Rotary Auto

Rotary Auto

Waspada! Ini Dia Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah yang Sering Disepelekan Pengemudi

Apakah Anda pernah memperhatikan ban mobil Anda yang aus hanya di satu sisi saja? Keausan ban yang tidak merata atau penyebab ban mobil habis sebelah bisa menjadi tanda adanya masalah serius pada bagian kaki-kaki atau sistem suspensi kendaraan Anda.

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat membahayakan keselamatan berkendara serta menyebabkan komponen lain ikut rusak. Oleh karena itu, penting untuk mengenali penyebab ban aus sebelah sejak dini dan segera melakukan pengecekan ke bengkel kaki-kaki mobil terpercaya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai faktor yang menyebabkan ban mobil aus hanya di satu sisi, mulai dari tekanan angin yang tidak sesuai hingga kerusakan pada komponen kaki-kaki. Selain itu, Anda juga akan menemukan solusi perawatan yang tepat agar umur ban mobil Anda lebih panjang dan performa kendaraan tetap optimal.

Pertanyaan Seputar Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah

Ban mobil bisa habis sebelah karena beberapa faktor seperti spooring tidak tepat, sudut kemiringan roda tidak ideal (camber), atau komponen kaki-kaki yang aus seperti ball joint dan bushing arm.
Ban yang sudah aus parah umumnya tidak bisa diperbaiki dan harus diganti. Namun, permasalahan utamanya bisa diatasi melalui pengecekan dan perbaikan kaki-kaki serta spooring-balancing rutin.
Idealnya setiap 10.000 km atau setelah melewati jalan rusak dan menghantam lubang dengan keras.
Ya. Tekanan angin yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menyebabkan keausan ban tidak merata dan mempercepat keausan sebelah.

Ketahui 10 Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah yang Meresahkan Perjalanan!

Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah

Penyebab ban mobil habis sebelah sering kali luput dari perhatian pengendara. Padahal, keausan ban tidak merata bisa membahayakan keselamatan dan menurunkan kenyamanan saat berkendara.1

1. Tekanan Angin Tidak Sesuai

Salah satu penyebab utama ban mobil aus sebelah adalah tekanan angin ban yang tidak tepat. Jika tekanan angin terlalu rendah, sisi luar ban akan aus lebih cepat.1

Sebaliknya, jika tekanan terlalu tinggi, bagian tengah ban akan lebih cepat botak.

2. Pengaruh Sudut Kemiringan Ban

Sudut roda atau sudut kemiringan ban yang tidak presisi dapat menyebabkan keausan tidak merata pada ban. Jika roda tidak sejajar, maka satu sisi ban akan menerima lebih banyak gesekan dengan aspal, sehingga ban cepat botak di satu sisi.

3. Sistem Suspensi yang Bermasalah

Suspensi mobil berfungsi menjaga keseimbangan dan kenyamanan saat berkendara. Jika komponen seperti shockbreaker rusak, beban tidak akan tersebar merata, menyebabkan penyebab ban mobil habis sebelah.

4. Kesalahan dalam Spooring dan Balancing

Spooring dan balancing yang tidak tepat dapat membuat roda tidak berputar seimbang. Spooring yang salah menyebabkan mobil berjalan tidak lurus, sedangkan balancing yang kurang akurat membuat ban bergetar saat mobil melaju.

5. Kondisi Jalan yang Buruk

Jalan berlubang dan permukaan aspal yang kasar dapat mempercepat ban mobil aus sebelah. Mengemudi di jalan rusak secara terus-menerus menyebabkan tekanan berlebih pada satu sisi ban, apalagi jika dikombinasikan dengan tidak idealnya tekanan angin ban.

6. Gaya Mengemudi Terlalu Bebas

Mengemudi secara agresif seperti sering mengerem mendadak, menikung tajam, atau memacu kendaraan dengan cepat, bisa mempercepat keausan tapak ban.

Gaya mengemudi agresif menyebabkan permukaan ban bekerja lebih keras, apalagi jika dikombinasikan dengan kondisi ban yang sudah tidak optimal.2

7. Tidak Seimbang Berat Mobil

Mobil yang terlalu berat di satu sisi atau membawa barang melebihi kapasitas juga bisa menyebabkan ban cepat aus di satu sisi.

8. Kualitas Ban yang Digunakan

Kualitas ban mobil sangat memengaruhi umur pakai dan keausan. Ban berkualitas rendah lebih mudah aus dan tidak tahan terhadap gesekan maupun beban tinggi.1

9. Rotasi Ban Tidak Teratur

Tanpa rotasi ban yang rutin, keausan hanya terjadi pada posisi tertentu. Hal ini tentunya sangat membahayakan ketika berkendara.

10. Tidak Melakukan Pemeriksaan Berkala

Pemeriksaan rutin menjadi kunci untuk mencegah penyebab ban mobil habis sebelah. Cek tekanan angin, suspensi, spooring-balancing, dan kondisi fisik ban secara berkala.1

Dampak Ban Mobil Habis Sebelah Saat Sedang Bepergian

Penyebab ban mobil habis sebelah bukan hanya masalah estetika atau kenyamanan. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menimbulkan risiko serius saat Anda sedang berkendara jarak jauh, terutama dalam perjalanan mudik, wisata, atau aktivitas harian.

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang dapat terjadi:

1. Kendali Mobil Menurun

Penyebab ban mobil habis sebelah sebelah membuat mobil sulit dikendalikan, terutama saat menikung atau berkendara dalam kecepatan tinggi.

2. Risiko Selip Meningkat

Cengkeraman ban terhadap aspal jadi tidak seimbang, sehingga rawan tergelincir di jalan basah atau saat mengerem mendadak.2

3. Konsumsi BBM Lebih Boros

Gesekan ban yang tidak merata membuat mesin bekerja ekstra, sehingga penggunaan bahan bakar jadi lebih tinggi.

4. Kerusakan Komponen Kaki-Kaki

Beban tidak merata akibat ban aus bisa merusak bagian suspensi seperti shockbreaker, bushing, dan tie rod.

5. Risiko Pecah Ban

Bagian ban yang aus lebih tipis dan mudah panas, sehingga berisiko pecah ketika digunakan untuk perjalanan jauh.

Baca Juga: Pentingnya Mengenali Penyebab Ban Belakang Habis Sebelah agar Bisa Mencegahnya di Lain Waktu

Perawatan Rutin untuk Mencegah Ban Mobil Habis Sebelah

Penyebab Ban Mobil Habis Sebelah (2)

Agar penyebab ban mobil habis sebelah di satu sisi, penting untuk melakukan perawatan ban mobil secara rutin.

Keausan ban yang tidak merata atau ban botak sebelah bisa memengaruhi kenyamanan, keselamatan, dan efisiensi kendaraan Anda. Berikut langkah-langkah pencegahannya:

1. Teratur Melakukan Rotasi Ban

Rotasi ban mobil setiap 7.000–10.000 km atau minimal setiap 6 bulan sekali sangat dianjurkan. Ini membantu meratakan keausan pada keempat ban.

2. Gunakan Metode Rotasi Posisi Silang (Cross Fitting)

Metode ini paling umum dan cocok digunakan, terutama bagi Anda yang baru pertama kali melakukan rotasi. Ban depan dipindahkan ke belakang secara menyilang, begitu pula sebaliknya.

3. Cek Tekanan Ban Secara Berkala

Pastikan tekanan angin pada ban selalu sesuai standar pabrikan. Tekanan ban yang tidak sesuai bisa membuat salah satu sisi penyebab ban mobil habis sebelah.

4. Hindari Gaya Mengemudi Agresif

Mengerem mendadak, berbelok tajam, atau akselerasi ekstrem bisa mempercepat penyebab ban mobil habis sebelah.

5. Gunakan Ban Sesuai Spesifikasi Kendaraan

Pastikan Anda memilih ban berkualitas dan sesuai jenis serta kebutuhan kendaraan agar tidak cepat penyebab ban mobil habis sebelah.

6 Tips Menjaga Ban Mobil Tetap Aman dan Awet

Agar perjalanan selalu aman dan usia ban lebih panjang, penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk memahami cara merawat ban dengan benar.

Berikut ini 6 tips menjaga ban mobil tetap aman yang wajib Anda terapkan:

1. Cek Tekanan Angin Secara Rutin

Tekanan angin yang tidak sesuai — baik terlalu tinggi maupun terlalu rendah — dapat menyebabkan ban mobil cepat aus, boros bahan bakar, atau bahkan meledak.

Pastikan Anda mengecek tekanan ban minimal satu kali dalam dua minggu atau sebelum bepergian jauh.3

2. Jangan Lupa untuk Rotasi Ban

Rotasi ban mobil disarankan setiap 7.000 hingga 10.000 km agar keausan merata pada keempat ban.

Ini penting untuk mencegah ban habis sebelah, menjaga traksi, dan membuat mobil lebih stabil saat dikendarai.

3. Spooring dan Balancing Dilakukan

Spooring menjaga agar roda tetap sejajar, sedangkan balancing memastikan distribusi bobot roda merata.4

Dua proses ini sangat penting untuk mencegah getaran saat mengemudi, memperpanjang umur ban, dan menjaga kenyamanan serta keselamatan.

4. Periksa Tapak dan Dinding Ban

Pantau kondisi tapak ban dan dinding samping ban secara berkala. Jika terlihat retak, robek, atau tapaknya sudah menipis (di bawah 1,6 mm), segera ganti.

Ban aus dapat menyebabkan aqua­planing saat hujan dan meningkatkan risiko kecelakaan.

5. Jangan Bawa Beban Berlebihan

Setiap kendaraan memiliki batas maksimum beban yang boleh dibawa. Beban berlebih tidak hanya mempengaruhi sistem suspensi, tetapi juga memberi tekanan berlebihan pada ban yang bisa memicu kerusakan dini atau ban meledak.

6. Berkendara dengan Halus dan Hindari Jalan Rusak

Mengemudi dengan kasar, sering menghantam lubang, atau naik trotoar dapat merusak struktur ban dan pelek.

Pilih jalur yang mulus dan berkendara dengan hati-hati untuk menjaga ban mobil tetap prima.

Baca Juga: Dari Balancing hingga Spooring, Servis Ban Mobil Terdekat di Tangerang Akan Lengkapi Kebutuhan Anda!

Servis Ban dan Kaki-Kaki Mobil? Percayakan pada Rotary Auto!

Masalah seperti penyebab ban mobil habis sebelah, getaran pada setir, atau suara berdecit dari bagian bawah mobil sering kali menjadi tanda bahwa bagian kaki-kaki kendaraan Anda membutuhkan perhatian serius.

Jangan tunggu sampai kerusakan penyebab ban mobil habis sebelah parah—segera servis ban mobil Anda ke Rotary Auto, bengkel spesialis kaki-kaki dan ban mobil terpercaya di Indonesia. Rotary Auto bukan bengkel biasa. Kami mengutamakan kualitas, kecepatan, dan teknologi terkini dalam setiap layanan yang diberikan.

Jangan tunda lagi kenyamanan dan keselamatan berkendara Anda. Kunjungi website Rotary Auto terdekat atau hubungi tim kami untuk konsultasi dan pemesanan layanan dengan cara klik di sini.

Link Sumber

  1. https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/inilah-penyebab-ban-mobil-habis-sebelah-dan-solusinya/
  2. https://www.merdeka.com/otomotif/kerusakan-bisa-menjadi-indikasi-utama-mengapa-ban-mobil-berisik-saat-melintas-di-jalan-aspal-173376-mvk.html?page=4
  3. https://www.suzuki.co.id/tips-trik/ketahui-penyebab-ban-mobil-habis-sebelah-dan-tips-merawatnya?pages=all
  4. https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/26/175100115/ini-tanda-mobil-perlu-melakukan-spooring-dan-balancing

PERBAIKAN & PERAWATAN MOBIL

Reservasikan mobil Anda sekarang juga,
Dengan isi form dibawah ini!

Loading...