Apakah Anda tahu bahwa bubut piringan cakram mobil bisa membuat rem cakram lebih tahan lama? Ini juga bisa membuat pengereman Anda lebih efektif1. Mari kita pelajari cara-cara untuk memastikan rem cakram mobil Anda tetap bagus dengan cara bubut piringan cakram mobil yang tepat.
Piringan cakram merupakan bagian penting dari sistem pengereman mobil. Ini berfungsi sebagai permukaan yang bergesek dengan kampas rem. Ini membantu menghentikan mobil dengan pengereman yang kuat. Pada piringan cakram biasanya terbuat dari besi tuang (cast iron). Material ini mudah teroksidasi dan menimbulkan karat. Namun, ini dirancang untuk menciptakan gesekan yang baik saat pengereman.
Di samping piringan cakram, ada komponen lain penting dalam sistem pengereman mobil. Seperti kaliper, kaliper bracket, dan piston rem. Seal piston membantu mengembalikan piston ke posisi awal setelah pengereman. Simak artikel cara bubut piringan cakram mobil dengan tepat dibawah ini.
Mengapa Perlu Bubut Piringan Cakram Mobil
Piringan cakram rem mobil perlu dibubut jika permukaannya bergelombang atau tidak rata. Kondisi ini menyebabkan pengereman tersendat-sendat dan getaran naik-turun pada pedal rem. Masalah ini bisa terjadi karena aus atau kerusakan pada piringan cakram. Batas maksimal toleransi keausan disc brake adalah 5 mm. Pembubutan disarankan saat keausan antara 1 mm sampai 2 mm.
Permukaan Bergelombang atau Tidak Rata
Piringan cakram rem mobil yang tidak rata menyebabkan pengereman tidak merata. Ini bisa menimbulkan getaran dan membuat pengereman terasa kasar4. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kampas rem yang buruk atau aus4.
Kotoran dan debu pada piringan cakram dan kanvas rem perlu dibersihkan teratur. Ini penting untuk menjaga efektivitas sistem pengereman4.
Getaran saat Pengereman
Getaran saat mengerem bisa menunjukkan perlunya bubut piringan cakram5. Jika pengemudi merasakan getaran tak biasa saat menginjak rem, itu tandanya keausan berlebih5. Bubut piringan cakram diperlukan untuk mengurangi getaran dan membuatnya lebih rata4.
Syarat untuk Melakukan Bubut Piringan Cakram Mobil
Ada beberapa syarat penting sebelum bubut piringan cakram mobil. Salah satunya, ketebalan piringan harus memenuhi standar yang diizinkan6.
Ketebalan Piringan Masih Memenuhi Standar
- Ketebalan minimal piringan cakram yang masih bisa dibubut adalah 5 mm6.
- Jika ketebalan piringan cakram sudah melebihi batas, maka harus diganti dengan yang baru6.
- Permukaan piringan cakram yang dapat dibubut terbatas hanya 0,5 mm6.
Alat dan Bahan yang Diperlukan
Sebelum memulai proses bubut disc brake, pastikan Anda memiliki alat dan bahan yang diperlukan:
- Mesin bubut
- Alat pengukur ketebalan cakram
- Kunci roda
- Dongkrak dan jack stand
- Obeng dan alat lainnya
Baca Juga : Jasa Bengkel Bubut Disc Brake Berkualitas di Jakarta
Cara Bubut Piringan Cakram Mobil
Ada beberapa tahapan dalam cara bubut piringan cakram mobil. Proses bubut piringan cakram mobil ini hanya bisa dilakukan oleh beberapa bengkel spesialis kaki kaki mobil yang memiliki pengalaman bubut cakram mobil agar carkam tidak rusak. Selain itu juga proses bubut piringan cakram mobil ini membutuhkan mesin khusus yaitu mesin bubut.
Mengangkat Mobil
Cara bubut piringan cakram mobil pertama yaitu mengangkat mobil menggunakan dongkrak dan mengamankannya dengan jack stand. Pastikan mobil dalam kondisi stabil sebelum memulai proses pekerjaan.
Melepas Roda
Cara bubut piringan cakram mobil kedua yaitu melepaskan roda yang akan melakukan proses bubut cakram mobil. Gunakan kunci roda untuk membuka mur pengikat roda.
Melepas Kaliper Rem
Proses cara bubut piringan cakram mobil selanjutnya, lepaskan kaliper rem dari cakram. Ini dapat dilakukan dengan membuka baut pengikat kaliper menggunakan obeng atau kunci pas yang sesuai. Gantung kaliper pada bagian suspensi agar tidak menggantung pada selang rem.
Melepas Cakram Rem
Proses cara bubut piringan cakram mobil selanjutnya, lepaskan cakram rem dari hub roda. Pada beberapa mobil, cakram rem mungkin terpasang dengan baut atau klip pengaman yang harus dilepas terlebih dahulu.
Mengukur Ketebalan Cakram
Sebelum melakukan proses bubut, cara bubut piringan cakram mobil yang benar adalah mengukur ketebalan cakram rem menggunakan alat pengukur ketebalan terlebih dahulu. Pastikan ketebalan cakram masih memenuhi batas minimum yang ditentukan oleh pabrikan.
Melakukan Proses Bubut
Pasang cakram rem pada mesin bubut. Pastikan cakram terpasang dengan benar dan seimbang. Nyalakan mesin bubut dan mulai proses pengikisan permukaan cakram secara perlahan. Lakukan beberapa kali pengikisan tipis hingga permukaan cakram rata dan halus.
Memasang Kembali Cakram dan Kaliper Rem
Setelah proses bubut selesai, pasang kembali cakram rem pada hub roda. Pasang kembali kaliper rem dan kencangkan baut pengikat dengan benar.
Memasang Kembali Roda
Pasang kembali roda pada mobil dan kencangkan mur pengikat roda dengan kunci roda.
Menurunkan Mobil
Turunkan mobil dari jack stand dan dongkrak. Pastikan semua alat dan bahan telah dibersihkan dan disimpan dengan rapi.
Biaya Jasa Bubut Piringan Cakram
Biaya bubut piringan cakram mobil adalah hal penting yang harus dipikirkan. Biaya ini berbeda-beda tergantung pada bengkel bubut cakram mobil dan lokasinya7.
Di beberapa tempat harga bubut cakram mobil berkisar Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per piringan7. Ini lebih murah daripada mengganti piringan baru, yang bisa sampai Rp 400.000 atau lebih7.
Beberapa faktor yang mempengaruhi biaya bubut piringan cakram mobil adalah:
- Ukuran cakram (kecil hingga sedang atau lebih besar)
- Kebijakan dan harga dari bengkel
Ukuran cakram besar, seperti di Fortuner, Pajero, dan Land Cruiser, butuh biaya lebih, Rp 150.000 hingga Rp 250.000 per cakram7. Cakram kecil hingga sedang, seperti Avanza, Xenia, Agya, Ayla, dan Rush, biayanya Rp 100.000 hingga Rp 150.000 per cakram7.
Ada bengkel bubut cakram mobil yang pakai mesin bubut portable, jadi tidak perlu biaya tambahan untuk bongkar pasang. Prosesnya cepat, sekitar setengah hingga satu jam.
Sebaiknya hubungi bengkel bubut cakram mobil terdekat untuk info biaya bubut piringan cakram. Ini membantu Anda atur anggaran dan bandingkan dengan ganti piringan baru.
Perawatan Piringan Cakram Setelah Dibubut
Setelah bubut, piringan cakram mobil perlu perawatan khusus. Ini penting untuk performa pengereman yang bagus. Salah satu cara adalah dengan pengereman berkala8.
Lakukan Pengereman Berkala
Piringan cakram baru terasa kasar setelah bubut. Pengereman berulang membuatnya halus dan siap pakai. Lakukan pengereman dengan lembut agar permukaan tetap rata.
Hindari Penggunaan Cairan Penetran
Hindaru penggunaan cairan penetran seperti oli atau pelumas. Ini bisa membuat piringan licin dan mengganggu pengereman. Biarkan piringan bekerja alami tanpa lapisan tambahan. Dengan perawatan yang benar, piringan cakram bekerja andal dan tahan lama85.
Kapan Harus Mengganti Piringan Cakram Baru?
Jika ketebalan piringan cakram mobil anda lebih dari batas minimal, waktunya untuk mengganti dengan yang baru. Batas maksimal ketebalan adalah 5 mm, dan ketika kurang dari 9 mm, harus diganti. Pengukuran ketebalan ini hanya bisa di bengkel spesialis kaki kaki mobil dengan alat khusus.
Mengganti piringan cakram baru penting untuk kinerja dan keamanan pengereman. Jika hasil DTI antara 9 mm sampai 10 mm, masih bisa dibubut. Tapi, jika keausan melebihi batas, harus diganti dengan yang baru.
Untuk anda yang ingin melakukan perawatan dan perbaikan pada rem mobil anda, silahkan mengunjungi bengkel spesialis kaki kaki mobil Rotary Auto. Lakukan perawatan rem mobil seperti bubut rem, brake cleaning di bengkel kaki kaki mobil Rotary Auto. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi customer service kami klik disini atau mengunjungi website resmi kami Rotaryauto.co.id.
Link Sumber
- https://rotaryauto.co.id/bengkel-bubut-disc-brake/
- https://www.olx.co.id/news/apa-itu-bubut-cakram-mobil-dan-apa-manfaatnya/
- https://www.olx.co.id/news/manfaat-bubut-cakram-mobil-dan-estimasi-biayanya/
- https://www.merdeka.com/otomotif/10-penyebab-piringan-cakram-rem-mobil-cepat-tergerus-bisa-turunkan-performa-pengereman-167120-mvk.html
- https://kumparan.com/kumparanoto/bubut-piringan-cakram-rem-mobil-yang-tidak-rata-memangnya-boleh-235LXvjch8Y
- https://lifepal.co.id/media/bubut-cakram-mobil/
- https://sobatotomotif.com/biaya-bubut-cakram-mobil/
- https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/26/112200715/manfaat-rematching-disc-brake-untuk-hindari-rem-terkunci-