Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

AC Mobil Cuma Keluar Angin Dan Ga Dingin? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya!

Salah satu aspek penting untuk menciptakan sekaligus menjaga kenyamanan disepanjang perjalanan adalah sistem AC mobil yang berjalan dengan maksimal. Fungsi dari sistem AC mobil yang berjalan maksimal dapat menghasilkan suhu dingin yang dapat diatur sesuai keinginan, angin yang tersirkulasi dengan lancar hingga udara yang terasa begitu segar untuk dihirup.

Namun, sistem AC mobil ini sendiri memang sangat rentan untuk mengalami masalah. Salah satu masalah yang sering ditemui adalah masalah AC mobil cuma keluar angin yang tentunya sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak? Masalah AC mobil cuma keluar angin ini membuat perjalanan menjadi terasa begitu gerah, panas hingga keringat mengucur yang tentunya sangat mengganggu kenyamanan disepanjang perjalanan.

Anda tentu tidak ingin mengalami masalah AC mobil cuma keluar angin tanpa suhu dingin ini bukan? Maka dari itu, Anda perlu untuk memahami masalah AC mobil cuma keluar angin ini secara mendasar. Memangnya apa saja sih penyebab AC mobil cuma keluar angin? Lalu bagaimana cara mengatasi masalah AC mobil keluar angin ini? Itulah yang akan menjadi pembahasan utama dalam artikel kali ini. Simak terus sampai habis ya!

Pertanyaan Seputar AC Mobil Cuma Keluar Angin

Jika AC mobil Anda tidak mengeluarkan udara dingin, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa level refrigeran dalam sistem AC. Pastikan tidak ada kebocoran refrigeran dan tambahkan refrigeran sesuai dengan petunjuk pada buku manual mobil Anda. Jika masalah tetap berlanjut, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut oleh teknisi AC yang berpengalaman.
Beberapa tanda-tanda bahwa freon AC mobil habis antara lain AC mengeluarkan udara hangat atau tidak ada udara dingin sama sekali, terdengarnya suara mendesis atau bising dari sistem AC, dan kompresor AC bekerja terus menerus tanpa menghasilkan udara dingin. Jika Anda mencurigai freon habis, segera bawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Kompresor AC mobil bisa rusak karena berbagai alasan, termasuk keausan normal dari penggunaan yang panjang, kebocoran refrigeran yang menyebabkan tekanan berlebih, kekeringan minyak pelumas yang menyebabkan gesekan berlebihan, atau bahkan kebocoran di bagian internal kompresor itu sendiri. Faktor lain seperti kualitas komponen atau pemeliharaan yang tidak teratur juga dapat berkontribusi pada kerusakan kompresor. Jika kompresor AC mobil Anda rusak, segera bawa ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.
Ciri-ciri umum AC mobil rusak meliputi ketidakmampuan AC untuk mengeluarkan udara dingin, bunyi-bunyi tidak normal seperti gemeretak atau mendesis, serta adanya bau yang tidak biasa dari sistem AC. Selain itu, kipas blower yang tidak berputar atau mati totalnya kompresor AC juga menjadi indikasi bahwa AC mobil mengalami kerusakan.

Penyebab AC Mobil Cuma Keluar Angin

AC mobil cuma keluar angin

Dalam menangani sebuah masalah, penting bagi Anda untuk memahami penyebabnya terlebih dahulu. Anda tentu tidak akan bisa mengatasi masalah bila dalam menganalisa masalahnya saja sudah salah, karena berbeda penyebab tentu berbeda solusi. Jika kita berbicara soal AC mobil cuma keluar angin, ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebabnya, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kekurangan Freon

Salah satu penyebab paling umum dari masalah AC mobil cuma keluar angin adalah kekurangan freon. Seperti yang kita pahami bersama, freon AC mobil bertanggung jawab untuk menyerap panas dari udara dan menghasilkan udara dingin. Jika jumlah freon dalam sistem AC mobil terlalu rendah, maka kemampuan AC untuk mendinginkan udara akan terganggu. Kekurangan freon AC mobil dapat disebabkan oleh kebocoran dalam sistem AC mobil, yang memungkinkan freon untuk bocor keluar dari pipa atau komponen lainnya.

2. Kompresor AC Rusak

Penyebab kedua dari masalah AC mobil cuma keluar angin adalah kompresor AC mobil yang rusak. Kompresor AC mobil adalah bagian penting dari sistem AC mobil yang bertanggung jawab untuk memampatkan freon menjadi bentuk yang lebih padat sehingga meningkatkan tekanan dan suhunya. Jika kompresor mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik, maka kemampuannya untuk memampatkan freon akan terganggu. Inilah yang akhirnya menyebabkan masalah AC mobil cuma keluar angin tanpa suhu dingin.

3. Kondensor Kotor

Berikutnya, kondensor yang kotor juga dapat menjadi faktor yang menyebabkan AC mobil cuma keluar angin. Kondensor AC mobil adalah komponen lain dalam sistem AC yang berperan dalam menyalurkan panas dari freon ke udara luar. Jika kondensor terlalu kotor atau terblokir oleh kotoran dan debris, maka aliran udara melalui kondensor akan terhambat. Ini akan mengakibatkan penurunan efisiensi pendinginan sistem AC, yang pada gilirannya menyebabkan AC mobil cuma keluar angin dan tidak dingin.

4. Evaporator Bocor

Selain itu, penyebab AC mobil cuma keluar angin juga adalah karena evaporator yang bocor. Evaporator AC mobil adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengubah freon dari cair menjadi gas, yang menyebabkan penyerapan panas dari udara di sekitarnya dan pendinginan udara yang dihasilkan oleh AC. Kebocoran pada evaporator dapat mengakibatkan kehilangan freon dari sistem, yang pada akhirnya akan mengganggu kemampuan AC untuk menghasilkan udara dingin.

5. Kipas Blower Rusak

Lebih dari itu, kerusakan pada kipas blower juga bisa menyebabkan AC mobil cuma keluar angin. Kipas blower adalah komponen yang berfungsi untuk mengalirkan udara dingin yang diproduksi oleh AC ke dalam kabin mobil. Jika kipas blower rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka sirkulasi udara dalam kabin akan terganggu. Ini akan mengakibatkan udara yang dikeluarkan oleh sistem AC mobil terasa lemah atau bahkan tidak merata, meskipun pendinginan sistem AC sendiri mungkin berfungsi dengan baik.

Jika Anda mengalami masalah dengan AC mobil yang hanya mengeluarkan angin tanpa dingin, sangat penting untuk mengidentifikasi penyebab yang mungkin dan memperbaikinya sesegera mungkin. Namun, perlu diingat bahwa beberapa perbaikan mungkin memerlukan bantuan dari teknisi AC mobil yang berpengalaman, terutama jika melibatkan pekerjaan yang rumit atau berpotensi berbahaya. Sebagai tindakan pencegahan tambahan, pastikan untuk secara teratur melakukan pemeliharaan AC mobil Anda untuk mencegah terjadinya masalah di masa depan.

Cara Mengatasi AC Mobil Cuma Keluar Angin

AC mobil cuma keluar angin

Masalah AC mobil cuma keluar angin bukanlah masalah sepele yang bisa Anda biarkan, karena berpotensi bisa menciptakan masalah lain yang jauh lebih besar.  Maka dari itu, ketika menghadapi masalah AC mobil cuma keluar angin ini, Anda perlu untuk melakukan tindakan penanganan dengan segera. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi masalah AC mobil cuma keluar angin :

1. Periksa Level Freon AC Mobil

Salah satu langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam mengatasi AC mobil cuma keluar angin adalah memeriksa level freon AC mobil dalam sistem AC mobil Anda. Freon AC mobil yang rendah dapat menjadi penyebab utama AC tidak menghasilkan udara dingin secara efektif. Anda dapat melakukan pemeriksaan ini dengan menggunakan pengukur tekanan atau dengan membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa oleh teknisi yang berpengalaman. Jika level refrigeran rendah, tambahkan refrigeran sesuai dengan spesifikasi yang tercantum dalam buku manual mobil Anda.

2. Cek Kondisi Kompresor

Langkah berikutnya adalam mengatasi AC mobil cuma keluar angin adalah dengan melakukan pemeriksaan pada kompresor AC mobil. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jka kompresor mengalami kerusakan atau kebocoran, maka kemampuannya untuk menghasilkan udara dingin akan terganggu. Periksa kondisi kompresor secara visual untuk memastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan seperti kebocoran atau tanda-tanda aus. Jika ditemukan masalah, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut dan diperbaiki jika diperlukan.

3. Bersihkan Filter Udara

Filter udara adalah komponen penting dalam sistem AC yang membantu menyaring udara sebelum masuk ke dalam sistem. Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menghambat aliran udara dan mengurangi kinerja pendinginan AC. Periksa filter udara dan bersihkan jika terlihat kotor atau tersumbat oleh debu dan kotoran. Jika filter udara sudah terlalu kotor atau rusak, segera gantilah dengan yang baru untuk memastikan aliran udara yang optimal.

4. Periksa Kipas Pendingin

Kipas pendingin adalah komponen yang bertanggung jawab untuk mengatur aliran udara melalui kondensor dan evaporator dalam sistem AC. Pastikan kipas pendingin berfungsi dengan baik dan berputar dengan lancar. Jika kipas tidak beroperasi dengan benar atau terdengar suara aneh, periksa koneksi kabelnya dan pastikan tidak ada kabel yang putus. Jika perlu, bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut dan diperbaiki.

5. Perhatikan Suhu Termostat

Termostat adalah komponen yang mengatur suhu dalam sistem AC. Jika termostat tidak berfungsi dengan baik, maka suhu yang dihasilkan oleh AC mungkin tidak optimal. Pastikan termostat diatur pada pengaturan yang benar sesuai dengan preferensi suhu Anda.

6. Periksa Selang-Selang AC

Selang-selang AC adalah bagian penting dari sistem AC yang mengalirkan refrigeran antara berbagai komponen. Periksa selang-selang AC untuk melihat apakah ada kebocoran atau kerusakan. Jika ditemukan kebocoran, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki dan diisi ulang refrigeran sesuai kebutuhan.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat mencoba memperbaiki masalah AC mobil yang tidak dingin sebelum membawanya ke bengkel. Namun, jika Anda tidak yakin atau tidak berhasil menyelesaikan masalah tersebut, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan teknisi AC mobil yang berpengalaman untuk diagnosis dan perbaikan lebih lanjut.

Baca Juga : Rahasia Pemilihan Jenis Freon AC Mobil yang Tepat : Panduan Lengkap untuk Pemilik Kendaraan

Gejala Lain Kerusakan Pada Sistem AC Mobil

AC mobil cuma keluar angin

Selain AC mobil cuma keluar angin, ada beberapa gejala lain yang dapat menandakan adanya masalah pada AC mobil Anda, diantaranya adalah:

AC Mobil Bunyi

Jika AC mobil Anda menghasilkan bunyi yang tidak biasa, ini bisa menjadi tanda adanya masalah dalam sistem AC. Bunyi-bunyi yang mungkin terdengar bisa berupa gemeretak, mendesis, berdecit, atau berbagai suara tidak normal lainnya. Bunyi tersebut mungkin berasal dari komponen seperti kompresor yang aus, kipas yang berputar tidak lancar, atau bahkan kebocoran dalam sistem. Penting untuk mengidentifikasi dan memperbaiki penyebab bunyi tersebut untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem AC.

AC Mobil Bau

Jika AC mobil Anda mengeluarkan aroma yang tidak sedap, ini bisa menjadi tanda adanya masalah dalam sistem AC. Bau yang mungkin tercium bisa berupa aroma busuk, amis, atau berbagai aroma yang tidak biasa lainnya. Bau tersebut mungkin disebabkan oleh kelembaban berlebih dalam sistem, kebocoran refrigeran yang menghasilkan bau khas, atau bahkan perkembangan jamur dan bakteri di dalam unit evaporator. Penting untuk mencari tahu penyebab bau tersebut dan melakukan perbaikan yang diperlukan untuk menjaga kualitas udara dalam kabin mobil.

AC Mobil Mati Total

Jika AC mobil Anda tidak mengeluarkan udara sama sekali, ini bisa menjadi tanda adanya masalah serius dalam sistem AC. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kegagalan kompresor, kerusakan pada kipas blower, masalah listrik, atau bahkan kebocoran refrigeran yang parah. Jika AC mobil mati total, penting untuk segera memeriksanya oleh teknisi yang berpengalaman untuk diagnosis dan perbaikan yang tepat agar AC kembali berfungsi dengan baik.

Melalui pengamatan terhadap gejala-gejala tersebut, Anda dapat lebih memahami kondisi AC mobil Anda dan mengambil langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk memastikan kenyamanan dan kinerja optimal dari sistem pendinginan mobil Anda. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teknisi AC mobil yang terpercaya jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut untuk mendapatkan bantuan yang tepat.

Lakukan Service AC Mobil Secara Rutin Hanya Di Rotary Auto!

AC mobil cuma keluar angin

Anda tentu tidak ingin masalah AC mobil cuma keluar angin ataupun berbagai masalah AC mobil lainnya menimpa diri Anda, bukan? Maka dari itu, Anda perlu untuk melakukan service AC mobil secara rutin. Pertanyaannya adalah dimana sih bengkel AC mobil yang dapat diandalkan? Satu bengkel AC mobil yang sangat kami rekomendasikan adalah Rotary Auto.

Bengkel AC mobil yang satu ini telah berdiri selama lebih dari 20 tahun lamanya lho! Tingginya jam terbang yang dimiliki Rotary Auto tentu membuatnya memiliki berbagai pengetahuan dan keterampilan dalam menangani berbagai masalah AC mobil. Selain itu, reputasi positif yang dimiliki Rotary Auto juga sangatlah tinggi. Hal ini dapat Anda lihat dari ulasan positif yang dapat Anda cek secara online.

Sebagai bengkel ternama selama lebih dari 20 tahun, Rotary Auto tentunya memiliki berbagai mekanik handal, alat yang canggih hingga fasilitas yang lengkap untuk memastikan kepuasan seluruh pelanggannya. Selain itu, cabang dari Rotary Auto juga telah tersebar diberbagai wilayah mulai dari Jakarta, Depok, Tangerang hingga Bekasi lho! Ini membuat Anda tidak perlu repot pergi jauh, Anda tinggal pilih saja lokasi cabang yang sesuai keinginan ataupun domisili terdekat Anda.

Kunjungi website resmi dari Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti informasi soal detail lokasi cabang, jenis layanan yang tersedia, PROMO yang dapat Anda manfaatkan setiap bulannya, edukasi seputar dunia otomotif hingga informasi menarik lainnya! Lakukan reservasi sekarang juga dengan cara klik disini. Kami tunggu kehadiran Anda ya!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...