Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Jangan Salah Ganti! Kenali Gambar Kampas Rem Mobil Beserta Komponennya Berikut Ini

Mengganti kampas rem mobil adalah salah satu bagian penting dari perawatan kendaraan yang sering kali terabaikan oleh banyak pemilik mobil. Padahal, kampas rem yang aus atau rusak bisa berakibat fatal pada keselamatan berkendara. Sebelum Anda memutuskan untuk mengganti kampas rem, sangat penting untuk memahami dan mengenali gambar kampas rem mobil beserta komponennya. Dengan pemahaman yang baik tentang gambar kampas rem mobil, Anda dapat memastikan bahwa penggantian yang dilakukan benar-benar sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan kendaraan Anda.

Seringkali, pemilik mobil kurang memperhatikan detail penting seperti jenis dan bentuk kampas rem. Padahal, setiap mobil memiliki spesifikasi kampas rem yang berbeda-beda, tergantung pada merek, model, dan tahun pembuatan kendaraan tersebut. Mengabaikan perbedaan ini bisa menyebabkan performa pengereman yang kurang optimal, bahkan bisa merusak komponen lain pada sistem pengereman. Oleh karena itu, mengenali gambar kampas rem mobil yang benar sangatlah penting untuk menjaga kinerja dan keamanan mobil Anda.

Selain itu, memahami gambar kampas rem mobil juga akan membantu Anda dalam berkomunikasi dengan mekanik atau saat membeli suku cadang di toko otomotif. Ketika Anda bisa mengidentifikasi dengan tepat bagian mana yang perlu diganti, proses penggantian menjadi lebih efisien dan mengurangi risiko kesalahan pemasangan. Dalam artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang gambar kampas rem mobil beserta komponennya, sehingga Anda bisa lebih percaya diri dan informatif saat harus melakukan penggantian kampas rem di masa depan. Seperti apa ya gambar kampas rem mobil itu? Yuk kita lihat dan pahami bersama!

Pertanyaan Seputar Gambar Kampas Rem Mobil

Memeriksa kampas rem secara berkala penting untuk memastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik, mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen lain, dan menjaga keselamatan berkendara.
Tanda-tanda kampas rem perlu diganti meliputi suara berdecit atau berderit saat pengereman, pedal rem yang terasa lunak atau harus diinjak lebih dalam, dan ketebalan kampas rem yang sudah tipis (kurang dari 3 mm).
Suara berdecit bisa menjadi tanda bahwa kampas rem sudah aus atau kotor. Sebaiknya segera periksa dan bersihkan atau ganti kampas rem jika diperlukan.
Penyebab kampas rem cepat aus antara lain berkendara dengan agresif, sering mengerem mendadak, mengemudi di jalan yang menurun atau berbatu, dan kualitas kampas rem yang rendah.

Gambar Kampas Rem Mobil Sesuai Komponennya

Gambar Kampas Rem Mobil

Ketika membahas tentang kampas rem mobil, sangat penting untuk memahami setiap komponen yang menyusunnya. Setiap bagian memiliki fungsi spesifik yang berkontribusi terhadap keseluruhan kinerja sistem pengereman. Dengan mengenali gambar kampas rem mobil dan memahami komponen-komponennya, Anda tidak hanya dapat memastikan penggantian yang tepat, tetapi juga memperpanjang umur komponen lainnya dalam sistem pengereman. Berikut ini, kita akan membahas gambar kampas rem mobil dengan 3 komponen utamanya : lapisan gesek, backing plate, dan pegas.

1. Lapisan Gesek

Gambar Kampas Rem Mobil

Gambar kampas rem mobil yang pertama kita bahas ini adalah lapisan gesek. Lapisan gesek adalah bagian paling penting dari kampas rem karena bertanggung jawab langsung terhadap pengereman kendaraan. Lapisan ini terbuat dari bahan yang tahan panas dan aus, seperti serat karbon, keramik, atau komposit logam, yang memberikan daya cengkeram optimal saat bergesekan dengan cakram atau drum rem. Lapisan gesek dirancang untuk menahan tekanan dan suhu tinggi yang terjadi selama proses pengereman.

Keausan pada lapisan gesek merupakan indikasi utama kapan kampas rem perlu diganti. Ketika lapisan ini mulai menipis, kemampuan rem untuk menghentikan kendaraan akan berkurang secara signifikan, yang bisa berpotensi menimbulkan bahaya. Di Inggris, ketebalan bantalan rem minimum yang sah adalah 1,5 mm. Ketebalan kampas rem baru kurang lebih 10mm. Namun, sebagian besar pabrikan dan mekanik sepakat bahwa bantalan rem harus diganti setelah keausan 3 mm (1).

Selain ketebalan, kualitas material dari lapisan gesek juga menentukan efisiensi dan keawetan kampas rem. Kampas rem berkualitas tinggi biasanya memiliki campuran material yang dirancang khusus untuk berbagai kondisi pengendaraan. Material berkualitas rendah mungkin lebih murah, tetapi bisa cepat aus dan mengurangi kinerja pengereman. Memilih lapisan gesek yang tepat akan memastikan pengereman yang lebih aman dan nyaman.

2. Backing Plate

Gambar Kampas Rem Mobil

Gambar kampas rem mobil kedua ini merupakan komponen yang disebut dengan backing plate. Backing plate atau plat penopang adalah komponen yang mendukung lapisan gesek dan memastikan posisinya tetap stabil selama pengereman (2). Terbuat dari baja atau material logam kuat lainnya, backing plate memberikan kekakuan yang diperlukan agar lapisan gesek dapat bekerja secara efektif. Tanpa backing plate yang kuat, lapisan gesek bisa mengalami distorsi, yang mengakibatkan pengereman tidak merata dan berisik.

Fungsi lain dari backing plate adalah untuk menyalurkan panas yang dihasilkan selama pengereman ke bagian lain dari sistem rem, sehingga membantu mencegah overheating pada lapisan gesek. Dengan demikian, backing plate tidak hanya mendukung mekanis tetapi juga berperan dalam manajemen termal sistem pengereman. Inilah sebabnya mengapa integritas backing plate sangat krusial untuk performa pengereman yang optimal.

Seiring waktu, backing plate juga bisa mengalami kerusakan akibat korosi atau keausan. Korosi dapat melemahkan struktur backing plate, membuatnya kurang efektif dalam menopang lapisan gesek. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi backing plate saat mengganti kampas rem dan memastikan bahwa tidak ada kerusakan yang dapat mempengaruhi kinerja pengereman. Memilih backing plate berkualitas tinggi yang tahan korosi akan memperpanjang umur sistem rem Anda.

Baca Juga : Indikator Check Engine Menyala Terus? Hati-Hati! Ini Penyebabnya!

3. Pegas

Gambar Kampas Rem Mobil

Gambar kampas rem mobil yang terakhir ini tentu sudah familiar, bukan? Jika Anda memperhatikan gambar kampas rem mobil diatas, terdapat pegas yang terletak di atas dan bawah. Pegas pada kampas rem memainkan peran penting dalam memastikan kampas rem tetap berada di posisinya dan berfungsi dengan baik. Pegas ini memberikan tekanan yang diperlukan agar kampas rem tetap bersentuhan dengan cakram atau drum rem. Tanpa pegas yang berfungsi dengan baik, kampas rem bisa bergerak tidak terkendali, menyebabkan pengereman yang tidak konsisten dan berisik.

Pegas juga membantu dalam mengurangi getaran dan kebisingan yang sering terjadi saat pengereman. Ketika Anda menginjak pedal rem, pegas memastikan bahwa kampas rem bergerak dengan lancar dan cepat ke posisi pengereman, kemudian kembali ke posisi semula setelah pengereman selesai. Ini penting untuk kenyamanan berkendara dan untuk mencegah keausan yang tidak merata pada kampas rem.

Namun, seperti komponen lainnya, pegas juga bisa mengalami keausan atau kerusakan. Pegas yang aus atau patah tidak akan mampu memberikan tekanan yang cukup, mengakibatkan pengereman yang kurang optimal. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa kondisi pegas secara berkala dan menggantinya jika ditemukan kerusakan. Menggunakan pegas berkualitas tinggi akan memastikan sistem pengereman mobil Anda tetap bekerja dengan baik dan aman.

Panduan Mengganti Kampas Rem Mobil

Gambar Kampas Rem Mobil

Anda ingin mengganti kampas rem mobil Anda sendiri? Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara mengganti kampas rem mobil dengan mudah dan aman.

Mempersiapkan Alat-alat yang Diperlukan

Sebelum memulai proses penggantian kampas rem, pastikan Anda telah mempersiapkan alat-alat yang diperlukan. Berikut adalah beberapa alat yang biasanya digunakan:

  1. Kunci roda
  2. Piston rem
  3. Obeng
  4. Grease
  5. Tekan rem

Tahapan Mengganti Kampas Rem Mobil

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti saat mengganti kampas rem mobil:

  1. Siapkan kendaraan Anda dengan aman. Pastikan kendaraan berada di permukaan yang rata dan aman sebelum memulai proses pergantian kampas rem.
  2. Lepaskan roda yang ingin Anda ganti kampas remnya. Gunakan kunci roda untuk membuka baut roda dan lepaskan roda dari mobil.
  3. Akses bagian kampas rem. Setelah roda dilepas, Anda akan melihat kampas rem di baliknya. Pastikan Anda dapat mengakses kampas rem dengan mudah.
  4. Lepaskan kampas rem yang lama. Gunakan piston rem untuk melonggarkan kampas rem yang sudah aus dan lepaskan dengan hati-hati.
  5. Pasang kampas rem baru. Tempatkan kampas rem baru ke dalam tempatnya dengan benar dan pastikan posisinya sesuai dengan petunjuk pabrik.
  6. Pasang kembali roda dan periksa rem. Setelah mengganti kampas rem, pasang kembali roda dan periksa apakah rem berfungsi dengan baik dengan melakukan pengujian pendek.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat mengganti kampas rem mobil Anda sendiri dengan lebih mudah dan menghemat biaya. Namun, jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam melakukan pergantian kampas rem, disarankan untuk mengunjungi bengkel resmi atau mekanik terpercaya agar pekerjaan ini dilakukan dengan benar dan aman.

Pertanyaannya adalah dimana sih bengkel rem mobil yang dapat diandalkan untuk melakukan pergantian kampas rem? Satu bengkel rem mobil yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto. Bengkel rem mobil yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Auto jelas membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam menangani berbagai layanan service mobil, termasuk pergantian kampas rem.

Apabila Anda memiliki masalah pada sistem rem mobil, jangan ragu untuk langsung mendatangi Rotary Auto ya! Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

Link Sumber :

  • https://haynes.com/en-gb/tips-tutorials/how-check-thickness-brake-pads
  • https://wuling.id/id/blog/autotips/rem-tromol-mobil-pengertian-komponen-cara-kerjanya#:~:text=Backing%20Plate&text=Backing%20plate%20adalah%20salah%20satu,komponen%20rem%20tromol%20yang%20lainnya.

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...