Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Kenali Dan Rawat Bagian Rem Mobil Demi Keselamatan Anda!

Kondisi yang maksimal pada sistem rem mobil merupakan salah satu faktor yang penting yang menentukan bagaimana keamanan Anda ketika berkendara, terlebih dalam jarak yang jauh. Seringkali kita dengar atau lihat berita kecelakaan yang diakibatkan oleh masalah pada rem mobil, baik itu rem mobil blong, rem mobil kurang pakem, rem mobil keras dan lain sebagainya.

Suasana perjalanan yang seharusnya menyenangkan, justru berbalik begitu menakutkan ketika terjadi masalah pada sistem rem mobil ini. Maka dari itu, Anda perlu untuk melakukan perawatan pada seluruh bagian rem mobil untuk memastikan kondisinya selalu prima sehingga Anda dapat meminilisir terjadinya kecelakaan. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya kita merawat bagian rem mobil jika kita sendiri tidak tahu hal-hal mendasar soal bagian rem mobil tersebut?

Untuk itulah, dalam artikel kali ini, akan kita bahas bersama mengenai bagian rem mobil. Tidak hanya itu, kita juga akan mempelajari soal bagaimana cara perawatan pada seluruh bagian rem mobil agar peformanya tetap terjaga dengan awet. Seperti apa ya kira-kira? Yuk kita bahas bersama! Simak terus sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar Bagian Rem Mobil

Sistem rem mobil umumnya terdiri dari dua jenis utama, yaitu rem cakram (disc brake) dan rem tromol (drum brake). Rem cakram biasanya dipasang di roda depan, sedangkan rem tromol sering ditemukan di roda belakang. Beberapa kendaraan juga menggunakan kombinasi kedua sistem ini untuk memaksimalkan performa pengereman.
ABS adalah singkatan dari Anti-lock Braking System. Sistem ini dirancang untuk mencegah roda kendaraan terkunci saat pengereman mendadak, sehingga pengemudi masih dapat mengendalikan arah kendaraan dan menghindari slip..
Nama lain dari rem cakram adalah disc brake. Ini adalah jenis sistem rem yang menggunakan piringan berputar yang ditekan oleh bantalan rem melalui mekanisme caliper untuk menciptakan gesekan dan mengurangi kecepatan kendaraan.
Caliper pada sistem rem cakram berfungsi untuk menekan bantalan rem ke piringan rem saat pedal rem diinjak. Mekanisme ini menghasilkan gesekan yang diperlukan untuk memperlambat atau menghentikan putaran roda kendaraan. Caliper memastikan bantalan rem menekan piringan dengan tepat dan merata untuk menghasilkan gaya pengereman yang efektif.

Berbagai Bagian Rem Mobil

bagian rem mobil

Dalam menjalankan fungsinya dengan maksimal, sistem rem mobil ditopang oleh berbagai macam bagian di dalamnya. Setiap bagian rem mobil ini memiliki fungsinya tersendiri dan terhubung satu sama lainnya. Berikut ini adalah beberapa bagian rem mobil yang sangat berpengaruh pada keselamatan Anda ketika berkendara, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Master Cylinder

Bagian rem mobik pertama yang akan kita bahas adalah master cylinder. Bagian rem mobil yang satu ini memiliki fungsi penting dalam menjaga keandalan dan kinerja sistem rem mobil Anda. Fungsi utama dari master cylinder adalah memompa cairan rem ke kaliper atau silinder roda.

Ketika Anda menginjak pedal rem, tekanan yang dihasilkan akan mendorong piston di dalam master cylinder untuk menggerakkan cairan rem. Cairan rem inilah yang nantinya akan menghasilkan tekanan pada bagian kaliper atau silinder roda, sehingga roda mobil dapat diberhentikan dengan aman dan efektif.

Master cylinder juga berperan dalam menjaga keseimbangan tekanan rem pada setiap roda. Fungsi ini sangat penting agar mobil dapat berhenti secara merata dan stabil. Jika terdapat ketidakseimbangan tekanan pada roda tertentu, hal ini dapat menyebabkan mobil bergerak mendongak atau miring saat melakukan pengereman, yang tentunya akan berdampak pada keamanan dan kenyamanan saat mengemudi.

2. Kaliper Rem Mobil

Bagian rem mobil kedua adalah kaliper rem mobil. Bagian rem mobil ini juga tentunya merupakan bagian penting dalam sistem rem mobil Anda. Kaliper rem mobil ini bertanggung jawab untuk memampatkan atau menekan kampas rem agar bersinggungan dengan cakram rem, sehingga menghasilkan gaya gesekan yang diperlukan untuk menghentikan mobil Anda dengan baik.

Tugas utama kaliper dalam rem mobil adalah menjadi penekan kampas rem ke cakram rem, sehingga menghasilkan gaya gesekan yang menghentikan putaran roda Anda. Mirip dengan cengkeraman, kaliper yang berada di roda depan dan roda belakang bekerja dengan sinergi untuk memberikan efek pengereman yang konsisten pada seluruh kendaraan Anda.

Agar kaliper dapat berfungsi dengan optimal, menjaga kebersihan dan kelancaran kerjanya adalah hal yang penting. Tumpukan kotoran dan debu pada kaliper dapat mengganggu pergerakan piston di dalamnya, sehingga mengurangi efisiensi sistem rem Anda. Pastikan untuk membersihkan dan memeriksa kaliper secara rutin sebagai bagian dari pemeliharaan umum kendaraan Anda.

3. Pad Rem Mobil

Pad rem mobil memiliki tugas utama dalam sistem pengereman kendaraan Anda. Komponen ini berfungsi untuk memberikan gesekan dengan cakram atau tromol, sehingga menghasilkan gaya pengereman yang diperlukan untuk menghentikan mobil dengan aman.

Tidak hanya sebagai penghasil gesekan, pad rem juga memiliki beberapa tugas penting lainnya dalam sistem rem mobil Anda. Berikut adalah beberapa tugas pad rem mobil:

  1. Memberikan daya pengereman yang optimal saat pedal rem ditekan.
  2. Menghasilkan gesekan yang stabil dan konsisten dengan cakram atau tromol.
  3. Menerima panas yang dihasilkan selama proses pengereman.
  4. Menyebarkan panas yang dihasilkan secara efisien untuk mencegah overheating.

Dalam menjalankan tugasnya, pad rem akan mengalami aus dan perlu diganti secara berkala. Penting untuk menjaga kondisi pad rem agar tetap dalam keadaan yang baik, sehingga performa pengereman kendaraan Anda tetap optimal.

Baca Juga : Cegah Sebelum Parah! Ini Penyebab Rem Tidak Pakem Pada Mobil Yang Perlu Anda Hindari

4. Cakram Rem Mobil

Cakram rem mobil juga menjadi bagian rem mobil dengan fungsi yang sangat penting dalam sistem rem mobil. Cakram ini dipasang pada roda kendaraan dan berputar seiring dengan putaran roda. Keberadaan cakram rem sangat penting karena mempengaruhi kemampuan kendaraan untuk berhenti dengan aman dan efisien.

Saat pengemudi menginjak pedal rem, mekanisme caliper akan bekerja dengan menekan bantalan rem ke cakram. Tekanan ini menciptakan gesekan yang mengurangi kecepatan putaran roda, sehingga kendaraan bisa berhenti. Proses ini memerlukan sinkronisasi yang tepat antara berbagai komponen sistem rem untuk memastikan pengereman yang efektif dan responsif.

Kinerja cakram rem sangat bergantung pada kondisi dan kualitas materialnya. Cakram yang aus atau rusak dapat mengurangi efektivitas pengereman dan meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan rutin dan pemeriksaan berkala pada cakram rem serta komponen lainnya dalam sistem rem mobil.

5. Perangkat Rem Mobil

Selain bagian rem mobil yang telah disebutkan tadi, sistem rem mobil juga didukung oleh perangkat lain yang penting. Anda perlu mengetahui tentang perangkat tambahan sebagai bagian rem mobil ini untuk memahami fungsi dan keamanan sistem rem mobil Anda yang lebih baik. Berikut adalah beberapa perangkat yang menjadi bagian rem mobil, diantaranya adalah :

  • Sistem Anti-Lock Braking (ABS)

Sistem Anti-Lock Braking (ABS) adalah perangkat rem modern yang dirancang untuk mencegah roda terkunci saat mengerem secara mendadak. ABS memungkinkan Anda mengendalikan kendaraan dengan lebih baik saat pengereman darurat, sehingga mengurangi risiko kehilangan kendali dan tergelincir. Perangkat ini sangat bermanfaat dalam kondisi jalan yang licin atau basah.

  • Sistem Pengereman Elektronik (EBS)

Sistem Pengereman Elektronik (EBS) juga merupakan perangkat rem canggih yang membantu meningkatkan performa pengereman. EBS secara elektronik mengatur distribusi gaya pengereman di antara roda-roda kendaraan. Hal ini membantu mengurangi risiko tergelincir atau terblokirnya roda saat mengerem, sehingga memberikan stabilitas dan keamanan tambahan saat berkendara.

  • Sistem Pengereman Darurat (EBD)

Sistem Pengereman Darurat (EBD) adalah perangkat pendukung rem yang mengatur gaya pengereman di setiap roda kendaraan berdasarkan kebutuhan. EBD memantau berbagai faktor seperti beban muatan dan percepatan kendaraan untuk memastikan distribusi gaya pengereman yang optimal. Dengan EBD, kendaraan akan memiliki pengereman yang tepat di semua kondisi, meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Dengan menggunakan perangkat-perangkat rem seperti ABS, EBS, dan EBD, Anda dapat meningkatkan performa pengereman kendaraan Anda dan mengurangi risiko kecelakaan. Penting untuk memahami fungsi dan perawatan perangkat rem mobil ini agar sistem rem bekerja dengan sempurna dan memberikan perlindungan yang maksimal bagi Anda dan penumpang.

Tips Perawatan Sistem Rem Mobil

bagian rem mobil

Tidak hanya sekedar memahaminya, Anda pun perlu untuk merawat seluruh bagian rem mobil tersebut agar peformanya tetap maksimal. Dalam hal ini, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk merawat seluruh bagian rem mobil tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menjaga Kebersihan : Pastikan bagian bagian rem mobil, seperti kaliper, cakram, dan pad rem, tetap bersih dari debu, kotoran, dan kotoran lainnya. Gunakan sikat lembut dan cairan pembersih yang aman untuk membersihkannya secara teratur.
  2. Pengecekan Rutin : Lakukan pengecekan rutin pada sistem rem mobil Anda. Perhatikan tanda-tanda keausan, kebocoran, atau kerusakan pada komponen rem. Jika Anda menemukan masalah, segera lakukan perbaikan atau ganti komponen yang rusak.
  3. Tanda-tanda Gejala Masalah : Perhatikan tanda-tanda gejala masalah pada sistem rem mobil, seperti pedal rem yang terasa licin, bunyi menggaruk saat mengerem, atau jarak pengereman yang lebih lama dari sebelumnya. Jika Anda mengalami hal ini, segera periksa dan perbaiki masalahnya.
  4. Perawatan Preventif : Lakukan perawatan preventif untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem rem mobil. Misalnya, melakukan penggantian pad rem secara teratur, memeriksa dan mengganti cairan rem sesuai dengan rekomendasi pabrikan, dan menjaga suhu rem agar tidak terlalu panas saat digunakan secara berlebihan. Dalam hal ini, bawalah mobil kesayangan Anda ke bengkel mobil yang terpercaya.

Pertanyaannya adalah di bengkel mobil mana sih yang dapat diandalkan untuk melakukan perawatan pada seluruh bagian rem mobil ini? Satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto! Bengkel mobil yang satu ini, telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Auto jelas membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi berbagai masalah pada rem mobil.

Bahkan, lebih dari itu, selain masalah pada bagian rem mobil, Rotary Auto juga mampu untuk menyelesaikan berbagai masalah mobil lainnya mulai dari masalah pada kaki kaki mobil, mesin mobil hingga AC mobil lho! Lengkapnya jasa layanan service mobil di Rotary Auto ini membuat Anda dapat mengandalkan Rotary Auto untuk mengatasi apapun masalah pada mobil kesayangan Anda.

Sebagai bengkel ternama selama lebih dari 20 tahun, Rotary Auto tentunya menyediakan berbagai alat yang canggih untuk mengatasi berbagai masalah pada mobil Anda. Masalah pada AC mobil misalnya, Rotary Auto memanfaatkan magnitude gauge, mesin flushing, mesin cooling hingga mesin fogging dengan cairan ozonizer untuk mengusir serangga dan juga atomizer untuk menghilangkan bau.

Bahkan, untuk Anda yang ingin mengecek kaki kaki mobil, Rotary Auto menyediakan Kyoto Shaking Machine yang dapat membuat proses service kaki kaki mobil menjadi jauh lebih cepat, tepat dan akurat, tanpa feeling dan tanpa dibawa keliling! Sebetulnya, masih ada berbagai alat dan mesin canggih lain yang digunakan, saking banyaknya, tidak akan muat dalam satu artikel saja.

Masalah harga? Jangan khawatir! Rotary Auto menyediakan layanan konsultasi GRATIS lho! Sebelum melakukan service mobil, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu untuk menemukan dimana masalahnya, apa solusinya serta bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya. Ini membuat Anda terhindar dari berbagai biaya tidak pasti karena seluruh biaya service mobil di Rotary Auto telah dijelaskan dan disetujui diawal.

Bagaimana? Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran And ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...