Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Waspada! Bahaya Tie Rod Rusak Dapat Mengancam Nyawa Anda! Ini Faktor Penyebabnya!

Kaki kaki mobil menjadi bagian penting dalam sebuah mobil yang menentukan keamanan dan kenyamanan Anda disepanjang perjalanan. Salah satu komponen kaki kaki mobil yang sangat berperan penting adalah tie rod mobil. Bagaimana tidak? Tie rod mobil inilah yang akan menentukan kualitas laju dan putaran mobil Anda.

Namun sayangnya, kerusakan begitu sering terjadi pada tie rod mobil ini, terlebih bila Anda jarang melakukan service kaki kaki mobil. Ketika terjadi kerusakan, bahaya tie rod rusak akan sangat mengancam keamanan dan kenyamanan Anda ketika berkendara. Anda jelas perlu menghindari bahaya tie rod rusak ini dengan mendeteksi kerusakannya sedini mungkin.

Maka dari itu, Anda perlu untuk memahami tie rod mobil ini secara mendasar. Apa sih tie rod mobil itu? Apa fungsinya? Lalu bahaya apa saja yang akan Anda alami bila tie rod mobil ini rusak? Semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu telah terangkum dalam artikel kali ini. Seperti apa ya kira-kira? Mari kita bahas bersama!

Pertanyaan Seputar Bahaya Tie Rod Rusak

Beberapa gejala yang menandakan tie rod rusak antara lain: - Getaran pada kemudi saat mengemudi. Bunyi berdecit atau berderit saat berbelok. - Ban depan mengalami keausan tidak merata. - Perubahan dalam kontrol mobil, seperti terasa lebih longgar atau tidak stabil.
Biaya perbaikan tie rod bervariasi tergantung pada jenis kendaraan, tingkat kerusakan, dan biaya tenaga kerja di tempat servis.
Ya, penting untuk memeriksa tie rod secara berkala sebagai bagian dari pemeliharaan kendaraan rutin. Pengecekan dapat membantu mendeteksi potensi kerusakan sebelum menjadi masalah yang lebih serius.
Beberapa cara untuk mencegah kerusakan tie rod antara lain: - Memastikan kendaraan menjalani perawatan rutin secara teratur. - Hindari jalan yang tidak rata. - Mengemudi dengan hati-hati dan menghindari manuver yang kasar.

Apa Itu Tie Rod Mobil Dan Fungsinya?

bahaya tie rod rusak

Tie rod mobil merupakan komponen kaki kaki mobil yang terletak diantara steering gear box dan juga knuckle roda. Tie rod mobil inilah yang berperan sebagai penghubung antara roda depan mobil dengan kemudi mobil. Ini sangat penting untuk membuat pergerakan roda mobil menjadi stabil.

Dari penjelasan singkat ini, dapatkah Anda menebak fungsi tie rod mobil? Yup betul sekali! Fungsi tie rod mobil adalah untuk mentransfer ataupun mengirimkan gerakan putar yang berasal dari kemudi mobil menuju roda mobil. Ketika setir kemudi mobil diputar, maka putaran tersebut akan ditransfer ke tie rod sehingga roda mobil dapat berputar dengan halus baik itu ke kiri maupun ke kanan.

Fungsi tie rod mobil yang maksimal ini jelas sangat berpengaruh pada kenyamanan bahkan keselamatan Anda ketika berkendara. Sebaliknya, apabila terjadi kerusakan, hal ini jelas akan sangat merugikan diri Anda. Bahkan bahaya tie rod rusak pada mobil ini tidak hanya sekedar mengganggu kenyamanan tetapi juga keamanan Anda ketika berkendara.

Penyebab Tie Rod Mobil Rusak

bahaya tie rod rusak

Sebelum membahas soal bahaya tie rod rusak, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab tie rod rusak agar Anda dapat melakukan tindakan penanganan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa penyebab tie rod mobil rusak :

1. Kendornya Baut Tie Rod

Pertama, perlu Anda pahami bahwa tie rod mobil ini sendiri terdiri dari dua bagian, pertama adalah long tie rod yang sesuai namanya, tie rod ini memiliki bentuk memanjang, kedua adalah tie rod end yang merupakan ujung dari tie rod tersebut dan menempel pada bagian roda.

Dibagian tie rod end terdapat baut yang apabila baut ini kendor, maka lama kelamaan akan menyebabkan tie rod menjadi rusak lalu efeknya adalah ban mobil menjadi bergoyang dengan tidak stabil yang tentu akan membahayakan nyawa Anda dan pengendara lainnya. Sepele bukan? Tapi dampaknya sangatlah besar pada keselamatan Anda ketika berkendara.

2. Bengkoknya Long Tie Rod

Selain baut pada bagian tie rod end, penyebab tie rod mobil rusak juga dapat berasal dari long tie rod ketika long tie rod tersebut bengkok. Meskipun ukurannya panjang, tapi diameternya sangatlah kecil sehingga sangat rentan untuk untuk membuat long tie rod tersebut menjadi bengkok. Penyebab pasti dari long tie rod mobil yang bengkok ini dapat berasal dari berbagai macam faktor, mulai dari ban yang ukurannya terlalu besar hingga benturan dijalan.

3. Karet Ball Joint Robek

Terakhir, penyebab tie rod mobil rusak tidak hanya berasal dari tie rod mobil itu sendiri, tetapi juga dapat berasal dari komponen lain. Dalam hal ini, komponen kaki kaki mobil lain yang dapat mempengaruhi kerusakan tie rod mobil adalah ball joint mobil. Kedua komponen ini sangatlah berkaitan erat.

Di dalam ball joint, terdapat sebuah karet yang berfungsi untuk membungkus ball joint sehingga pelumas didalamnya dapat terjaga. Ketika karet ball joint mobil ini rusak, maka hal ini akan menyebabkan pelumas menjadi bocor lalu membuat ball joint menjadi kering. Kondisi ball joint mobil yang kering inilah yang pada akhirnya akan berimbas pada tie rod mobil yang rusak.

Baca Juga : Kenali Komponen, Jenis, Ciri Kerusakan Hingga Tips Perawatan Suspensi Mobil Disini!

Bahaya Tie Rod Rusak Pada Mobil Anda

bahaya tie rod rusak

Setelah membahas soal penyebab tie rod mobil rusak, maka pertanyaan berikutnya adalah bahaya tie rod rusak macam apa sih yang akan terjadi pada diri Anda? Akan terdapat berbagai macam bahaya tie rod rusak yang dapat mengganggu kenyamanan bahkan keamanan Anda ketika berkendara, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Hilangnya Kendali Kemudi

Bahaya tie rod rusak yang pertama dan paling serius adalah hilangnya kendali atas kemudi mobil Anda. Seperti yang baru saja dijelaskan, tie rod mobil berperan penting sebagai penghubung antara kemudi dengan roda. Ketika tie rod rusak, maka ini akan membuat kemudi tidak bisa meneruskan getaran putar ke roda. Ini membuat setir mobil bergetar bahkan keras sehingga roda tidak dapat berputar sesuai keinginan Anda.

2. Ketidakstabilan Roda Depan

Bahaya tie rod rusak pada mobil yang kedua adalah menimbulkan ketidakstabilan pada roda depan kendaraan Anda. Kondisi ini dapat membuat kendaraan Anda terasa tidak seimbang saat berkendara, mulai dari putaran roda yang kasar ketika berbelok hingga ban yang oleng terutama saat melewati jalan yang tidak rata atau ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Ketidakstabilan roda depan dapat mengurangi kontrol Anda atas kendaraan, meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan.

3. Risiko Kecelakaan Tinggi

Bahaya tie rod rusak pada mobil yang terakhir tentunya adalah peningkatan risiko kecelakaan. Jika tie rod mengalami kerusakan parah atau bahkan patah, hal ini dapat menyebabkan kegagalan dalam sistem kemudi kendaraan Anda. Akibatnya, Anda mungkin kehilangan kontrol penuh atas kendaraan, menyebabkan risiko kecelakaan yang serius bagi Anda dan pengguna jalan lainnya.

Cegah Bahaya Tie Rod Rusak Dengan Kyoto Shaking Machine Hanya Di Rotary Auto!

bahaya tie rod rusak

Dari penjelasan di atas, bahaya tie rod rusak ini bukan lagi mengancam kenyamanan, tetapi juga sangat mengancam keselamatan Anda ketika berkendara. Maka dari itu, bahaya tie rod rusak ini perlu Anda hindari dengan melakukan service rutin sehingga kerusakannya dapat dideteksi sekaligus juga ditangani lebih awal.

Pertanyaannya adalah, di bengkel kaki kaki mobil mana yang dapat dipercaya untuk melakukan service rutin kaki kaki mobil? Satu bengkel yang dapat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto. Pertanyaannya adalah mengapa harus Rotary Auto?

Ini dikarenakan Rotary Auto merupakan bengkel pertama di Indonesia yang menyediakan Kyoto Shaking Machine lho! Dengan adanya Kyoto Shaking Machine ini, maka proses service kaki kaki mobil menjadi jauh lebih cepat, tepat dan akurat dimana Anda tidak lagi perlu membawa mobil Anda keliling atau bermodalkan feeling semata.

Bagaimana bisa? Ini dikarenakan Kyoto Shaking Machine memanfaatkan guncangan hidrolik yang akan memberikan simulasi guncangan pada mobil Anda. Dengan begitu, proser service kaki kaki mobil tidak lagi perlu dibawa keliling karena cukup diletakkan di atas Kyoto Shaking Machine saja. Ini jelas membuat prosesnya menjadi jauh lebih praktis dan cepat.

Selain itu, analisa masalah juga tidak lagi bermodalkan feeling semata, karena seluruh analisanya dilakukan dengan mekanisme mesin canggih yang bahkan dapat Anda saksikan secara langsung dengan hasil yang jauh lebih tepat. Ketika analisanya tepat, maka pengambilan solusi juga jauh lebih akurat. Anda dipastikan akan terhindar dari pergantian komponen yang tidak perlu dan hanya membuang uang Anda semata.

Masalah harga? Jangan khawatir! Untuk pengecekan dengan Kyoto Shaking Machine, Anda hanya perlu merogoh uang sebesar Rp 250.000 saja. Namun bila setelah pengecekan Anda lanjut melakukan service, maka biaya pengecekan tadi akan GRATIS dan Anda hanya perlu membayar biaya untuk service saja.

Bagaimana menarik bukan? Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...