Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Angin Saja

Penggunaan sistem pendingin udara (AC) pada kendaraan telah menjadi fitur standar yang memberikan kenyamanan dan kualitas udara yang baik di dalam kabin. AC tidak hanya berfungsi untuk memberikan udara sejuk, tetapi juga untuk menjaga tingkat kelembapan dan kenyamanan pengendara serta penumpang. Namun, apa yang terjadi bila ac mobil tidak dingin?

Beberapa faktor dapat menjadi penyebab utama ac mobil tidak dingin, mulai dari masalah teknis pada komponen internal hingga kekurangan freon. Pemahaman mendalam terhadap potensi penyebab ac mobil tidak dingin tersebut penting untuk memahami sifat gangguan dan mencari solusi yang tepat agar performa AC mobil dapat dipulihkan dengan efektif.

Dalam artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum yang mungkin menyebabkan AC mobil tidak dingin. Dengan pemahaman yang baik terhadap faktor-faktor tersebut, diharapkan pengguna dapat lebih mudah mengidentifikasi masalah dan mengambil langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.

Pertanyaan Seputar AC Mobil Tidak Dingin

Disarankan untuk memeriksa sistem AC setidaknya sekali setahun, atau lebih sering jika Anda mencurigai adanya masalah.
Meskipun kit DIY tersedia, disarankan untuk mendapatkan bantuan profesional untuk mengisi refrigeran guna memastikan pengisian yang tepat.
Biaya perbaikan AC bervariasi tergantung pada jenis perbaikan yang diperlukan, namun, mencari bantuan profesional biasanya lebih hemat daripada mengabaikan masalah.
Meskipun tidak wajib, meng-upgrade sistem AC pada mobil tua dapat meningkatkan kenyamanan berkendara dan efisiensi pendinginan.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Hanya Angin Saja

ac mobil tidak dingin 1

Selain dari masalah AC mobil tidak dingin, masalah umul lainnya seperti ac mobil bau tidak sedap, ac mobil bunyi berisik dan masalah-masalah pada part-part tertentu bisa saja terjadi jika anda jarang melakukan pengecekan dan perawatan pada ac mobil anda.

Penting untuk anda memahami komponen utama dari sistem AC mobil agar mengetahui apa saja yang dilakukan saat service mobil di bengkel. Sistem ini melibatkan beberapa bagian penting yang bekerja bersama untuk menciptakan udara dingin di dalam kendaraan Anda.

  1. Freon Habis

Salah satu alasan umum AC mobil tidak dingin adalah karena kehabisan freon. Freon berfungsi sebagai refrigeran yang mengalir di dalam sistem, dan jika jumlahnya berkurang, AC tidak akan mampu menciptakan udara dingin secara efektif.

  1. Kondensor Kotor

Kondensor yang kotor juga dapat menghambat kinerja AC. Kondensor berperan dalam menyerap panas dari udara luar, dan jika tertutup oleh kotoran dan debu, efisiensinya akan menurun. Beruntung, membersihkan kondensor bisa menjadi solusi sederhana.

  1. Kompresor Rusak

Kompresor yang rusak dapat menjadi penyebab utama AC tidak dingin. Tanda-tanda seperti suara berisik atau getaran yang tidak biasa dapat menandakan masalah pada kompresor. Jangan abaikan gejala ini, segera periksakan ke mekanik terpercaya.

  1. Extra Fan Mati

Fan tambahan, atau auxiliary fan, berfungsi untuk mendinginkan kondensor. Jika fan ini mati atau tidak berfungsi dengan baik, AC tidak akan mampu menghasilkan udara dingin secara efisien. Periksa dan perbaiki masalah fan secara teratur.

  1. Sistem AC Mobil Kelebihan Tekanan

Kelebihan tekanan dalam sistem AC mobil dapat menjadi bahaya serius. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen kritis dan bahkan berpotensi menyebabkan kebocoran refrigeran. Pastikan untuk mengatasi kelebihan tekanan dengan hati-hati.

  1. Penyumbatan Evaporator

Evaporator yang tersumbat juga dapat menghambat aliran udara dingin. Penyumbatan dapat disebabkan oleh kotoran atau kelembapan yang berlebihan. Lakukan pemeriksaan berkala dan bersihkan evaporator jika perlu.

  1. Fan Belt Putus

Meskipun kecil, fan belt memainkan peran penting dalam sistem AC. Jika putus, fan tidak akan berputar dengan benar, mengakibatkan penurunan performa AC. Ganti fan belt yang putus segera setelah Anda menyadarinya.

  1. Thermistor Rusak

Thermistor mengukur suhu udara yang masuk ke dalam evaporator. Jika rusak, dapat menyebabkan ketidakstabilan suhu dan membuat AC tidak efektif. Periksakan dan ganti thermistor yang rusak sesegera mungkin.

Baca Juga : Daftar Rekomendasi Service Mobil Terdekat di Kota Anda

Tips Perawatan AC Agar Terhindar Dari Masalah AC Mobil Tidak Dingin

ac mobil tidak dingin 2

Untuk mencegah atau mengatasi masalah AC mobil tidak dingin hanya angin saja, ada beberapa langkah perawatan yang bisa dilakukan, antara lain :

  • Menjaga Kabin Tetap Bersih

Pastikan untuk menjaga kabin mobil tetap bersih agar aliran filter udara pada AC mobil anda tidak kotor. Filter udara yang kotor akibat kurang memperhatikan kebersihan kabin mobil bisa menjadi salah satu faktor ac mobil tidak dingin. Bila anda mengalami situasi seperti ini, segera mengganti filter ac mobil anda dengan yang baru di bengkel ac mobil terdekat.

  • Membersihkan kondensor AC

Lakukan pembersihan kondensor AC mobil secara teratur untuk memastikan kinerjanya tetap optimal. Pembersihan kondensor ac mobil dilakukan dengan penyemprotan menggunakan air bertekanan tinggi pada bagian depan mobil letak kondensor ac mobil berada. Pelayanan ini bisa anda dapatkan di bengkel ac mobil terdekat Rotary Auto.

  • Rutin membersihkan filter AC

Selalu rutin membersihkan filter AC mobil agar udara yang masuk ke kabin tetap bersih dan sejuk. Sama seperti menjaga kabin tetap bersih agar tidak ada udara yang tersumbat di kabin mobil.

  • Jangan menyalakan AC secara langsung

Hindari menyalakan AC secara langsung setelah mobil dinyalakan, beri waktu beberapa saat agar mesin stabil. Mobil yang hendak baru digunakan pasti meninggalkan udara panas yang mengendap didalam kabin mobil. Buka jendela kendaraan anda dan biarkan udara panas yang mengendap keluar dari kabin mobil anda.

  • Parkir di tempat yang teduh

Parkirlah mobil di tempat yang teduh untuk menghindari panas berlebih yang dapat memengaruhi kinerja AC. Mobil yang diparkir ditempat teduh tentunya membuat udara dikabin mobil lebih sejuk dan adem dibanding mobil yang sedang parkir dibawah terik matahari.

  • Menyalakan AC dengan cara yang tepat

Pastikan untuk menyalakan AC dengan cara yang tepat sesuai petunjuk penggunaan. Ketika sudah menyalakan mobil lalu hendak menyalakan ac kendaraan, pastikan anda menaikan suhu ac mobil secara bertahap. Anda bisa menyalakan fan nya terlebih dahulu, lalu dilanjut menyalakan ac mobil anda.

  • Jangan merokok di dalam mobil

Jangan merokok di dalam mobil karena asap rokok dapat mempengaruhi kualitas udara dalam kabin dan merusak sistem AC. Kumpulan asap dari rokok dan debu yang berserakan dikabin mobil dapat membuat filter ac mobil menjadi cepat kotor. Bila filter ac mobil sudah kotor maka udara yang dihasilkan bisa tersumbat.

Baca Juga : Manfaat Rutin Service AC Mobil Dan Estimasi Harga

Jangan Panik! Lakukan Ini Jika AC Mobil Tidak Dingin Secara Tiba-tiba

ac mobil tidak dingin 3

Jika tiba-tiba AC mobil tidak dingin hanya angin saja, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Mematikan AC Mobil

Mematikan AC mobil adalah hal pertama yang perlu dilakukan jika tiba-tiba AC mobil tidak dingin. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan lebih parah pada sistem AC mobil. Jika AC mobil terus dinyalakan, maka bisa jadi akan menimbulkan masalah lain, seperti overheat, bau tidak sedap, atau bunyi berisik.

2. Membuka Jendela Mobil

Membuka jendela mobil adalah hal kedua yang perlu dilakukan jika tiba-tiba AC mobil tidak dingin. Hal ini bertujuan untuk memberikan sirkulasi udara yang baik di dalam kabin mobil. Jika jendela mobil tertutup, maka bisa jadi akan menimbulkan rasa sesak, pengap, atau pusing.

3. Mencari Bengkel Service AC Mobil

Mencari bengkel service AC mobil terdekat adalah hal yang perlu dilakukan jika tiba-tiba AC mobil tidak dingin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dan solusi dari masalah AC mobil tidak dingin. Jangan mencoba untuk memperbaiki sendiri, karena bisa jadi akan menimbulkan kerusakan lebih parah atau bahaya bagi diri sendiri. Pilihlah bengkel service AC mobil yang berpengalaman seperti Rotary Auto.

Rotary Auto : Bengkel Service AC Mobil Terdekat Yang Berpengalaman

Jika Anda mengalami masalah AC mobil tidak dingin, AC mobil bau apek, AC mobil bunyi berisik, dan sedang mencari bengkel service ac mobil terdekat yang berpengalaman dan terpercaya, maka jangan ragu untuk menghubungi kami di Rotary Auto.

Anda pasti penasaran, mengapa harus Rotary Auto? Alasannya adalah Kami merupakan bengkel service AC mobil terdekat yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun. Tidak hanya ac mobil, kami siap membantu Anda dengan service kaki kaki mobil, service engine, tune up hingga perawatan pada lampu mobil hingga penggantian suku cadang. Hubungi customer service untuk melakukan reservasi sekarang juga dan dapatkan penawaran menarik dengan cara klik disini.

Jika Anda melakukan perbaikan dan melakukan service ac mobil di Rotary Auto, maka tak perlu khawatir juga AC mobil Anda akan berfungsi seperti semula lagi, AC mobil Anda yang bermasalah akan sehat kembali seperti sedia kala.

Ayo, jangan ragu untuk mendatangi bengkel service ac mobil terdekat Rotary Auto. Kunjungi website resmi Rotaryauto.co.id untuk mendapatkan informasi lengkap lainnya seputar perawatan, tips, dan masalah pada komponen mobil seperti Kaki kaki mobil, engine, tune up dan AC mobil.

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...