Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Cara Mengatasi Mesin Mobil Bergetar Yang Wajib Anda Ketahui

Mengemudikan mobil yang bergetar tentu sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Getaran pada mobil tidak hanya membuat perjalanan menjadi tidak nyaman, tetapi juga bisa menjadi pertanda adanya masalah yang lebih serius pada kendaraan Anda. Oleh karena itu, penting untuk segera mengidentifikasi dan memahami cara mengatasi mesin mobil bergetar agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Sebenarnya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan mobil bergetar. Mulai dari masalah pada mesin, suspensi, hingga bagian roda dan ban. Mesin yang bergetar bisa disebabkan oleh beberapa komponen seperti busi yang kotor, filter udara yang tersumbat, atau injektor bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, kondisi ban yang tidak seimbang atau rusak juga dapat menyebabkan mobil bergetar saat dikendarai.

Cara mengatasi mesin mobil bergetar tidak selalu memerlukan bantuan profesional. Beberapa masalah bisa diatasi sendiri dengan perawatan dan pemeriksaan rutin. Namun, jika getaran terus berlanjut atau semakin parah, sebaiknya segera konsultasikan dengan mekanik terpercaya untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara mengatasi mesin mobil bergetar agar Anda dapat kembali menikmati perjalanan dengan nyaman.

Pertanyaan Seputar Cara Mengatasi Mesin Mobil Bergetar

Periksa kondisi busi secara visual. Jika ada kerusakan, kotoran berlebih, atau keausan pada elektroda, maka busi perlu diganti. Selain itu, gunakan alat pengukur untuk memeriksa celah busi dan pastikan sesuai dengan spesifikasi pabrik.
Jika terdapat keausan pada komponen mesin seperti piston atau bearing, biasanya diperlukan perbaikan atau penggantian komponen tersebut. Sebaiknya bawa mobil ke bengkel profesional untuk penanganan lebih lanjut.
Engine mounting adalah dudukan mesin yang berfungsi untuk menahan mesin agar tidak bergetar berlebihan. Periksa apakah ada keretakan atau keausan pada karet engine mounting. Jika ada kerusakan, segera ganti dengan yang baru.
Getaran mesin yang tidak normal bisa menandakan masalah serius pada mesin dan jika dibiarkan bisa merusak komponen lain. Sebaiknya segera atasi getaran mesin untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

Penyebab Mesin Mobil Bergetar

cara mengatasi mesin mobil bergetar

Sebelum kita bisa mengetahui cara mengatasi mesin mobil bergetar, ada baiknya kita memahami penyebab-penyebab yang mungkin menyebabkan kondisi tersebut terjadi. Mesin mobil yang bergetar bisa menjadi tanda bahwa ada beberapa masalah yang perlu diperhatikan dan diperbaiki. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang bisa menyebabkan mesin mobil Anda bergetar:

  1. Mesin yang tidak seimbang: Salah satu penyebab utama bergetarnya mesin mobil adalah ketidakseimbangan pada komponen mesin. Hal ini bisa terjadi akibat adanya perubahan berat atau ketidakseimbangan yang terjadi dalam komponen, seperti poros engkol yang tidak sejajar atau komponen mesin yang longgar.
  2. Pelepasan gas buang yang tidak baik: Sistem knalpot yang rusak atau tersumbat dapat menyebabkan pengeluaran gas buang yang tidak lancar. Akibatnya, mesin dapat bergetar karena tekanan gas yang tidak seimbang.
  3. Masalah pada filter bahan bakar: Jika filter bahan bakar tersumbat atau kotor, aliran bahan bakar ke mesin bisa terhambat. Hal ini dapat menyebabkan mesin bekerja tidak optimal dan bergetar.
  4. Tekanan ban yang tidak seimbang: Tekanan ban yang tidak seimbang dapat mengganggu keseimbangan mobil saat berjalan. Ketidakseimbangan ini bisa merambat ke mesin dan menyebabkan getaran yang terasa.

Mengetahui penyebab-penyebab tersebut adalah langkah awal untuk mengatasi masalah getaran pada mesin mobil Anda. Dalam bagian selanjutnya, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengatasi masalah bergetar pada mesin mobil Anda.

Cara Mengatasi Mesin Mobil Bergetar

cara mengatasi mesin mobil bergetar

Setelah mengetahui penyebab mesin mobil bergetar, langkah berikutnya adalah mengetahui cara mengatasi mesin mobil bergetar ini. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil sebagai cara mengatasi mesin mobil bergetar ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

Setelah mengetahui penyebab mesin mobil bergetar, langkah berikutnya adalah mengetahui cara mengatasi mesin mobil bergetar tersebut. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mengatasi masalah ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Periksa Busi

Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai cara mengatasi mesin mobil bergetar adalah memeriksa kondisi busi pada mesin mobil Anda. Busi yang aus atau kotor dapat menyebabkan mesin bergetar karena percikan api yang dihasilkan tidak optimal. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cabut Busi : Gunakan kunci busi untuk mencabut busi dari mesin.
  • Periksa Kondisi Busi : Lihat apakah ada tanda-tanda keausan, kotoran, atau korosi pada busi. Busi yang baik biasanya berwarna coklat muda.
  • Bersihkan atau Ganti : Jika busi terlihat kotor, Anda bisa membersihkannya dengan sikat kawat dan cairan pembersih busi. Namun, jika busi sudah aus, segera ganti dengan yang baru.
  • Pasang Kembali Busi : Pastikan busi terpasang dengan kencang dan benar.

2. Periksa Sistem Bahan Bakar

Setelah memeriksa busi, langkah kedua yang dapat Anda lakukan sebagai cara mengatasi mesin mobil bergetar adalah dengan memerika sistem bahan bakar. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam hal ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Periksa Filter Bahan Bakar : Filter bahan bakar yang kotor atau tersumbat dapat menghambat aliran bahan bakar ke mesin. Gantilah filter jika sudah terlalu kotor.
  • Cek Tekanan Bahan Bakar : Gunakan alat pengukur tekanan bahan bakar untuk memastikan tekanan bahan bakar berada dalam batas normal yang direkomendasikan pabrikan.
  • Periksa Injektor : Injektor bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan campuran bahan bakar tidak sempurna. Jika diperlukan, bersihkan injektor atau bawa ke bengkel untuk pembersihan profesional.

3. Periksa Sistem Kelistrikan

Cara mengatasi mesin mobil bergetar selanjutnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada sistem kelistrikan. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, diantaranya adalah :

  • Periksa Kabel dan Soket : Pastikan semua kabel dan soket dalam kondisi baik. Kabel yang putus atau soket yang kendur dapat mengganggu aliran listrik ke mesin.
  • Cek Koil Pengapian : Koil yang bermasalah dapat menyebabkan percikan api tidak konsisten. Periksa koil dan ganti jika ditemukan kerusakan.
  • Periksa Baterai dan Alternator : Pastikan baterai dan alternator berfungsi dengan baik untuk memberikan aliran listrik yang stabil.

4. Perawatan Rutin Mesin Mobil

Berikutnya, cara mengatasi mesin mobil bergetar tentunya adalah dengan melakukan perawatan mesin mobil secara rutin. Perawatan rutin bukan hanya sekedar cara mengatasi mesin mobil bergetar, tapi juga sebagai upaya untuk mencegah masalah tersebut terjadi dikemudian hari. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Ganti Oli Secara Berkala : Oli mesin harus diganti sesuai dengan interval yang direkomendasikan pabrikan. Oli yang baik menjaga komponen mesin tetap terlumasi dengan baik.
  • Bersihkan atau Ganti Filter Udara : Filter udara yang bersih memastikan aliran udara yang optimal ke mesin. Gantilah filter udara jika sudah terlalu kotor.
  • Periksa dan Ganti Kabel Busi : Kabel busi yang rusak atau aus dapat mengganggu aliran listrik ke busi.
  • Cek Sistem Pembuangan : Pastikan sistem pembuangan (knalpot) tidak bocor atau tersumbat, karena dapat mempengaruhi kinerja mesin.

5. Bawa ke Bengkel Terpercaya

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas mesin mobil masih tetap bergetar, maka cara mengatasi mesin mobil bergetar terakhir dan paling ampuh adalah dengan membawanya ke bengkel terpercaya seperti Bengkel Mobil Rotary Auto. Di bengkel, ahli mekanik akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah bergetar pada mesin mobil. Mereka mungkin menggunakan alat diagnostik yang lebih canggih untuk mengidentifikasi masalah yang tidak terlihat.

Atasi Dan Cegah Berbagai Masalah Pada Mesin Mobil Hanya Di Rotary Auto!

cara mengatasi mesin mobil bergetar

Agar mesin mobil Anda tetap dalam kondisi baik dan menghindari masalah bergetar, penting untuk melakukan perawatan rutin di bengkel mobil yang terpercaya. Perawatan mesin mobil secara rutin adalah kunci untuk menjaga kinerja dan keandalan mesin mobil Anda, serta memperpanjang umur mesin.

Bengkel mobil Rotary Auto merupakan salah satu bengkel mobil terkemuka di Indonesia yang menawarkan layanan perawatan mesin mobil yang berkualitas. Dengan pengalaman dan keahlian teknisi yang terampil, bengkel ini dapat memberikan perawatan yang optimal untuk mesin mobil Anda.

Perawatan rutin di bengkel mobil Rotary Auto meliputi pemeriksaan dan penggantian oli mesin, pembersihan sistem bahan bakar, pengecekan dan penggantian filter udara, pengecekan sistem pendingin, serta pemeriksaan komponen-komponen penting lainnya. Melalui perawatan ini, mesin mobil Anda akan berfungsi dengan baik dan menghindari masalah seperti mesin bergetar.

Selain itu, bengkel mobil Rotary Auto menggunakan suku cadang yang berkualitas dan sesuai dengan merek dan tipe mobil Anda. Hal ini penting untuk memastikan bahwa mesin mobil Anda mendapatkan perawatan yang sesuai dengan standar produsen dan tidak merusak mesin atau komponen lainnya.

Perawatan rutin mesin mobil di bengkel mobil Rotary Auto juga memiliki manfaat lainnya, seperti penghematan biaya perbaikan yang lebih besar di masa mendatang. Dengan melakukan perawatan secara rutin, masalah pada mesin mobil bisa terdeteksi lebih awal dan diatasi sebelum menjadi kerusakan yang lebih serius dan mahal untuk diperbaiki.

Jadi, jika Anda ingin menjaga mesin mobil Anda tetap sehat dan menghindari masalah bergetar, penting untuk melakukan perawatan rutin di bengkel mobil Rotary Auto. Dengan demikian, Anda dapat memastikan kenyamanan dan keandalan mesin mobil Anda dalam jangka panjang.

Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Apabila Anda memiliki pertanyaan lebih jauh, silahkan tanyakan hal itu kepada Customer Service dari Rotary Bintaro dengan cara klik disini. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...