Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Lampu Check Engine Menyala Saat Jalan? Ini Penyebabnya!

Ketika sedang dalam perjalanan dengan mobil, ada banyak hal yang bisa membuat kita was-was. Salah satunya adalah ketika lampu indikator check engine menyala saat jalan. Tidak bisa dipungkiri, ini bisa menjadi momen yang membuat stres bagi pengemudi. Seperti yang kita ketahui bersama, lampu indikator check engine pada sebuah mobil seharusnya mati, jika indikator check engine tersebut justru menyala, maka ini menjadi pertanda adanya masalah.

Ketika kita menemukan masalah lampu check engine menyala saat jalan, pertanyaan yang muncul biasanya adalah “mengapa lampu check engine menyala saat jalan?” Bagaimana ini bisa terjadi?” dan “Apakah mobil masih aman untuk digunakan?”.  Sebelum panik, penting untuk memahami apa arti dari lampu Check Engine yang menyala dan apa yang sebaiknya dilakukan selanjutnya.

Maka dari itu, dalam artikel kali ini, kita akan bahas tuntas mengenai masalah lampu check engine menyala saat jalan ini. Apa saja penyebabnya? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Gejala apa saja yang perlu diperhatikan pada lampu indikator check engine mobil ini? Itulah yang akan menjadi pembahasan utama kita dalam artikel kali ini. Seperti apa ya kira-kira? Yuk kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar Check Engine Menyala Saat Jalan

Perlu Anda pahami, ketika indikator check engine menyala, maka ini menjadi pertanda adanya masalah pada mesin mobil Anda. Sebaiknya jangan mengemudi dengan kondisi mesin yang buruk karena akan mengancam keselamatan Anda.
Lampu check engine berfungsi sebagai indikator bahwa sistem kendali mesin (ECU) telah mendeteksi masalah potensial dengan salah satu komponen kendaraan atau sistemnya. Ini memungkinkan pengemudi untuk menyadari adanya masalah dan segera mengambil tindakan pencegahan atau perbaikan.
Selain lampu check engine, ada beberapa indikator lain yang mungkin muncul pada dashboard mobil, seperti lampu oli, lampu baterai, lampu suhu mesin, lampu ABS, dan lampu seatbelt (pengaman sabuk pengaman). Setiap indikator ini mengisyaratkan kondisi atau masalah tertentu yang perlu diperhatikan oleh pengemudi.
Tujuan dari lampu indikator mesin pada dashboard adalah untuk memberi tahu pengemudi tentang adanya masalah potensial dengan kendaraan. Ini memungkinkan pengemudi untuk segera merespons dan memperbaiki masalah sebelum menjadi lebih serius. Dengan memperhatikan lampu indikator tersebut, pengemudi dapat menjaga keamanan dan kesehatan kendaraan mereka.

Mengapa Lampu Check Engine Menyala Saat Jalan?

check engine menyala saat jalan

Sebelum menjelaskan penyebab lampu check engine menyala saat jalan, penting untuk memahami apa itu lampu check engine dan mengapa lampu tersebut dapat menyala. Lampu check engine pada dashboard mobil adalah indikator yang menunjukkan adanya masalah pada sistem mesin mobil secara keseluruhan. Ketika lampu ini menyala, itu berarti ada masalah yang perlu diatasi dengan segera agar kendaraan beroperasi dengan baik.

Ada beberapa penyebab umum mengapa lampu check engine  menyala saat jalan. Beberapa penyebab utama masalah check engine menyala saat jalan adalah kerusakan pada komponen sistem pengontrol emisi seperti sensor oksigen, katup EGR, atau katalisator. Selain itu, masalah pada sistem pembakaran seperti busi yang aus atau tersumbat juga dapat menjadi penyebab lampu check engine menyala saat jalan.

Kita bahas dari penyebab check engine menyala saat jalan yang pertama dahulu , yakni kerusakan pada sensor oksigen. Sensor oksigen adalah komponen penting dalam menyediakan informasi mengenai kandungan oksigen dalam gas buang kendaraan. Jika sensor ini rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka lampu check engine akan menyala sebagai sinyal adanya masalah.

Selain sensor oksigen, kerusakan pada katup EGR juga dapat menyebabkan lampu check engine menyala saat jalan. Katup EGR (Exhaust Gas Recirculation) berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang dengan memasukkan kembali sebagian gas buang ke dalam ruang bakar. Jika katup EGR mengalami kerusakan, lampu check engine bisa menyala sebagai tanda adanya masalah pada sistem pengontrol emisi.

Kerusakan pada katalisator juga menjadi penyebab umum lampu check engine menyala saat jalan. Katalisator adalah komponen yang berfungsi untuk mengurangi emisi gas beracun dalam gas buang. Jika katalisator rusak atau terblokir, maka lampu check engine akan menyala sebagai indikasi adanya masalah pada sistem emisi.

Selain itu, masalah pada sistem pembakaran seperti busi yang aus atau tersumbat juga dapat menyebabkan lampu check engine menyala saat jalan. Busi yang aus dapat mengganggu proses pembakaran dan mengakibatkan ketidakstabilan pada mesin. Sementara itu, busi yang tersumbat dapat menghambat aliran bahan bakar dan udara yang mempengaruhi performa mesin secara keseluruhan.

Itulah beberapa penyebab umum mengapa lampu check engine dapat menyala saat Anda sedang mengemudi. Jika lampu check engine Anda menyala, sebaiknya segera periksakan kendaraan ke bengkel terdekat untuk mendiagnosis masalah dan melakukan perbaikan yang diperlukan.

Baca Juga : Ini Bahaya Mobil Bergetar Saat RPM Rendah! Kenali Cara Mengatasinya Disini!

Cara Mengatasi Lampu Check Engine yang Menyala Saat Jalan

check engine menyala saat jalan

Setelah mengetahui penyebab umumnya, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi lampu check engine yang menyala saat jalan. Meskipun ada beberapa masalah yang memerlukan bantuan teknisi profesional, ada juga beberapa langkah yang dapat Anda coba sendiri. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan:

  1. Memeriksa tutup bensin yang kencang : Pastikan tutup bensin terpasang dengan kencang. Tutup yang longgar dapat menyebabkan gangguan pada sistem emisi dan menyebabkan lampu check engine menyala. Jika diperlukan, kencangkan tutup bensin dengan baik.
  2. Mengisi bahan bakar berkualitas baik : Penggunaan bahan bakar yang buruk dapat menyebabkan malfungsi pada sistem pembakaran dan menyebabkan lampu check engine menyala. Pastikan Anda menggunakan bahan bakar yang berkualitas baik dan tidak tercampur dengan kontaminan.
  3. Memeriksa kerapatan udara dalam sistem pembakaran : Pastikan sistem pembakaran memiliki kerapatan udara yang tepat. Udara yang tidak mencukupi atau terlalu banyak dapat mengakibatkan kinerja mesin yang buruk dan menyebabkan lampu check engine menyala.
  4. Memastikan semua konektor dan kabel terhubung dengan baik : Periksa semua konektor dan kabel yang terhubung ke sistem pengontrol emisi. Pastikan tidak ada kabel yang terlepas atau konektor yang longgar. Jika ditemukan masalah, pastikan untuk menghubungkannya dengan benar atau perbaiki jika diperlukan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba mengatasi lampu check engine yang menyala saat jalan. Namun, jika masalah masih persisten atau Anda tidak yakin dengan perbaikan yang perlu dilakukan, sebaiknya konsultasikan kendaraan Anda dengan teknisi profesional untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

 

Gejala Lain yang Perlu Diperhatikan pada Sistem Check Engine

check engine menyala saat jalan

Selain lampu check engine menyala saat jalan, ada beberapa gejala lain yang dapat menjadi tanda adanya masalah pada sistem check engine. Salah satunya adalah penurunan kinerja mobil. Jika Anda merasakan bahwa mobil Anda tidak berakselerasi seperti biasanya, memiliki daya tarik yang lemah, atau sulit melewati kecepatan tertentu, ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah pada sistem check engine.

Selain itu, munculnya suara atau getaran yang tidak normal juga bisa menunjukkan adanya masalah pada sistem check engine. Jika Anda mendengar suara mesin yang tidak biasa, seperti bunyi berisik, gemeretak, atau getaran yang kuat saat mesin berjalan, sebaiknya segera periksakan ke bengkel terdekat.

Gejala lain yang perlu diperhatikan adalah kesulitan dalam menyalakan mesin. Jika Anda mengalami kesulitan yang tidak biasa atau mesin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyala, ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada sistem check engine.

Untuk melindungi mesin dan memastikan kendaraan Anda beroperasi dengan baik, sangat penting untuk segera memeriksa gejala-gejala ini ke bengkel terdekat. Teknisi dapat mengidentifikasi masalah yang lebih dalam dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan pada sistem check engine.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa check engine menyala saat jalan ini menandakan adanya masalah pada mesin mobil Anda. Maka dari itu, Anda perlu untuk melakukan perawatan pada mesin mobil Anda secara rutin. Pertanyaannya adalah dimana sih bengkel yang dapat diandalkan untuk melakukan service mesin mobil secara rutin? Satu bengkel yang sangat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto.

Bengkel yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Auto ini tentu membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam menangani berbagai masalah pada mesin mobil Anda. Sebagai bengkel berpengalaman selama lebih dari 20 tahun, Rotary Auto tentunya menyediakan berbagai macam mekanik handal, alat yang canggih, fasilitas yang lengkap hingga cabang yang tersebar luas lho!

Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...