Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Filter AC Kotor Bisa Jadi Sumber Kerusakan AC Mobil

Salah satu komponen penting pada sistem pendingin yaitu adalah Filter AC mobil yang berfungsi untuk menyaring debu, kotoran, dan partikel lain yang tersebar melalui udara pada kabin mobil. Pada setiap 10.000KM sekali, kendaraan wajib melakukan pengecekan dan melakukan penggantian jika filter ac kotor pada mobil tersebut.

Sebab jika filter AC kotor dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti ac mobil tidak dingin, ac mobil bau tidak sedap hingga, masalah serius pada pernafasan manusia. Oleh karena itu, filter AC kotor perlu dibersihkan atau diganti secara berkala untuk menjaga kondisinya tetap bersih.

Pertanyaan Seputar Filter AC Mobil

Anda dapat mengetahui kapan mengganti filter AC mobil dengan memeriksa panduan pemilik mobil atau melihat indikator penggantian filter jika mobil dilengkapi dengan fitur tersebut. Secara umum, penggantian dilakukan secara berkala.
Fungsi utama dari filter AC mobil adalah menyaring udara yang masuk ke dalam sistem pendinginan, menghilangkan debu, kotoran, dan partikel lainnya untuk menjaga kualitas udara di dalam kabin.
Filter AC standar biasanya menyaring debu dan kotoran kasar, sementara filter AC kabin lebih fokus pada menyaring partikel-partikel kecil dan memberikan udara yang lebih bersih di dalam kabin.
Membersihkan atau mengganti filter AC mobil secara teratur penting untuk menjaga kinerja sistem AC, mencegah penumpukan kotoran, dan menjaga kualitas udara di dalam mobil.

3 Penyebab Filter AC Kotor Pada Mobil Anda

filter ac kotor 1

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan filter AC kotor, dan hal itu bisa saja terjadi karena kelalaian kita sendiri, bahkan juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, maka dari itu Anda harus selalu hati-hati dan waspada. Di bawah ini ada beberapa penyebab filter AC kotor, yang terkadang penyebab tersebut dianggap sebagai hal remeh, tetapi bisa membuat filter AC Anda tidak berfungsi dengan baik. Dan penjelasannya adalah sebagai berikut :

1. Debu dan Kotoran

Debu dan kotoran adalah partikel yang banyak terdapat di udara, terutama di musim kemarau atau di daerah yang kering. Partikel ini dapat masuk ke dalam sistem AC melalui celah-celah atau lubang-lubang yang ada di unit AC. Jika tidak dibersihkan secara rutin, debu dan kotoran akan menumpuk di filter AC mobil dan mengurangi aliran udara yang masuk ke dalam sistem AC.

2. Bulu Hewan Peliharaan

Bulu hewan peliharaan, seperti kucing atau anjing, juga dapat menjadi penyebab filter AC kotor. Bulu hewan peliharaan dapat terbawa oleh angin atau hembusan AC dan menempel di filter AC mobil. Bulu hewan peliharaan juga dapat menjadi sarang bagi bakteri, jamur, dan kutu yang dapat merusak filter AC mobil dan menyebabkan ac mobil bau tidak sedap.

3. Asap Rokok

Asap rokok adalah salah satu sumber polusi udara yang dapat merusak filter AC mobil. Asap rokok mengandung zat-zat kimia yang dapat menempel di filter AC mobil dan menyebabkan noda, bau, dan kerak. Asap rokok juga dapat mengurangi kualitas udara yang dihasilkan oleh AC dan membahayakan kesehatan penghuni ruangan.

4. Lingkungan Berdebu

Lingkungan yang berdebu, seperti di sekitar jalan raya, pabrik, atau tempat pembangunan, juga dapat menyebabkan filter AC kotor. Debu yang berasal dari lingkungan tersebut dapat masuk ke dalam sistem AC melalui ventilasi atau jendela yang terbuka. Debu yang berlebihan dapat menyumbat filter AC mobil dan mengganggu kinerja AC.

5. Kurangnya Perawatan Rutin

Faktor terakhir yang dapat menyebabkan filter AC kotor adalah kurangnya perawatan rutin. Filter AC mobil adalah komponen yang perlu dibersihkan secara teratur untuk menjaga fungsinya. Jika filter AC mobil jarang atau tidak pernah dibersihkan, maka kotoran akan menumpuk dan menyebabkan filter AC mobil tidak dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga : Manfaat Rutin Service AC Mobil Dan Estimasi Harga

Apa Yang Terjadi Jika Filter AC Kotor Pada Kendaraan Anda

filter ac kotor 2

Filter AC kotor dapat menimbulkan berbagai akibat yang merugikan bagi pengguna AC. Kerugian-kerugian tersebut pastinya akan sangat mengganggu. Maka dari itu, agar Anda lebih bersemangat untuk melakukan service ac mobil, kenali akibat filter AC kotor yang akan terjadi, seperti :

1. Menurunkan Kinerja AC

Filter AC kotor dapat menurunkan kinerja AC karena menghambat aliran udara yang masuk ke dalam sistem AC. Hal ini dapat menyebabkan AC tidak dapat mendinginkan ruangan dengan baik, mengeluarkan suara yang bising, atau bahkan mati secara tiba-tiba. Kinerja AC yang menurun juga dapat meningkatkan konsumsi listrik dan biaya operasional AC.

2. Menurunkan Kualitas Udara

Filter AC kotor dapat menurunkan kualitas udara yang dihasilkan oleh AC karena mengandung debu, kotoran, bakteri, jamur, dan partikel lain yang berbahaya. Udara yang kotor ini dapat menyebabkan polusi udara dalam ruangan dan membahayakan kesehatan penghuni ruangan. Beberapa gejala yang dapat timbul akibat udara kotor adalah iritasi mata, hidung, dan tenggorokan, batuk, bersin, alergi, asma, infeksi saluran pernapasan, dan lain-lain.

3. Merusak Sistem AC

Filter AC yang kotor dapat merusak sistem AC karena menyebabkan beban kerja yang berlebihan pada komponen AC, seperti kompresor, evaporator, kondensor, dan lain-lain. Beban kerja yang berlebihan ini dapat menyebabkan komponen AC menjadi panas, aus, bocor, atau rusak. Kerusakan sistem AC dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang mahal atau bahkan penggantian AC yang baru.

Baca Juga : Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Angin Saja

Pentingnya Service Berkala Filter AC Mobil

filter ac kotor 3

Servis berkala filter AC adalah salah satu cara untuk mencegah filter AC menjadi kotor dan merusak sistem AC. Servis berkala filter AC juga memiliki beberapa manfaat, antara lain :

1. Meningkatkan Kinerja AC

Servis berkala filter AC mobil dapat meningkatkan kinerja AC karena menjaga filter AC tetap bersih dan bebas dari debu, kotoran, dan partikel lain yang dapat menghambat aliran udara. Filter AC yang bersih dapat membuat AC bekerja dengan optimal, efisien, dan hemat energi. AC yang bekerja dengan baik juga dapat memberikan kenyamanan dan kesegaran bagi penghuni ruangan.

2. Meningkatkan Kualitas Udara

Servis berkala filter AC mobil dapat meningkatkan kualitas udara yang dihasilkan oleh AC karena menghilangkan debu, kotoran, bakteri, jamur, dan partikel lain yang dapat merusak kesehatan.

Filter AC mobil yang bersih dapat menyaring udara dengan menyaring udara dengan baik dan menghasilkan udara yang bersih, sehat, dan segar. Filter AC yang bersih juga dapat mencegah polusi udara dalam ruangan dan mengurangi risiko penyakit yang disebabkan oleh udara kotor.

3. Menghemat Biaya Perawatan dan Perbaikan AC

Servis berkala filter AC mobil dapat menghemat biaya perawatan dan perbaikan AC karena mencegah filter AC menjadi kotor dan rusak. Filter AC yang kotor dan rusak dapat menyebabkan kerusakan sistem AC yang membutuhkan biaya perbaikan yang mahal atau bahkan penggantian AC yang baru. Servis berkala filter AC mobil juga dapat memperpanjang umur AC dan mengurangi frekuensi servis AC.

Lakukan Service AC Mobil Secara Berkala hanya di Rotary Auto

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa filter AC mobil adalah komponen yang sangat penting bagi sistem AC dan kesehatan penghuni ruangan. Filter AC mobil yang kotor dapat menimbulkan berbagai masalah dan kerugian bagi pengguna AC. Oleh karena itu, filter AC mobil perlu dibersihkan dan diservice secara berkala untuk menjaga kondisinya.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk membersihkan, mengganti filter AC Anda, Anda dapat mengunjungi website resmi Rotary Auto bengkel AC mobil yang berpengalaman dan berkualitas.

Rotary Auto memiliki teknisi yang profesional, berpengalaman, dan bersertifikat yang dapat melakukan pemeriksaan dan perawatan pada kendaraan dengan cepat, tepat, dan aman. Rotary Auto juga menawarkan harga yang terjangkau, garansi yang jelas, dan layanan yang ramah dan memuaskan.

Jangan tunggu filter AC Anda menjadi kotor dan rusak, segera hubungi Rotary Auto untuk membuat janji service AC Anda, dan kembalikan performa AC Anda seperti baru lagi. Hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Ayo langsung reservasi sekarang juga, dengan cara klik disini!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...