Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Lampu Injeksi Menyala Terus? Ini Penyebab dan Solusinya

Lampu injeksi mobil adalah salah satu lampu indikator yang ada di dashboard mobil. Lampu ini berfungsi untuk memberi tahu pengemudi jika ada masalah pada sistem injeksi bahan bakar mobil. Lalu apa artinya jika lampu injeksi menyala terus menerus?

Perlu Anda ketahui, sistem injeksi bahan bakar adalah sistem yang mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar mesin dengan bantuan electronic control unit (ECU) dan sensor-sensor lainnya. Sistem ini sangat penting untuk menjaga performa dan efisiensi pada mesin mobil.

Namun, terkadang lampu injeksi mobil bisa menyala terus tanpa sebab yang jelas. Hal ini tentu membuat pengemudi khawatir dan bingung. Apa sebenarnya penyebab lampu injeksi menyala? Apa dampaknya bagi mesin mobil? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pertanyaan Seputar Lampu Injeksi Menyala

Lampu indikator injeksi pada mobil memberikan tanda tentang keadaan mesin. Jika lampu tersebut menyala, itu menandakan ada masalah pada sistem injeksi bahan bakar.
Jika lampu indikator mesin tetap menyala, Anda sebaiknya segera memeriksa aki mobil. Kebanyakan masalah mesin mobil berawal dari aki. Pastikan aki dalam kondisi baik.
Ketika lampu indikator mesin menyala, itu menunjukkan masalah pada kendaraan. Penting untuk tidak memaksa perjalanan dengan lampu tersebut menyala karena bisa membahayakan.
Injektor bisa rusak karena penggunaan bahan bakar yang tidak tepat atau kurang perawatan. Injektor perlu dibersihkan secara teratur dengan cairan khusus. Kerusakan atau kekotoran dapat menyebabkan masalah pada mesin.

Fungsi Lampu Injeksi Mobil

lampu injeksi menyala 1

Anda bisa menemukan lampu indikator di setiap mobil. Masing-masing indikator memiliki fungsi berbeda dan masing-masing memiliki arti lampu indikator pada mobil tersendiri. Sebelum mengetahui alasan mengapa lampu injeksi menyala terus, kenali dulu fungsi dari lampu injeksi, seperti:

1. Menginformasikan Kondisi Sistem Injeksi Bahan Bakar

Fungsi utama lampu injeksi mobil adalah menginformasikan kondisi sistem injeksi bahan bakar mobil. Jika lampu ini menyala, berarti ada masalah pada sistem tersebut. Masalah ini bisa berasal dari komponen-komponen yang terkait dengan sistem injeksi bahan bakar, seperti ECU, sensor oksigen, sensor mass air flow, fuel injector, fuel pump, filter udara, catalytic converter, dan lain-lain.

2. Membantu Diagnosis Kerusakan

Fungsi lain lampu injeksi mobil adalah membantu diagnosis kerusakan. Dengan menggunakan alat khusus yang disebut scanner, mekanik bisa membaca kode kesalahan (trouble code) yang disimpan oleh ECU. Kode kesalahan ini akan menunjukkan komponen mana yang bermasalah dan penyebabnya. Dengan begitu, mekanik bisa menentukan langkah perbaikan yang tepat.

Penyebab Lampu Injeksi Menyala

Ada beberapa lampu injeksi mobil menyala terus, seperti:

1. Tutup Bensin Kurang Rapat

Penyebab lampu injeksi mobil menyala terus yang paling sederhana adalah tutup bensin kurang rapat. Jika tutup bensin tidak ditutup dengan rapat, maka akan terjadi kebocoran uap bensin yang bisa mengganggu tekanan bahan bakar. Hal ini akan terdeteksi oleh ECU sebagai kondisi yang tidak normal dan menyebabkan lampu injeksi menyala.

2. Filter Udara Bermasalah

Filter udara adalah komponen yang berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar mesin. Udara yang bersih dan cukup akan membantu pembakaran bahan bakar menjadi lebih optimal.

Namun, jika filter udara kotor atau rusak, maka aliran udara akan terhambat. Hal ini akan mempengaruhi sensor mass air flow, yang bertugas mengukur jumlah udara yang masuk ke mesin. Jika sensor ini tidak bekerja dengan baik, maka ECU tidak bisa mengatur suplai bahan bakar dengan tepat. Akibatnya, yang terjadi adalah lampu injeksi menyala pada kendaraan anda.

3. Sensor Oksigen Bermasalah

Sensor oksigen adalah komponen yang berfungsi untuk mengukur kadar oksigen di gas buang. Sensor ini akan memberi sinyal ke ECU untuk menyesuaikan campuran bahan bakar dan udara agar pembakaran menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

Namun, jika sensor oksigen kotor, rusak, atau tidak terpasang dengan benar, maka sinyal yang dikirim akan tidak akurat. Hal ini akan membuat ECU salah mengatur suplai bahan bakar dan menyebabkan lampu injeksi menyala.

4. Catalytic Converter Bermasalah

Catalytic converter adalah komponen yang berfungsi untuk mengubah gas buang yang berbahaya menjadi gas yang lebih ramah lingkungan. Catalytic converter bekerja dengan bantuan katalis yang bereaksi dengan gas buang.

Dan jika catalytic converter kotor, rusak, atau tersumbat, maka proses konversi gas buang akan terganggu. Hal ini akan meningkatkan emisi gas buang dan mengurangi performa mesin. ECU akan mendeteksi kondisi ini dan menyebabkan lampu injeksi menyala.

5. Aki Bermasalah

Aki adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan dan menyuplai arus listrik ke sistem kelistrikan mobil, termasuk sistem injeksi bahan bakar. Jika aki bermasalah, misalnya tidak terisi penuh, over charging, atau rusak, maka arus listrik yang disuplai akan tidak stabil. Hal ini akan mengganggu kerja ECU dan sensor-sensor yang terkait dengan sistem injeksi bahan bakar. Akibatnya, lampu injeksi menyala.

Baca Juga : Jangan Panik! Indikator Mesin Menyala Kenali Dulu Penyebabnya!

Akibat Lampu Injeksi Menyala Terus Pada Kendaraan Anda

Akan ada beberpa akibat jika lampu injeksi mobil menyala terus, beberapa diantaranya adalah:

1. Performa Mesin Menurun

Akibat lampu injeksi menyala terus yang paling terasa adalah performa mesin menurun. Jika sistem injeksi bahan bakar bermasalah, maka pembakaran bahan bakar di ruang bakar mesin akan tidak optimal. Hal ini akan membuat mesin menjadi kurang bertenaga, loyo, atau bahkan mogok. Selain itu, mesin juga akan lebih mudah panas dan berisik.

2. Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

Akibat lampu injeksi mobil menyala terus yang lain adalah konsumsi bahan bakar meningkat. Jika sistem injeksi bahan bakar bermasalah, maka suplai bahan bakar ke mesin akan tidak sesuai dengan kebutuhan. Hal ini akan membuat bahan bakar menjadi lebih boros dan tidak efisien. Selain itu, bahan bakar yang tidak terbakar sempurna juga akan meningkatkan emisi gas buang yang berbahaya.

3. Kerusakan Komponen Lain

Akibat lampu injeksi mobil menyala terus yang paling berbahaya adalah kerusakan komponen lain. Jika sistem injeksi bahan bakar bermasalah, maka komponen-komponen yang terkait dengan sistem tersebut juga akan terpengaruh.

Misalnya, jika sensor oksigen bermasalah, maka catalytic converter juga akan rusak. Jika catalytic converter rusak, maka knalpot juga akan rusak. Jika knalpot rusak, maka mesin juga akan rusak. Dan seterusnya. Hal ini tentu akan menimbulkan biaya perbaikan yang sangat mahal.

Lampu Injeksi Menyala? Ayo Segera Bawa Kendaraan Anda Ke Rotary Auto

lampu injeksi menyala 2

Jika Anda mengalami masalah lampu injeksi mobil menyala terus, maka jangan anggap enteng. Segera atasi masalah ini dengan membawa mobil Anda ke bengkel yang terpercaya dan profesional. Salah satu bengkel yang bisa Anda andalkan adalah RotaryAuto.

RotaryAuto adalah bengkel spesialis kaki kaki mobil dan ac mobil yang juga menangani masalah mesin pada kendaraan. RotaryAuto memiliki mekanik yang handal, alat yang canggih, dan layanan yang berkualitas. RotaryAuto juga memberikan garansi untuk setiap perbaikan yang dilakukan.

Jangan biarkan lampu injeksi mobil menyala terus mengganggu kenyamanan dan keselamatan berkendara Anda. Segera hubungi RotaryAuto dan buat reservasi untuk perbaikan mobil Anda. Anda bisa menghubungi nomor telepon whatsapp klik disini atau mengunjungi website rotaryauto.co.id untuk informasi lebih lanjut. RotaryAuto siap melayani Anda dengan sepenuh hati.

Demikian artikel tentang lampu injeksi mobil menyala terus. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Kami tunggu kabar baiknya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...