Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Hindari Mobil Mati Di Tengah Jalan! Ini Persiapan Mudik Naik Mobil Yang Perlu Anda Lakukan!

Mudik atau yang juga dikenal pulang kampung sudah menjadi tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia menjelang momen lebaran. Momen kembali ke “rumah”, bermaaf-maafan dan berkumpul dengan orang tersayang tentu menjadi momen berharga untuk sejenak melupakan hiruk pikuk duniawi. Sejauh apapun kaki kita melangkah, selalu ada mereka yang tersayang dan menunggu di kampung halaman.

Banyak cara yang ditempuh oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan mudik lebaran ini. Ada yang menggunakan kereta, kapal laut, pesawat, motor hingga yang paling banyak yaitu mobil. Perjalanan mudik dengan mobil ini begitu banyak digunakan masyarakat karena privasi, keamanan serta kemampuannya dalam membawa barang sangatlah sesuai kebutuhan.

Melakukan perjalanan mudik dengan naik mobil ini membutuhkan persiapan matang untuk memaksimalkan perjalanan. Jika tidak, maka perjalanan mudik yang seharusnya menyenangkan justru akan berubah menjadi menyebalkan yang bahkan tidak jarang menyebabkan kecelakaan. Memangnya apa saja sih persiapan mudik naik mobil yang harus kita lakukan? Itulah yang akan menjadi pembahasan utama kita dalam artikel kali ini. Simak terus sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar Persiapan Mudik Naik Mobil

Disarankan untuk melakukan servis mobil setidaknya seminggu sebelum perjalanan jauh. Hal ini memberikan cukup waktu untuk menangani masalah yang mungkin muncul selama servis.
Berhentilah secara teratur setiap dua jam atau 150 km untuk meregangkan kaki dan istirahat. Bagi tanggung jawab mengemudi jika memungkinkan dan hindari mengemudi pada jam-jam larut di mana kelelahan lebih mungkin terjadi. Tetap terhidrasi dan hindari makanan berat yang bisa membuat mengantuk.
Periksa perkiraan cuaca sepanjang rute perjalanan Anda dan bawa perlengkapan yang sesuai. Bawa pakaian ekstra, payung, dan perlengkapan hujan jika hujan atau suhu dingin diantisipasi.
Jika mobil Anda mogok, tarik mobil dengan aman ke sisi jalan dan nyalakan lampu hazard. Gunakan segitiga reflektif atau flares untuk meningkatkan visibilitas kepada pengemudi lain. Hubungi bantuan jalan atau layanan darurat, dan tetap di dalam mobil sampai bantuan tiba.
Jika bepergian dengan hewan peliharaan, pastikan mereka terikat dengan aman di dalam mobil dengan harness atau carrier. Bawa makanan, air, dan obat-obatan yang diperlukan untuk hewan peliharaan Anda.

Persiapan Kondisi Mobil

persiapan mudik naik mobil

Persiapan mudik naik mobil yang pertama kali harus Anda pastikan adalah kondisi mobilnya terlebih dahulu. Dalam hal ini, melakukan pemeriksaan ataupun service mobil adalah kunci utamanya. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada kondisi mobil Anda. Pemeriksaan ataupun service mobil tersebut meliputi beberapa hal berikut ini :

1. Service AC Mobil

Kondisi mobil yang perlu Anda cek dan pastikan pertama kali adalah kondisi dari sistem AC mobil Anda. Sistem AC mobil yang berfungsi secara maksimal tentu akan berpengaruh pada kenyamanan Anda ketika melakukan perjalanan mudik, terlebih bila Anda akan menempuh perjalanan mudik dengan jarak yang begitu jauh.

Periksalah kondisi dari seluruh komponen AC mobil, mulai dari freon, kompresor, kondensor, receiver dryer, expansion valve, hingga evaporator AC mobil. Pastikan tidak ada kebocoran ataupun masalah lain pada seluruh komponen AC mobil tersebut. Namun, apabila ternyata ditemuan kebocoran ataupun masalah, maka segeralah lakukan pergantian pada komponen AC mobil yang bocor atau bermasalah tersebut.

Ketika seluruh komponen AC mobil tersebut berjalan maksimal, maka tentu kenyamanan Anda ketika melakukan perjalanan mudik akan juga maksimal dimana Anda akan merasakan suhu dingin yang dapat dikontrol sesuai keinginan, sirkulasi udara yang berjalan maksimal hingga angin yang begitu segara untuk dihirup disepanjang perjalanan mudik.

Hal ini akan membantu untuk menjaga mood berpergian Anda dan keluarga terlebih ketika berhadapan dengan kemacetan. Maka dari itu, jangan lewatkan service AC mobil sebagai upaya persiapan mudik naik mobil yang Anda lakukan ya!

2. Service Kaki Kaki Mobil

Selain AC mobil, melakukan service kaki kaki mobil juga merupakan persiapan mudik naik mobil yang wajib untuk Anda lakukan. Kondisi dari seluruh komponen kaki kaki mobil ini sangatlah berpengaruh pada keselamatan Anda disepanjang perjalanan mudik.

Sudah banyak kasus berita kecelakaan saat mudik lebaran akibat komponen kaki kaki mobil yang rusak, mulai dari rem blong, ban yang licin, mobil yang limbung pada saat berbelok hingga setir mobil yang tidak stabil dan sulit dikontrol. Maka dari itu, persiapan mudik naik mobil dengan melakukan service pada kaki kaki ini begitu penting untuk mendeteksi kerusakan yang dapat mengancam nyawa Anda dan pengendara lainnya.

3. Service Mesin Mobil

Terakhir dan tak kalah pentingnya, kondisi dari mesin mobil Anda tentu sangat perlu untuk di cek dan dimaksimalkan peformanya. Pastikan seluruh komponen dari mesin mobil tidak ada keausan ataupun masalah lain yang dapat menganggu kinerjanya.

Pastikan bahwa oli mobil Anda masih cukup untuk melumasi berbagai komponen mesin mobil sehingga peformanya dapat berjalan maksimal. Apabila ditemukan bahwa oli sudah aus, maka segeralah lakukan pergantian. Ini penting untuk menjaga kinerja dari seluruh komponen mesin mobil Anda.

Pastikan pula bahwa air radiator mobil Anda berfungsi dengan maksimal, terlebih bila Anda menempuh jarak yang sangat jauh. Air radiator ini menjadi komponen mesin mobil yang berperan penting untuk mencegah mesin mobil Anda dari terjadinya overheat akibat pembakaran yang terus menerus. Ketika air radiator ini bermasalah, maka jelas mesin mobil akan menjadi terlalu panas lalu mengakibatkan mesin mobil Anda menjadi rusak dengan sangat berat.

Selain itu, lakukanlah pemeriksaan juga pada sistem kelistrikan mobil Anda. Apabila sistem kelistrikan mobil Anda bermasalah, maka hal ini akan memberikan dampak buruk yang sangat besar pada diri Anda, mulai dari mobil yang begitu sulit untuk untuk dinyalakan, bensin menjadi boros, AC, lampu hingga audio mobil tidak berfungsi hingga emisi yang tinggi.

Persiapan Rencana Perjalanan

persiapan mudik naik mobil

Setelah kondisi mobil Anda dipastikan berjalan dengan maksimal, maka persiapan mudik naik mobil berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan perencanaan untuk perjalanan mudik Anda nantinya.

Dalam hal ini, Anda perlu untuk menentukan rute perjalanan yang akan Anda pilih. Dalam hal ini, pilihlah rute yang sudah familiar dengan diri Anda untuk meminimalisir kebingungan rute yang dapat membuat Anda tersesat.

Namun, bila Anda baru pertama kalinya melakukan perjalanan mudik dengan naik mobil, maka aplikasi navigasi real time adalah kuncinya. Dengan menggunakan aplikasi navigasi real time tersebut, Anda bisa mendapatkan petunjuk rute terbaik yang dapat Anda tempuh.

Selain itu, Anda juga dapat melihat mana jalur yang ramai dan macet lalu memilih jalur alternatif untuk menghindari jalur tersebut. Dengan begitu Anda dapat meminimalisir kemungkinan diri Anda terjebak macet disepanjang perjalanan mudik tersebut.

Berikutnya, selain menentukan rute mana yang akan Anda tempuh, menentukan waktu perjalanan juga menjadi persiapan mudik naik mobil yang penting untuk Anda lakukan. Dalam hal ini, Anda perlu untuk menghindari jam tinggi arus mudik yang biasanya terjadi di sekitar dibawah H-7 lebaran khususnya pada H-3 hingga H-2 lebaran. Untuk menyiasatinya, Anda dapat melakukan melakukan perjalanan di sekitar H-7 ataupun H+3 lebaran sehingga Anda dapat terhindar dari kemacetan.

Persiapan Perlengkapan

persiapan mudik naik mobil

Selain itu, persiapan mudik naik mobil yang juga sangat penting adalah perlengkapan yang Anda bawa. Pertama, tentunya dokumen jangan lupa untuk Anda persiapkan seperti KTP dan STNK serta juga kartu E-Toll. Selain itu, bila Anda nantinya akan menyebrang pulau, maka Anda juga perlu untuk membeli tiket kapal feri yang tentunya sudah harus Anda beli jauh-jauh hari.

Kedua, pastikan pula bahwa Anda membawa segala macam kebutuhan Anda selama perjalanan hingga kunjungan dikampung nantiny, mulai dari obat-obatan, pakaian, makanan hingga uang yang cukup. Ini akan memberikan Anda pengalaman mudik yang lebih menyenangkan, terlebih jika terjadi sesuatu yang menyebalkan.

Lebih dari itu, peralatan tambahan juga merupakan persiapan mudik naik mobil yang penting untuk Anda perhatikan. Alat tambahan tersebut meliputi toolkit, ban serep, dongkrak hingga segitiga pengaman. Ini tentu penting untuk menghadapi situasi darurat yang bisa saja terjadi di sepanjang perjalanan.

Maksimalkan Persiapan Mudik Naik Mobil Dengan Melakukan Service Di Rotary Auto!

persiapan mudik naik mobil

Kondisi mobil yang maksimal menjadi kunci utama dalam menciptakan pengalaman mudik yang tenang, nyaman dan juga aman. Maka dari itu, dalam melakukan persiapan mudik naik mobil, Anda tidak boleh untuk melewatkan service pada seluruh bagian mobil mulai dari AC, kaki kaki, hingga mesin mobil.

Pertanyaannya adalah di bengkel mana sih yang dapat dipercaya untuk melakukan persiapan mudik naik mobil ini? Jika Anda bingung dimana mencarinya, satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto! Memangnya kenapa sih harus Rotary Auto?

Bengkel mobil yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Auto tentu membuatnya dapat melakukan persiapan mudik naik mobil dengan memberikan mobil kesayangan Anda perawatan sekaligus perbaikan yang maksimal. Bagaimana mungkin?

Pertama, dalam hal service AC mobil, Rotary Auto pada dasarnya ketika bangun merupakan bengkel yang berfokus dan memiliki spesialisasi AC mobil, sehingga seluruh masalah AC mulai dari AC mobil bau, AC mobil berisik hingga AC mati total dapat diselesaikan disini.

Kedua, dalam masalah kaki kaki mobil, Rotary Auto juga merupakan jawaban yang tepat. Ini dikarenakan Rotary Auto merupakan bengkel pertama di Indonesia yang menyediakan Kyoto Shaking Machine lho! Adanya Kyoto Shaking Machine membuat proses service kaki kaki mobil menjadi jauh lebih cepat, tepat dan akurat. Bagaimana bisa?

Ini dikarenakan Kyoto Shaking Machine memanfaatkan guncangan hidrolik yang mampu untuk memberikan simulasi guncangan pada mobil Anda. Lalu dari hasil simulasi guncangan itulah nanti akan dianalisa ada atau tidaknya masalah pada kaki kaki mobil Anda.

Dengan begitu, proses cek kaki kaki mobil tidak lagi dilakukan dengan membawa mobil Anda test drive, tetapi cukup diletakkan di atas Kyoto Shaking Machine ini. Ini tentu membuat proses pengerjaannya menjadi jauh lebih cepat. Lebih dari itu, hasil analisa juga tentunya jauh lebih tepat karena analisanya tidak lagi dilakukan dengan modal tebakan semata, melainkan dengan mekanisme mesin yang begitu canggih.

Ketika analisanya tepat, maka hasil yang diberikan juga jauh lebih akurat. Anda dipastikan akan terhindar dari pergantian komponen yang tidak perlu dan sia-sia serta hanya membuang uang Anda semata.

Persiapan mudik naik mobil di Rotary Auto tidak hanya sekedar memastikan atau memaksimalkan peforma dari AC dan kaki kaki mobil semata, tetapi juga memaksimalkan peforma dari mesin mobil Anda. Ini dikarenakan Rotary Auto juga ahli dalam melakukan service pada mesin mobil Anda mulai dari Tune Up hingga Engine Overhaul dapat dilakukan di Rotary Auto lho! Sangat lengkap bukan?

Lebih dari itu, persiapan mudik naik mobil dengan service di Rotary Auto ini tidak hanya sekedar lengkap, tetapi juga dengan biaya yang transparan lho! Bagaimana bisa? Ini dikarenakan Rotary Auto memiliki layanan konsultasi GRATIS! Sebelum melakukan service, Anda dapat terlebih dahulu melakukan konsultasi untuk ditemukan dimana masalahnya, apa solusinya serta bagaimana kisaran biaya yang akan Anda bayarkan nantinya.

Ini membuat Anda terhindar dari berbagai biaya tidak pasti dan tidak masuk akal yang biasa ditemui di bengkel pada umumnya karena biaya service di Rotary Auto telah dijelaskan dan disetujui terlebih dahulu di awal.

Bagaimana? Menarik bukan melakukan persiapan mudik naik mobil di Rotary Auto? Segera kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...