Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Pahami Seluruh Komponen Rem Cakram Mobil dan Fungsinya Disini

Keselamatan dan keamanan di sepanjang perjalanan tentu merupakan salah satu aspek penting yang perlu dijaga. Jika kita berbicara soal keselamatan dan keamanan berkendara, maka sistem rem mobil menjadi salah satu kuncinya.  Sistem rem mobil ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, salah satu jenis rem mobil yang paling banyak digunakan adalah rem cakram mobil.

Dalam menjalankan kinerjanya dengan maksimal, rem cakram mobil ini ditopang oleh berbagai macam komponen di dalamnya. Setiap komponen rem cakram mobil dan fungsinya ini saling terhubung satu sama lainnya. Sehingga, apabila ada satu saja komponen rem cakram mobil dan fungsinya ini yang bermasalah, maka ini akan merusak kinerja rem mobil secara keseluruhan.

Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami soal komponen rem cakram mobil dan fungsinya ini yang akhirnya membuat mereka lalai merawatnya dan tak jarang berujung pada kecelakaan. Maka dari itu, sebagai pemilik mobil yang cerdas, Anda perlu memahami soal komponen rem cakram mobil dan fungsinya ini. Memangnya ada apa aja sih komponen rem cakram mobil dan fungsinya itu? Mari kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar Rem Cakram Mobil Dan Fungsinya

Rem cakram mobil bekerja dengan cara menekan pad rem ke cakram rem. Ketika pedal rem ditekan, caliper akan mendorong pad rem ke cakram rem, menciptakan gesekan yang mengubah energi kinetik menjadi energi panas, memperlambat atau menghentikan putaran roda.
Terdapat beberapa sistem rem yang umum digunakan dalam mobil, termasuk rem cakram, rem tromol, dan rem anti-lock braking system (ABS). Setiap sistem memiliki karakteristik dan kegunaannya masing-masing.
Secara umum, terdapat dua jenis rem cakram, yaitu rem cakram berventilasi dan rem cakram massif. Rem cakram berventilasi memiliki ventilasi atau lubang di tengahnya untuk meningkatkan pendinginan dan kinerja pengereman, sementara rem cakram massif tidak memiliki lubang tersebut.
Selain dikenal sebagai rem cakram, komponen ini juga dikenal dengan sebutan piringan rem atau disc brake dalam bahasa Inggris. Hal ini merujuk pada bentuk piringan yang digunakan sebagai komponen utama dalam sistem pengereman mobil.

Mengenal Komponen Rem Cakram Mobil Dan Fungsinya

komponen rem cakram mobil dan fungsinya

Komponen rem cakram mobil dan fungsinya sangatlah beragam. Meski begitu, komponen rem cakram mobil dan fungsinya ini saling terhubung antar yang satu dengan yang lainnya. Memahami komponen rem cakram mobil dan fungsinya merupakan hal yang penting untuk dipahami mengingat rem cakram memegang peranan yang begitu besar dalam keselamatan Anda. Berikut ini adalah beberapa komponen rem cakram mobil dan fungsinya yang wajib untuk Anda pahami :

1. Cakram Rem

Komponen rem cakram dan mobil yang akan pertama kita bahas adalah cakram rem. Cakram rem adalah salah satu komponen utama dalam sistem pengereman mobil yang bekerja bersama-sama dengan caliper, piston, dan pad rem. Fungsinya adalah menyediakan permukaan gesek untuk pad rem sehingga roda dapat diperlambat atau dihentikan saat pengereman dilakukan.

Cakram rem umumnya terbuat dari bahan logam paduan yang tahan terhadap panas dan aus. Permukaannya dilapisi dengan material yang memiliki koefisien gesek yang tinggi untuk memastikan efektivitas pengereman. Material ini biasanya berupa paduan logam atau serat karbon, yang dirancang untuk memberikan daya gesek optimal saat bersentuhan dengan pad rem.

Selain itu, cakram rem juga harus dirancang agar memiliki kemampuan untuk menyerap dan menghilangkan panas dengan efisien. Pengereman berat atau berulang dapat menyebabkan cakram rem memanas secara signifikan. Oleh karena itu, cakram rem harus mampu menjaga kestabilan suhu agar tidak mengalami deformasi atau perubahan sifat material yang dapat mengurangi efektivitas pengereman.

Penting untuk secara teratur memeriksa kondisi cakram rem untuk memastikan bahwa tidak ada keausan atau kerusakan yang dapat mengganggu kinerjanya. Cakram rem yang aus atau terlalu tipis perlu segera diganti untuk menjaga sistem pengereman mobil tetap berfungsi dengan baik dan aman.

Dengan demikian, cakram rem merupakan komponen krusial dalam sistem pengereman mobil yang memainkan peran penting dalam memperlambat atau menghentikan kendaraan dengan aman dan efektif. Perawatan dan pemantauan secara berkala terhadap kondisi cakram rem sangatlah penting untuk menjaga keselamatan dan kinerja mobil Anda.

2. Caliper Rem

Komponen rem cakram mobil dan fungsinya yang akan kita bahas berikutnya ada caliper rem. Caliper adalah komponen penting dalam sistem rem cakram mobil. Fungsinya sangat krusial dalam proses pengereman, yaitu menekan pad rem ke cakram rem. Dengan melakukan ini, caliper menghasilkan gaya gesekan yang diperlukan untuk menghentikan putaran roda. Jadi, dapat dikatakan bahwa caliper merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pengereman mobil.

Tidak hanya itu, caliper juga memiliki beberapa piston yang berfungsi mendorong pad rem untuk melakukan gesekan dengan cakram rem. Piston-piston ini bergerak keluar saat pedal rem ditekan sehingga pad rem dapat mendekati cakram rem dengan sempurna. Dengan cara ini, caliper memastikan bahwa pengereman dapat dilakukan secara efektif dan cepat.

Sebagai bagian penting dari rem cakram, caliper perlu dirawat dan diperiksa secara berkala. Pastikan caliper dalam kondisi baik dan tidak mengalami kebocoran. Jika terdapat masalah pada caliper, segera perbaiki atau ganti dengan caliper yang baru untuk menjaga kinerja sistem pengereman mobil Anda tetap optimal.

3. Piston Rem

Komponen rem cakram dan fungsinya yang kali ini kita bahas ada piston rem. Piston adalah komponen penting dalam sistem rem cakram mobil dan berperan dalam mendorong kampas atau pad rem ke cakram rem saat pedal rem ditekan. Piston memiliki peran yang krusial dalam menghasilkan tekanan yang diperlukan untuk melakukan gesekan antara pad rem dan cakram rem.

Ketika Anda menekan pedal rem, tekanan hidrolik diterapkan pada piston. Tekanan ini menggerakkan piston maju, sehingga piston dapat mendorong pad rem agar bersentuhan langsung dengan cakram rem. Dengan begitu, gaya gesek yang dihasilkan oleh pad rem dapat memperlambat atau menghentikan putaran roda dengan efektif.

Piston biasanya terbuat dari bahan logam yang tahan terhadap panas dan tekanan. Material yang digunakan untuk piston rem cakram harus mampu mentransfer tekanan hidrolik dengan efisien dan tahan terhadap aus akibat gesekan dengan pad rem dan cakram rem.

Penting untuk menjaga kebersihan dan kondisi piston agar tetap optimal. Sering kali, penumpukan kotoran atau keausan pada piston dapat mengganggu kinerja sistem rem cakram dan mengurangi efisiensi pengereman. Dalam penggunaan sehari-hari, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan berkala dan perawatan pada komponen ini untuk memastikan kinerjanya tetap baik.

Baca Juga : Mengenal Fungsi Kampas Rem Mobil Yang Sangat Penting Untuk Keselamatan Anda

4. Pad Rem

Komponen rem cakram mobil dan fungsinya yang selanjutnya ada pad rem atau yang juga dikenal dengan kampas rem. Pad rem adalah komponen yang bersentuhan langsung dengan cakram rem dan berperan penting dalam sistem pengereman mobil. Fungsinya adalah memperlambat atau menghentikan putaran roda saat dilakukan pengereman. Pad rem terbuat dari material friksi yang memiliki daya gesek tinggi dan tahan terhadap panas serta aus.

Material friksi pada pad rem umumnya terdiri dari campuran serat kain, logam, dan bahan perekat yang dirancang khusus untuk menciptakan gesekan yang dibutuhkan dalam proses pengereman. Memiliki daya gesek tinggi sangat penting agar pad rem dapat mengerem roda dengan efektif, terutama saat mobil bergerak dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, pad rem juga harus tahan terhadap panas yang dihasilkan saat proses pengereman. Panas yang dihasilkan akibat gesekan antara pad rem dan cakram rem dapat mencapai suhu yang sangat tinggi. Oleh karena itu, pad rem dirancang dengan material yang memiliki sifat tahan panas agar tidak mengalami deformasi atau kehilangan daya gesek saat mengalami pengereman berat.

Tidak hanya itu, pad rem juga harus tahan terhadap aus. Selama proses pengereman, gesekan antara pad rem dan cakram rem akan membuat material pada pad rem mengikis sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, pad rem perlu secara berkala diperiksa dan diganti jika sudah terlalu aus untuk memastikan kinerja pengereman yang optimal.

Perawatan dan Perbaikan Rem Cakram Mobil

komponen rem cakram mobil dan fungsinya

 

Komponen rem cakram mobil dan fungsinya ini tidak hanya sekedar harus Anda pahami, tapi juga perlu Anda jaga agar selalu awet. Pertanyaannya adalah bagaimana cara menjaga komponen rem cakram mobil dan fungsinya ini bisa tetap maksimal? Untuk menjaga performa dan keamanan rem cakram mobil, perawatan dan perbaikan yang tepat sangat diperlukan. Komponen rem cakram mobil dan fungsinya yang optimal  akan memastikan sistem pengereman berjalan dengan baik dan mengurangi risiko kecelakaan.

Pertanyaan terakhirnya adalah di bengkel mana sih yang dapat diandalkan untuk melakukan perawatan maksimal pada seluruh komponen rem cakram mobil ini? Satu bengkel yang sangat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto. Bengkel yang satu ini merupakan bengkel yang telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Auto tentu membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam menangani berbagai masalah pada rem mobil.

Jangankan masalah pada rem mobil, Rotary Auto juga mampu untuk menangani berbagai masalah pada bagian mobil lainnya, mulai dari kaki kaki, mesin bahkan AC mobil lho! Jadi, apapun masalah pada mobil kesayangan Anda, jangan pernah ragu untuk mempercayakannya ke Rotary Auto ya!

Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...