Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Atasi Masalah Kaki Kaki Mobil Bunyi Kletek Kletek Dengan Kyoto Shaking Machine!

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana bisa sebuah mobil tetap seimbang dalam menahan beban, mampu menyerap berbagai guncangan di sepanjang perjalanan hingga pergerakan yang terjaga stabil meski di kecepatan tinggi ataupun belokan tajam? Itu semua tidak lepas dari peran seluruh komponen kaki kaki mobil.

Inilah yang menjadikan kaki kaki mobil begitu penting dalam menciptakan sekaligus menjaga kenyamanan bahkan juga keamanan Anda dalam berkendara. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu karena terus menerus menahan beban sembari menyerap guncangan, kaki kaki mobil ini menjadi rentan mengalami masalah ataupun kerusakan, salah satu yang paling sering ditemui adalah masalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek.

Mungkin Anda mengira ini hanya masalah sepele yang sekedar mengeluarkan bunyi mengganggu semata, padahal masalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek ini menjadi pertanda serius adanya masalah pada kaki kaki mobil Anda. Apabila dibiarkan, masalah ini akan merembet ke masalah lainnya yang bahkan dapat mengancam nyawa Anda. Maka dari itu penting bagi Anda untuk segera mengatasinya bilamana menghadapi masalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek. Itulah pembahasan utama dalam artikel kali ini.

Pertanyaan Seputar Kaki Kaki Mobil Bunyi Kletek Kletek

Meskipun bunyi "kletek-kletek" mungkin terdengar tidak terlalu mengganggu, tetapi sebaiknya tidak diabaikan. Bunyi tersebut bisa menjadi tanda awal masalah yang lebih serius, dan dengan menanganinya lebih awal, Anda bisa mencegah kerusakan yang lebih besar dan biaya perbaikan yang lebih tinggi di masa depan.
Ya, sangat disarankan untuk membawa mobil ke bengkel atau mekanik terpercaya jika Anda mendengar bunyi "kletek-kletek" pada kaki-kaki mobil. Mekanik akan dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh dan mengidentifikasi penyebabnya serta memberikan perbaikan yang diperlukan.
Beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan termasuk mengganti komponen yang aus sesuai jadwal, memeriksa dan mengencangkan baut-baut pada kaki-kaki mobil secara berkala, serta mengemudi dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada suspensi.
Beberapa masalah yang menyebabkan bunyi "kletek-kletek" mungkin bisa diatasi sendiri jika Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup. Namun, untuk diagnosis yang akurat dan perbaikan yang tepat, lebih baik berkonsultasi dengan mekanik terampil atau membawa mobil ke bengkel resmi.

Penyebab Kaki Kaki Mobil Bunyi Kletek Kletek Dan Cara Mengatasinya

kaki kaki mobil bunyi kletek kletek

Dalam memahami sekaligus mengatasi suatu permasalahan, penting bagi Anda untuk memahami penyebabnya terlebih dahulu. Anda tidak akan dapat mengambil solusi yang tepat bila analisa masalahnya saja sudah salah sejak awal, karena berbeda penyebab tentu berbeda solusi.

Jika kita berbicara terkait masalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek, faktor penyebabnya dapat beragam karena memang kaki kaki mobil ini sendiri terdiri dari berbagai macam komponen. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kaki kaki mobil bunyi kletek kletek, diantaranya adalah :

1. Long Tie Rod Yang Telah Aus

Penyebab pertama dari kaki kaki mobil bunyi kletek kletek adalah keausan pada long tie rod yang banyak disebabkan oleh adanya benturan atau guncangan kuat sehingga membuat long tie rod pada mobil kesayangan Anda menerima beban yang berlebih. Ini biasa terjadi karena kebiasaan berkendara yang buruk seperti menghantam jalan tidak rata dalam kecepatan tinggi.

Ketika beban yang diterima oleh long tie rod ini berlebih, maka ketiga komponen dalam long tie rod yakni tie rod, ball joint hingga rack end saling bertabrakan dan bergesekan lalu pada akhirnya muncullah masalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek ini.

Apabila segera diatasi, maka masalah ini tidak hanya sekedar menimbulkan bunyi pada kaki kaki mobil, tapi juga dapat menurunkan peforma handling mobil Anda dimana mobil akan sulit dikendalikan yang tentu akan sangat berbahaya bagi keselamatan Anda maupun orang lain.

Pergantian long tie rod yang telah rusak dengan yang baru menjadi langkah yang sangat disarankan demi memberikan kesegaran baru pada kaki kaki mobil Anda sehingga peformanya dapat terus menerus terjaga dengan maksimal.

2. Shockbreaker Mobil Mati

Penyebab kaki kaki mobil bunyi kletek kletek yang kedua adalah shockbreaker mobil yang mati. Seperti yang telah kita pahami bersama, fungsi shockbreaker mobil adalah untuk menyerap guncangan sehingga memungkinkan kabin berayun dengan halus.

Nah, apabila shockbreaker mobil ini rusak ataupun mati, maka ayunan mobil akan terasa kasar dan kaku lalu muncullah masalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek. Lebih dari itu, shockbreaker mobil yang mati juga dapat menyebabkan mobil menjadi limbung atau tidak stabil bahkan terguling apalagi saat kecepatan tinggi. Pada akhirnya, nyawa Anda dan orang lain bisa sangat terancam.

Shockbreaker mobil yang bermasalah ataupun rusak pada dasarnya tidak disarankan untuk diperbaiki, karena meskipun sukses, keberhasilannya akan mampu untuk bertahan secara sementara saja. Maka dari itu,untuk mengatasi permasalahan ini, Anda perlu untuk mengganti shockbreaker mobil dengan yang baru ya!

3. Longgarnya Bushing Stabilizer

Bushing stabilizer yang longgar juga menjadi penyebab kaki kaki mobil bunyi kletek kletek. Bagaimana ini bisa terjadi? Perlu Anda pahami bahwa bushing stabilizer merupakan komponen kaki kaki mobil yang berupa karet dengan fungsi untuk membuat sasis (rangka mobil) tidak menerima atau setidaknya meminimalisir getaran dari bagian link stabilizer.

Seiring dengan penggunaannya, bushing stabilizer bisa menjadi aus ataupun terkikis yang membuat getaran dari link stabilizer masuk ke dalam rangka mobil dan pada akhirnya menimbulkan masalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek.

Cara untuk mengatasi hal ini adalah juga dengan mengganti bushing stabilizer yang aus tersebut dengan yang baru. Lebih dari itu, ketika melakukan pergantian ini, pastikan pula Anda memerhatikan bahwa baut pemasangan telah terkunci dengan kencang, jika tidak, maka pergantian bushing stabilizer hanya akan menjadi sia-sia.

4. Karet Bushing Arm Menipis

Penyebab kaki kaki mobil bunyi kletek kletek berikutnya adalah karet bushing arm (bushing sway arm) yang telah menipis. Pada umumnya, terdapat delapan karet bushing arm dalam satu buah mobil dengan rincian empat di bagian depan dan empat lagi di bagian belakang mobil.

Menipisnya karet bushing arm ini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai karena mobil yang terlalu sering melewati jalan yang tidak rata, gaya berkendara yang buruk hingga usia pakai yang memang telah habis. Ketika karet bushing arm ini menipis, maka disaat itulah akan muncul masalah kaki kaki bunyi kletek kletek ataupun gluduk gluduk.

5. Karet Support Shockbreaker Aus

Faktor terakhir yang dapat menjadi penyebab kaki kaki mobil bunyi kletek kletek adalah adanya keausan pada karet support shockbreaker di mobil kesayangan Anda. Seperti yang kita pahami bersama, karet shockbreaker support shockbreaker mobil memegang peranan penting untuk meredam getaran agar tidak sampai ke bodi mobil.

Nah, apabila karet support shockbreaker mobil ini aus, maka timbullah bunyi kletek kletek pada kaki kaki mobil. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan penyetelan ulang pada baut pengikat ataupun juga menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga : Mengenal Komponen Sistem Kemudi Pada Mobil Anda

Lakukan Perawatan Kaki Kaki Mobil Untuk Mencegahnya Dari Berbagai Masalah

kaki kaki mobil bunyi kletek kletek

Setelah memahami berbagai penyebab dan cara mengatasi masalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek, maka hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan langkah perawatan untuk mencegah masalah yang sama muncul dikemudian hari.

Ibarat kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Langkah perawatan ini penting untuk mencegah masalah sekaligus memaksimalkan peforma dan usia pakai dari seluruh komponen kaki kaki mobil. Beberapa diantaranya adalah :

1. Jaga Gaya Berkendara

Pertama, langkah yang paling mudah untuk mencegah timbunya masalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek adalah dengan menjaga gaya berkendara. Pastikan Anda selalu tidak banyak melakukan pengereman mendadak atau manuver yang terlalu tajam. Lebih dari itu, bawalah mobil Anda dikecepatan yang sewajarnya. Hal ini akan membuat kaki kaki mobil Anda tidak menerima beban berlebih sehingga menjauhkannya dari berbagai masalah, termasuk masalah kaki kaki mobil bunyi kletek kletek.

2. Hindari Jalan Tidak Rata

Sering kali kerusakan pada kaki kaki mobil terjadi akibat terus menerus dihantam oleh berbagai guncangan keras dari jalanan yang tidak rata. Lama kelamaan, jelas hal ini akan merusak berbagai macam komponen kaki kaki mobil. Maka dari itu, hindarilah jalan yang tidak rata, jikalau Anda memang terpaksa melewatinya, maka aturlah kecepatannya agar guncangan yang diterima kaki kaki mobil tidak terlalu besar.

3. Lakukan Service Rutin

Terakhir, langkah perawatan paling ampuh pada kaki kaki mobil adalah dengan melakukan service secara rutin. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan analisa yang lebih jelas dan pasti terkait permasalahan pada kaki kaki mobil Anda sehingga mampu mengambil langkah penanganan sekaligus pencegahan yang paling efektif pula.

Cek Kaki Kaki Mobil Anda Dengan Kyoto Shaking Machine!

kaki kaki mobil bunyi kletek kletek

Untuk memastikan akurasi ataupun ketepatan dalam mengecek permasalahan kaki kaki mobilkami merekomendasikan penggunaan Kyoto Shaking Machine. Mesin ini merupakan metode yang efektif dalam mengidentifikasi sumber masalah kaki kaki mobil dengan lebih cepat, tepat dan akurat lho! Bagaimana bisa? Berikut adalah cara kerja dari Kyoto Shaking Machine :

  1. Persiapan : Pastikan kaki kaki mobil dalam keadaan dingin dan berada di area yang rata dan aman untuk melakukan pengecekan menggunakan Kyoto Shaking Machine ini.
  1. Hubungkan Mesin dengan Kaki Kaki Mobil : Sesuaikan mesin dengan kaki kaki mobil Anda dan pastikan bahwa mesin terpasang dengan kuat dan aman.
  1. Aktifkan Mesin : Nyalakan mesin dan biarkan Kyoto Shaking Machine bekerja selama beberapa menit. Mesin akan menghasilkan getaran untuk memberikan simulasi guncangan yang akan membantu mengidentifikasi sumber masalah pada kaki kaki mobil.
  1. Mengamati dan Menganalisis : Selama mesin bekerja, perhatikan dengan teliti kaki kaki mobil Anda. Amati apakah ada bagian yang bergetar atau menghasilkan suara yang tidak wajar. Hal ini dapat menjadi petunjuk untuk menentukan penyebab bunyi kletek pada kaki kaki mobil.
  1. Memperbaiki Masalah : Setelah menemukan sumber masalah pada kaki kaki mobil, Anda dapat mengambil langkah-langkah perbaikan yang sesuai. Periksa apakah ada komponen yang longgar, aus, atau rusak yang perlu diperbaiki atau diganti. Lakukan perbaikan dengan hati-hati untuk mengatasi masalah pada kaki kaki mobil.

Dari penjelasan di atas, dapat dilihat betapa jauh lebih cepatnya proses cek kaki kaki mobil dengan Kyoto Shaking Machine. Anda sudah tidak perlu lagi membawa mobil Anda untuk keliling mobil Anda di atas jalan yang tidak rata, karena Kyoto Shaking Machine mampu memberikan simulasi guncangan pada mobil Anda.

Selain itu, analisa masalah tidak lagi dilakukan dengan menggunakan feeling ataupun tebakan semata, melainkan dengan mekanisme mesin yang sangat canggih. Ketika analisanya tepat, maka solusi yang diambil juga jauh lebih akurat. Anda dipastikan akan terhindar dari pergantian komponen tidak tepat yang justru hanya akan membuang uang Anda semata.

Bagaimana? Menarik bukan? Jika Anda ingin melakukan pengecekan kaki kaki mobil dengan Kyoto Shaking Machine ini, maka Rotary Auto adalah jawabannya! Bengkel ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun yang sekaligus juga menjadi bengkel pertama di Indonesia yang menyediakan Kyoto Shaking Machine lho!

Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...