu membuat Anda terhindar dari berbagai biaya tidak pasti yang biasa Anda temui dibengkel mobil pada umumnya. Harga service mobil di Rotary Bintaro jauh lebih jelas dan transparan karena seluruhnya telah dijelaskan diawal dan dilakukan berdasarkan persetujuan Anda.

Masalah lokasi? Jangan khawatir! Rotary Auto telah menyediakan berbagai cabang yang telah tersebar di berbagai wilayah, mulai dari Jakarta, Depok, Tangerang hingga Bekasi. Anda tidak perlu repot – repot berpergian jauh, Anda tinggal pilih saja cabang sesuai keinginan ataupun domisili terdekat Anda.

Bagaimana? Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya. Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...