Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Jangan Sampai Repot Di Jalan! Ini Persiapan Mudik Yang Harus Anda Lakukan!

Mudik lebaran selalu menjadi momen yang ditunggu seluruh masyarakat Indonesia. Di momen itulah kita bersuka cita, saling memaafkan dan yang paling penting berkumpul bersama dengan orang yang tersayang dan berharga dalam hidup kita. Terlebih, untuk kita yang hidup jauh dari keluarga dan orang tersayang demi berjuang untuk hidup, tentu momen mudik lebaran menjadi momen yang sangat ditunggu.

Jauh-jauh hari kita melakukan persiapan mudik, segala macam hampers, oleh-oleh ataupun hadiah kita persiapkan demi orang tersayang kita nan jauh disana. Tidak hanya sekedar hadiah, tapi persiapan perjalanan juga harus disiapkan agar kita tidak repot sendiri selama di perjalanan. Maka dari itu, Anda perlu untuk melakukan berbagai persiapan perjalanan untuk memastikan mudik lebaran Anda dapat berjalan dengan mulus.

Memang persiapan perjalanan apa saja sih yang harus disiapkan untuk melakukan perjalanan mudik ini? Itulah yang akan kita bahas dalam artikel kali ini. Yuk persiapkan mudik ini bersama!

Pertanyaan Seputar Persiapan Mudik

Sebaiknya persiapan mudik dimulai beberapa minggu atau bahkan bulan sebelum tanggal keberangkatan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengatur segala sesuatunya dengan baik dan menghindari kerepotan dekat tanggal keberangkatan.
Pemilihan moda transportasi tergantung pada preferensi, jarak perjalanan, dan ketersediaan tiket. Anda dapat memilih antara pesawat, kereta, bus, atau kendaraan pribadi, tergantung pada kebutuhan dan kenyamanan Anda.
Beberapa tips untuk menghindari kemacetan selama mudik adalah:- Berangkat lebih awal atau lebih lambat dari waktu keberangkatan utama. - Memilih rute alternatif yang kurang padat. - Menggunakan aplikasi navigasi untuk memantau lalu lintas. - Menghindari waktu keberangkatan atau kepulangan pada puncak arus mudik.
Beberapa langkah untuk memastikan keamanan perjalanan saat mudik meliputi: - Memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat. - Mengikuti aturan lalu lintas dan tanda-tanda jalan. - Memastikan Anda beristirahat secara teratur selama perjalanan. - Menjaga barang berharga dan dokumen penting dengan aman.

Persiapan Kelengkapan Dan Keamanan Mudik

persiapan mudik

Persiapan mudik yang pertama kali harus Anda siapkan tentu adalah persiapan kelengkapan dan keamanan yang diperlukan untuk mudik. Dalam hal ini, persiapkanlah berbagai macam alat ataupun bawaan yang sekiranya dibutuhkan dalam perjalanan mudik Anda nantinya. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Dokumen

Pertama, Anda tentunya perlu mempersiapkan seluruh dokumen yang diperlukan dalam melakukan perjalanan mudik. Dokumen yang disiapkan bisa berbagai macam tergantung pada moda transportasi apa yang akan Anda gunakan untuk melakukan perjalanan mudik tersebut. Tetapi yang paling umum tentunya adalah KTP / Kartu Tanda Penduduk.

Nah, untuk Anda yang naik transportasi umum seperti busway, kereta, pesawat hingga kapal, maka Anda tentu memerlukan tiket dari kendaraan tersebut. Namun, apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka ada beberapa dokumen tambahan yang perlu Anda persiapkan contohnya seperti kartu toll, STNK dan juga BPKB.

2. Peralatan

Persiapan mudik kedua dari sisi kelengkapan tidak lain adalah peralatan, apalagi bila Anda menggunakan kendaraan pribadi. Peralatan tersebut diantaranya adalah kotak P3K, ban serep, kunci setir, dongkrak hingga toolkit. Ini digunakan untuk berjaga-jaga bila seandainya motor ataupun mobil Anda mengalami masalah ditengah jalan.

3. Keuangan

Persiapan mudik yang tidak kalah pentingnya untuk perhatikan tentu adalah keuangan. Ada uang tentu semua lancar bukan? Siapkanlah uang yang sekiranya cukup untuk menunjang perjalanan Anda entah itu uang untuk tiket, bensin, makan dan minum diperjalanan dan lain sebagainya. Sebagai saran tambahan, persiapkanlah uang Anda dalam bentuk tunai dan non-tunai ya!

4. Informasi

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam persiapan mudik adalah informasi. Pastikan Anda memiliki informasi yang jelas tentang rute perjalanan Anda. Ini berlaku baik bagi Anda yang mudik dengan naik mobil ataupun kendaraan pribadi, maupun bagi Anda yang mudik dengan transportasi umum seperti pesawat, kapal hingga busway. Selain itu, jangan pernah malu bertanya agar Anda tidak tersesat ya! Seperti kata pepatah, malu bertanya sesat dijalan.

5. Keamanan Tempat Tinggal Anda

Pastikan pula tempat tinggal Anda entah itu kost, apartement ataupun rumah Anda tetap aman selama Anda tinggalkan. Pastikan untuk mematikan listrik dan air serta juga gas untuk memastikan tempat tinggal Anda aman dari korsleting ataupun kebocoran yang dapat membahayakan tempat tinggal Anda.

Selain itu, pastikan pula Anda menyimpan barang berharga Anda berada ditempat yang aman dimana hanya Anda yang memiliki akses untuk mengambilnya. Lebih dari itu, titipkan pula hewan peliharaan dan kunci rumah Anda pada RT/RW ataupun orang yang Anda percaya. Ini dilakukan untuk meminimalisir potensi dibobolnya rumah Anda pada saat Anda meninggalkannya untuk waktu yang cukup lama.

Persiapan Kesehatan Mudik

persiapan mudik

Setelah kelengkapan dan keamanan siap, persiapan mudik yang tidak kalah pentingnya untuk Anda siapkan adalah dari sisi kesehatan terlebih dahulu. Anda tentu tidak akan bisa melakukan perjalanan mudik jika kondisi Anda sejak awal sudah tidak sehat bukan? Maka dari itu, Anda perlu untuk tetap sehat sebelum melakukan mudik. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kesehatan Anda sebelum melakukan mudik, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Kondisi Fisik

Agar kesehatan Anda dapat terjamin sebelum mudik, maka kondisi fisik menjadi kunci utamanya. Pastikan Anda makan dengan tepat waktu, apalagi untuk Anda yang memiliki riwayat penyakit maag. Jika Anda berpergian ketika masih dalam waktu puasa, perhatikan bagaimana anjuran dokter. Lebih dari itu, perhatikan pula gizi yang Anda makan untuk tetap seimbang.

Bila memungkinkan, konsumsi juga vitamin yang dapat menunjang energi Anda dalam melakukan perjalanan jauh. Ini jelas dibutuhkan karena perjalanan jauh tentu sangatlah melelahkan terlepas dari apapun transportasi yang Anda pilih. Mabuk udara, mabuk laut hingga mabuk darat dapat menimpa siapa saja. Maka dari itu, mengonsumsi vitamin dapat menjadi opsi tambahan yang dapat Anda pilih untuk menunjang kesehatan Anda selama perjalanan Anda.

2. Istirahat Yang Cukup

Selain soal apa yang Anda konsumsi, untuk membuat perjalanan mudik Anda semakin mulus dan lancar, maka Anda perlu beristirahat dengan cukup, apalagi bila Anda melakukan perjalan mudik dengan kendaraan pribadi, jelas istirahat yang cukup menjadi kunci utamanya.

Berapa banyak berita kecelakaan mudik akibat kelelahan yang telah Anda baca? Tentu sudah cukup sering bukan? Maka istirahat yang cukup ini bukan hanya untuk memastikan kesehatan, tetapi juga memastikan keselamatan Anda sepanjang perjalanan mudik. Lakukanlah istirahat setiap 4 bulan sekali.

3. Obat-Obatan

Selain itu, dalam mempersiapkan kesehatan sebelum mudik, obat-obatan menjadi hal yang tidak boleh untuk Anda lupakan, apalagi bila Anda memang memiliki penyakit yang harus rutin meminum obat, seperti maag, flu, diare ataupun obat lainnya.

Selain itu, perjalanan mudik lebaran khususnya yang menempuh perjalanan jauh tentu sangat rentan dengan kuman ataupun bakteri yang mungkin saja ikut terbawa dalam perjalanan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membawa cairan pembersih seperti hand sanitizer hingga tisu basah untuk memastikan kebersihan Anda, terlebih ketika Anda makan di tengah perjalanan mudik tersebut.

Persiapan Transportasi Mudik

persiapan mudik

Persiapan mudik terakhir yang juga sangat penting adalah transportasi yang akan Anda gunakan. Jika Anda menggunakan transportasi umum, mungkin Anda hanya perlu menyiapkan tiket semata, lalu bagaimana bila Anda mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil? Jika Anda melakukan mudik dengan naik mobil, maka Anda perlu melakukan service mobil Anda terlebih dahulu. Beberapa service mobil yang perlu untuk Anda lakukan :

1. Service AC Mobil

Persiapan mudik dengan naik mobil yang perlu Anda lakukan tentunya adalah service AC mobil. Service AC mobil sebagai persiapan mudik ini meliputi berbagai macam hal, mulai dari kompresor, freon. kondensor, evaporator, filter hingga berbagai macam komponen AC mobil lainnya. Jenis service yang dilakukan dapat berupa pembersihan, perbaikan ataupun pergantian bergantung pada kondisi komponen AC mobil Anda,.

Melakukan service AC mobil sebagai persiapan mudik dapat memberikan Anda beberapa manfaat. Pertama, adalah untuk memberikan Anda suhu dingin yang sesuai dengan kontrol ataupun keinginan Anda. Dengan begitu, maka Anda akan terhindar dari keringat, badan yang lengket hingga suasana gerah ataupun panas di sepanjang perjalanan.

Lebih dari itu, service AC mobil ini juga akan membuat aliran udara dalam kabin mobil Anda menjadi sangat lancar. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari suasana engap yang dapat mengganggu kenyamanan perjalanan mudik Anda. Dengan begitu, Anda dapat menikmati perjalanan dengan jauh lebih nyaman.\

Terakhir, melakukan service AC mobil sebagai persiapan mudik ini juga akan berpengaruh pada kesehatan Anda disepanjang perjalanan lho? Bagaimana bisa? Ini dikarenakan service AC mobil akan membuat sistem AC mobil Anda menjadi bersih dan mengeluarkan angin yang sangat segar untuk dihirup.

Dengan begitu, Anda tentunya akan terhindar dari masalah AC mobil bau yang dapat menimbulkan rasa mual bahkan muntah, khususnya untuk Anda yang memang sensitif terhadap hal tersebut. Ini berarti, service AC mobil sebagai persiapan mudik tidak hanya sekedar memaksimalkan kenyamanan, tetapi juga memaksimalkan kesehatan Anda disepanjang perjalanan mudik.

2. Service Kaki Kaki Mobil

Persiapan mudik dengan naik mobil yang juga harus Anda perhatikan adalah kondisi kaki kaki mobil. Pastikan seluruh komponen kaki kaki mobil mulai dari tie rod, ball joint, bushing arm, bearing, suspensi, rem hingga roda dan ban mobil Anda benar-benar kuat untuk melakukan perjalanan mudik, terlebih bila Anda menempuh perjalanan mudik dengan jarak yang sangat jauh.

Sebagai persiapan mudik, service kaki kaki mobil ini begitu penting untuk Anda lakukan demi memaksimalkan keamanan Anda dalam berkendara. Perjalanan mudik yang seharusnya menyenangkan, bisa menjadi bencana yang memilukan akibat terjadinya kecelakaan. Mobil yang limbung ataupun miring saat berbelok, rem yang tidak pakem hingga setir mobil yang tidak stabil menjadi peristiwa yang sering kali terjadi akibat jarangnya melakukan service kaki kaki mobil Anda.

Maka dari itu, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat komponen kaki kaki mobil yang tidak berjalan dengan maksimal, Anda perlu untuk melakukan service kaki kaki mobil sebagai persiapan mudik ya! Dengan begitu perjalanan mudik Anda dan orang lain dapat lebih terjaga dan maksimal.

3. Service Mesin Mobil

Persiapan mudik dengan naik mobil terakhir yang juga sangat penting adalah melakukan service mesin mobil. Ini tentu menjadi kunci untuk membuat perjalanan mudik Anda menjadi jauh lebih maksimal. Anda tentu tidak ingin mengalami kejadian dimana mesin mobil Anda tiba tiba mati, kurang tenaga,mengeluarkan berisik, bensin boros hingga mogok di tengah perjalanan bukan? Maka dari itu, sebagai persiapan mudik, Anda perlu melakukan service mesin mobil.

Pertama, Anda perlu untuk memastikan kondisi dari oli mobil Anda. Oli mobil ini memiliki fungsi atau peran yang krusial dalam mesin mobil Anda dimana mesin mobil inilah yang akan melumasi seluruh komponen dalam mesin mobil Anda. Apabila oli dalam mesin mobil Anda sudah menipis, segera lakukan pergantian dengan yang baru agar peforma dari seluruh komponen mesin mobil Anda bisa berjalan dengan maksimal.

Kedua, lakukan pula pengecekan pada sistem kelistrikan di mobil Anda. Jika kita bicara soal sistem kelistrikan, maka aki mobil adalah kuncinya. Pastikan bahwa aki mobil Anda tidak mengalami masalah seperti masalah aki mobil soak. Apabila aki mobil Anda bermasalah, maka ini artinya sistem kelistrikan dalam mobil Anda tidak berjalan dengan lancar.

Apabila saat pengecekan ditemukan masalah pada aki mobil, segeralah lakukan pergantian, jika tidak, maka hal ini akan menyebabkan berbagai masalah, mulai dari mobil yang sulit untuk di starter, mobil menjadi mati total, sulit untuk bergerak, lampu mobil menjadi redup, perangkat listrik tidak berfungsi dengan baik hingga AC, lampu dan audio mobil menjadi ikut mati. Hal ini tentu akan sangat merusak pengalaman mudik Anda.

Ketiga, bagian yang tidak kalah pentingnya dalam mesin mobil tidak lain adalah air radiator. Komponen mesin mobil yang satu ini begitu penting untuk membuang panas dari mesin mobil Anda. Seperti yang kita ketahui, proses pembakaran dalam mobil akan membuat suhu dari mesin mobil meningkat bahkan hingga ketingkat yang sangat tinggi. Disinilah air radiator menjalankan fungsinya yakni untuk menjaga suhu dari mesin mobil Anda. Dengan kata lain, air radiator inilah yang akan mencegah terjadinya overheat pada mesin mobil Anda.

Memang apa sih akibat dari mesin mobil yang terlalu panas atau overheat ini? Ada begitu banyak akibat negatif yang akan Anda rasakan bila mesin mobil Anda overheat, mulai dari kinerja dan umur pakai dari komponen mesin mobil yang menjadi cepat habis, terjadinya kegagalan transmisi hingga mesin mobil yang rusak dan tidak bisa berjalan. Anda tentu tidak ingin perjalanan mudik Anda terganggu karena mesin mobil overheat bukan? Maka dari itu, dalam persiapan mudik, Anda perlu melakukan service untuk memaksimalkan peforma dari mesin mobil Anda.

Selain itu, pastikan pula komponen mesin mobil lainnya juga dalam kondisi prima seperti bagian engine block, piston, reservoir tank, sistem transmisi, poros engkol, radiator dan berbagai komponen mesin mobil lainnya. Melakukan service mesin mobil sebagai persiapan mudik tentu akan menciptakan pengalaman mudik Anda menjadi lebih maksimal.

Sebagai persiapan mudik, ada dua opsi service mesin mobil yang dapat Anda pilih diantaranya adalah Engine Overhaul dan juga Tune Up. Apa sih bedanya? Pertama, overhaul dapat dikatakan sebagai “service besar” yang akan melakukan pengecekan sekaligus perbaikan dengan membongkar mesin secara keseluruhan untuk mengatasi masalah dalam kategori serius. Sementara Tune Up dapat dikatakan sebagai “service ringan” untuk mengembalikan peforma mesin Anda. Tune Up ini meliputi pemeriksaan, penyetelan hingga pergantian komponen kecil yang dapat mempengaruhi peforma mesin mobil Anda.

Lalu, untuk persiapan mudik, mana yang harus dilakukan? Ini tergantung pada kondisi mesin mobil Anda. Apabila mesin mobil Anda memang sudah dalam kondisi rusak yang cukup parah, maka lakukanlah engine overhaul. Namun, jika mesin mobil Anda masih bagus tetapi butuh penyegaran dan peforma maksimal, maka lakukanlah Tune Up.

Yang jelas, sebagai persiapan mudik, Anda perlu melakukan service pada mobil kesayangan Anda, apalagi jika perjalanan mudik Anda sangatlah jauh, maka jelas peforma mobil yang maksimal sangatlah dibutuhkan demi menciptakan perjalanan mudik yang menyenangkan tanpa hambatan.

Lakukan Service Mobil Sebelum Mudik Hanya Di Rotary Auto!

persiapan mudik

Tadi Anda sudah memahami soal betapa pentingnya melakukan service mobil sebelum mudik, entah itu pada bagian AC, kaki kaki hingga mesin mobil. Pertanyaan terakhirnya adalah dimana sih bengkel yang dapat diandalkan untuk melakukan seluruh service mesin mobil tersebut?

Satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto. Bengkel mobil yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun, jelas membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan kemampuan dalam mengatasi masalah mobil mulai dari AC mobil, kaki kaki hingga mesin mobil.

Pertama dari sisi service mesin mobil. Perlu Anda ketahui, Rotary Auto sejak pertama kali berdiri hingga saat ini merupakan bengkel yang mendalami  masalah AC mobil. Sebelum berkembang hingga sebesar sekarang, Rotary Auto begitu diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah AC mobil. Hasilnya? Kini Rotary Auto berevolusi sebagai salah satu specialist AC mobil yang begitu ternama di Indonesia.

Kedua dari sisi service kaki kaki mobil. Seiring dengan perkembangannya, Rotary Auto melebarkan sayap layanannya untuk menangani berbagai keluhan pelanggannya soal masalah pada kaki kaki mobil. Dari sana, Rotary Auto terus melakukan berbagai inovasi. Hasilnya, Rotary Auto menjadi bengkel pertama di Indonesia yang menghadirkan teknologi Kyoto Shaking Machine. Apa sih Kyoto Shaking Machine itu?

Kyoto Shaking Machine merupakan teknologi terdepan yang mampu untuk mengatasi berbagai permasalahan kaki kaki mobil. Adanya Kyoto Shaking Machine ini membuat Anda tidak perlu lagi repot melakukan test drive untuk melakukan pengecekan pada kaki kaki mobil. Bagaimana bisa? Ini dikarenakan Kyoto Shaking Machine memanfaatkan guncangan hidrolik yang mampu untuk memberikan simulasi guncangan pada mobil Anda.

Lalu, dari simulasi guncangan itulah akan dianalisa ada atau tidaknya masalah pada kaki kaki mobil Anda. Ini tentu membuat proses pengecekan kaki kaki mobil menjadi jauh lebih cepat dan praktis. Lebih dari itu, hasil analisanya juga jauh lebih tepat, karena bila pada umumnya analisa dilakukan hanya berdasarkan tebakan, maka dengan Kyoto Shaking Machine, analisa dilakukan dengan dengan mekanisme yang begitu canggih.

Ketika analisanya tepat, maka solusi yang diambil juga jauh lebih akurat. Anda dipastikan akan terhindar dari berbagai pergantian komponen yang salah yang justru hanya akan membuang uang Anda semata.

Terakhir, dari segi mesin mobil, Rotary Auto juga mampu untuk melakukan service mesin mobil bahkan sangat ahli. Mulai dari Tune Up hingga Engine Overhaul, seluruhnya mampu dilakukan oleh Rotary Auto. Banyak orang yang sangat mengandalkan Rotary Auto jika ingin melakukan service pada bagian mesin mobil mereka. Keahliannya yang luas pada berbagai masalah mobil, membuat Rotary Auto mampu untuk mendapatkan reputasi positif dari masyarakat.

Mendapatkan apalagi mempertahankan reputasi bukanlah perkara mudah, dibutuhkan pembuktian dan dedikasi selama bertahun-tahun lamanya. Tetapi Rotary Auto, mampu mempertahankan reputasi positif tersebut selama lebih dari 20 tahun. Reputasi positif yang dimiliki Rotary Auto ini merupakan gambaran bagaimana kualitas tinggi yang dimiliki oleh Rotary Auto.

Masalah harga? Jangan khawatir! Rotary Auto menyediakan layanan konsultasi GRATIS lho! Sebelum melakukan service, Anda dapat terlebih dahulu melakukan konsultasi untuk menemukan dimana masalahnya, apa solusinya dan bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya. Ini membuat Anda terhindar dari berbagai biaya tidak pasti yang biasa Anda ditemukan dibengkel pada umumnya, karena biaya di Rotary Auto telah dijelaskan dan disetujui di awal.

Bagaimana? Sangat lengkap? Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi tentang detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...