Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Jangan Sampai Lalai Lakukan Servis Berkala Mobil! Ini Alasannya!

Tentu kita telah ketahui dan pahami bersama bahwa mobil merupakan kendaraan pribadi yang banyak dipilih oleh masyarakat, terlebih di Indonesia. Kemampuannya dalam membawa muatan dan penumpang dalam jumlah yang cukup banyak menjadikan mobil sebagai pilihan kendaraan pribadi yang ideal di mata banyak orang, entah itu untuk pergi bekerja, kuliah hingga sekedar refreshing.

Seiring dengan penggunaan dan berjalannya waktu, berbagai bagian dalam mobil seperti AC, kaki kaki hingga mesin dapat mengalami masalah bahkan kerusakan. Penyebabnya bisa berbagai macam, mulai dari usia pakai yang sudah terkikis, kondisinya yang usang, benturan keras, kerusakan komponen hingga gaya berkendara. Hal ini membuatnya servis berkala mobil menjadi hal yang wajib untuk dilakukan.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami terkait pentingnya servis berkala mobil ini yang justru hanya akan merugikan diri mereka sendiri pada akhirnya. Sebagai pemilik kendaraan yang cerdas, Anda perlu memahami soal pentingnya melakukan servis berkala dan apa akibatnya bila servis berkala mobil tersebut tidak dilakukan? Itulah yang akan jadi pembahasan kita dalam artikel kali ini! Simak terus sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar Sevis Berkala Mobil

Servis berkala mencakup pemeriksaan dan perawatan berbagai komponen, termasuk penggantian oli mesin, pemeriksaan sistem rem, pemeriksaan sistem pendingin, penggantian filter, dan lainnya.
Biaya servis berkala mobil dapat bervariasi tergantung pada jenis mobil, jenis servis, dan bengkel tempat Anda melakukan servis. Sebaiknya minta perkiraan biaya sebelumnya.
Setelah servis berkala, perhatikan perubahan dalam kinerja mobil, termasuk suara mesin, respons pedal gas, dan konsumsi bahan bakar. Jika ada masalah, segera hubungi bengkel.
Ya, servis berkala yang tepat waktu dan teratur dapat memperpanjang umur pakai mobil dengan mencegah kerusakan yang bisa terjadi akibat ketidaksempurnaan perawatan.

Alasan Servis Berkala Mobil itu Sangat Penting

servis berkala mobil

Seperti yang dikatakan sebelumnya, seiring berjalannya waktu berbagai bagian mobil dapat mengalami masalah. Dari sini kita sebenarnya telah mendapat gambaran tentang pentingnya servis berkala mobil, berikut ini adalah detailnya :

1. Meningkatkan Performa Mobil

Alasan pertama mengapa servis mobil itu penting adalah untuk meningkatkan performa mobil. Dengan servis mobil, Anda dapat memastikan bahwa semua komponen mobil berfungsi dengan baik dan optimal. Hal ini akan membuat mobil Anda lebih responsif, bertenaga, irit bahan bakar, dan nyaman dikendarai.

2. Mencegah Kerusakan Mobil

Alasan kedua mengapa servis mobil itu penting adalah untuk mencegah kerusakan mobil. Dengan servis mobil, Anda dapat mendeteksi dan mengatasi masalah-masalah kecil yang mungkin terjadi pada mobil sebelum menjadi lebih parah dan berbahaya. Hal ini akan menghemat biaya dan waktu Anda untuk perbaikan di kemudian hari.

3. Menjaga Keselamatan Mobil dan Pengendara

Alasan ketiga mengapa servis mobil itu penting adalah untuk menjaga keselamatan mobil dan pengendara. Dengan servis mobil, Anda dapat memastikan bahwa sistem rem, ban, lampu, kaca spion, sabuk pengaman, dan komponen keselamatan lainnya berada dalam kondisi prima. Hal ini akan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan atau kerugian akibat mobil yang tidak laik jalan.

Pertanyaan berikutnya adalah seberapa sering skala servis berkala mobil ini harus dilakukan? Servis berkala mobil biasanya dilakukan setiap jarak tempuh tertentu, misalnya 1.000 km, 5.000 km, 10.000 km, dan seterusnya bergantung pada bagian mobil mana Anda akan melakukan servis. Servis mobil bertujuan untuk menjaga performa, kesehatan, dan keselamatan mobil dan pengendaranya.

Baca Juga : Ini Bahaya Mobil Bergetar Saat RPM Rendah! Kenali Cara Mengatasinya Disini!

Faktor Dan Alasan Yang Membuat Orang Malas Melakukan Servis Berkala Mobil

servis berkala mobil

Meskipun servis berkala mobil sangat penting, masih banyak orang yang mengabaikan atau menunda-nunda kegiatan ini. Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang menjadi malas servis mobil. Ada beberapa faktor dan alasan, diantaranya adalah :

1. Biaya

Salah satu faktor dan alasanyang paling sering terlontar adalah biaya. Banyak orang yang merasa servis mobil itu mahal dan tidak perlu. Padahal, biaya servis mobil sebenarnya relatif terjangkau dan bervariasi tergantung dari jenis dan kondisi mobil, serta jasa bengkel yang dipilih.

Dan apabila kita pikirkan lagi, apabila jarang melakukan servis mobil, maka hal itu akan merusak berbagai macam bagian mobil yang justru semakin membuat kita mengeluarkan banyak uang bukan? Satu hal yang perlu kita pahami bersama adalah bahwa servis

2. Waktu

Faktor lain yang membuat orang malas servis berkala mobil adalah waktu. Banyak orang yang merasa tidak punya waktu luang untuk membawa mobil ke bengkel dan menunggu proses servis selesai.

Padahal, waktu yang dibutuhkan untuk servis mobil sebenarnya tidak terlalu lama, tergantung dari tingkat kerumitan dan jumlah komponen yang dicek dan diganti. Selain itu, banyak bengkel yang menyediakan fasilitas reservasi online atau antar-jemput mobil untuk memudahkan pelanggan yang sibuk.

3. Pengetahuan

Faktor selanjutnya yang membuat orang malas servis berkala mobil adalah pengetahuan. Banyak orang yang tidak mengerti apa saja yang dilakukan saat servis mobil dan apa manfaatnya bagi mobil. Ini menjadi hal yang harus diperhatikan. Sebagai pemilik kendaraan yang cerdas, Anda perlu memiliki pengetahuan setidaknya pengetahuan dasar soal mobil Anda agar Anda tahu apa yang harus dilakukan bila mana mobil Anda mengalami masalah.

Dalam hal ini, kami dari Rotary Auto akan berkomitmen untuk terus memberikan edukasi seputar dunia otomotif yang akan kami sebarkan lewat website kami ini agar kita semua dapat memiliki pengetahuan yang cukup dan mendalam seputar mobil dan perawatannya. Maka dari itu, selalu ikuti informasi terbaru dari kami ya!

Oh iya, kembali ke topik utama, perlu Anda pahami bahwa servis berkala mobil meliputi berbagai hal, seperti service AC mobil, service mesin mobil hingga service kaki kaki mobil. Semua hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja, efisiensi, dan keawetan mobil.

Baca Juga : Hati-Hati! AC Mobil Tiba Tiba Tidak Dingin Bisa Terjadi Kapan Saja! Kenali Penyebabnya Disini!

Akibat Tidak Melakukan Servis Berkala Mobil

servis berkala mobil

Setelah memahami berbagai informasi diatas, Anda mungkin bertanya-tanya, apa yang sekiranya akan terjadi bila jarang melakukan servis mobil secara berkala? Dalam hal ini, akan ada beberapa akibat buruk yang akan Anda alami, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menurunnya Performa Mobil

Akibat pertama yang mungkin terjadi jika Anda tidak melakukan servis mobil adalah menurunnya performa mobil. Jika Anda tidak melakukan pengecekan dan penggantian komponen mobil secara rutin, maka mobil Anda akan mengalami penurunan kinerja, seperti mesin menjadi loyo, akselerasi menjadi lambat, konsumsi bahan bakar menjadi boros, suara mesin menjadi kasar, dan lain-lain.

2. Terjadinya Kerusakan Mobil

Akibat kedua yang mungkin terjadi jika Anda tidak melakukan servis mobil adalah terjadinya kerusakan mobil. Jika Anda mengabaikan masalah-masalah kecil yang ada pada mobil, maka lama-kelamaan masalah tersebut akan menjadi lebih besar dan berdampak pada komponen lainnya.

Hal ini akan menyebabkan mobil Anda mengalami kerusakan yang serius, seperti mesin overheat, rem blong, ban bocor, aki soak, korsleting listrik, dan lain-lain.

3. Membahayakan Keselamatan Mobil dan Pengendara

Akibat ketiga yang mungkin terjadi jika Anda tidak melakukan servis mobil adalah membahayakan keselamatan mobil dan pengendara. Jika Anda tidak memperhatikan kondisi komponen keselamatan mobil, maka mobil Anda akan menjadi tidak laik jalan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. Hal ini akan membahayakan nyawa dan harta Anda, serta orang lain yang berada di sekitar Anda.

Tips Mencari Bengkel Servis Berkala Mobil

servis berkala mobil

Setelah mengetahui akibat-akibat yang mungkin terjadi jika Anda tidak melakukan servis berkala mobil, sekarang kita akan membahas tips mencari bengkel servis mobil yang dapat Anda percayakan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

1. Cari Referensi dari Teman atau Keluarga

Tips pertama yang dapat Anda lakukan adalah mencari referensi dari teman atau keluarga yang sudah pernah servis mobil di bengkel tertentu. Anda dapat menanyakan pengalaman, pelayanan, kualitas, dan harga yang ditawarkan oleh bengkel tersebut. Anda juga dapat melihat testimoni atau ulasan dari pelanggan lain di internet atau media sosial.

2. Pilih Bengkel Resmi atau Reputasi Baik

Tips kedua yang dapat Anda lakukan adalah memilih bengkel resmi atau reputasi baik. Bengkel resmi adalah bengkel yang bekerja sama dengan produsen mobil tertentu dan memiliki sertifikat atau lisensi yang sah. Bengkel resmi biasanya memiliki fasilitas, peralatan, dan tenaga ahli yang lengkap dan berkualitas.
Dan engkel reputasi baik adalah bengkel yang sudah terkenal dan dipercaya oleh banyak pelanggan karena hasil kerja yang memuaskan. Anda dapat mengecek reputasi bengkel dari lama berdiri, jumlah cabang, atau penghargaan yang pernah diraih.

3. Bandingkan Harga dan Fasilitas

Tips ketiga yang dapat Anda lakukan adalah membandingkan harga dan fasilitas yang ditawarkan oleh bengkel-bengkel yang Anda pilih. Anda dapat mencari informasi tentang paket servis mobil, komponen yang diganti, garansi, dan biaya tambahan yang mungkin dikenakan.

Anda juga dapat mempertimbangkan fasilitas yang disediakan oleh bengkel, seperti ruang tunggu, wifi, minuman, antar-jemput, atau reservasi, seperti ruang tunggu, wifi, minuman, antar-jemput, atau reservasi online. Anda dapat memilih bengkel yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Salah satu bengkel servis mobil yang dapat Anda pertimbangkan adalah Rotary Auto. Bengkel servis mobil yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya lho! Hal ini tentu membuat Rotary Auto dapat melayani berbagai jenis dan merek mobil, serta memiliki tim mekanik yang profesional, berpengalaman dan handal dalam menangani berbagai masalah mobil, mulai dari AC, kaki kaki hingga mesin mobil.

Sebagai bengkel dengan reputasi positif selama lebih dari 20 tahun, Rotary Auto tentu selalu mengedepankan kepuasan pelanggan. Salah satunya adalah dengan tersedianya layanan konsultasi GRATIS lho! Iya.. Anda tidak salah mendengarnya… GRATIS! Sebelum melakukan service mobil, Anda dapat terlebih dahulu berkonsultasi untuk menemukan dimana masalahnya, apa solusinya lalu bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya. Ini membuat biaya di Rotary Auto jauh lebih transparan karena segalanya dijelaskan terlebih dahulu diawal.

Bagaimana? Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...