Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Bengkel AC Mobil Terdekat dan Tips Dalam Memilihnya

Bengkel AC mobil terdekat wajib diketahui oleh para pemilik mobil. Kenapa? karena kerusakan AC mobil adalah salah satu permasalahan pada mobil yang akan membuat pemiliknya tidak nyaman. Terlebih lagi jika akan melakukan perjalanan jauh dengan cuaca terik, tentu sangat tidak nyaman bukan. Dalam hal memilih bengkel AC mobil terdekat tentu tidak boleh sembarangan. Para pemilik mobil harus mengetahui bagaimana kualitas service AC mobil yang ditawarkan oleh bengkel tersebut.

Sebelum anda mengetahui apa saja bengkel AC mobil terdekat di sekitar anda, sebaiknya anda mengetahui semua tentang AC mobil terlebih dahulu. AC atau air conditioner merupakan bagian yang ada di dalam mobil. AC sendiri berfungsi sebagai pendingin udara mobil. AC juga adalah komponen yang sangat penting di dalam mobil. AC mobil juga membutuhkan perawatan layaknya mesin mobil yang biasa disebut dengan service AC mobil agar tetap bekerja dengan baik dan optimal.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika hendak memilih bengkel AC mobil terdekat di kota anda. Salah satunya adalah memeriksa setiap komponen yang sering bermasalah pada AC, seperti kompresor, kondensor dan evaporator. Apabila AC mobil anda dirawat secara berkala, maka kompresor dan komponen lainnya juga akan lebih awet dan umurnya bisa lebih lama.

Bengkel AC mobil terdekat akan memudahkan anda sebagai pemilik mobil dalam mengatasi permasalahan dan kerusakan pada AC mobil. Namun, perlu diperhatikan kalau tidak semua bengkel mobil bisa menservis AC mobil dengan hasil maksimal. Agar anda tidak menyesal di kemudian hari, ada baiknya anda mendatangi bengkel AC mobil terdekat dan terpercaya yang sudah pasti berada di kawasan Jabodetabek dan beberapa kota besar lainnya.

Pertanyaan Seputar Bengkel AC Mobil Terdekat

Ketika freon berkurang atau habis, kinerja AC mobil menjadi kurang optimal. Kebanyakan, kekurangan freon disebabkan oleh kebocoran pada salah satu komponen AC.
Penyebab dan Cara Mengatasi Suara Desisan pada AC Mobil - Freon Kurang atau Habis. Salah satu dugaan umum ketika AC mobil mengeluarkan suara desis adalah karena kurang atau habisnya freon. ... - Termostat Rusak - Katup Ekspansi yang Tersumbat.
Freon akan jenuh setelah 24 bulan. Untuk memaksimalkan kinerja AC mobil, disarankan untuk melakukan servis setiap 2 tahun sekali. Pabrikan juga merekomendasikan penggantian dryer, oli kompresor, dan katup ekspansi setiap 24 bulan, serta penggantian seal-seal saat dibongkar.
Oli kompresor sebaiknya diganti setiap 40.000 km atau 2 tahun sekali. Proses penggantian oli kompresor sebaiknya dilakukan dengan menggunakan alat otomatis atau robotic untuk menarik seluruh oli kompresor dari semua komponen yang disebutkan di atas.

Ada Beberapa Jenis Kerusakan AC Mobil dan Berapa Estimasi Biaya Servicenya

Bengkel AC Mobil Terdekat

Sistem AC mobil merupakan salah satu fitur yang sangat penting bagi kepuasan dan kenyamanan berkendara. Namun, seperti halnya sistem lain pada mobil, sistem AC juga dapat mengalami kerusakan. Berikut ini adalah beberapa jenis kerusakan yang sering terjadi pada sistem AC mobil :

  • Kebocoran Freon

Freon merupakan komponen yang paling penting di AC mobil. Permasalahan yang biasa terjadi pada AC mobil adalah freon habis atau justru bocor. Jika kebocoran terjadi pada freon maka anda membutuhkan tindakan penambalan. Untuk melakukan service ini di bengkel AC mobil terdekat biasanya membutuhkan biaya sekitar Rp. 100.000 sampai Rp. 400.000 ribu. Sedangkan untuk harga freon AC mobil adalah sekitar Rp. 150.000 sampai Rp. 350.000.

  • AC Mobil Mati

Bengkel AC mobil terdekat tentu saja harus bisa menangani masalah dasar yang terjadi pada AC mobil, yakni AC mati. Jika hal ini terjadi pada mobil anda, biaya yang harus anda keluarkan untuk pengecekan AC mobil mati adalah sebesar Rp. 200.000. Namun, apabila ada spare part yang harus diganti, maka biaya yang harus anda keluarkan tergantung komponen berkisar Rp. 300.000 sampai 2 jutaan.

  • Bau AC Mobil Tidak Sedap

Masalah yang satu ini adalah masalah yang paling sering ditemui. Dimana AC mengeluarkan bau yang tidak sedap. Biasanya bau AC tidak sedap dapat disebab oleh beberapa faktor, seperti akibat merokok dan makan di dalam mobil atau kabin mobil yang jarang dibersihkan. Apabila hal ini terjadi, anda harus mengeluarkan kocek sekitar Rp. 200.000 untuk biaya ke bengkel AC mobil terdekat.

  • Perawatan Rutin AC

Bengkel AC mobil terdekat biasanya akan menyediakan layanan perawatan AC rutin. Dimana perawatan AC rutin sangat penting dilakukan demi mencegah kualitas udara yang dihasilkan AC. Perawatan rutin ini biasanya meliputi perawatan kondensor, flushing AC mobil, ganti oli dan juga pemeriksaan komponen piston.

Ada beberapa masalah yang dapat ditangani oleh bengkel AC mobil terdekat yaitu antara lain sebagai berikut :

  • Kebocoran kompresor AC mobil
  • Kerusakan kompresor AC mobil
  • Kerusakan komponen evaporator
  • Muncul suara di blower AC mobil
  • Filter saringan AC berdebu
  • Isi ulang oli kompresor
  • Penggantian kompresor AC
  • Sterilisasi kabin mobil dari virus
  • Tune up komponen AC mobil berkala

Daftar Komponen Yang Ada di Dalam AC Mobil

Bengkel AC Mobil Terdekat

Terdapat 5 komponen utama pada ac mobil, namun diluar itu masih ada beberapa komponen pendukungnya. Simak apa saja komponen utama pada ac mobil dibawah ini :

  • Kompresor

Kompresor AC mobil bisa dibilang sebagai jantungnya AC. Dimana kompresor tersebut memiliki fungsi yang hampir sama dengan jantung manusia. Yaitu untuk mengalirkan media pendingin atau refirgerant guna mensirkulasikannya di dalam sistem AC. Hal tersebut akan memberikan sebuah tekanan yang sesuai kebutuhan.

Jantung AC kemudian akan menghisap gas refrigerant dari evaporator yang memiliki tekanan dan suhu rendah. Kemudian, kompresor akan memampatkan gas tersebut menjadi cairan yang memiliki tekanan dan suhu tinggi. Kompresor AC sendiri biasanya akan digerakan oleh mesin pada mobil agar kompresor bisa dihidupkan. Oleh karena itu, dibutuhkan penghubung untuk putaran yang sering disebut dengan kopling magnet.

  • Kondensor

Kondensor merupakan salah satu bagian dari AC mobil yang memiliki untuk mempercepat proses dari pendinginan udara di AC. Kondensor akan mengubah udara yang panas menjadi dingin atau biasa disebut juga dengan kondensasi. Bengkel AC mobil terdekat biasanya akan mengatasi masalah pada kondensor ini. Dimana masalah tersebut biasanya akan membuat pemilik mobil panik karena jika kondensor rusak maka suhu di dalam kabin mobil akan terasa panas.

  • Evaporator

Evaporator adalah bagian dari AC mobil yang memiliki fungsi sebagai bagian yang mengeluarkan udara sejuk di dalam kabin mobil. Komponen yang satu ini akan menyerap udara panas yang akan diubah dan dikeluarkan dalam bentuk udara dingin. Permasalahan yang bisa ditimbulkan dari komponen evaporator ini adalah AC mobil yang kurang dingin ketika cuaca panas atau saat macet. Bisa juga freon cepat berkurang, blower yang berputar pelan sehingga angin tidak terasa.

  • Receiver Dryer

Komponen receiver dryer ini posisinya berada di antara kondensor dan expansi valve AC mobil. Freon akan mengalir dari arah kompresor ke arah kondensor AC, setelah itu akan melewati receiver dryer. Kemudian, akan masuk ke dalam expansi valve AC. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai penampungan Freon sementara, penyaring kotoran dan juga yang masuk kemudian terbawa pada saat AC mobil menyala guna menyerap kandungan air yang dibawa di refrigerant.

  • Expansi Valve

Expansi valve merupakan salah satu bagian yang ada di dalam AC mobil. Komponen ini memiliki fungsi untuk menurunkan kondisi suhu dan tekanan refrigerant yang akan memproses sirkulasi di dalam AC mobil. Fungsi yang lain adalah sebagai media untuk merubah bentuk refrigerant cair menjadi bentuk gas yang bertekanan rendah. Refrigerant tersebut akan melewati saluran yang sempit di dalam expansi valve. Kemudian akan terjadi pengkabutan pada Freon cair yang memiliki tekanan tinggi.

Baca Juga : 6 Cara Menemukan Bengkel Service AC Mobil Terdekat yang Berkualitas

Cara Kerja AC Mobil yang Perlu Diketahui

Bengkel AC Mobil Terdekat

Setelah anda menemukan bengkel AC mobil terdekat, tidak ada salahnya jika anda mengetahui bagaimana cara kerja yang dilakukan oleh AC mobil anda. Berikut ini adalah cara kerja AC mobil yakni sebagai berikut :

  • Pertama-tama AC mobil akan melakukan sirkulasi pada udara di dalam kabin mobil. Ketika anda menyalakan AC mobil maka Freon akan segera dipompa oleh komponen yang bernama kompresor menuju ke beberapa bagian yang ada di dalam AC mobil.
  • Pada saat kompresi sudah bekerja maka akan berpengaruh pada kecepatan pendinginan udara yang ada di kabin mobil.
  • Freon yang berbentuk gas kemudian akan dipompa dengan tekanan tinggi yang akan menghasilkan suhu sebesar 100 derajat.
  • Pada saat telah mencapai di angka maksimum maka Freon akan berubah menjadi cair kemudian akan menuju ke arah bagian kondensor AC mobil.
  • Freon kemudian akan dicairkan di dalam kondensor AC sampai suhu mencapai 60 derajat oleh cooling fan yang ada di dalam AC.
  • Proses selanjutnya adalah menyaring udara melalui dryer agar udara yang keluar dan dihasilkan menjadi lebih bersih dan segar. Kemudian, udara yang telah disaring akan diarahkan Freon ke bagian expansi valve. Freon cair ini kemudian akan disemprotkan ke dalam bentuk uap dingin dan kemudian expansi valve akan menurunkan tekanan Freon.
  • Freon yang sudah berbentuk menjadi uap ini kemudian akan dialirkan menuju ke evaporator dan didistribusikan ke kabin mobil oleh blower dengan cara dialirkan ke seluruh ruangan kabin mobil. Udara yang sudah disalurkan dan udara yang keluar kemudian akan dihisap kembali oleh kompresor yang akan diproses kembali dan terjadilah yang namanya sirkulasi.

Baca Juga : Pilihan Bengkel AC Mobil Terbaik Dengan Hasil Unggulan

Bengkel AC Mobil Terdekat Dengan Pelayanan Lengkap di Jadetabek

Bengkel AC Mobil Terdekat

Anda sedang mencari rekomendasi bengkel AC mobil terdekat di sekitar Tangerang? Di daerah Tangerang sendiri ada banyak sekali bengkel AC mobil terdekat. Apabila anda ingin mengetahui lebih banyak tentang bengkel AC mobil yang terjamin dan terpercaya kualitasnya, anda bisa menanyakan di berbagai komunitas mobil yang anda tahu. Tentu saja Rotary Bintaro akan banyak sekali direkomendasikan.

Rotary Auto adalah bengkel AC mobil terdekat dan terbaik yang dapat menangani kaki kaki mobil, ac mobil, engine dan tune up menurut skala kebutuhan yang paling anda perlukan. SDM Rotary Auto fokus, berpengalaman dan profesional yang tentu saja sudah bisa dipastikan kalau akan selalu konsisten dengan SOP. Selain itu, mekanik yang ada juga dilengkapi dengan peralatan modern dan canggih.

Berikut adalah beberapa opsi cabang Rotary Bintaro lainnya:

1. Cabang Bekasi

Di bengkel AC mobil cabang Bekasi Rotary Bintaro ini, Anda dapat menikmati berbagai layanan servis. Selain servis AC mobil yang komprehensif, cabang Bekasi juga menangani tune up mobil dan penggantian oli mesin. Lokasinya berada di Jalan Summarecon Bekasi Blok B/18, tepat di depan Summarecon Mall Bekasi, RT.003, RW.002, Marga Mulya, Kec. Bekasi Bar., Kota Bks, Jawa Barat 17143.

2. Cabang Depok

Bengkel AC mobil cabang Depok Rotary Bintaro ini menawarkan layanan perbaikan dan perawatan AC mobil serta menyediakan berbagai jenis suku cadang, termasuk menangani masalah pada kaki-kaki mobil. Alamatnya terletak di Jl. Siliwangi No.12B, Depok, Kec. Pancoran Mas, Jawa Barat 16431.

3. Cabang Green Garden

Bengkel AC mobil cabang Green Garden Rotary Bintaro dapat menangani masalah AC mobil dengan cepat, dan selain itu, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan dan perawatan pada kaki-kaki mobil. Alamatnya berada di Jl. Kedoya Raya No.20, RW.2, Kedoya Sel., Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat 11520.

4. Cabang Puri

Bagi Anda yang mengalami masalah pada AC mobil, Anda dapat melakukan pemeriksaan gratis di Bengkel AC mobil cabang Puri Rotary Bintaro. Lokasinya terletak di Jl. Kembang Kerep No.6, RW.2, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat 11610.

5. Cabang Rotary Auto

Bengkel AC mobil cabang Rotary Auto ini menawarkan layanan paling lengkap, mulai dari servis AC mobil ringan dan berat, menangani masalah mesin seperti turun mesin dan tune up, penggantian oli mesin, hingga perawatan kaki-kaki mobil menggunakan Shaking Machine, serta pemeliharaan rem. Alamatnya berada di Jl. RC. Veteran Raya No.35, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan 12330.

6. Cabang Kuningan

Bengkel AC mobil cabang Kuningan yang terletak di Jl. H. R. Rasuna Said No.51, RW.2, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, menyediakan suku cadang mobil yang lengkap dengan harga yang lebih terjangkau.

7. Cabang Serpong

Cabang Serpong Rotary Bintaro adalah tempat yang dapat Anda kunjungi untuk perawatan dan perbaikan AC mobil, serta mampu menangani masalah pada kaki-kaki mobil, mesin, dan penggantian oli mesin. Lokasinya berada di Bohemia, Ruko Bavaria Extension, Jl. Fatmawati No.79, Sebelah Pintu Masuk Cluster, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten 15143.

8. Cabang Veteran

Bengkel AC mobil cabang pertama milik Rotary Bintaro sejak tahun 2000, memberikan pelayanan memuaskan dengan layanan lengkap dan harga yang terjangkau. Lokasinya berada di Jl. RC. Veteran RT.10/RW.10 No. 1A Bintaro Raya Kuburan Tanah Kusir, RT.10/RW.10, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan 12330.

9. Cabang Ciledug

Bengkel AC mobil cabang Ciledug Rotary Bintaro ini melayani perawatan dan perbaikan AC mobil, serta Anda dapat melakukan tune up dan penggantian oli mesin. Cabang Rotary Bintaro Ciledug ini berlokasi di Jl. Ciledug Raya No.7a, RT.11/RW.2, Petukangan Utara, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12260.

 

Baca Juga : Pilihan Bengkel AC Mobil Terbaik Dengan Hasil Unggulan

Manfaat dan Keunggulan Service AC Mobil di Rotary Auto

Bengkel AC Mobil Terdekat

Dalam hal memilih bengkel AC mobil terdekat tidak boleh sembarangan. Jangan asal memilih hanya dengan beralasan biaya murah, anda harus pintar memilih bengkel yang berkualitas. Salah satu bengkel AC mobil terdekat yang direkomendasikan adalah Rotary Auto yang ada di sekitar Tangerang.  Ini dia beberapa manfaat dan keunggulan service AC mobil di Rotary Auto.

  • Pelayanan Terbaik

Bengkel AC mobil terdekat yang berkualitas harus memenuhi salah satu faktor yaitu pelayanan. Jika anda memilih Rotary Auto maka anda akan mendapatkan pelayanan paling terbaik. Mulai dari pengerjaan yang cepat dan teliti, pegawai bengkel yang ramah, dan tentu saja harga yang masuk akal. Jika berminat, anda bisa segera datang ke Rotary Auto terdekat di kota anda. Karena Rotary Auto sudah memiliki banyak cabang di beberapa kota besar di Indonesia.

  • Mekanik yang Handal

Manfaat dan keunggulan yang bisa anda dapatkan jika service AC mobil di Rotary Auto adalah mendapatkan mekanik yang handal dan profesional. Sebuah bengkel AC mobil terdekat yang patut dipilih harus memiliki mekanik yang handal agar permasalahan mobil anda bisa langsung diatasi. Rotary Auto memiliki mekanik yang handal dan dapat langsung mendeteksi permasalahan AC mobil anda. Tidak hanya cepat, mekanik disini juga teliti, akurat dan bisa langsung menghitung biaya.

Selain itu, mekanik yang handal juga dapat memberikan rekomendasi komponen AC mobil anda dengan baik. Sehingga anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang anda miliki. Apabila anda datang ke bengkel AC mobil terdekat yakni di Rotary Auto maka akan langsung dikerjakan oleh mekanik yang handal, sehingga akan mengurangi risiko bolak-balik ke bengkel lagi.

  • Spare Part Lengkap

Rotary Auto sudah dilengkapi dengan spare part yang sangat lengkap. Bengkel AC mobil terdekat ini sudah memiliki kelengkapan spare part yang menjadikannya bengkel terbaik. Karena, tidak semua bengkel AC memiliki spare part yang lengkap. Rotary Auto memiliki spare part yang lengkap, sehingga akan memudahkan anda dalam memilih dan menyesuaikannya dengan budget yang anda miliki.

  • Area Bengkel Luas

Bengkel AC mobil terdekat harus mudah dijangkau oleh semua pelanggan. Selain itu, bengkel tersebut juga harus memiliki area bengkel yang luas. Rotary Auto memiliki area bengkel yang terbilang luas sehingga dapat menampung lebih banyak mobil sekaligus. Yang perlu anda perhatikan adalah semakin banyak mobil yang bisa ditangani maka itu artinya bengkel tersebut sudah dipercaya oleh banyak pelanggan untuk service AC mobil. Sebaliknya, apabila bengkel tersebut terlihat sepi dari pelanggan, maka itu artinya bengkel tersebut tidak terlalu baik dan terpercaya.

  • Transaksi Mudah

Bengkel AC mobil terdekat harus memiliki fasilitas yang sangat baik, salah satunya dalam hal bertransaksi. Apabila anda memilih Rotary Auto maka anda akan mendapatkan manfaat berupa kemudahan dalam bertransaksi. Rotary Auto telah menyediakan berbagai jenis pembayaran yang mudah, mulai dari cash, debit, kartu kredit atau menggunakan e-wallet. Apabila biaya service anda cukup besar, usahakan membayar dengan debit, kartu kredit atau e-wallet.

Bengkel AC mobil terdekat memang banyak tersebar di berbagai kota di Indonesia. Akan tetapi, agar lebih mudah mengantisipasi salah dalam memilih bengkel, anda bisa mengecek beberapa layanan di Rotarybintaro.co.id. Di website tersebut anda akan menemukan berbagai layanan yang disediakan oleh Rotary Auto. Seperti jasa service AC mobil, spare part AC mobil, Tune Up mobil dan lain-lain.

Apabila berminat, Anda bisa mengunjungi blog rotaryauto.co.id jika anda ingin mendapatkan informasi tambahan mengenai bengkel spesialis AC & Tune Up mobil terbaik yaitu Rotary Bintaro. Jangan lupa untuk melakukan reservasi sebelum datang agar menghindari antrian yang terlalu banyak.

Anda juga bisa menghubungi admin bengkel mobil terdekat rotary untuk info lebih lanjut dengan cara klik disini. Prioritas utama Rotary Auto adalah memberikan inovasi dan pelayanan terbaik untuk para pelanggannya. Jadi, jangan ragu lagi untuk mempercayakan mobil kesayangan anda di Rotary Auto sebagai bengkel AC mobil terdekat.

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...