Rotary Auto

Rotary Auto

Mari Kita Kenali Fungsi Silinder Roda Mobil!

Silinder roda mobil, atau wheel cylinder, adalah bagian penting dari sistem rem tromol. Rem tromol sendiri adalah sistem rel yang menggunakan tromol (drum) dan sepatu rem (brake shoes) agar bisa memperlambat atau menghentikan laju kendaraan.3

Rem tromol menyalurkan tenaga dari pedal rem menggunakan tekanan hidrolik. Nah, agar dapat bekerja dengan baik, silinder roda mobil membantu untuk mengalirkan tekanan hidrolik dari master silinder ke rem. Mobil modern sering menggunakan rem tromol hidrolik. Jumlah silinder roda tergantung pada jenis rem, bisa satu atau dua silinder1.

Memahami fungsi dan cara merawat silinder roda mobil penting untuk membantu kendaraan Anda berjalan optimal dan mencegah kerusakan yang berbahaya. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang silinder roda mobil dan cara merawatnya.

Pertanyaan Seputar Silinder Roda Mobil

Silinder roda mobil adalah komponen dalam sistem rem yang berfungsi untuk mengubah tekanan hidrolik menjadi gaya mekanis untuk menekan kampas rem pada roda.
Fungsi utama silinder roda mobil adalah menggerakkan kampas rem untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan ketika pedal rem ditekan.
Silinder rem utama (master cylinder) menghasilkan tekanan hidrolik, sedangkan silinder rem roda (wheel cylinder) menggunakan tekanan tersebut untuk menggerakkan kampas rem di setiap roda.
Merawat silinder roda meliputi pemeriksaan rutin untuk kebocoran, memastikan cairan rem selalu dalam kondisi baik, dan melakukan perawatan berkala di bengkel untuk pembersihan dan penggantian jika diperlukan.

Mengenali Silinder Roda Mobil

Silinder Roda Mobil (2)

Pengenalan silinder roda mobil sangat penting untuk memahami sistem rem tromol. Ini karena silinder roda adalah salah satu komponen pada sistem rem tromol. Silinder roda berfungsi sebagai komponen utama dalam mentransfer tekanan hidrolik yang terletak di antara kampas rem dan drum rem, memfasilitasi proses pengereman yang efisien.

Tipe Silinder Roda Mobil

Ada dua tipe utama silinder roda mobil: satu piston dan dua piston. Tipe dengan satu piston, atau single piston, sering digunakan pada rem tromol yang lebih sederhana. Ini menekan kampas rem dari satu sisi, memberikan pengereman dasar tapi kurang efisien.

Tipe dengan dua piston, atau double piston, memberikan distribusi gaya yang lebih merata. Ini menekan kampas rem dari dua sisi, membuatnya lebih responsif dan efisien. Memilih tipe silinder roda yang tepat penting untuk pengereman yang optimal dan aman.

Ada variasi lain dalam rem tromol, seperti Dual Fixed Cylinder dan Uni Servo. Dual Fixed Cylinder menggerakkan seluruh permukaan kampas rem bersamaan. Uni Servo memiliki satu silinder roda dengan satu piston untuk dua sepatu rem. Memahami perbedaan ini membantu memilih tipe yang cocok untuk kendaraan Anda.

Komponen dalam Silinder Roda Mobil

Silinder roda mobil terdiri dari beberapa komponen penting. Mereka memastikan pengereman berjalan lancar. Memahami setiap komponen membantu Anda dalam perawatan yang tepat.

  1. Piston

Piston bertugas untuk menekan sepatu rem. Ini memungkinkan pengereman berlangsung dengan baik. Desain piston yang presisi dengan silinder memastikan pengereman responsif.2

  1. Boots

Boots atau protective dust melindungi silinder dari debu dan kotoran. Tanpa boots, komponen bisa rusak oleh kotoran, sehingga memengaruhi kinerja pengereman. Komponen ini terletak di luar silinder yang mengelilinginya.2

  1. Seal Piston

Seal piston yang berada di dalam silinder, berfungsi untuk menjaga fluida rem di dalam silinder. Seperti namanya, seal ini bertujuan untuk mencegah kebocoran. Kebocoran bisa mengganggu tekanan hidrolik dan berbahaya.2

  1. Compression Spring

Compression spring atau expander spring assembly berfungsi untuk mengembalikan piston ke posisi awal. Ini memastikan sistem siap untuk pengereman berikutnya. Pemeliharaan spring penting untuk kinerja rem yang optimal.2

  1. Breeder Plug

Breeder plug adalah baut yang bertujuan untuk mengeluarkan udara saat terjebak di saluran hidrolik rem. Ini agar tidak terjadi stagnasi ketika lagi melakukan proses pengereman.2

Baca Juga: Mengenal Komponen Silinder Roda: Fungsi dan Perawatannya

Fungsi dan Cara Kerja Silinder Roda Mobil

Silinder Roda Mobil (3)

Silinder roda adalah bagian penting dalam sistem pengereman mobil. Ia berfungsi untuk mengirimkan tekanan hidrolik dari master silinder ke kampas rem. Tekanan ini kemudian menekan drum rem, membuat mobil berhenti atau lambat.

Sistem rem tromol menggunakan tekanan hidrolik untuk mengubah gaya menjadi kekuatan pengereman. Saat pengereman, silinder roda mengubah tenaga hidrolik menjadi gerakan mekanis. Ini membuat pengereman aman dan responsif. Beberapa mobil punya satu silinder roda per roda, sementara yang lain pakai dua untuk pengereman lebih baik.

Ada berbagai jumlah silinder roda tergantung pada desain rem tromol. Memahami fungsi silinder roda penting untuk pengemudi. Ini membantu mereka mengatasi masalah pengereman dengan lebih baik. Seal pada silinder roda mencegah kebocoran cairan rem, mencegah rem blong. Komponen silinder roda harus bekerja baik agar rem optimal.

Untuk pengereman yang baik, penting untuk memastikan kondisi silinder roda. Ini termasuk tekanan hidrolik yang cukup. Pengemudi harus memeriksa sistem pengereman secara berkala.

Cara Kerja Silinder Roda Mobil

Cara kerja silinder roda mobil terdiri dari dua fase utama. Fase pertama terjadi saat pengemudi menginjak dan melepaskan pedal rem. Ketika pedal rem diinjak, tekanan hidrolik dari master silinder mengalir ke silinder roda melalui selang rem. Ini mendorong piston di dalam silinder roda.

Proses ini membuat sepatu rem bergerak dan menekan drum rem. Ini menghasilkan gesekan yang memperlambat kecepatan kendaraan1. Mobil memiliki dua jenis rem tromol, yang masing-masing menggunakan satu atau dua silinder4.

Saat tekanan hidrolik diterapkan, silinder roda mengubah tenaga hidrolik menjadi tenaga dorong. Tenaga dorong ini mendorong piston1. Saat pedal rem dilepaskan, tekanan hidrolik menghilang, memungkinkan pegas menarik piston kembali ke posisi semula4.

Proses ini menunjukkan pentingnya silinder roda dalam sistem rem. Perawatan rutin diperlukan untuk menjaga performa pengereman mobil.

Baca Juga: Mengetahui Cara Kerja Rem Tromol Mobil

Rawatlah Silinder Roda Mobil Anda di Rotary Bintaro!

Untuk menjaga kinerja silinder roda tetap optimal, penting untuk melakukan perawatan berkala. Rawatlah di bengkel spesialis Rotary Auto. Rotary Auto memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun. Teknisi-teknisi yang ada juga sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun. Jika merasa silinder roda atau rem tromol Anda bermasalah, segera bawa di bengkel terdekat Anda!

Perawatan dan perbaikan silinder roda mobil secara berkala membantu menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara. Ini juga memperpanjang masa pakai komponen. Hubungi customer service kami melalui website Rotaryauto atau dengan cara klik di sini untuk layanan perawatan kendaraan dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dan 9 cabang di Jadetabek dengan garansi pengerjaan dan promo menarik.

Link Sumber

  1. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/fungsi-silinder-roda
  2. https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/komponen-silinder-roda
  3. https://wuling.id/id/blog/autotips/rem-tromol-mobil-pengertian-komponen-cara-kerjanya
  4. https://www.suzuki.co.id/tips-trik/silinder-roda-rem-mobil-fungsi-komponen-dan-cara-kerjanya?pages=all

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...