Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Kenali 9 Penyebab AC Mobil Dingin Sebelah Pada Kendaraan Anda

AC mobil dingin sebelah adalah salah satu masalah yang jarang dialami oleh pengguna mobil. Apakah Anda mengalami masalah AC mobil yang mengeluarkan udara dingin hanya di satu sisi kendaraan saja? Hal ini merupakan permasalahan yang bisa saja terjadi pada kendaraan mobil.

Masalah seperti ac mobil tidak dingin dan ac mobil dingin sebelah sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara, terutama di musim panas. Jadi, sangat di anjurkan bagi Anda untuk selalu sevice mobil secara berkala.

Namun, anda tidak perlu khawatir! Kami hadir untuk membantu anda mengatasi masalah ini. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa penyebab mengapa AC mobil hanya dingin di satu sisi dan memberikan solusi yang mungkin dapat anda terapkan.

Pertanyaan Seputar AC Mobil Dingin Sebelah

Salah satu faktor yang dapat membuat AC mobil tidak dingin secara tiba-tiba adalah matinya extra fan. Jika komponen ini yang terletak di depan kondensor tidak berfungsi, hal ini dapat memengaruhi proses kondensasi. Kondensasi, yang merupakan proses penurunan suhu di dalam kondensor, tidak dapat terjadi jika extra fan tidak berputar.
Jika freon pada AC mobil berkurang atau habis, performa AC mobil tidak akan optimal. Kebanyakan kejadian freon habis disebabkan oleh kebocoran pada salah satu komponen AC. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tanda-tanda atau ciri-ciri bahwa freon AC mobil sudah habis.
Ada 7 cara untuk mengatasi AC mobil yang tidak dingin, dan perhatikan kebersihan sebagai berikut: 1. Menjaga kabin tetap bersih. 2. Membersihkan kondensor AC. 3. Rutin membersihkan filter AC. 4. Tidak menyalakan AC secara langsung. 5. Parkir di tempat yang teduh. 6. Menyalakan AC dengan cara yang tepat. 7. Tidak merokok di dalam mobil.
AC yang hanya mengeluarkan angin tanpa memberikan efek pendinginan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kekurangan freon, filter yang kotor, atau kerusakan pada komponen seperti kompresor atau kapasitor. Melakukan perawatan rutin dan memperhatikan tanda-tanda kerusakan dapat membantu menjaga kinerja AC.

9 Penyebab AC Mobil Dingin Sebelah, Wajib Anda Ketahui

ac mobil dingin sebelah 1

AC mobil yang hanya mengeluarkan udara dingin dari satu sisi bisa menjadi masalah yang menjengkelkan. Beberapa faktor dapat menjadi penyebabnya, dan sebelum mengatasinya, kita perlu memahami penyebab dari ac mobil dingin sebelah tersebut.

Beberapa Faktor Penyebab AC Mobil Dingin Sebelah, Antara Lain :

  1. Freon AC Berkurang

Freon adalah zat pendingin yang berfungsi untuk menghasilkan udara dingin dari ac mobil. Jika freon ac mobil kurang, maka ac mobil tidak akan bekerja secara optimal. Hal ini dapat menyebabkan ac mobil dingin sebelah, karena freon tidak dapat mengalir dengan baik ke seluruh bagian ac mobil.

  1. Kebocoran Freon

Kebocoran freon merupakan faktor lain yang dapat menyebabkan AC mobil dingin sebelah. Freon berperan penting dalam proses pendinginan AC. Jika terjadi kebocoran, tekanan refrigeran akan berkurang, menyebabkan udara dingin hanya keluar dari satu sisi. Segera periksakan dan perbaiki kebocoran di bengkel spesialis ac mobil Rotary Auto, dan pastikan untuk mengecek tekanan refrigeran secara teratur.

  1. Selang Atau Pipa AC Bocor

Selang AC merupakan suatu saluran yang bisa menghubungkan komponen-komponen AC mobil, seperti kompresor, kondensor, evaporator, dan filter. Selang AC dapat mengalami kebocoran atau kerusakan akibat usia, getaran, benturan, atau korosi. Jika selang AC bocor atau rusak, maka freon akan bocor keluar dan menyebabkan ac mobil dingin sebelah.

  1. Filter AC Kotor

Filter ac kotor dapat menjadi penyebab utama AC mobil dingin sebelah. Partikel kotoran dan debu yang menumpuk di dalamnya dapat menghambat aliran udara yang sehat melalui sistem AC. Solusi terbaik adalah dengan rutin memeriksa dan membersihkan filter udara agar udara dingin dapat merata di seluruh kabin mobil.

  1. Blower atau Kipas Udara Rusak

Blower atau kipas udara yang rusak dapat mengganggu distribusi udara dingin di seluruh sistem AC. Jika satu sisi mobil menerima udara dingin lebih sedikit, masalah mungkin terletak pada blower. Langkah terbaik adalah memeriksakan mobil ke bengkel untuk penanganan lebih lanjut dan perbaikan jika diperlukan.

  1. Masalah pada Saluran Udara

Saluran udara yang terhambat atau rusak dapat menjadi penyebab AC mobil dingin sebelah. Udara dingin tidak dapat merata di dalam kabin mobil jika ada obstruksi atau kerusakan pada saluran udara. Pastikan untuk secara berkala memeriksa dan membersihkan saluran udara agar aliran udara tetap lancar.

  1. Katup Ekspansi Macet

Kemudian, ada katup ekspansi yang merupakan komponen dengan fungsi untuk mengatur aliran freon dari kondensor ke evaporator. Katup ekspansi dapat macet akibat kotoran, debu, atau karat yang mengendap di dalamnya. Jika katup ekspansi macet, maka freon tidak akan mengalir dengan lancar ke evaporator dan menyebabkan ac mobil dingin sebelah.

  1. Kompresor AC Lemah

Kompresor AC adalah komponen yang berfungsi untuk memompa freon dari evaporator ke kondensor. Kompresor AC dapat melemah akibat aus, kotor, atau kurang pelumas. Jika kompresor AC lemah, maka freon tidak akan dipompa dengan tekanan yang cukup ke kondensor dan menyebabkan ac mobil dingin sebelah.

  1. Kerusakan pada Komponen Elektronik

Komponen elektronik seperti sensor suhu atau aktuator pendingin yang rusak dapat mengganggu distribusi udara dingin di seluruh mobil. Jika dicurigai ada masalah pada komponen ini, segera periksakan mobil ke bengkel spesialis ac mobil Rotary Auto yang memiliki pengetahuan dan peralatan untuk memperbaiki sistem elektronik AC.

Baca Juga : Daftar Bengkel Mobil Terbaik Tahun 2024 Di Jadetabek

Efek AC Mobil Dingin Sebelah

Ac mobil dingin sebelah tidak hanya mengurangi kenyamanan berkendara, tetapi juga dapat menimbulkan beberapa efek negatif, antara lain:

1. Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

AC mobil dingin sebelah menandakan bahwa sistem AC mobil tidak bekerja secara efisien. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat, karena mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan udara dingin. Selain itu, freon yang bocor juga dapat merusak katalisator, yang berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang.

2. Kesehatan Terancam

AC mobil dingin sebelah dapat menyebabkan kesehatan terancam, karena udara dalam kabin menjadi tidak sehat. Udara yang tidak sejuk dapat menyebabkan dehidrasi, pusing, mual, atau lemas. Selain itu, freon yang bocor juga dapat menyebabkan iritasi mata, kulit, atau saluran pernapasan.

3. Kerusakan Komponen AC Lainnya

AC mobil dingin sebelah dapat menyebabkan kerusakan komponen AC lainnya, karena sistem AC mobil menjadi tidak seimbang. Freon yang bocor dapat menyebabkan kelembaban masuk ke dalam sistem AC dan menyebabkan karat, korosi, atau konslet. Selain itu, kompresor AC yang lemah dapat menyebabkan overheat, yang dapat merusak kondensor, evaporator, atau filter.

Cara Cek Kerusakan AC Mobil Dingin Sebelah

ac mobil dingin sebelah 2

Untuk mengetahui penyebab ac mobil dingin sebelah, Anda dapat melakukan beberapa cara cek kerusakan, antara lain:

1. Mengukur Tekanan Freon

Cara cek kerusakan yang pertama adalah dengan mengukur tekanan freon. Anda dapat menggunakan alat yang disebut manifold gauge, yang terdiri dari dua selang, yaitu selang tekanan rendah (berwarna biru) dan selang tekanan tinggi (berwarna merah). Caranya adalah sebagai berikut:

  • Hubungkan selang tekanan rendah ke port tekanan rendah yang terletak di dekat kompresor AC.
  • Hubungkan selang tekanan tinggi ke port tekanan tinggi yang terletak di dekat kondensor AC.
  • Hidupkan mesin mobil dan nyalakan AC dengan suhu terendah dan kecepatan kipas maksimal.
  • Baca angka yang ditunjukkan oleh manifold gauge. Jika tekanan rendah di bawah 25 psi atau tekanan tinggi di atas 250 psi, maka kemungkinan besar freon AC kurang atau bocor.

2. Memeriksa Selang AC

Cara cek kerusakan yang kedua adalah dengan memeriksa selang AC. Anda dapat menggunakan alat yang disebut leak detector, yang berfungsi untuk mendeteksi kebocoran freon. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Hubungkan leak detector ke port tekanan rendah yang terletak di dekat kompresor AC.
  • Hidupkan mesin mobil dan nyalakan AC dengan suhu terendah dan kecepatan kipas maksimal.
  • Gerakkan leak detector di sepanjang selang AC dan perhatikan apakah ada bunyi beep atau lampu indikator menyala. Jika ada, maka kemungkinan besar ada kebocoran freon di bagian tersebut.

3. Memeriksa Katup Ekspansi

Cara cek kerusakan yang ketiga adalah dengan memeriksa katup ekspansi. Anda dapat menggunakan alat yang disebut thermometer, yang berfungsi untuk mengukur suhu. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka kap mesin mobil dan temukan katup ekspansi, yang biasanya terletak di dekat evaporator AC.
  • Hidupkan mesin mobil dan nyalakan AC dengan suhu terendah dan kecepatan kipas maksimal.
  • Tempelkan thermometer di bagian masuk dan keluar katup ekspansi dan baca suhu yang ditunjukkan. Jika suhu masuk dan keluar berbeda lebih dari 10 derajat Celsius, maka kemungkinan besar katup ekspansi macet atau rusak.

4. Memeriksa Kompresor AC

Cara cek kerusakan yang keempat adalah dengan memeriksa kompresor AC. Anda dapat menggunakan alat yang disebut ammeter, yang berfungsi untuk mengukur arus listrik. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka kap mesin mobil dan temukan kompresor AC, yang biasanya terletak di dekat alternator.
  • Hidupkan mesin mobil dan nyalakan AC dengan suhu terendah dan kecepatan kipas maksimal.
  • Hubungkan ammeter ke kabel positif kompresor AC dan baca arus listrik yang ditunjukkan. Jika arus listrik di bawah 10 ampere atau di atas 20 ampere, maka kemungkinan besar kompresor AC lemah atau rusak.

AC mobil dingin sebelah adalah masalah yang dapat mengurangi kenyamanan dan kesehatan Anda saat berkendara. Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti freon AC kurang, selang AC bocor atau rusak, katup ekspansi macet, atau kompresor AC lemah.

Anda dapat melakukan beberapa cara cek kerusakan, seperti mengukur tekanan freon, memeriksa selang AC, memeriksa katup ekspansi, atau memeriksa kompresor AC. Anda juga dapat melakukan beberapa cara merawat, seperti mengisi freon AC secara rutin, membersihkan selang AC secara berkala, mengganti katup ekspansi jika rusak, atau melumasi kompresor AC secara teratur.

Jika Anda mengalami masalah ac mobil dingin sebelah, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menghubungi Rotary Auto, bengkel spesialis AC mobil yang berpengalaman dan profesional. Rotaryauto.co.id menyediakan jasa perbaikan dan perawatan AC mobil dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin.

Rotary Auto juga memberikan garansi dan layanan purna jual yang memuaskan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera kunjungi Rotary Auto dan rasakan perbedaannya. Rotary Auto, solusi AC mobil Anda. Ayo reservasi sekarang, juga! Dan klik disini!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...