Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Kaki Kaki Mobil Bunyi Cit Cit Bisa Menandakan Masalah Serius! Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Masalah kaki kaki mobil bunyi cit cit merupakan salah satu masalah yang paling umum terjadi pada sebuah mobil. Namun sayangnya, banyak pemilik mobil yang membiarkan masalah ini begitu saja karena menganggap enteng masalah ini dengan menganggap bahwa masalah ini adalah masalah yang akan menyebabkan gangguan atau suara semata.

Padahal, masalah bunyi berdecit pada kaki kaki mobil ini dapat menjadi pertanda serius adanya masalah pada kaki kaki mobil Anda. Apabila dibiarkan, maka bukan kenyamanan Anda saja yang akan menjadi terganggu, tetapi keselamatan ataupun nyawa Anda bahkan orang lain dapat ikut terancam. Anda tentu tidak mau hal tersebut terjadi pada diri Anda hanya karena perkara membiarkan masalah yang dianggap enteng ini bukan?

Maka dari itu, Anda perlu untuk mengatasi masalah ini sesuai dengan penyebabnya sesegera mungkin. Memangnya apa saja sih penyebab dari masalah kaki kaki mobil bunyi cit cit ini? Bagaimana cara mengatasinya? Lalu lebih jauh lagi adalah bagaimana cara mencegahnya? Itulah yang akan kita bahas dalam artikel kali ini. Simak terus sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar Kaki Kaki Mobil Bunyi Cit Cit

Meskipun bunyi "cit cit" pada kaki-kaki mobil tidak selalu berbahaya, tetapi tidak disarankan untuk diabaikan. Bunyi ini bisa menjadi indikasi adanya masalah yang perlu diperbaiki untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan menjaga keamanan berkendara.
Untuk mencari sumber bunyi 'cit cit', perlu dilakukan pemeriksaan menyeluruh pada komponen kaki-kaki mobil, termasuk per, per, dudukan, dan suspensi. Juga, perhatikan saat bunyi terjadi, apakah saat belok, melalui jalan bergelombang, atau kondisi tertentu lainnya.
Tergantung pada penyebabnya, beberapa perbaikan mungkin dapat dilakukan sendiri oleh pemilik mobil yang terampil, seperti mengganti per atau per yang aus. Namun, untuk masalah yang lebih kompleks atau jika tidak yakin, lebih baik berkonsultasi dengan mekanik terlatih.
Biaya perbaikan bunyi 'cit cit' pada kaki-kaki mobil dapat bervariasi tergantung pada penyebabnya dan jenis perbaikan yang diperlukan. Biaya dapat meliputi biaya suku cadang dan biaya tenaga kerja mekanik.

Penyebab Kaki Kaki Mobil Bunyi Cit Cit

kaki kaki mobil bunyi cit cit

Sebelum menjelajahi cara mengatasi bunyi cit cit pada kaki-kaki mobil, penting bagi Anda untuk memahami penyebab kaki-kaki mobil bunyi cit cit karena berbeda penyebab tentu berbeda cara mengatasinya. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan bunyi cit cit pada kaki-kaki mobil, diantaranya adalah :

1. Ausnya Komponen Kaki Kaki Mobil

Salah satu penyebab umum masalah kaki kaki mobil bunyi cit cit adalah ausnya komponen komponen kaki kaki mobil, yang termasuk per, bantalan, atau karet bushing yang sudah tidak optimal lagi. Ausnya komponen ini dapat mengakibatkan gesekan yang berlebihan dan menghasilkan bunyi cit cit yang mengganggu.

2. Shockbreaker Mobil Bocor

Penyebab kedua kaki kaki mobil bunyi cit cit adalah shockbreaker mobil bocor. Shockbreaker mobil atau yang juga dikenal dengan shock absorber adalah komponen kaki kaki mobil yang bertanggung jawab untuk menyerap guncangan saat mengemudi. Jika terdapat kebocoran pada peredam kejut, maka kinerjanya akan terganggu dan dapat menghasilkan bunyi cit cit saat melewati jalan yang tidak rata atau berlubang.

3. Sudut Roda Tidak Seimbang

Sudut roda yang tidak seimbang, seperti toe, camber, atau caster yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik, dapat menyebabkan keausan yang tidak merata pada ban. Hal ini bisa mengakibatkan masalah kaki kaki mobil bunyi cit cit saat mobil bergerak, terutama saat belok atau melakukan manuver tertentu.

4. Keringnya Per Daun

Per daun atau leaf spring yang kering atau aus dapat menjadi sumber bunyi cit cit pada kaki-kaki mobil. Ketika per daun tidak dilumasi dengan baik atau sudah terlalu aus, maka akan terjadi gesekan yang tidak normal antara lapisan-lapisan per daun, yang menghasilkan bunyi cit cit ketika mobil bergerak.

5. Tekanan Angin Ban Mobil Yang Kurang

Penyebab kaki kaki mobil bunyi cit cit yang terakhir adalah kurangnya tekanan angin pada ban mobil Anda. Tekanan angin yang kurang pada ban mobil dapat menyebabkan ban menjadi lebih lunak dan menyebabkan gesekan yang berlebihan dengan permukaan jalan. Akibatnya, masalah kaki kaki mobil bunyi cit cit inipun terjadi karena gesekan yang tidak normal antara ban dan jalan, terutama saat mobil melintasi permukaan yang tidak rata.

Dengan memperhatikan dan mengatasi berbagai faktor tersebut, pemilik mobil dapat mengurangi atau mencegah bunyi cit cit yang mengganggu pada kaki-kaki mobil mereka.

Baca Juga : Awas Salah Pilih! Begini Cara Memilih Bengkel Service Kaki Kaki Mobil Terdekat Yang Terpercaya!

Cara Mengatasi Bunyi Cit Cit pada Kaki Kaki Mobil

kaki kaki mobil bunyi cit cit

Seperti yang dikatakan sebelumnya, masalah kaki kaki mobil bunyi cit cit ini dapat menandakan adanya masalah serius pada komponen kaki kaki mobil, maka masalah kaki kaki mobil bunyi cit cit ini perlu untuk diatasi sesegera mungkin. Dalam hal ini, terdapat beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah kaki kaki mobil bunyi cit cit ini, diantaranya adalah :

1. Periksa dan Ganti Komponen Aus

Langkah pertama adalah memeriksa komponen-komponen kaki-kaki mobil yang mungkin aus, seperti per, bantalan, atau karet bushing. Jika komponen tersebut sudah aus atau tidak dalam kondisi optimal, segera gantilah dengan yang baru untuk mengurangi gesekan yang menyebabkan bunyi cit cit.

2. Periksa dan Ganti Peredam Kejut yang Bocor

Jika terdapat kebocoran pada peredam kejut, segera ganti dengan yang baru untuk memastikan kinerjanya kembali optimal. Peredam kejut yang bocor tidak hanya menghasilkan bunyi cit cit, tetapi juga dapat mengurangi stabilitas dan kenyamanan saat mengemudi.

3. Atur Ulang Sudut Roda

Jika bunyi cit cit disebabkan oleh sudut roda yang tidak seimbang, periksalah dan aturlah kembali sudut toe, camber, dan caster sesuai dengan spesifikasi pabrik. Dengan sudut roda yang sesuai, gesekan yang menyebabkan bunyi cit cit dapat dikurangi atau dihilangkan. Dalam hal ini Anda perlu untuk melakukan spooring dan balancing. Spooring dilakukan untuk menyelaraskan kembali sudut roda, sementara balancing dilakukan untuk menyeimbangkan beban pada keempat roda dan ban mobil.

4. Lumasi Per Daun

Jika masalah kaki kaki mobil bunyi cit cit ini disebabkan oleh keringnya per daun, pastikan untuk melumasi per daun secara teratur dengan pelumas yang sesuai. Hal ini akan mengurangi gesekan antara lapisan-lapisan per daun dan menghilangkan bunyi cit cit yang mengganggu.

5. Periksa dan Sesuaikan Tekanan Angin Ban

Pastikan untuk memeriksa dan mengatur tekanan angin ban secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrik. Dengan tekanan angin yang tepat, gesekan berlebihan antara ban dan permukaan jalan dapat dikurangi, sehingga bunyi cit cit pun dapat diminimalisir.

Jika meskipun sudah mengikuti tips perawatan yang kami berikan sebelumnya, bunyi cit cit pada kaki-kaki mobil Anda masih tetap muncul, ini mungkin menandakan adanya masalah yang lebih serius. Untuk mendapatkan solusi yang lebih permanen, disarankan untuk membawa mobil Anda ke bengkel yang kompeten dalam perbaikan kaki-kaki mobil.

Di bengkel tersebut, teknisi yang berpengalaman akan melakukan pengecekan mendalam terhadap kaki-kaki mobil Anda dan memperbaiki masalah dengan metode yang tepat. Mereka akan menggunakan peralatan khusus dan pengetahuan yang mendalam untuk mengatasi bunyi cit cit yang mengganggu pada kaki-kaki mobil Anda.

Mengandalkan bengkel yang terpercaya dan memiliki reputasi baik adalah langkah yang tepat untuk menghilangkan bunyi cit cit secara permanen pada kaki-kaki mobil Anda. Selain itu, pastikan juga untuk mempertanyakan garansi yang diberikan oleh bengkel tersebut, sehingga Anda dapat memiliki keyakinan bahwa masalah yang sama tidak akan muncul lagi setelah perbaikan.

Cegah Masalah Kaki Kaki Mobil Bunyi Cit Cit Dengan Kyoto Shaking Machine Hanya Di Rotary Auto!

kaki kaki mobil bunyi cit cit

Tidak hanya sekedar langkah mengatasinya, tetapi langkah pencegahan perlu Anda lakukan agar masalah yang sama tidak terjadi dikemudian hari. Jika kita berbicara soal langkah pencegahan kaki kaki mobil bunyi cit cit atau berdecit, maka jelas, service kaki kaki mobil secara rutin merupakan langkah pencegahan yang paling ampuh. Tidak hanya sekedar mencegah masalah kaki kaki mobil cit cit, tetapi service rutin ini juga tentunya mampu untuk mencegah kerusakan lain pada kaki kaki mobil Anda.

Satu bengkel kaki kaki mobil yang sangat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto! Bengkel yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki oleh Rotary Auto ini tentu membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam mengatasi berbagai permasalahan kaki kaki mobil.

Lebih dari itu, dengan seluruh inovasinya selama ini, Rotary Auto menjadi bengkel pertama di Indonesia yang menyediakan Kyoto Shaking Machine lho! Dengan hadirnya Kyoto Shaking Machine ini, maka proses service kaki kaki mobil menjadi jauh lebih praktis dan on point karena tidak lagi perlu dibawa keliling ataupun menebak dengan feeling semata.

Bagaimana bisa? Ini dikarenakan Kyoto Shaking Machine memanfaatkan guncangan hidrolik yang mampu untuk memberikan simulasi guncangan pada mobil Anda. Dari simulasi guncangan itulah nantinya akan dianalisa secara mendalam ada atau tidaknya masalah pada kaki kaki mobil Anda dengan hasil yang jauh lebih cepat, tepat. Ketika analisa masalahnya tepat, maka solusi yang diambil juga jauh lebih akurat.

Anda dipastikan akan terhindar dari pergantian komponen yang salah apalagi harus bolak balik bengkel akibat kesalahan analisa, karena seluruh analisanya dilakukan dengan mekanisme mesin yang sangat canggih. Hal ini jelas membuat Anda menjadi jauh lebih tenang dan puas dalam melakukan service kaki kaki mobil.

Bagaimana? Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...