Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Catat Dan Pahami! Ini Rangkaian Cara Kerja AC Mobil!

Seperti yang kita ketahui bersama, AC mobil memegang peranan yang sangat besar dalam menjaga kenyamanan ketika berkendara. Dalam memaksimalkan fungsinya ini, AC mobil ditopang oleh berbagai macam komponen di dalamnya. Setiap komponen AC mobil tersebut memiliki fungsinya tersediri namun terhubung antar yang satu dengan yang lainnya. Keterkaitan antar komponen AC mobil inilah yang pada akhirnya menciptakan cara kerja AC mobil yang sangat sistematis.

Setiap komponen AC mobil yang menciptakan dan menjaga cara kerja AC mobil yang sistematis ini perlu dijaga dengan baik. Jika ada satu saja komponen AC mobil yang terganggu, maka secara otomatis akan menganggu bahkan merusak cara kerja AC mobil yang sistematis tersebut. Pada akhirnya, tentu kenyamanan Anda dalam berkendara akan terganggu.

Akan tetapi, sayangnya masih banyak orang yang belum memahami cara kerja AC mobil. Akibatnya, AC pada mobilnya itu mengalami begitu banyak masalah, ada yang mengalami AC mobil bau, AC mobil berisik, AC mobil tidak dingin bahkan hingga AC mobil mati total. Maka dari itu, sebagai pemilik kendaraan yang cerdas, Anda perlu memahami cara kerja AC mobil agar Anda dapat melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Nah, seluruh informasi tentang cara kerja AC mobil tersebut telah terangkum dalam artikel kali ini.

Pertanyaan Seputar Cara Kerja AC Mobil

Beberapa faktor dapat mempengaruhi kinerja AC mobil, termasuk kondisi komponen-komponen utama seperti kompresor, kondensor, evaporator, dan expansion valve. Kotoran dan debu yang menumpuk dapat menghambat aliran udara dan mengurangi efisiensi pendinginan. Selain itu, kadar freon yang kurang atau terlalu banyak juga dapat mempengaruhi kinerja AC.
Untuk menjaga AC mobil tetap berfungsi optimal, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pertama, lakukan pembersihan rutin pada komponen-komponen utama seperti evaporator dan kondensor untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menumpuk. Kedua, pastikan untuk mengganti filter udara secara teratur sesuai dengan petunjuk pabrik. Ketiga, periksa secara berkala kadar freon dan lakukan pengisian ulang jika diperlukan. Terakhir, hindari kebiasaan buruk seperti membawa makanan berbau kuat atau merokok dalam mobil, karena hal ini dapat merusak kualitas udara dan komponen-komponen AC.
Jika AC mobil mengalami masalah seperti tidak dingin atau berisik, disarankan untuk segera membawanya ke bengkel atau teknisi AC mobil terpercaya. Mereka dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh dan perbaikan yang diperlukan untuk mengembalikan kinerja AC mobil seperti semula.
Untuk menjaga AC mobil tetap berfungsi dengan baik, disarankan untuk melakukan servis atau perawatan secara berkala, minimal setiap 6 bulan sekali atau sesuai dengan rekomendasi pabrik. Hal ini akan membantu memastikan bahwa semua komponen AC berfungsi dengan optimal dan dapat menghindari masalah yang lebih serius di kemudian hari.

Garis Besar Rangkaian Cara Kerja AC Mobil

cara kerja AC mobil

Bagaimana sebuah sistem AC mobil dapat bekerja melibatkan beberapa komponen yang bekerja secara harmonis untuk menghasilkan udara dingin di dalam ruang kabin kendaraan Anda. Terdapat beberapa proses dalam rangkaian cara kerja AC mobil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kompresor Memompa Freon AC Mobil

Proses pertama dalam rangkaian cara kerja AC mobil yang pertama diawali dari kompresor AC mobil. Seperti yang kita pahami, kompresor AC mobil sudah seperti jantung dalam suatu sistem AC mobil dimana komponen inilah yang akan berfungsi untuk memompa freon. Tanpa adanya freon yang dipompa oleh kompresor, maka sistem AC mobil tidak akan bisa menghasilkan udara dingin. Freon dalam bentuk gas akan dipompa oleh kompresor AC mobil dengan tekanan tinggi hingga suhunya menyentuh angka 100 derajat celcius.

2. Kondensor Melakukan Proses Kondensasi

Proses kedua dalam rangkaian cara kerja AC mobil adalah proses kondensasi yang dilakukan oleh kondensor. Setelah freon AC mobil dipompa oleh kompresor, maka gas freon tersebut akan masuk ke dalam kondensor AC mobil untuk dilakukan proses kondensasi, dimana panas hasil pompaan kompresor akan dilepas ke udara, lalu freon yang tadinya berwujud gas akan berubah menjadi cair.

3. Penyaringan Oleh Receiver Dryer

Proses berikutnya dalam rangkaian cara kerja AC mobil adalah proses filteralisasi atau penyaringan, dimana freon yang telah berwujud cair tersebut masuk ke dalam receiver dryer untuk disaring. Penyaringan pertama adalah untuk menyaring kotoran dan deb, kedua adalah penyaringan kelembapan ataupun air yang mungkin terbawa oleh freon AC mobil tersebut.

4. Penurunan Tekanan Dan Suhu Oleh Expansion Valve

Setelah di filter, maka proses dalam rangkaian cara kerja AC mobil berikutnya adalah dengan mengalirkan freon yang telah disaring tersebut untuk masuk ke expansion valve. Disana, tekanan dan suhu freon akan berkurang secara drastis, lalu penguapan akan terjadi. Setelah itu, expansion valve akan menentukan jumlah freon yang akan masuk ke evaporator AC mobil. Sisa dari freon yang tidak ikut ke evaporator akan disimpan oleh expansion valve gar proses pendinginan berikutnya dapat lebih cepat.

5. Evaporator Menghembuskan Udara Dingin

Rangkaian cara kerja AC mobil yang terakhir dilakukan oleh evaporator AC mobil, dimana freon yang menguap tadi masuk ke bagian evaporator. Setelah itu, evaporator akan mengambil udara luar lalu menghembuskannya kembali bersamaan dengan freon dingin yang telah menguap tersebut.

Dalam hal ini, evaporator AC mobil dibantu oleh blower yang bertugas untuk mengatur kecepatan AC mobil sesuai keinginan penggunanya. Lebih jauh lagi, pengaturan tersebut juga dibantu oleh sensor suhu, ketika suhunya sudah melebihi dari aturan awal penggunanya, maka sensor suhu akan mengirimkan sinyal ke sistem pengontrol suhu agar dapat mengontrol suhu tersebut sesuai dengan aturan yang dibuat oleh penggunanya.

Baca Juga : Hati-Hati! AC Mobil Tiba Tiba Tidak Dingin Bisa Terjadi Kapan Saja! Kenali Penyebabnya Disini!

Tips Merawat AC Mobil

cara kerja AC mobil

Merawat AC mobil adalah langkah yang penting dalam menjaga kinerjanya agar tetap optimal. Dengan merawat AC mobil secara teratur, Anda dapat memperpanjang umur AC dan menjaga kualitas udara di dalam kendaraan. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat AC mobil Anda, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Penggantian Filter Udara

Penggantian filter udara menjadi aspek krusial dalam perawatan AC mobil. Filter udara yang kotor dapat memengaruhi kualitas udara di dalam kendaraan, serta mempengaruhi kinerja AC. Ganti filter udara sesuai dengan petunjuk pabrik atau lebih sering jika berkendara di daerah dengan tingkat polusi tinggi. Dengan menjaga filter udara dalam kondisi baik, Anda tidak hanya meningkatkan kualitas udara di dalam mobil tetapi juga memastikan AC bekerja optimal.

2. Pengecekan Tekanan Freon AC Mobil

Pengecekan freon secara berkala juga penting. Freon merupakan zat pendingin utama dalam AC mobil, dan kadar yang kurang dapat mengurangi efektivitas pendinginan. Pastikan untuk memeriksa kadar freon dan melakukan pengisian ulang jika diperlukan. Dengan menjaga kadar freon yang optimal, Anda dapat memastikan AC mobil tetap memberikan udara dingin yang nyaman selama perjalanan. Melalui langkah-langkah perawatan ini, Anda dapat memperpanjang umur AC mobil dan menikmati kenyamanan berkendara yang maksimal.

3. Hindari Kebiasaan Buruk Yang Merusak AC Mobil

Tips ketiga untuk merawat AC mobil adalah dengan menghindari kebiasaan buruk yang dapat merusak AC mobil. Contohnya seperti makan dan merokok di mobil. Kotoran dari sisa makanan dapat terhisap ke dalam sistem AC mobil lalu menyumbat dan mengotori AC mobil tersebut, apalagi jika makanan tersebut adalah makanan berbau menyengat. Asap dan abu rokok juga sama bahkan bisa lebih parah. Maka dari itu, demi merawat AC mobil Anda lebih awet dan tahan lama, hindarilah makan ataupun merokok di dalam mobil.

4. Lakukan Service AC Mobil Secara Rutin

Penting untuk melakukan pembersihan dan service secara rutin pada AC mobil guna memastikan kinerjanya tetap optimal. Bagian-bagian seperti evaporator dan kondensor perlu diperhatikan, karena kotoran dan debu yang menumpuk dapat menghambat aliran udara. Ketika aliran udara terhambat, efisiensi pendinginan AC mobil dapat berkurang, sehingga kenyamanan berkendara terpengaruh. Membersihkan secara teratur membantu mencegah masalah ini dan memastikan AC bekerja sesuai kapasitasnya.

Salah satu bengkel AC mobil yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto. Bengkel AC mobil ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Auto ini tentu membuatnya memiliki berbagai macam pengetahuan dan skill dalam menangani berbagai masalah AC mobil, mulai dari AC mobil bau, AC mobil berisik, AC mobil tidak dingin hingga AC mobil mati total. Semuanya dapat dituntaskan di Rotary Auto!

Lebih dari itu, Rotary Auto sebagai bengkel AC mobil dengan reputasi positif selama lebih dari 20 tahun tentunya memiliki berbagai mekanik berpengalaman yang dapat diandalkan, alat yang canggih, fasilitas yang lengkap, cabang yang tersebar di berbagai wilayah lho!

Anda juga tidak perlu khawatir masalah harga, karena Rotary Auto menyediakan harga yang sangat transparan! Bagaimana bisa? Ini dikarenakan Rotary Auto memiliki layanan konsultasi GRATIS lho! Sebelum melakukan service, Anda dapat terlebih dahulu melakukan konsultasi untuk ditemukan dimana masalahnya, apa solusinya dan berapa kisaran biaya yang Anda akan bayarkan nantinya. Hal ini membuat harga di Rotary Auto jauh lebih transparan karena seluruhnya telah dijelaskan diawal.

Bagaimana?  Menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya. Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...