Rotary Auto

Rotary Auto

Master Rem Mobil: Fungsi, Jenis, dan Cara Perawatannya

Apakah Anda tahu seberapa penting fungsi master rem mobil untuk keselamatan Anda? Master rem berfungsi mengubah tekanan mekanis dari pedal rem menjadi tekanan hidraulik yang menggerakkan minyak rem menuju kaliper atau silinder rem. Ketika pengemudi menekan pedal rem, piston di dalam silinder master bergerak untuk mendorong minyak rem, yang pada akhirnya menyebabkan bantalan rem menjepit cakram atau tromol sehingga mobil berhenti.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang fungsi master rem. Kami juga akan membahas komponen master rem mobil yang terlibat pada sistem pengereman mobil dan juga pentingnya melakukan perawatan secara rutin pada master rem. Perawatan secara rutin di bengkel bisa menjaga sistem pengereman Anda tetap bagus dan mencegah risiko kecelakaan.

Pertanyaan Seputar Master Rem Mobil

Master rem mobil adalah komponen penting dalam sistem pengereman yang berfungsi untuk mengubah tekanan mekanis dari pedal rem menjadi tekanan hidrolik. Tekanan ini kemudian menggerakkan cairan rem ke kaliper atau silinder roda untuk menghentikan kendaraan.
Tanda-tanda master rem mobil rusak antara lain rem terasa lembek, perlu ditekan lebih dalam untuk menghentikan mobil, kebocoran cairan rem di sekitar master rem, dan lampu indikator rem yang menyala di dashboard.
Usia pakai master rem mobil biasanya tergantung pada penggunaan dan perawatan. Secara umum, master rem dapat bertahan 5 hingga 7 tahun, tetapi ini bisa bervariasi tergantung kondisi mobil dan cara mengemudi.
Master rem perlu diganti jika Anda mengalami gejala seperti rem tidak responsif, pedal rem terasa terlalu ringan atau berat, atau kebocoran cairan rem. Pemeriksaan rutin pada sistem rem juga dapat membantu menentukan kapan waktu yang tepat untuk penggantian.

Apa Itu Master Rem Mobil?

master rem mobil 1

Master rem mobil adalah salah satu komponen penting dalam sistem pengereman kendaraan. Jika komponen ini bermasalah, kemampuan mobil untuk berhenti dengan aman akan terpengaruh. Sebagai pengemudi, memahami bagaimana master rem bekerja dan bagaimana merawatnya adalah langkah yang bijak untuk menjaga keselamatan di jalan.

Komponen Master Rem Mobil

Master rem terdiri dari beberapa komponen penting. Ini memastikan fungsinya berjalan dengan baik. Komponen utamanya meliputi:

  • Piston: Menghasilkan tekanan saat pedal rem diinjak.
  • Reservoir tank: Menampung minyak rem dan menjaga kadar minyak tetap cukup.
  • Diafragma: Memisahkan area bertekanan dari area lainnya dalam master rem.
  • Level sensor: Memantau kadar minyak rem untuk mencegah kegagalan sistem.

Perawatan berkala penting untuk menjaga komponen master rem. Kerusakan pada piston atau kotoran bisa merusak sistem pengereman. Dengan memahami master rem, Anda bisa menjaga performa kendaraan Anda4.

Fungsi Master Rem Mobil

Master rem mobil sangat penting untuk sistem pengereman yang baik. Ia mengubah gerakan pedal rem menjadi tekanan hidraulis. Tekanan ini digunakan untuk menjepit cakram rem, memungkinkan kendaraan berhenti cepat dan aman. Dengan kondisi master rem yang baik, Anda bisa menghindari masalah rem mobil blong yang berbahaya. Ini juga memastikan pengereman cepat saat dibutuhkan.

  1. Menjamin Sistem Pengereman yang Optimal

Master rem mobil sangat penting untuk performa pengereman. Komponen seperti reservoir tank dan diafragma membuat sistem ini efisien. Master silinder body dan inlet port meningkatkan performa pengereman6.

  1. Mengubah Gerakan Mekanis menjadi Tekanan Hidraulis

Menekan pedal rem mengubah gerakan menjadi tekanan hidraulis. Jenis master rem, baik tunggal maupun ganda, menyuplai minyak ke kaliper. Tipe ganda memberikan keamanan ekstra dengan mendorong minyak ke roda depan6.

Dengan ini, Anda lebih aman saat berkendara. Sistem pengereman tetap berfungsi, bahkan jika ada masalah dengan salah satu piston.

Cara Kerja Master Rem Mobil

Cara kerja master rem mobil dimulai saat Anda menginjak pedal rem. Ini penting untuk efektivitas pengereman. Pada sistem rem hidrolik, tekanan minyak mendorong piston di master silinder. Ini memudahkan pengemudi, hanya butuh satu jari untuk pengereman8.

Langkah-langkah kerja master rem mobil adalah:

  1. Pengemudi menekan pedal rem, piston di master silinder bergerak.
  2. Piston menutup saluran kompensasi dan mengakumulasi tekanan hidrolis8.
  3. Tekanan diteruskan ke silinder roda, piston rem menjepit cakram dan menghentikan kendaraan.
  4. Jika pedal rem dilepas, piston kembali ke posisi semula, minyak rem kembali ke reservoir tank8.

Sistem rem mobil terdiri dari pedal rem, master silinder, reservoir tank, dan caliper8. Kecepatan dan efisiensi sangat penting untuk keselamatan. Jika ada masalah, performa pengereman bisa terganggu, jadi perlu diwaspadai9.

Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Mengatasinya

Jenis-jenis Master Rem Mobil

Ada berbagai jenis master rem mobil, seperti master rem silinder tunggal dan ganda. Memilih jenis master rem yang tepat sangat penting. Ini mempengaruhi kinerja dan keamanan pengereman mobil Anda.

Master Rem Silinder Tunggal vs Silinder Ganda

Master rem silinder tunggal sering digunakan pada mobil dengan pengereman standar. Sistem ini punya satu piston untuk satu set roda. Jika piston rusak, sistem rem bisa gagal total10. Ini bisa mengurangi keselamatan saat berkendara.

Sebaliknya, master rem silinder ganda lebih populer di mobil modern. Ini meningkatkan pengereman dan keselamatan. Dengan dua piston, sistem ini punya cadangan jika satu sirkuit gagal. Komponennya terbuat dari logam paduan yang kuat dan tahan korosi10.

Keunggulan lainnya adalah return spring yang mengembalikan pedal rem ke posisi awal. Ini menjaga kinerja rem mobil10. Inlet port dan outlet port mengatur aliran cairan rem, membuat pengereman responsif dan konsisten. Oleh karena itu, master rem silinder ganda lebih aman dan efektif untuk performa pengereman11.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih Bengkel Servis Rem Mobil Terdekat! Ini Tips And Trick Yang Dapat Anda Lakukan

Gejala Kerusakan Master Rem Mobil

master rem mobil 2

Memahami gejala kerusakan master rem mobil sangat penting untuk menjaga keamanan saat berkendara. Beberapa ciri-ciri master rem yang bermasalah mudah diidentifikasi. Contohnya, kondisi pedal rem dan suara yang tidak biasa. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, saatnya untuk memeriksa lebih lanjut.

Ciri-ciri Master Rem yang Bermasalah

  • Rem mobil tidak pakem, sehingga mobil lebih lama berhenti.
  • Bunyi desis atau gemeretak saat menginjak pedal rem, menandakan masalah pada kampas rem atau rotor rem.
  • Getaran pada pedal rem menunjukkan rotor rem tidak rata atau tergores.
  • Pedal rem terasa lebih empuk dari biasanya, indikasi masalah dalam tekanan hidrolik.
  • Pedal rem terasa lebih keras dari normal, mungkin ada masalah tekanan udara dalam sistem rem.
  • Minyak rem rembes atau kualitas cairan rem menurun, menunjukkan kerusakan pada seal master rem.

Penyebab Umum Kerusakan pada Master Rem

Kerusakan pada master rem bisa disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Kurangnya perawatan berkala pada sistem rem, mengakibatkan komponen cepat aus.
  • Penggunaan minyak rem yang tidak sesuai, mempercepat kerusakan pada master rem.
  • Keausan seal master rem menyebabkan rem tidak berfungsi dengan baik, mengurangi keselamatan berkendara.
  • Selang rem yang bocor atau rusak berdampak pada tekanan hidrolik, mengganggu kinerja sistem pengereman.

Perbaikan Master Rem Mobil

Perbaikan master rem mobil melibatkan langkah-langkah penting. Langkah pertama, lakukan pemeriksaan visual untuk menemukan kebocoran rem. Kemudian, ganti minyak rem secara rutin untuk performa yang baik. Juga, ganti komponen yang rusak seperti piston atau seal5.

Sebelum memilih perbaikan master rem, pertimbangkan biaya yang diperlukan. Harga komponen rem bervariasi, dari Rp300 ribuan hingga Rp1,5 jutaan, tergantung mobil Anda5. Biaya jasa teknisi untuk mengganti master rem berkisar Rp100 ribu hingga Rp200 ribu5. Misalnya, harga master rem untuk Avanza dan Kijang Innova berbeda, menunjukkan variasi harga di pasaran5.

Jika Anda tidak ahli dalam perbaikan, bawa mobil ke bengkel seperti Auto2000. Mereka punya teknisi handal dan garansi uang kembali. Perbaiki master rem tepat waktu untuk mencegah kecelakaan dan menjaga keselamatan. Ini juga memperpanjang umur mobil Anda5.

Cara Merawat Master Rem Mobil

Ada beberapa cara merawat master rem mobil dengan baik:

  • Cek ketebalan kampas rem setiap 25.000 km untuk mencegah gesekan berlebih pada piringan rem.
  • Bersihkan komponen rem dari debu dan kotoran secara berkala untuk menjaga kinerjanya.
  • Gantilah minyak rem berkualitas secara rutin untuk menjaga efektivitas daya rem, mengingat minyak rem kehilangan kualitas seiring waktu14.
  • Lakukan pemeriksaan reguler terhadap rem mobil untuk memastikan tidak ada kebocoran atau rembesan yang mempengaruhi kinerja rem.
  • Jangan lupa untuk mengganti piringan rem yang terkikis dan bergelombang untuk menjaga fungsi pengereman yang baik.

Dengan cara merawat yang benar, Anda bisa jaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Merawat master rem mobil secara berkala sangat penting. Ini membantu menjaga kinerja dan keamanan pengereman. Dengan perawatan yang benar, komponen ini bisa bertahan lebih lama dan menghindari kerusakan.

Kami menyarankan mengganti pelumas rem setiap 20.000 km atau dua bulan14. Jika tidak, rem bisa menjadi kurang efektif saat berhenti14. Periksa kualitas minyak rem dan isi ulang jika perlu. Ini mencegah kebocoran yang mengurangi daya rem.

Anda bisa mengunjungi bengkel spesialis kaki kaki mobil Rotary Auto dengan alamat yang tertera pada website Rotaryauto.co.id untuk melakukan perawatan pada rem mobil anda secara berkala. Lakukan reservasi dengan cara menghubungi customer service kami dengan cara klik disini untuk melakukan perawatan dan perbaikan pada komponen kaki kaki mobil atau sistem pengereman mobil.

Link Sumber

    1. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/fungsi-master-rem
    2. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/komponen-master-rem-mobil
    3. https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/10-komponen-master-rem-mobil-dan-fungsinya-terlengkap/
    4. https://kumparan.com/info-otomotif/4-penyebab-master-rem-rusak-1zDmYg9TTfx
    5. https://lifepal.co.id/media/biaya-ganti-master-rem-mobil/
    6. https://www.suzuki.co.id/tips-trik/lengkap-ini-fungsi-master-silinder-dan-cara-kerjanya?pages=all
    7. https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/waspada-rem-blong-ini-3-ciri-master-rem-mobil-sudah-rusak/
    8. https://wuling.id/id/blog/autotips/cara-kerja-rem-hidrolik-mobil-dan-komponen-komponennya
    9. https://wuling.id/id/blog/autotips/cara-kerja-fungsi-komponen-rem-cakram-mobil
    10. https://bengkelly.co.id/master-rem-mobil/
    11. https://www.toyota.astra.co.id/toyota-connect/news/kenal-lebih-jauh-master-rem-mobil-kamu
    12. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/ciri-master-rem-mobil-rusak-tips
    13. https://www.top1.co.id/berita/detail/7-Ciri-ciri-Master-Rem-Mobil-Rusak-dan-Perawatannya
    14. https://www.top1.co.id/berita/detail/5-Cara-Perawatan-Rem-Mobil-yang-Benar-dan-Mudah
    15. https://www.toyota.astra.co.id/toyota-connect/news/hati-hati-rem-blong-ini-ciri-ciri-master-rem-mobil-rusak
    16. https://garasi.id/artikel/master-rem-mobil-bermasalah-awas-rem-jadi-blong/6215b15e9e00791b6e6ab663

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...