Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Fungsi Komponen Kaki Kaki Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Sebagai pemilik mobil, penting bagi Anda untuk memahami komponen kaki kaki mobil, sistem rem mobil, peredam kejut, dan komponen lain yang membentuk kaki kaki mobil yang optimal. Di dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang komponen kaki kaki mobil. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat melakukan pemeliharaan yang tepat dan menjaga kondisi mobil Anda tetap prima.

[WPSM_AC id=5273

Sistem Suspensi Mobil

komponen kaki kaki mobil 1

Sistem suspensi mobil merupakan salah satu komponen kaki kaki mobil yang sangat penting untuk menjaga kenyamanan dan kestabilan saat berkendara. Sistem ini berperan dalam menyerap guncangan saat melintasi jalan yang tidak rata serta menjaga roda tetap berkontak dengan permukaan jalan.

  1. Support Shockbreaker

Komponen kaki kaki mobil ini berfungsi sebagai penyangga atau pendukung untuk shockbreaker. Support shockbreaker membantu menstabilkan shockbreaker agar dapat bekerja dengan baik dan menyerap guncangan dari jalan yang tidak rata.

  1. Shockbreaker

Shockbreaker adalah komponen kaki kaki mobil yang bertugas untuk menyerap guncangan dari jalan sehingga mobil dapat tetap stabil dan nyaman saat dikendarai. Shockbreaker juga membantu menjaga agar roda tidak bergoyang berlebihan saat mobil melintasi rintangan di jalan.

  1. Laher Roda

Laher roda adalah bantalan yang digunakan untuk mendukung putaran roda pada porosnya. Fungsi laher roda adalah untuk memastikan putaran roda berjalan lancar dan mengurangi gesekan antara roda dan porosnya.

  1. Tie Rod, Rack End, Rack Steering

Tie rod, rack end, dan rack steering merupakan komponen-komponen dalam sistem kemudi mobil. Tie rod berfungsi untuk menghubungkan kemudi dengan roda sehingga pergerakan kemudi dapat menggerakkan roda. Rack end adalah bagian ujung dari steering rack yang terhubung dengan tie rod. Rack steering adalah sistem yang mengubah gerakan kemudi menjadi gerakan lateral pada roda.

  1. Ball Joint

Ball joint adalah sambungan yang memungkinkan gerakan rotasi dan gerak lateral antara dua komponen yang terhubung. Pada kaki-kaki mobil, ball joint digunakan untuk menghubungkan lower arm dengan steering knuckle sehingga roda dapat bergerak sesuai dengan arah kemudi.

  1. Stabilizer dan Link Stabilizer

Stabilizer atau anti-roll bar adalah batang logam yang terhubung dengan suspensi mobil dan berfungsi untuk mengurangi kecenderungan mobil untuk bergoyang atau miring saat bermanuver. Link stabilizer adalah komponen yang menghubungkan stabilizer dengan suspensi mobil.

  1. Lower Arm

Lower arm adalah komponen yang menghubungkan suspensi dengan kerangka mobil. Fungsi lower arm adalah untuk menopang berat mobil serta memberikan stabilitas pada suspensi saat mobil bergerak.

  1. Bushing Trailing Arm

Bushing trailing arm adalah bantalan yang terbuat dari karet atau bahan lainnya yang dipasang pada bagian ujung trailing arm. Bushing ini berfungsi untuk meredam getaran dan suara serta mengurangi gesekan antara trailing arm dengan kerangka mobil, sehingga memberikan kenyamanan dan stabilitas saat mobil bergerak.

Baca Juga : Panduan Lengkap Kaki Kaki Mobil – Perawatan & Tips

Sistem Rem Mobil

komponen kaki kaki mobil 2

Sistem rem mobil merupakan salah satu sistem keamanan yang paling penting dalam komponen kaki kaki mobil. Tanpa sistem rem yang berfungsi dengan baik, Anda dapat menghadapi risiko kecelakaan yang serius. Sistem rem mobil terdiri dari berbagai komponen penting yang bekerja bersama-sama untuk menghasilkan pengereman yang efektif dan responsif.

Komponen Kaki kaki Mobil dalam Sistem Rem

Dalam penerapannya, prinsip kerja sistem rem mobil melibatkan beberapa komponen kaki-kaki mobil yang bekerja secara bersinergi.

Dalam sistem pengereman, terdapat beberapa komponen kaki-kaki mobil yang memiliki fungsi khusus masing-masing. Berikut adalah daftar komponen tersebut beserta peranannya.

  1. Cakram Rem

Cakram rem, atau yang sering disebut disc brake, adalah komponen rem yang menggunakan cakram sebagai bahan utamanya. Komponen ini berputar bersamaan dengan roda kendaraan dan berperan penting dalam proses pengereman.

  1. Master Rem

Komponen berikutnya adalah master rem yang berfungsi menampung tekanan dari pedal rem. Tekanan ini kemudian dialirkan ke bagian tromol melalui minyak rem.

  1. Rem Tromol

Rem tromol berperan dalam mengurangi kecepatan roda ketika diberlakukan rem. Untuk berfungsi maksimal, tromol harus menerima tekanan dari brake shoe dan pedal rem.

  1. Pedal Rem

Pedal rem adalah tuas yang harus ditekan untuk mengaktifkan rem kendaraan. Biasanya terletak di bagian bawah setir kendaraan.

  1. Brake Booster

Komponen brake booster membantu memberikan tekanan rem yang lebih ringan, terutama saat pengereman mendadak.

  1. Proportioning Valve

Proportioning valve adalah komponen yang mengatur distribusi tekanan rem pada roda. Ini membantu dalam menjaga keseimbangan pengereman antara roda depan dan belakang.

Komponen-komponen ini bekerja bersama-sama dalam sistem pengereman untuk memastikan kendaraan dapat berhenti dengan aman dan efektif. Selain itu, proses pendinginan yang terjadi secara alami juga membantu mencegah kelebihan panas yang dapat merusak komponen rem.

Untuk menjaga kinerja optimal sistem rem mobil, per klep perlu diperiksa secara teratur dan dilakukan pemeliharaan yang tepat. Hal ini meliputi pembersihan, penggantian jika diperlukan, dan pengetatan baut pengikat. Pemeliharaan yang baik akan memastikan sistem rem mobil Anda selalu dalam kondisi prima dan dapat diandalkan saat Anda membutuhkannya.

Baca Juga : Merawat Mobil Secara Rutin: Pentingnya Service Mobil dan Tune Up untuk Memastikan Kinerja Optimal

Komponen Lain dalam Sistem Kaki Kaki Mobil

komponen kaki kaki mobil 3

Selain sistem suspensi, dan sistem rem, ada beberapa komponen lain pada komponen kaki kaki mobil yang perlu Anda ketahui. Salah satu komponen tersebut adalah per mobil. Per mobil adalah komponen yang menghubungkan transmisi dengan roda, memungkinkan tenaga dari mesin untuk diteruskan ke roda dan menggerakkan mobil. Per mobil biasanya terhubung dengan drive shaft, yang mentransmisikan tenaga dari per mobil ke roda-roda kendaraan.

Komponen lain yang tidak boleh diabaikan dalam sistem kaki kaki mobil adalah sistem roda. Sistem roda meliputi velg, ban, dan roda gila (flywheel). Velg berfungsi sebagai penopang ban, sedangkan ban memberikan kontak langsung dengan jalan. Roda gila, yang terhubung dengan per mobil, memungkinkan kendaraan untuk bergerak maju atau mundur.

Memahami peran dan pentingnya komponen komponen kaki kaki mobil adalah kunci untuk menjaga kelancaran pergerakan dan meningkatkan keamanan saat berkendara. Dengan memahami bagaimana komponen-komponen ini saling berhubungan dan berfungsi, Anda dapat melakukan pemeliharaan yang tepat dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Segera melakukan pengecekan pada komponen kaki kaki mobil anda secara rutin dan menggantinya bila perlu. Perawatan pada kaki kaki mobil bisa anda lakukan dibengkel spesialis kaki kaki mobil Rotary Auto yang bisa anda kunjungi kapanpun. Reservasikan terlebih dahulu sebelu mengunjungi bengkel spesialis kaki kaki mobil Rotary Auto melalui website resmi kaki Rotaryauto.co.id atau dengan menghubungi customer service kami klik disini.

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...