Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

6 Ciri-Ciri Bengkel Service AC Mobil Terdekat yang Berkualitas

Mobil adalah salah satu kendaraan yang saat ini paling banyak digunakan. Jika ingin mengendarai mobil dengan nyaman dan aman, tentu sang pemilik harus rutin service mobil. Apabila mobil jarang di service maka akan menyebabkan mobil mengalami berbagai masalah hingga mudah mogok. Salah satu komponen di dalam yang harus rutin di service adalah AC mobil. Banyak bengkel service AC mobil terdekat yang bisa menjadi pilihan.

Jika mobil jarang atau bahkan tidak pernah di service, maka mobil dan semua komponen di dalamnya akan cepat rusak. Tidak hanya bagian luar mobil saja yang harus di service secara rutin. Akan tetapi bagian dalamnya juga harus rutin di service, salah satunya adalah AC mobil. Bayangkan saat anda sedang bepergian lalu tiba-tiba AC mobil mati saat cuaca sedang panas, tentu tidak nyaman bukan? Oleh sebab itu jangan sampai lupa kunjungi bengkel service AC mobil terdekat di sekitar anda.

Meskipun bengkel AC mobil sangat mudah dicari, namun masih banyak para pemilik mobil yang sering merasa kecewa setelah melakukan service AC di bengkel tersebut. Padahal banyak bengkel service AC mobil terdekat yang lebih berkualitas. Pastikan anda melakukan service AC mobil di bengkel yang memang berpengalaman. Tidak hanya itu, pastikan juga untuk melakukan service AC mobil anda di bengkel yang memberikan jaminan hasil.

Pertanyaan Seputar Service AC Mobil Terdekat

Salah satu penyebab AC tidak memberikan udara dingin adalah matinya kipas tambahan. Jika komponen ini yang terletak di depan kondensor mati, itu akan mempengaruhi proses kondensasi. Kondensasi, yang seharusnya menurunkan suhu di dalam kondensor, tidak akan terjadi jika kipas tambahan tidak berputar.
Mencuci AC mobil secara rutin dapat menjaga kinerja mobil tetap optimal. Jika AC jarang dicuci, kinerja AC akan menurun, dan ini dapat menyebabkan masalah pada sistem AC mobil.
Dari 90.000 hingga 100.000 km (Biaya estimasi Rp 850.000-1.000.000), jasa servis mencakup: 1. Pembersihan blower AC. 2. Pembersihan kondensor AC depan. 3. Pengecekan tekanan freon. 4. Pembukaan dan pembersihan evaporator. 5. Penggantian freon. 6. Penggantian dryer. 7. Penggantian oli kompresor.
Kapan harus melakukan servis AC mobil? Servis kecil pada AC mobil sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan atau setiap 10.000 km. Pada servis ini, teknisi akan memeriksa dan membersihkan filter AC, mengganti oli kompresor, serta memeriksa sistem AC untuk memastikan semuanya beroperasi dengan baik.

Tips Memilih Bengkel Service AC Mobil Terdekat

Service AC Mobil Terdekat

AC mobil merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi kebanyakan orang, terutama di daerah yang memiliki cuaca panas maupun ekstrem. Namun, jika AC mobil Anda mengalami kerusakan, maka tentu saja Anda akan membutuhkan bantuan dari bengkel service AC mobil yang terpercaya dan berkualitas. Memilih bengkel service AC mobil yang tepat dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama jika Anda tidak tahu di mana mencari bengkel service AC mobil terdekat.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa membantu Anda memilih bengkel service AC mobil terdekat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum mengetahui rekomendasi dan daftar bengkel service AC mobil terdekat, ada baiknya anda mengetahui apa saja tips memilih dalam memilih bengkel service AC mobil terdekat di kota anda.

1. Jujur

Tips pertama adalah pilihlah bengkel AC mobil yang sudah terkenal kejujurannya. Jujur disini maksudnya adalah mekanik bengkel akan mengatakan yang sebenarnya terhadap apapun kerusakan mobil anda sesuai data yang ada. Mekanik tersebut juga tidak boleh mengurangi atau menambahkan jenis kerusakan AC mobil yang mengharuskan anda membayar biaya lebih banyak.

2. Profesional

Dalam memilih bengkel service AC mobil terdekat, pastikan memilih bengkel yang sudah berpengalaman dan profesional. Pada dasarnya, masih banyak bengkel dengan mekanik di dalamnya yang kurang berpengalaman. Hal tersebut mengakibatkan service yang dilakukan menjadi tidak maksimal. Dan menyebabkan kerusakan-kerusakan yang ada menjadi tidak bisa diperbaiki. Bahkan ada juga beberapa bengkel yang justru mekaniknya tanpa sengaja merusak komponen lain yang ada pada mobil anda.

3. Spare Part Asli dan Berkualitas

Ketika hendak mencari bengkel service AC mobil terdekat, jangan lupa memastikan kalau spare part yang digunakan asli dan berkualitas. Spare part yang asli dan berkualitas akan membuatnya lebih tahan lama. Namun, sayang sekali masih banyak bengkel AC mobil yang justru dengan sengaja memberikan barang palsu. Bahkan ada juga bengkel yang memberikan barang dengan kualitas rendah dengan harga murah. Oleh sebab itu, anda sebaiknya menggunakan jasa service AC mobil terdekat yang memang sudah terpercaya dan sudah direkomendasikan oleh banyak orang atau komunitas AC mobil. Karena memang menemukan bengkel AC mobil profesional sangatlah sulit.

4. Memiliki Banyak Pelanggan

Sebuah bengkel AC mobil yang memiliki kualitas bagus dan harga yang murah tentu saja banyak memiliki pelanggan. Bengkel AC mobil dengan banyaknya pelanggan yang banyak itu menandakan kalau bengkel tersebut sudah terpercaya dan profesional. Jika anda melewati sebuah bengkel AC mobil dan ternyata ramai dengan pelanggan, maka hal itu bisa menjadi patokan kalau bengkel tersebut adalah bengkel yang bagus dan berkualitas.

5. Harga Kompetitif

Harga merupakan salah satu faktor utama dalam menentukan apakah kualitas yang dimiliki oleh sebuah bengkel tersebut cukup baik atau tidak. Jika sebuah bengkel menyediakan jasa service AC mobil terdekat yang harganya murah, anda patut curiga. Harga yang murah memungkinkan kalau kualitas bengkel tersebut kurang baik. Namun sebaliknya, jika harga yang ditawarkan terlalu mahal anda juga akan merasa tidak ingin mengeluarkan biaya lebih. Oleh sebab itu, anda bisa memilih bengkel yang menawarkan harga kompetitif.

6. Garansi Service

Tidak jarang kalau ada suku cadang yang diberikan bengkel AC mobil ternyata cacat. Padahal saat baru dipasang masih bagus tapi ketika dibawa pulang ternyata tidak bagus. Namun, bengkel yang bagus biasanya akan memberikan garansi service apabila terjadi kesalahan yang disebabkan mekanik bengkel itu sendiri. Tentu saja hal tersebut akan sangat menguntungkan karena tentunya anda tidak ingin membayar lebih apabila kerusakan terjadi bukan dari kesalahan anda sendiri.

Baca juga : Daftar Bengkel Mobil Terbaik Tahun 2024 Di Jadetabek

Perkiraan Biaya Service AC Mobil TerdekatService AC Mobil Terdekat

Air Conditioner merupakan salah satu bagian yang penting dari mobil yang berfungsi untuk menjaga suhu udara di dalam mobil agar tetap sejuk. Namun, AC mobil tidak selamanya akan berfungsi dengan baik. Diperlukan perawatan rutin agar AC mobil tetap dapat bekerja dengan optimal. Oleh karena itu, Rotary Auto akan memberikan informasi mengenai perkiraan biaya service AC mobil terdekat untuk membantu para pemilik mobil dalam merawat AC mobilnya.

  • Biaya Ganti Spare Part AC Mobil

Jika anda ingin mengganti spare part yang ada di mobil, anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Tentu saja biaya tersebut tidak sangat besar tapi tidak juga sedikit. Spare part mobil anda yang kemungkinan diganti adalah barang-barang seperti seal, thrust bearing, seo, dan shaft seal. Jika ingin mengganti barang-barang tersebut anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 475.000.

  • Biaya Ganti Magnetic Clutch

Tahukah anda ada sebuah benda yang bernama magnetic clutch. Dimana benda tersebut disebut juga dengan kopling magnet. Benda yang satu ini berupa katrol yang selalu berputar mengikuti mesin yang sedang berjalan. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, maka performa dari AC mobil juga akan berpengaruh. Biaya yang perlu anda keluarkan jika ingin mengganti magnetic clutch sekitar Rp. 380.000.

  • Biaya Servis Kondensor

Di dalam AC mobil ada komponen yang bisa mengubah freon yang tadinya berbentuk gas menjadi cair dengan menggunakan proses kondensasi. Komponen tersebut memiliki nama lain yakni heat exchanger. Jika anda ingin mengganti kondensor yang rusak, maka anda harus mengeluarkan kocek sekitar Rp. 500.000. Namun, jika anda hanya ingin mengurasnya anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 175.000.

  • Harga Receiver Dryer dan Expansi Valve

Jika anda ingin service AC mobil terdekat sebaiknya anda mengetahui berapa harga receiver dryer dan expansi valve. Receiver dryer sendiri merupakan komponen yang berada di antara kondensor dan katup ekspansi. Apabila refrigerant dipompa oleh kompresor maka alirannya akan menuju ke kondensor dan juga melewati receiver dryer sebelum akhirnya menuju ke katup ekspansi. Biaya yang harus anda keluarkan jika ingin mengganti receiver dryer adalah Rp. 90.000 dan biaya untuk ganti katup ekspansi adalah Rp. 200.000.

  • Biaya Ganti Evaporator

Evaporator merupakan sebuah komponen yang dapat mengubah sebagian atau keseluruhan pelarut dari sebuah larutan yang awalnya berbentuk cair menjadi berbentuk uap. Komponen ini bisa menyerap panas dari udara dan kemudian menyalurkannya ke refrigerant. Karena udara yang diserap adalah udara panas, maka udara yang keluar melewati evaporator akan menjadi dingin. Biaya penggantian evaporator berkisar antara Rp. 800.000 sampai dengan Rp. 1,3 juta.

Dengan adanya informasi yang sudah dijelaskan diatas, mengenai tips memilih bengkel AC mobil, rekomendasi bengkel AC mobil dan biaya perbaikan AC mobil, diharapkan bisa menjadi pedoman untuk anda agar mendapatkan bengkel service AC mobil terdekat yang bagus dan harganya terjangkau. Sehingga, mobil kesayangan anda bisa diperbaiki di tangan yang tepat yakni bengkel AC mobil terbaik.

Rotary Auto adalah bengkel service AC mobil terdekat yang sudah melayani ratusan pelanggan dengan permasalahan AC mobil atau tune up setiap bulannya. Apabila berminat, Anda bisa mengunjungi blog rotaryauto.co.id jika anda ingin mendapatkan informasi tambahan mengenai bengkel spesialis AC & Tune Up mobil terbaik yaitu Rotary Bintaro.

Jangan lupa untuk melakukan reservasi sebelum datang agar menghindari antrian yang terlalu banyak. Anda juga bisa menghubungi admin bengkel mobil terdekat rotary untuk info lebih lanjut dengan cara klik disini.

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...