Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Ini Penyebab Laher AC Mobil Bunyi! Atasi Sebelum Parah!

Mengendarai mobil dengan AC yang berfungsi baik merupakan kenyamanan tersendiri, terutama di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Namun, bagaimana jika tiba-tiba Anda mendengar bunyi aneh dari AC mobil Anda? Ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada laher AC mobil Anda. Bunyi yang muncul saat AC dinyalakan sering kali menimbulkan kekhawatiran, karena dapat mengindikasikan adanya kerusakan yang jika dibiarkan bisa menjadi lebih parah dan mempengaruhi kenyamanan serta kinerja kendaraan Anda.

Laher AC mobil berfungsi sebagai bantalan yang memungkinkan kompresor AC berputar dengan halus dan tanpa gesekan berlebih. Ketika laher mulai aus atau rusak, Anda mungkin mengalami masalah laher AC mobil bunyi berisik, seperti gemeretak atau berdengung, setiap kali AC dinyalakan. Masalah laher AC mobil bunyi ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa menjadi pertanda awal kerusakan lebih serius jika tidak segera ditangani. Penting untuk memahami penyebab laher AC mobil bunyi ini agar bisa mengambil tindakan pencegahan yang tepat sebelum kerusakan menjadi lebih besar.

Mengabaikan masalah laher AC mobil bunyi dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada sistem pendingin mobil Anda, bahkan berpotensi merusak komponen lain seperti kompresor AC. Oleh karena itu, mengenali gejala awal dan mengetahui penyebab laher AC mobil bunyi sangatlah penting. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai penyebab umum laher AC mobil bunyi dan langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk mengatasinya sebelum masalah menjadi lebih serius.

Pertanyaan Seputar Laher AC Mobil Bunyi

Laher AC mobil adalah komponen bearing yang terdapat pada kompresor AC mobil. Fungsi utama laher ini adalah untuk mendukung poros kompresor sehingga dapat berputar dengan halus dan efisien. Laher ini memastikan bahwa putaran kompresor tetap stabil dan tidak menyebabkan gesekan berlebihan yang dapat merusak komponen lain di dalam sistem AC.
Kompresor AC yang bunyi kasar bisa disebabkan oleh beberapa faktor: - Laher yang aus atau rusak: Ini adalah penyebab umum dari bunyi kasar pada kompresor AC. Laher yang aus akan menghasilkan suara berderak atau gemeretak. - Kekurangan oli: Oli di dalam kompresor AC berfungsi sebagai pelumas. Jika oli berkurang atau kualitasnya buruk, komponen di dalam kompresor akan saling bergesekan, menimbulkan suara kasar. - Kerusakan pada komponen internal kompresor: Bagian-bagian seperti piston atau katup yang rusak juga bisa menyebabkan bunyi kasar. - Kotoran atau serpihan: Kotoran yang masuk ke dalam kompresor bisa menyebabkan kerusakan dan suara tidak normal.
Jika kompresor AC mobil rusak, beberapa masalah berikut mungkin terjadi: - AC tidak dingin: Fungsi utama kompresor adalah untuk mengompres refrigeran dan menyirkulasikannya melalui sistem AC. Jika kompresor rusak, proses ini terganggu, dan AC tidak akan menghasilkan udara dingin. - Overheating: Kompresor yang rusak bisa menyebabkan mesin mobil menjadi terlalu panas karena beban kerja yang berlebihan pada mesin. - Kerusakan lebih lanjut pada sistem AC: Kerusakan pada kompresor bisa merambat ke komponen lain dalam sistem AC, seperti kondensor atau evaporator. - Peningkatan konsumsi bahan bakar: Kompresor yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras, yang pada gilirannya meningkatkan konsumsi bahan bakar.
Berikut adalah tanda-tanda bahwa oli kompresor AC mobil perlu diganti: - Suara berisik dari kompresor: Seperti disebutkan sebelumnya, kurangnya pelumasan yang baik akan menyebabkan kompresor mengeluarkan suara kasar atau berisik. - AC kurang dingin: Jika oli tidak cukup atau kualitasnya buruk, efisiensi pendinginan akan berkurang. Bau tidak sedap: Oli yang sudah tua atau terkontaminasi bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap saat AC dinyalakan. - Penurunan tekanan sistem: Oli yang tidak optimal dapat menyebabkan tekanan dalam sistem AC berkurang, mengurangi kinerjanya. - Adanya kebocoran: Kebocoran pada kompresor atau bagian lain dari sistem AC bisa menjadi tanda bahwa oli perlu diperiksa dan diganti.

Penyebab dan Faktor-Faktor Laher AC Mobil Bunyi

laher ac mobil bunyi

Leher AC mobil merupakan salah satu komponen yang terletak pada kompresor AC mobil. Fungsi dari laher AC mobil tidak lain adalah untuk mengurangi gesekan ketika kompresor AC mobil berputar. Sama seperti komponen AC mobil lainnya, kompresor AC mobil ini sangatlah rentan untuk mengalami kerusakan ataupun masalah, salah satunya adalah masalah laher AC mobil bunyi. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya :

1. Kurangnya Oli Kompresor

Salah satu penyebab utama laher AC mobil bunyi berisik adalah kurangnya oli pada kompresor. Oli kompresor AC mobil berfungsi untuk melumasi komponen-komponen dalam kompresor sehingga bisa beroperasi dengan lancar tanpa gesekan berlebih. Ketika oli berkurang, laher akan kekurangan pelumas yang menyebabkan gesekan meningkat dan akhirnya menimbulkan bunyi berisik.

Oli yang kurang juga dapat menyebabkan keausan lebih cepat pada komponen-komponen dalam kompresor. Gesekan berlebih yang terjadi karena kurangnya pelumas tidak hanya menyebabkan bunyi tetapi juga dapat merusak komponen lain seperti piston dan ring kompresor. Ini bisa menyebabkan kerusakan yang lebih besar dan mahal untuk diperbaiki jika tidak segera ditangani.

2. Piston Kompresor Aus

Piston kompresor yang aus juga bisa menjadi penyebab laher AC mobil bunyi. Piston adalah bagian dari kompresor yang bergerak naik turun untuk mengompresi refrigeran. Ketika piston mengalami keausan, pergerakan yang seharusnya halus menjadi kasar dan tidak stabil, yang menyebabkan masalah laher AC mobil bunyi timbul ketika sistem AC mobil dinyalakan.

Keausan pada piston dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya pelumasan, penggunaan yang berlebihan, atau usia komponen yang sudah tua. Ketika piston aus, celah antara piston dan silinder menjadi tidak rata, menyebabkan bunyi ketukan atau gemeretak yang terdengar dari dalam kompresor. Bunyi ini akan semakin keras seiring dengan meningkatnya kerusakan pada piston.

3. Thrust Bearing Yang Longgar

Thrust bearing yang longgar juga dapat menyebabkan laher AC mobil bunyi. Thrust bearing berfungsi untuk menahan beban aksial pada poros kompresor, memastikan pergerakan komponen-komponen internal berjalan dengan lancar. Ketika thrust bearing mulai longgar atau aus, beban aksial tidak ditopang dengan baik, sehingga menyebabkan pergeseran dan bunyi berisik.

Thrust bearing yang longgar sering kali disebabkan oleh penggunaan jangka panjang atau beban berlebih yang diterima oleh komponen ini. Ketika bearing ini tidak bekerja dengan baik, pergeseran yang terjadi pada poros kompresor menghasilkan suara berdecit atau gemeretak yang bisa terdengar dari kabin mobil. Jika tidak segera diperbaiki, thrust bearing yang longgar dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada poros kompresor dan komponen terkait lainnya.

4. AS Motor Blower Bermasalah

AS motor blower yang bermasalah juga merupakan salah satu penyebab laher AC mobil bunyi. Motor blower bertugas untuk mengalirkan udara dingin ke dalam kabin mobil. Ketika AS motor blower mengalami kerusakan atau keausan, pergerakan kipas blower menjadi tidak stabil, menghasilkan bunyi berisik seperti berdengung atau gemeretak.

Masalah pada AS motor blower bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk keausan alami, pelumas yang kurang, atau adanya kotoran dan debu yang menumpuk di sekitar AS. Kerusakan pada AS ini menyebabkan kipas blower tidak berputar dengan lancar, sehingga menimbulkan bunyi yang mengganggu saat AC dinyalakan.

Untuk mengatasi AS motor blower yang bermasalah, perlu dilakukan pembersihan dan pelumasan pada bagian AS serta pemeriksaan kondisi AS secara keseluruhan. Jika AS sudah terlalu aus atau rusak, penggantian dengan yang baru mungkin diperlukan untuk memastikan blower bekerja dengan optimal. Perawatan rutin pada motor blower, termasuk pembersihan dan pelumasan, dapat mencegah terjadinya bunyi berisik dan memperpanjang umur komponen AC mobil Anda.

Baca Juga : Ingin Mobil Anda Dingin Terus? Pahami Cara Kerja Kompresor AC Mobil Berikut Ini!

Teknik Perbaikan untuk Mengatasi Bunyi Pada Laher AC Mobil

laher ac mobil bunyi

Seperti yang selalu dikatakan, masalah laher AC mobil bunyi ini perlu untuk ditangani dengan segera. Jika tidak, maka masalah laher AC mobil bunyi ini akan berpotensi untuk menimbulkan masalah ataupun kerusakan pada komponen AC mobil lainnya.

1. Pemeriksaan Awal

Sebelum memulai perbaikan, lakukan pemeriksaan awal pada laher AC. Periksa apakah ada keausan pada laher, apakah ada kotoran yang mengganggu, atau apakah ada bagian yang perlu diganti. Pemeriksaan awal ini penting untuk menentukan langkah perbaikan yang tepat. Dengan melakukan inspeksi visual dan fisik, Anda dapat mengidentifikasi apakah bunyi yang timbul disebabkan oleh keausan, kotoran, atau faktor lain.

2. Pembersihan dan Pelumasan

Jika laher AC mobil terlihat kotor, periksa dan bersihkan dengan hati-hati. Kotoran dan debu yang menumpuk pada laher dapat meningkatkan gesekan dan menyebabkan bunyi berisik. Setelah dibersihkan, pastikan untuk melumasi laher dengan pelumas yang sesuai. Pelumasan yang tepat akan membantu mengurangi gesekan antara komponen dan menghilangkan bunyi yang tidak diinginkan.

Pelumas yang digunakan harus sesuai dengan rekomendasi pabrik atau spesifikasi teknis kendaraan Anda. Menggunakan pelumas yang tepat tidak hanya mengurangi bunyi tetapi juga memperpanjang umur laher dan komponen lainnya. Pastikan untuk melumasi laher secara merata dan tidak berlebihan agar tidak menyebabkan masalah lain.

3. Penggantian Laher

Jika laher AC sudah sangat aus atau rusak, pertimbangkan untuk menggantinya dengan laher yang baru dan berkualitas. Penggantian laher adalah solusi terbaik ketika laher sudah tidak lagi dapat berfungsi dengan baik meskipun sudah dibersihkan dan dilumasi. Pastikan memilih laher dengan spesifikasi yang sesuai dengan mobil Anda. Menggunakan laher berkualitas akan membantu memastikan kinerja AC tetap optimal dan bebas dari bunyi berisik.

Penggantian laher sebaiknya dilakukan oleh teknisi yang berpengalaman untuk memastikan pemasangan yang tepat. Kesalahan dalam pemasangan laher dapat menyebabkan masalah baru atau bahkan kerusakan lebih lanjut pada sistem AC mobil.

4. Penyetelan Ulang

Kadang-kadang, bunyi pada laher AC dapat disebabkan oleh penyetelan yang tidak tepat. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang penyetelan laher AC, Anda bisa mencoba untuk menyetelnya sendiri. Penyetelan ulang melibatkan penyesuaian posisi dan tegangan laher untuk memastikan bahwa komponen berputar dengan lancar tanpa gesekan berlebih.

Namun, jika Anda merasa kurang yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam penyetelan laher, lebih baik minta bantuan teknisi bengkel yang terpercaya. Penyetelan yang tidak tepat dapat memperburuk masalah dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

5. Konsultasi dengan Teknisi Bengkel

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan atau keahlian dalam memperbaiki laher AC, sebaiknya konsultasikan masalah Anda dengan teknisi bengkel yang berpengalaman. Mereka dapat memberikan panduan yang tepat dan melakukan perbaikan yang diperlukan. Teknisi profesional memiliki alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada laher AC dengan efisien.

Pertanyaannya adalah dimana sih bengkel AC mobil yang dapat diandalkan untuk masalah laher AC mobil bunyi ini? Satu bengkel AC mobil yang sangat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto. Bengkel AC mobil yang satu ini telah berdiri selam lebih dari 20 tahun lamanya lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Auto tentu membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam menangani berbagai masalah AC mobil, termasuk masalah laher AC mobil bunyi ini.

Sebagai bengkel AC mobil dengan reputasi positif selama lebih dari 20 tahun, Rotary Auto tentunya menyediakan berbagai mekanik handal, alat yang canggih, hingga fasilitas yang lengkap untuk memastikan kepuasan Anda dalam melakukan service AC mobil disana. Cabangnya sendiri juga telah tersebar luas di berbagai wilayah mulai dari Jakarta, Depok, Tangerang hingga Bekasi lho!

Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...