Rotary Auto

Rotary Auto (Putih)

Rotary Auto

Kok Bisa AC Bunyi Bergetar? Kenali Penyebab AC Mobil Bunyi Bergetar

Apakah Anda pernah mengalami situasi dimana saat menghidupkan AC mobil, tiba-tiba ac bunyi bergetar yang mengganggu sepanjang perjalanan anda? Masalah ini bisa saja terjadi pada komponen ac mobil yang mungkin saja diakibatkan karena mobil yang digunakan sudah usang.

Namun bagaimana jika masalah ini terjadi pada mobil baru? Tenang, Masalah ac mobil yang satu ini memang bisa dialami oleh siapa pun. Mari kita bahas lebih lanjut tentang penyebab bunyi dan getaran pada AC mobil serta cara mengatasi masalah ini.

Pertanyaan Seputar AC Mobil Bunyi Bergetar

Suara yang tiba-tiba muncul dari AC bisa disebabkan oleh kondisi ac yang sangat kotor, membuat kompresor AC bekerja lebih keras dan menghasilkan suara berisik. Gangguan pada sirkulasi freon juga dapat menyebabkan suara desis atau menggelegak. Masalah ini seringkali disertai dengan penurunan kinerja pendinginan AC.
Suara kasar biasanya menandakan adanya keausan atau kerusakan pada komponen internal kompresor. Secara khusus, suara kasar bisa disebabkan oleh keausan piston atau bearing, serta berkurangnya kualitas oli kompresor.
Tidak disarankan untuk terus menjalankan AC yang bocor karena hal itu dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius. Kompresor AC akan terpaksa bekerja lebih keras untuk mengatasi masalah tersebut, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan fatal pada sistem AC.
Jika freon AC mobil habis, maka kinerja AC tidak akan optimal lagi. Penyebab umum kehabisan freon adalah kebocoran pada salah satu komponen AC.

Penyebab AC Bunyi Bergetar

ac bunyi bergetar 1

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan AC bunyi bergetar, penyebab tersebut bisa karena faktor internal dan external, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kondensor Kotor atau Rusak

Pertama, Kondensor adalah bagian AC mobil yang berfungsi untuk mendinginkan gas freon yang bertekanan tinggi menjadi cairan. Kondensor biasanya terletak di depan radiator mobil. Jika kondensor kotor atau rusak, maka aliran gas freon akan terhambat dan menyebabkan tekanan AC mobil tidak stabil. Akibatnya, AC mobil akan bunyi bergetar.

2. Kompresor Bermasalah

Kemudian, kompresor adalah bagian AC mobil yang berfungsi untuk menghisap dan menekan gas freon dari evaporator ke kondensor. Kompresor juga berperan dalam mengatur putaran kipas AC mobil. Jika kompresor bermasalah, misalnya karena kebocoran, keausan, atau kekurangan oli, maka AC bunyi bergetar.

3. Fan Belt Kendur atau Putus

Lalu, fan belt adalah sabuk yang menghubungkan poros engkol dengan kompresor AC mobil. Fan belt berfungsi untuk menggerakkan kompresor sesuai dengan putaran mesin. Jika fan belt kendur atau putus, maka kompresor tidak akan berputar dengan baik dan menyebabkan AC bunyi bergetar.

4. Bearing Kompresor Rusak

Kemudian, bearing adalah bantalan yang berfungsi untuk mengurangi gesekan antara dua bagian yang bergerak. Bearing kompresor adalah bantalan yang terdapat di dalam kompresor AC mobil. Jika bearing kompresor rusak, misalnya karena aus atau karatan, maka kompresor akan bergetar dan mengeluarkan bunyi yang tidak normal.

Langkah Awal Pencegahan AC Bunyi Bergetar

Untuk mencegah AC bunyi bergetar, ada beberapa langkah awal yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Membersihkan Kondensor Secara Rutin

Perlu diketahui, kondensor yang kotor bisa menyebabkan aliran gas freon terhambat dan tekanan AC mobil tidak stabil. Untuk membersihkan kondensor, bisa menggunakan air bersih atau semprotan angin. Jika kondensor sudah berkarat atau bocor, maka harus diganti dengan yang baru.

2. Memeriksa Kompresor Secara Berkala

Lalu, kompresor yang bermasalah bisa menyebabkan AC bunyi bergetar. Untuk memeriksa kompresor, bisa menggunakan alat ukur tekanan AC mobil atau alat deteksi kebocoran. Jika kompresor bocor, aus, atau kekurangan oli, maka harus segera diperbaiki atau diganti.

3. Menyesuaikan Fan Belt Sesuai dengan Ketentuan

Dan jika fan belt yang kendur atau putus bisa menyebabkan kompresor tidak berputar dengan baik dan menyebabkan AC mobil bergetar. Untuk menyesuaikan fan belt, bisa menggunakan obeng atau kunci pas untuk mengencangkan atau mengendurkan baut pengatur. Jika fan belt sudah sobek atau putus, maka harus diganti dengan yang baru.

4. Mengganti Bearing Kompresor yang Rusak

Lalu, jika bearing kompresor yang rusak bisa menyebabkan kompresor bergetar dan mengeluarkan bunyi yang tidak normal. Untuk mengganti bearing kompresor, harus membuka kompresor dan mengeluarkan bearing yang rusak. Kemudian, memasang bearing yang baru dengan cara yang benar.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih Spesialis AC Mobil Untuk Kendaraan Anda

Tips Perawatan AC Mobil agar Tidak Bunyi Bergetar

ac bunyi bergetar 2

Selain melakukan langkah awal pencegahan, ada beberapa tips perawatan AC mobil agar tidak bunyi bergetar, antara lain:

1. Mengisi Gas Freon Secara Teratur

Gas freon adalah zat yang berfungsi untuk mendinginkan udara di dalam AC mobil. Jika gas freon berkurang atau habis, maka AC mobil tidak akan dingin dan bisa menyebabkan kompresor bekerja lebih keras. Akibatnya, AC bunyi bergetar. Untuk mengisi gas freon, bisa menggunakan alat pengisi gas freon yang tersedia di bengkel atau toko AC mobil.

2. Mengganti Filter AC Mobil Secara Berkala

Filter AC mobil adalah bagian yang berfungsi untuk menyaring debu, kotoran, dan bau yang masuk ke dalam AC mobil. Jika filter AC mobil kotor atau tersumbat, maka aliran udara di dalam AC mobil akan terganggu dan bisa menyebabkan AC bunyi bergetar. Untuk mengganti filter AC mobil, bisa membuka dashboard mobil dan mengeluarkan filter AC mobil yang lama. Kemudian, memasang filter AC mobil yang baru dengan cara yang benar.

3. Menghindari Penggunaan AC Mobil Secara Berlebihan

Penggunaan AC mobil secara berlebihan bisa menyebabkan komponen AC mobil bekerja terlalu keras dan mengalami keausan. Akibatnya, AC mobil bisa bunyi bergetar. Untuk menghindari penggunaan AC mobil secara berlebihan, bisa menyesuaikan suhu AC mobil sesuai dengan kebutuhan dan kondisi cuaca. Jika cuaca tidak terlalu panas, bisa menurunkan suhu AC mobil atau mematikannya sesekali.

Pentingnya Servis Berkala agar AC Mobil Tetap Berfungsi dengan Baik

Servis berkala adalah salah satu cara untuk menjaga kinerja dan kesehatan AC mobil. Dengan melakukan servis berkala, AC mobil akan selalu dalam kondisi optimal dan terhindar dari masalah yang bisa menyebabkan AC bunyi bergetar. Servis berkala juga bisa menghemat biaya perbaikan dan perawatan AC mobil di masa depan.

Servis berkala AC mobil bisa dilakukan di bengkel atau toko AC mobil yang terpercaya dan profesional. Salah satu bengkel AC mobil yang direkomendasikan adalah Rotary Auto. Rotary Auto adalah bengkel AC mobil yang berlokasi di Jl. Bintaro Utama Raya No. 8, Bintaro, Jakarta Selatan. Rotary Auto menawarkan berbagai layanan AC mobil, seperti:

  • Pengisian freon
  • Pembersihan komponen AC mobil
  • Service rutin AC mobil
  • Pengecekan tekanan AC mobil
  • Perbaikan dan penggantian komponen AC mobil
  • Dan lain-lain

Rotary Auto juga memiliki tim mekanik yang berpengalaman dan profesional, serta menggunakan alat dan spare part yang berkualitas. Selain itu, Rotary Auto juga memberikan garansi dan harga yang terjangkau untuk setiap layanan AC mobil yang diberikan. Sangat menarik bukan?

Ayo ke Rotary Auto Saja! Dan Jadikan AC Mobil Anda Seperti Baru Lagi!

Memang, AC mobil yang tiba-tiba bunyi bergetar adalah suatu masalah yang bisa mengganggu kenyamanan dan kesegaran pengemudi dan penumpang. Dan untuk mengatasi masalah ini, perlu diketahui penyebab, pencegahan, dan perawatan AC mobil yang bunyi bergetar. Selain itu, penting juga untuk melakukan servis berkala AC mobil agar AC mobil tetap berfungsi dengan baik.

Jika Anda membutuhkan bantuan untuk servis berkala AC mobil, Anda bisa menghubungi Rotary Auto. Rotary Auto adalah bengkel AC mobil yang terpercaya dan profesional yang siap melayani Anda dengan sepenuh hati.

Jangan takut kantong bolong dengan melakukan service dan perbaikan ke Rotary Auto, karena semua layanannya sangat terjangkau. Ayo segera kunjungi website rotaryauto.co.id atau hubungi nomor telepon Rotary Auto untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan melakukan reservasi klik disini. Jangan biarkan AC mobil Anda bunyi bergetar, segera perbaiki di Rotary Auto!

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...