Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Kok Bisa Ada Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil? Ternyata Ini Penyebabnya!

Bunyi gluduk pada roda depan mobil merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh banyak orang, dimana mungkin Anda adalah salah satunya. Masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil ini tidak hanya sekedar menghasilkan suara berisik ketika perjalanan, tetapi juga menjadi pertanda adanya masalah pada roda mobil ataupun komponen kaki kaki mobil lainnya.

Maka dari itu, apabila Anda menemukan adanya bunyi pada roda depan di mobil kesayangan Anda, segeralah lakukan pengecekan dan penanganan sebelum masalah tersebut semakin parah lalu memicu rusaknya komponen kaki kaki mobil yang lain, sehingga pada akhirnya kenyamanan bahkan keamanan Anda dalam berkendara menjadi terancam.

Memangnya apa saja sih faktor yang menjadi penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil ini? Lalu bagaimana cara mengatasi sekaligus juga mencegahnya agar masalah yang sama tidak terjadi dikemudian hari? Itulah yang akan jadi pembahasan utama kita dalam artikel kali ini. Seperti apa ya kira-kira? Mari kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil

Ya, bunyi gluduk pada roda depan mobil bisa menjadi tanda adanya masalah yang perlu segera diperbaiki. Meskipun tidak selalu berbahaya secara langsung, jika dibiarkan tanpa perbaikan, bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih serius dan membahayakan keselamatan berkendara.
Salah satu cara mendeteksi sumber bunyi gluduk adalah dengan melakukan inspeksi visual pada roda depan mobil, termasuk bearing roda, suspensi, dan sistem rem. Kini, Anda dapat melakukan pengecekan tersebut dengan jauh lebih cepat, tepat dan akurat menggunakan Kyoto Shaking Machine.
Ya, sebaiknya segera perbaiki bunyi gluduk pada roda depan mobil setelah Anda menyadarinya. Meskipun mungkin tidak langsung membahayakan, masalah yang mendasarinya bisa berkembang menjadi lebih serius jika dibiarkan terus menerus.
Biaya perbaikan bunyi gluduk pada roda depan mobil bervariasi tergantung pada sumber masalahnya dan jenis mobil Anda. Perbaikan sederhana seperti penggantian bearing roda atau rem mungkin akan lebih terjangkau daripada perbaikan suspensi yang lebih kompleks.

Penyebab Bunyi Gluduk Pada Roda Depan Mobil

bunyi gluduk pada roda depan mobil

Pertama, mari kita pahami terlebih dahulu tentang akar masalah dari bunyi pada roda depan mobil, yakni faktor penyebabnya. Perlu Anda pahami, roda mobil ini sendiri terhubung dengan berbagai komponen kaki kaki mobil lainnya. Ketika terjadi masalah, maka faktor penyebabnya dapat berbagai macam. Berikut ini adalah beberapa penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil :

Bantalan Roda Aus

Salah satu penyebab bunyi gluduk pada roda depan mobil yang pertama dan paling umum berasal dari ausnya bantalan roda. Nah,bantalan roda uang aus inilah yang akhirnya dapat menghasilkan bunyi gluduk ketika mobil Anda melintasi jalan yang tidak rata atau melewati guncangan. Ketika bantalan roda sudah aus, maka Anda perlu untuk melakukan pergantian dengan yang baru demi memaksimalkan keamanan Anda dalam berkendara.

Suspensi Mobil Mati

Suspensi mobil yang rusak juga dapat menyebabkan bunyi gluduk pada roda depan. Suspensi mobil yang mati dapat mengganggu kinerja mobil dan membuatnya tidak stabil saat melintasi jalan. Selain membuat mobil Anda menjadi tidak stabil, suspensi mobil yang aus ini jelas akan berimbas pada roda depan mobil Anda yang harus menahan beban mobil extra keras sehingga munculah bunyi gluduk pada roda depan mobil.

Lebih dari itu, suspensi mobil aus juga tentunya membuat ayunan mobil Anda menjadi sangat kasar yang bahkan dapat membuat mobil Anda menjadi miring bahkan terbalik ketika kecepatan tinggi ataupun berbelok yang tentunya sangat membahayakan keselamatan Anda maupun pengendara lainnya.

Baut atau Mur Roda Kendur

Baut atau mur roda yang kendur juga dapat menyebabkan bunyi gluduk pada roda depan. Ketika baut atau mur roda kendur, rodanya mungkin tidak terpasang dengan sempurna dan bergerak saat mobil bergerak. Bunyi gluduk dapat terjadi ketika roda ini bergerak dan bergesekan dengan komponen lainnya. Pastikan baut atau mur roda terpasang dengan kencang untuk menghilangkan bunyi gluduk.

Masalah dengan Komponen Kaki Kaki Mobil Lainnya

Selain itu, masalah dengan komponen kaki kaki mobil lainnya seperti long tie rod, bushing stabilizer hingga karet bushing arm yang menipis juga dapat menyebabkan bunyi gluduk pada roda depan mobil. Komponen kaki kaki mobil yang aus atau rusak dapat mengganggu stabilitas dan kenyamanan saat mengemudi. Periksa dan perbaiki komponen suspensi yang bermasalah untuk mengatasi bunyi gluduk.

Baca Juga : Jangan Sampai Lalai Lakukan Servis Berkala Mobil! Ini Alasannya!

Mengatasi Bunyi Gluduk pada Roda Depan

bunyi gluduk pada roda depan mobil

Jika Anda menghadapi masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah ini secara efektif. Di bawah ini adalah beberapa solusi yang bisa Anda coba:

1. Ganti Bantalan Roda Yang Aus

Dari penjelasan di atas, dapat kita pahami bahwa salah satu penyebab umum dari masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil adalah adanya keausan pada roda depan mobil. Nah, solusi terbaik untuk bantalan roda yang aus adalah menggantinya dengan yang baru demi memberikan kesegaran baru pada roda depan mobil Anda.

2. Lakukan Pergantian Suspensi Mobil Yang Mati

Kedua, penting bagi Anda untuk melakukan pergantian untuk suspensi mobil yang bermasalah seperti aus ataupun mati. Ketika suspensi mobil Anda bermasalah, maka sangat disarankan untuk melakukan pergantian. Ini dilakukan tidak hanya untuk menghilangkan bunyi pada roda depan mobil, tetapi juga untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan mobil Anda khususnya ketika melewati jalan tidak rata ataupun belokan tajam.

3. Periksa Baut atau Mur Roda

Bunyi gluduk pada roda depan juga bisa disebabkan oleh baut atau mur roda yang kendur. Maka dari itu, pastikan untuk memeriksa keadaan baut atau mur roda dan pastikan mereka kencang dengan benar. Namun, perlu diingat untuk tidak mengencangkan baut atau mur terlalu kencang sehingga dapat merusak komponen roda.

Langkah Perawatan Untuk Mencegah Masalah Bunyi Gluduk pada Roda Depan

bunyi gluduk pada roda depan mobil

Jika Anda ingin mencegah terjadinya bunyi gluduk pada roda depan mobil Anda, ada beberapa perawatan preventif yang dapat Anda lakukan. Dengan melakukan langkah-langkah ini secara teratur, Anda dapat menjaga kualitas dan kinerja roda depan mobil Anda.

1. Menjaga Keseimbangan Ban

Langkah perawatan untuk mencegah masalah bunyi pada roda depan mobil Anda adalah dengan menjaga keseimbangan ban mobil Anda. Jika ban Anda tidak seimbang, tekanan yang tidak merata pada permukaan ban dapat menyebabkan gludukan saat berkendara. Pastikan untuk memeriksa dan menyesuaikan keseimbangan ban secara teratur untuk menghindari masalah ini.

Lebih dari itu, sebagai langkah perawatan tambahan untuk semakin memaksimalkan peforma roda mobil Anda, lakukanlah juga spooring dan balancing. Spooring ban mobil dilakukan untuk menyelaraskan kembali sudut ban mobill Anda, sementara balancing digunakan untuk menyeimbangkan berat dari keempat ban mobil Anda.

Dengan begitu, bukan hanya sekedar mencegah masalah bunyi pada roda depan mobil Anda, tetapi juga membuat roda dan ban mobil Anda memiliki daya cakram yang lebih kuat sehingga lebih mudah untuk dikontrol ketika berkendara.

2. Jaga Gaya Berkendara

Lengkah perawatan kedua untuk mencegah bunyi pada roda depan mobil adalah dengan menjaga gaya berkendara. Seringkali para pengemudi lupa bahwa gaya berkendaranya akan berpengaruh pada roda mobilnya, seperti sering mengerem mendadak, menghantam jalan tidak rata hingga berkendara dengan kecepatan yang terlalu tinggi.

Padahal, hal tersebut dapat membuat roda mobil menerima beban yang lebih, lalu pada akhirnya menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah masalah bunyi pada roda depan mobil. Maka dari itu, selalu jaga gaya berkendara Anda ya! Selain untuk menjaga peforma mobil Anda, gaya berkendara jelas juga berpengaruh pada keselamatan Anda dan orang lain.

3. Melakukan Perawatan yang Tepat pada Komponen Roda Depan

Periksa secara rutin komponen roda depan seperti baut atau mur roda. Pastikan baut atau mur roda terpasang dengan kuat dan tidak kendur. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa keausan pada komponen lain seperti bantalan roda dan sendi-sendi. Lakukan perawatan yang tepat, seperti pelumasan, penggantian, atau perbaikan saat diperlukan untuk menghindari terjadinya bunyi gluduk.

4. Lakukan Service Kaki Kaki Mobil Secara Rutin

Langkah terakhir yang sekaligus juga paling efektif dalam mencegah masalah bunyi gluduk pada roda depan mobil adalah dengan melakukan service pada kaki kaki mobil secara rutin. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, roda mobil terhubung dengan berbagai komponen kaki kaki mobil lain seperti shockbreaker, bushing arm, bushing stabilizer hingga long stabilizer.

Maka dari itu, service kaki kaki mobil juga menjadi langkah penting yang dapat membantu untuk memaksimalkan peforma roda mobil Anda sekaligus juga memaksimalkan kenyamanan dan keamanan Anda ketika berkendara.

Pertanyaannya adalah dimana sih bengkel yang dapat diandalkan untuk melakukan service kaki kaki mobil secara rutin? Satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto! Bengkel ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun yang bahkan kini menjadi bengkel pertama di Indonesia yang menyediakan Kyoto Shaking Machine lho!

Apa sih Kyoto Shaking Machine itu? Kyoto Shaking Machine merupakan terobosan terdepan dalam dunia otomotif khususnya untuk menganalisa kaki kaki mobil. Adanya Kyoto Shaking Machine ini membuat proses analisa masalah pada kaki kaki mobil menjadi jauh lebih cepat, tepat dan akurat!

Bagaimana bisa Kyoto Shaking Machine membuat proses pengecekan dan service kaki kaki mobil menjadi lebih cepat, tepat dan akurat? Ini karena Kyoto Shaking Machine memanfaatkan guncangan hidrolik yang mampu untuk memberikan simulasi guncangan pada mobil Anda lalu akan dianalisa ada atau tidaknya masalah pada kaki kaki mobil Anda.

Dengan begitu, pengecekan kaki kaki mobil menjadi jauh lebih praktis dan cepat karena tidak perlu membawa mobil Anda untuk di test drive dan cukup diletakkan di atas Kyoto Shaking Machine saja. Lebih dari itu, hasil analisanya juga jauh lebih tepat karena tidak lagi dilakukan dengan tebakan ataupun feeling semata, melainkan dengan mekanisme mesin yang sangat canggih.

Ketika analisanya tepat, maka solusi yang diberikan juga jauh lebih akurat. Anda akan terhindar dari pergantian komponen yang tidak perlu yang justru hanya akan membuang uang Anda semata.

Masalah harga? Jangan Khawatir! Di Rotary Auto, biaya pengecekan dengan Kyoto Shaking Machine adalah Rp 250.000. Namun, apabila setelah melakukan pengecekan Anda lanjut melakukan service, maka biaya pengecekan dengan Kyoto Shaking Machine tadi akan jadi GRATIS lho!

Bagaimana? Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...